Menghafal Sholawat Nariyah

Hafalan Sholawat Nariyah: Bacaan dan 8 Jenis

Diposting pada

Hafalan sholawat Nariyah kelak akan memberi syafaat bagi kita. Bacaan ini tidak hanya memiliki manfaat di dunia, namun juga berbagai manfaat di akhirat.

Beritaku.Id – Berita Islami. Dan bersholawatlah atas Nabi Muhammad. Agar kelak kamu menjadi golongan orang-orang yang mendapatkan syafaatnya.

Oleh Tika (Penulis Berita Islami)


Latin Dan Arti Sholawat Nariyah

Membaca sholawat merupakan tanda cinta kepada Nabi. Adanya bacaan tersebut juga sebagai pertanda bahwa kita memuliakan Nabi, khusunya Nabi Muhammad.

Sholawat juga merupakan bagian yang dibaca sebelum mengucapkan doa. Sebab salah satu cara agar doa dengan mudah menembus langit adalah melalui sholawat.

Adapun jenis-jenis sholawat bermacam-macam. Salah satunya adalah sholawat Nariyah. Jenis ini merupakan buah karya dari Syekh nariyah yang hidup semasa jaman Rasulullah.

Bacaan Sholawat Nariyah adalah:

Allaahumma shollii sholatan kamilatan wasalim salaman. Tammaan ‘alaa sayyidinaa Muhammadinillazii

Tanhallu bihil ‘uqodu, watanfariju bihil qurobu. Watuqdhoo bihil hawaa iju watu naalu bihirroghoibu.

Wahusnul khowaatimii wayustasqol ghomaamu biwajhihil kariim wa’alaa aaliihii

washohbihi fii kulli lamhatin wanafasin bi’a daadi kulli ma’lumillak.

Versi Arabnya adalah:

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نِالَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلٰى آلِهِ وَصَحْبِهِ فيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Artinya adalah : Ya Allah, limpahkanlah sholawat serta salam kepada junjungan besar Nabi Muhammad SAW. Dengan adanya beliau maka semua kesulitan dapat teratasi.

Adanya beliau dapat memenuhi semua kebutuhan dan semua yang diinginkan. Husnul khotimah juga dapat kami raih atas beliau. Berkat hadirnya beliau yang mulia, hujan pun turun.

Semoga selalu terlimpahkan kepada keluarga dan para sahabat beliau di setiap hembusan nafas dan detik sebanyak semua bilangan yang Engkau ketahui.

Begitulah arti dan bacaan shalawat Nariyah. Sebelum mengamalkannya, hendaknya kita mengetahui terlebih dahulu manfaat dari Shalawat ini.


Manfaat Membaca Sholawat Nariyah

Bacaan Sholawat nariyah 9NU Online)

Hafalan sholawat Nariyah ternyata memiliki berbagai manfaat. Dengan menghafalnya kita dapat membacanya kapanpun dan dimanapun. Mengapa sangat bermanfaat jika membacanya?

  1. Allah akan melapangkannya dari kesulitan
  2. Tidak akan merasa sedih
  3. Allah akan menerangi hatinya sesuai kadar imannya
  4. Segala urusannya menjadi mudah
  5. Meninggikan derajatnya
  6. Melapangkan rejekinya
  7. Melindungi dari kehancuran sepanjang tahun
  8. Membukakan pintu-pintu kebaikan padanya

Dengan begitu banyaknya manfaat, amalan sholawat ini bermanfaat pula untuk mengabulkan hajat. Bahkan pada jaman Rasulullah begitu banyakpengikut Rasulullah yang mengamalkannya agar hajat mereka terkabul.


Cara Mengamalkan Hafalan Sholawat Nariyah

Menurut berbagai sumber, cara mengamalkan sholawat Nariyah adalah memulainya dengan membaca Surah Alfatihah yang ditujukan kepada Nabi Muhammad beserta para sahabatnya dan ulama yang menyusun sholawat ini.

Menurut Imam Al Qurthuby, barang siapa yang mengamalkan Sholawat Nariyah sebanyak 41 kali maupun 100 kali, maka Allah akan mengusir kesedihannya.

Baca juga beritaku: Shalawat Pengabul Hajat Mendesak: Pengertian, 3 Jenis, Tata Cara

Tidak hanya itu, Allah juga akan menerangi hatinya dan melapangkan rejekinya. Allah akan angkat derajatnya dan menghindarkannya dari segala keburukan selama setahun,

menghalanginya dari kemiskinan, dan mengabulkan doa dari segala doanya.

Di sisi lain, menurut Syeikh Ibnu Hajar al Asqalan, para ulama terdahulu membaca amalan ini sebanyak 4.444 kali agar hajat mereka terkabul.

Menurut Imam As Sanusy, barangsiapa yang membaca sholawat ini 11 kali maka baginya rejeki yang turun dari langit. SYekh Muhammad At Tanusy juga menyebutkan hal yang sama.

