Terdapat jenis ikan air tawar yang bisa kita pelajari
Terdapat jenis ikan air tawar yang bisa kita pelajari (Foto: hewany.com)

Ikan Air Tawar: Jenis, Perbedaan, Persamaan dengan Jenis Lainnya

Posted on

Ikan air tawar merupakan salah satu kekayaan alam yang Indonesia miliki, dengan begitu banyak jenisnya, yang mana bisa kita pelajari satu per satu. namun, apakah mereka memiliki perbedaan dan persamaan dengan jenis lainnya?

Beritaku.id,- Lestari_membentang kian luas dari Sabang sampai Merauke. Mempunyai satu warna yang membuat mereka sangat cantik, sejauh mata memandang. Lantas manusia memanfaatkan untuk kehidupan, kemakmuran, serta keakraban.

Oleh: Ayu Maesaroh (Penulis Lestari)

Negara dengan julukan “macan asia”, siapa yang tidak kena dengan ia. Memiliki pulau yang terbentang dengan segala keindahan bawah lautnya. Bermacam habitat flora dan fauna yang bisa kita pelajari dan kita manfaatkan dengan bijak.

Salah satu kekayaan floranya adalah berbagai jenis ikan. Yang mana tidak sedikit orang yang memanfaatkan berbagai jenis ikan ini untuk beberapa aspek, baik dalam perdagangan, atau sekedar menjadi pemenuhan kebutuhan hidup seperti untuk lauk makan, dan sebagainya.

Baca juga beritaku: 5 Jenis Ikan Air Payau: Unsur, Tempat Menambak, dan Caranya

Dan bicara masalah hal tersebut ada satu jenis ikan yang banyak digemari orang untuk dimanfaatkan dalam bentuk demikian. Yakni jenis ikan air tawar.

Jadi bagaimana pembahasan mengenai ikan tersebut? Mari kita kupas secara tuntas.

Jenis Ikan Air Tawar

Terdapat jenis ikan air tawar yang bisa dipelajari
Terdapat jenis ikan air tawar yang bisa dipelajari (foto: oyimedia.com)

Sudah kita singgung bahwasannya ada begitu banyak jenis ikan yang ada di laut, terutama laut Indonesia. Begitu juga dengan jenis ikan ini yang ternyata mempunyai berbagai jenis ikan yang bisa kita pahami lebih jelas.

1. Yang Bisa Kita Konsumsi

Ikan ini ternyata ada yang bisa kita konsumsi, ada juga yang sering untuk sebagai ikan dibudidayakan. Yang dapat kita konsumsi antara lain:

  • Mujaer
  • Lele
  • Gurame
  • Ikan Mas
  • Bawal
  • Patin
  • Belut
  • Gabus
  • Ikan Sidat
  • Ikan Nila

2. Jenis Ikan Hias

Selain itu, ada juga ikan ini mempunyai jenis yang banyak orang membudidayakannya. Beberapa jenis ikan tersebut antara lain:

  • Lele
  • Nila
  • Mas
  • Gurame
  • Arwana

Tidak heran jika beberapa jenis tadi banyak orang yang mencari beberapa jenis ikan tadi. Selain dagingnya yang enak, protein serta beberapa kandungan gizi lain juga ada dalam beberapa jenis ikan tadi. Tapi, apa sih sebenarnya jenis ikan yang berada dalam kandungan air garam yang sangat sedikit tersebut?


Pengertian Ikan Air Tawar

Ikan air tawar merupakan ikan yang hidupnya di perairan yang kadar garamnya rendah (foto: alodokter.com)

Sesuai dengan namanya,jenis ini merupakan jenis yang seluruh hidupnya berada di air tawar. Sehingga hal tersebut mempengaruhi beberapa struktur tubuh mereka yang mulai beradaptasi dengan sekitarnya.

Hal tersebut juga mempengaruhi beberapa aspek lainnya. Seperti misalnya dari massa di setiap jenis air tawar, yang sangat jauh berbeda dengan jenis lainnya.

Baca juga beritaku: Ikan Tuna, Emas Merah Dilautan, Seharga Lamborgini

Contohnya saja ikan Sidat Eropa. Yang mana memiliki massa sebesar 3,9 kg. Lalu untuk panjang dari ikan tersebut rata-rata hampir mendekati angka 90 cm untuk satu jenisnya.


Nama Latin Ikan Air Tawar

Terdapat beberapa nama latin dari jenis ikan air tawar (foto: dota2.co.id)

Adapun beberapa nama latin dari beberapa jenis ikan ini. Mulai dari jenis yang dapat kita konsumsi, maupun hanya sekedar untuk budidaya ataupun hiasan semata.