Bagi siapa yang membacanya 11 kali maka rejekinya akan turun dari langit dan mengikutinya dari belakang.

Tentunya, yakin dan mantaplah dalam mengamalkan bacaan ini. dengan demikian in syaa Allah, Allah akan mengabulkan hajat kita.


Sholawat Nariyah Sebagai Bacaan Pagi Dan Petang Atau Malam?

Mengamalkan sholawat nariyah adalah bebas tidak terikat waktu. Khasiat dari membacanya bukan karena dibaca di waktu tertentu melainkan lebih kepada kuantitas dalam membacanya.

namun pada wirid dan dzikir dalam Al Matsurat, sholawat ini tersebut di dalamnya dan mengacu pada dzikir pagi sore. Jadi, bacaan sholawat Nariyah juga berfungsi sebagai wirid dan dzikir pagi sore.


Allahumma Sholli Sholatan Kamilatan Wasalim Salaman

Allaahumma shollii sholatan kamilatan wasalim salaman. Tammaan ‘alaa sayyidinaa Muhammadinillazii

Tanhallu bihil ‘uqodu, watanfariju bihil qurobu. Watuqdhoo bihil hawaa iju watu naalu bihirroghoibu.

Wahusnul khowaatimii wayustasqol ghomaamu biwajhihil kariim wa’alaa aaliihii

washohbihi fii kulli lamhatin wanafasin bi’a daadi kulli ma’lumillak.

Artinya adalah : Ya Allah, limpahkanlah sholawat serta salam kepada junjungan besar Nabi Muhammad SAW. Dengan adanya beliau maka semua kesulitan dapat teratasi.

Adanya beliau dapat memenuhi semua kebutuhan dan semua yang diinginkan. Husnul khotimah juga dapat kami raih atas beliau. Berkat hadirnya beliau yang mulia, hujan pun turun.

Semoga selalu terlimpahkan kepada keluarga dan para sahabat beliau di setiap hembusan nafas dan detik sebanyak semua bilangan yang Engkau ketahui.

Hafalan sholawat Nariyah menjadi semakin mudah dengan adanya lirik-lirik dan nada yang mendampinginya. Membacanya menjadi tidak sulit sekalipun bacaan ini cukup panjang.

Dengan demikian, ada baiknya kita mendengarkan sekaligus tanpa sengaja menghafalnya karena asik berdendang.

Allahumma Sholli Sholatan Lirik

menghafal sholawat nariyah
Lirik lagu sholawat nariyah (Sriwijaya.com)

Islam masuk ke Indonesia melalui kebudayaan-kebudayaan tradisional. Begitu pula halnya dengan sholawat. Jenis sholawat nariyah telah umum terdengar di pesantren-pesantren salafiyah.

Bahkan tidak menutup kemungkinan pula berkembang ke pesantren modern. Masing-masing memiliki ciri khas nada tersendiri namun tidak dengan lirik.

Dimanapun tentunya memiliki lirik yang sama, hanya saja terdapat penambahan makna.

Contohnya adalah sholawat nariyah versi Alm. Ustad Jefry Al Bukhori. Kemudian beberapa versi juga oleh para wanita sholihah yang membawakannya.

Allaahumma sholli sholaatan

kaamilataw wasallim salaamaan

Tammaan ‘alaa sayyidiinaa Muhammadinillaadzii

Tanhallu bihil ‘uqodu watangfariju bihil qurobu

watuqdhoo bihil hawaa iju watunnaaluu bihirroghooibu

wa husnul khowaatiimii wayustasqolghoomaamuu

Biwajhihil kariimii wa’alaa aaliihii

washohbihii fii kulli

lamhatiwwanaafasiin

wanafasim bi’aadadii kulli ma’luumillak.

Jenis Sholawat Lainnya dengan Faedah yang Banyak

menghafal sholawat nariyah
Jenis-jenis sholawat nabi (KabarIslam.com)

Banyak cara memuji Rasulullah. Tidak hanya melalui sholawat Nariyah, terdapat pula beberapa jenis sholawat lainnya. Adapun arti dari sholawat adalah doa, kemuliaan, dan harapan.

Dalam Al Qur’an Surat An Nisa ayat 86 dijelaskan bahwa sebaiknay kita melakuakn penghormatan dengan penghormatan yang lebih baik. Jika tidak mampu maka kembalikanlah penghormatan itu.

Sholawat Nabi adalah doa untuk nabi. Menurut HR Abu Dawud, Rasulullah SAW Bersabda untuk tidak menjadikan rumah-rumah kalian sunyi seperti kuburan.

Tidak juga sebaiknya melakukan perayaan atas wafatnya beliau namun sebaiknya membacakan sholawat pada beliau. Dengan demikian doa tersebut pasti akan sampai pada Nabi.