Maka beberapa nama latinnya antara lain:

1. Jenis Yang Dapat Dikonsumsi

Beberapa nama latin dari yang bisa kita konsumsi, baik untuk keseharian ataupun sebagai hidangan dalam sebuah acara, bahkan usaha, antara lain:

  • Tipala nillotica L merupakan nama latin dari ikan Nila
  • Otiochilus haseeltii nama latin untuk jenis Nilem
  • Osphoronemus Gorame adalah nama latin dari jenis Gurame
  • Clarias Bathracus merupakan nama latin dari ikan lele
  • Pangasius adalah nama latin untuk jenis patin

2. Sebagai Budidaya atau Ikan Hias

Beberapa nama latin dari jenis yang bisa kita budidayakan, baik menggunakan tempat khusus ataupun lainnya, antara lain:

  • Beta Splended merupakan nama latin dari jenis cupang hias
  • Fluta Alba untuk nama latin dari Belut
  • Cipirinus carvio adalah nama latin dari ikan emas
  • Chana Striata adalah nama latin untuk jenis Gabus
  • Astronotus Ocellatus adalah jenis ikan bernama Oscar

Tapi dari sekian banyak ikan jenis ini, ternyata kebanyakan orang bahkan hampir di seluruh Indonesia, menggemari beberapa ikan jenis ini. kemudian mereka olah menjadi masakan yang super lezat.


Yang Paling Sering Dikonsumsi Beserta Gambarnya

Lele banyak dikonsumsi karena tekstur daging yang sangat enak dan empuk (foto: suara.com)

Pertama adalah jenis lele. Yang mana kebanyakan orang sering mengolahnya memakai bumbu kuning. Lalu digoreng selama beberapa menit, setelah itu bisa disajikan dengan nasi putih hangat, serta sambal tomat yang segar dan pedas.

Jenis Nila yang enak untuk dijadikan ikan bakar (foto: bulelengkab.go.id)

Yang selanjutnya adalah Nila. Jenis ini biasanya sering kita jumpai di beberapa restoran ikan yang memang menyediakan jenis ikan yang lengkap. Nah, biasanya jenis ini diolah dengan cara dibakar dengan menambahkan sedikit rempah.

Setelah itu pramusaji akan mem-plating dengan menambahkan salad, beberapa timun di samping ikan, dan tak lupa juga sambal terasi/tomat yang pedas dan enak.

Ikan gurame yang sangat enak jika dimakan bersama dengan nasi putih hangat (foto: lifepal.co.id)

Lalu ada ikan Gurame. Jenis ikan ini memiliki tekstur daging yang lembut, dan sangat gurih. Tidak heran jika gurame ini sering diolah menjadi ikan crispy, yang mana nantinya ikan tersebut bisa kalian campurkan dengan bumbu tepung crispy.

Setelah itu bisa kalian goreng pada minyak yang tidak terlalu panas. Jika sudah berubah warna hingga kecokelatan, kalian bisa menyajikannya dengan nasi putih serta sambal.

Ikan bandeng adalah jenis ikan air tawar yang sering masyarakat konsumsi untuk keseharian (Foto: dictio.id)

Selanjutnya ada jenis Bandeng. Siapa yang tidak suka dengan jenis yang satu ini? Bandeng sering kita jumpai dengan hasil olahannya menjadi pepes Bandeng.

Baca juga beritaku: Selisih 1 % Sampah Plastik dengan Ikan di Laut, Menteri Susi: Pelakunya Akan Ditenggelamkan

Tekstur yang enak, gurih, dan bumbu yang meresap, hal tersebut memberikan daya tarik tersendiri bagi kita untuk terus menggoyangkan lidah sampai pepes bandeng tersebut habis.

Namun, karena ada banyak jenis dari tawar ini, tidak banyak orang yang kadang keliru menganggap bahwa jenis ini mirip dengan Payau, ataupun Laut. Tapi, apa bedanya ya?


Perbedaan dan Persamaan Ikan Air Tawar/Payau/Laut

Adapun beberapa perbedaan dari jenis ikan air tawar dan lainnya
Adapun beberapa perbedaan dari jenis ikan air tawar dan lainnya (foto: dilarangbego.com)

Oleh karenanya, untuk memecahkan bendungan kebingungan yang mungkin sampai detik ini masih membelenggu kalian, mari kita bersama.

1. Perbedaan

Beberapa habitat ikan yang ada dalam dunia ini, pasti memiliki perbedaan, walaupun mungkin bentuknya hampir sama. Perbedaan tersebut bisa dari bentuk struktur organnya, habitatnya, dan lainnya. Begitu juga yang akan kita bahas di bawah ini:

  • Ikan air tawar

Sesuai dengan jenisnya, jenis ini adalah jenis ikan yang tidak memiliki rasa apapun. Mereka bisa kita temui di beberapa tempat seperti sungai, sumur, pegunungan, ataupun tempat lainnya.

Dari segi ekonomi, jenis ini juga lumayan murah ketimbang ikan jenis lainnya. Mengingat kembali hal tersebut berasal dari akses kita untuk bisa membeli atau menemukan jenis ini lebih mudah.

Untuk kadar garamnya juga sedikit. Hal tersebutlah yang menjadi alasan kenapa jenis ikan ini tidak ada rasanya, atau yang lebih mudahnya adalah hambar.

  • Ikan laut

Berbeda dengan sebelumnya, ikan jenis laut memiliki ciri khas dengan rasanya yang sangat asin.

Hal tersebut bermanifestasi pada kadar garam yang ada di laut lebih banyak ketimbang dengan beberapa tempat lain. Makanya untuk teknik fermentasi dari ikan ini, kita cukup menambahkan beberapa es balok ke sekeliling tempat untuk fermentasi ikan laut.

Dan dari segi ekonomi, ikan ini juga lumayan mahal. Hal ini dikarenakan pengambilan ikan yang kadang bisa membutuhkan waktu yang cukup lama, ketimbang jenis yang lainnya.

Beberapa contoh dari ikan laut antara lain: Salmon, jenis cakalang, tuna, lalu ada ikan kakap, dan sebagainya.

  • Ikan payau

Jenis ikan ini memiliki rasa yang asin, tapi tidak se asin dari jenis sebelumnya.

Ikan payau merupakan jenis yang hidup dalam dua wilayah. Yang satu bisa ada di air tawar, yang lainnya di air laut. Untuk yang air laut sendiri, biasanya mereka bisa kita jumpai di beberapa pesisir pantai.

Dan tidak sedikit dari jenis ikan ini, banyak masyarakat yang suka mengkonsumsi sebagai lauk, ataupun lainnya.

Contoh dari beberapa ikan payau ini antara lain: ikan patin, kerapu, bandeng, bawal, dan sebagainya.

2. Persamaan

Jenis-jenis ikan tadi memiliki beberapa kandungan protein dan mineral yang memang tubuh manusia sangat membutuhkan hal tersebut. Apalagi misalnya untuk anak yang berada dalam usia pertumbuhan.

Yang mana membutuhkan banyak sekali protein, mineral, vitamin, dan beberapa kandungan baik lainnya dalam ikan, sehingga bermanifestasi pada progres pertumbuhan serta perkembangan anak yang baik.

Tak hanya itu, masing-masing dari ketiganya memiliki manfaat atau kegunaan yang sangat baik untuk manusia, antara lain:

  • Ikan Jenis Tawar

Banyak penelitian bahkan beberapa literatur mengatakan bahwa jenis tawar ini sangat memudahkan manusia dalam menurunkan resiko terkena serangan jantung.

Hal tersebut berkaca pada rata-rata dari jenis ikan ini, memiliki kadar lemak yang sangat rendah, protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh, dan sebagainya.

Bukan hanya itu saja, kandungan omega-3 pada ikan jenis ini, juga membantu manusia dalam menjaga kesehatan otak, serta dapat berfikir kreatif sesuai dengan bidang yang mereka geluti.

Jenis Ikan Lainnya

Selain jenis yang tadi, beberapa jenis lainnya juga memiliki manfaat bagi manusia. Jenis tersebut antara lain:

  • Jenis Payau

Senada dengan jenis ikan sebelumnya, payau juga memiliki kegunaan lainnya yang sangat penting untuk manusia. Salah satunya adalah mencegah terkena penyakit kanker.

Hal tersebut sudah banyak sekali literatur yang mengatakan demikian. Kandungan zat-zat baik yang ada dalam ikan tersebut, akan menyebar dan mulai melindungi sel-sel manusia yang masih hidup, sehingga terhindar dari penyakit kanker yang sangat mematikan tersebut.

Yang paling populer adalah, ikan jenis payau juga dapat mencegah manusia dari penyakit gondok. Hal tersebut berkaca pada kandungan garam laut yang cukup banyak pada jenis ikan ini.

Dan sejak dulu, dipercaya bahwa garam laut dapat mencegah gondok, yang menyebabkan pita suara manusia bisa pecah, dan lambat laun akan membentuk seperti gelembung yang menempel pada tenggorokan.

  • Ikan laut

Ikan laut sangat terkenal untuk mencegah terkena penyakit jantung, yang mana sampai dengan detik ini, penyakit tersebut masih menjadi penyakit mematikan nomor 1 di dunia.

Nah, kalian bisa mencegah agar tidak terkena penyakit tersebut dengan mengkonsumsi ikan laut secara rutin, namun tidak berlebihan.

Kesimpulan

Pada dasarnya, semua ciptaan Tuhan baik yang di darat maupun laut, mereka memiliki banyak manfaat bagi manusia. Semua ada maksud dan tujuan mengapa Tuhan menciptakan keduanya.

Nah, tinggal kita mau memanfaatkannya atau tidak. Dan jika sudah mau memanfaatkannya pun, kita bisa memanfaatkannya dengan baik atau tidak. Karena, manusia yang bijak adalah manusia yang memanfaatkan lingkungannya, dengan baik, serta memperhitungkan negatif dan positifnya.

Sekian pembahasan kali ini, semoga menginspirasi.

Bagikan Ke