HR Ahmad menyebutkan barangsiapa yang bersholawat atas Nabi Muhammad sebanyak 10 kali, maka Allah akan bersholawat atasnya sebanyak 10 kali dan menghapus 10 keburukannya.

HR Dailani menyebutkan setiap doa memiliki penghalang hingga kiranya kita mau membaca sholawat. Oleh sebab itulah banyak doa yang ditutup dengan bacaan sholawat.

Harapannya adalah agar doa tersebut tidak memiliki penghalang.

Sholawat Al Fatih

Jenis sholawat ini memiliki jumlah pahala yang ekstrim banyaknya. Siapa yang mengamalkannya maka akan Allah lindungi dari segala bahaya.

Syekh Muhammad AL Budairi Al Qudsi menyebutkan siapa yang membacanya setelah bacaan yang sepuluh maka ia akan mendapat perlindungan Allah serta dapat berkumpul dengan para muslim di padang Masyhur.

Maksud bacaan sepuluh adalah ayat kursi tujuh kali, Al Fatihah, Triple Qul, tahlil, tahmid, tasbih, hauqalah, sholawat ibrahimiyah, dan doa. Semua dibaca 7 kali.

Pahala sholawat Al Fatih menjadi rahasia Allah. Membacanya sekali saja nyatanya berpahala lebih banyak dari umat 100.000 bangsa.

Sholawat Munjiyat

Membacanya seribu kali dapat menyelamatkan diri dari bencana. Dikisahkan dahulu seorang syekh mengalami kecelakaan kapal laut. Semua orang beteriak ketakutan. Syekh tetsebut tertidur dan bermoimpi bertemu Rasulullah.

Rasulullah menyuruhnya membaca sholawat Munjiyat. Saat terbangun ia mengajak seluruh penumpang membacanya. Setelah bacaan ke tiga ratus, mereka berhasil selamat.

Sholawat Nur Al Anwar

Siapa yang membacanya seusai sholat fardhu, Allah mudahkan rejekinya dan lindungi dari berbagai marabahaya.

Membacanya sebelum tidur maka akan terhindar dari sihir. Sama halnya dengan membacanya 100 kali sehari semalam maka Allah berikan rejeki lahir batin, keamanan, dan cahaya Ilahi.

Sholawat Badawi Qubro

Beliau menyebutkan siapa yang membaca sholawat ini dengan istiqomah selama 40 hari berturut-turut, maka baginya cahaya Allah serta mengetahui kabar yang hanya menjadi rahasia dari Allah.

Sholawat Ibrahimiyah

Merupakan yang sebenar-benarnya sholawat anjuran Nabi Muhammad. Dibaca saat tasyahud awal dan akhir dalam sholat.

Barang siapa senantiasa mengamalkannya, maka Allah akan memberikan kesaksian atasnya di hari kiamat.

Sholawat Mukhatab

Jenis sholawat ini adalah untuk permasalahan yang berat dan memprihatinkan. Masalah itu cenderung tidak dapat terselesaikan dengan akal dan pikiran manusia.

Sholawat Badriyah

Pada masa Rasulullah, sholawat ini menjadi doa untuk kemenangan perang badar. Kemudian saat terjadi pemberontakan G30SPKI, umat muslim juga mengumandangkannya.

Sholawat ini dapat menentramkan hati dan memberikan solusi atas permasalahan yang cukup berat.

Sholawat Al Nur AL Dzati

Membacanya satu kali sama dengan membaca sholawat seratus kali. Hafalan sholawat Nariyah yang kita miliki mungkin belum mampu menandingi pahala sholawat yang dibaca satu kali ini.

Manfaat dari sholawat ini adalah untuk menghilangkan kesusahan, kesedihan, serta permasalahan yang berat.

Semua sholawat memiliki manfaat yang nyaris sama. Mendapatkan ketenangan hati adalah kunci utama. Selain itu akan sangat lebih baik ketika dapat membacanya secara istiqomah.

Baca juga beritaku: Sholawat Adrikiyah: Sebuah Ikhtiar Bertemu Rasulullah Muhammad SAW

Alasannya adalah untuk mendapatkan faedah yang berkelanjutan. Sholawat hampir sama dengan dzikir dan wirid. Dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Sama pula dengan pahalanya yang hampir tak ternilai. Barang siapa yang membacanya maka in syaa Allah akan mendapat syafaat di akhirat. Siapakah yang memberi syafaat? In syaa Allah Nabi Muhammad akan hadir memberinya.

Allah bahkan juga memerintahkan untuk bersholawat sebagai sarana menentramkan jiwa. Dengan hati yang tenang, segala permasalahan dapat teratasi dengan baik.

Langkah selanjutnya adalah dengan menyambungnya melalui dzikir dan doa. Apa pentingnya kedua hal itu? Baik dzikir maupun doa juga mampu mengatadi masalah yang tidak bisa selesai dengan campur tangan manusia.

Bagikan Ke