komunikasi

Istilah Komunikasi: 65 Daftar Istilah Di Berbagai Bidang

Posted on

Berikut ini 65 daftar istilah dalam komunikasi public speaking, persidangan, social, dan daring, untuk menambah wawasan kita.

Beritaku.id, Organisasi Dan Komunikasi – Komunikasi adalah kegiatan yang pasti dilakukan semua manusia. Dalam konteks tertentu, kita harus mengetahui berbagai terma untuk memastikan proses pertukaran informasi semakin lancar.

Oleh: Riska Putri (Penulis Organisasi Dan Komunikasi)

Sejak kecil, guru di sekolah sering kali menyebutkan bahwa manusia adalah makhluk social. Ternyata kalimat sederhana ini berdampak sangat signifikan dalam pembentukan watak dan perilaku manusia terhadap sesamanya.

Manusia menjadi salah satu makhluk yang sangat bergantung kepada kawanannya, ia tidak dapat mempertahankan hidup dan juga memenuhi kebutuhannya seorang diri.

Layaknya kawanan serigala, manusia juga akan menjadi kuat dan tangguh jika berkelompok. Namun, menjadi sangat rentan tumbang jika harus mengembara sendirian.

namun dalam peradaban modern, kelompok itu merupakan masyarakat dalam berbagai tingkatan. Contohnya kelompok masyarakat kecil adalah rukun tetangga, sementara yang terbesar adalah warga negara.

Harmoni Kelompok

Karena manusia tak bisa menjadi makhluk tunggal, mereka harus menjaga harmoni kelompok. Agar kelompok dapat terus menguat, saling menjaga, dan membantu sesame anggotanya.

Di situlah letak peran penting komunikasi. Sebagai alat pemersatu, penguat, dan penjalin pertalian kelompok.  

Maka mempelajari dan menguasai kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu kewajiban pokok bagi setiap manusia.

Karena kita tahu persis dan mungkin berkali-kali mengalami masalah yang di sebabkan oleh miskomunikasi. Masalah itu bisa jadi menyebabkan perpecahan yang tidak dapat di perbaiki.

Dalam konteks tertentu, terdapat berbagai istilah komunikasi khusus yang di gunakan. Contohnya saat persidangan, jika kita bertindak sebagai presidium kemudian ada anggota yang mengangkat tangan dan berkata “Interupsi”.

Jika kita tak tau makna istilah itu, kemungkinan besar kita akan salah memberi tanggapan yang menyebabkan timbulnya kericuhan.

Maka perlulah kita mengetahui berbagai istilah khusus dalam berbagai konteks komunikasi. Tujuannya untuk menghindari konflik-konflik yang tidak seharusnya. Untuk itu, artikel ini akan menjelaskan berbagai istilah penting dalam bermacam suasana komunikasi. Semoga dapat membantu Anda menjadi seorang komunikator yang lebih baik.

Public Speaking

Seni berbicara di depan umum ini memiliki sejarah yang amat panjang. Jauh sebelum manusia mengenal aksara, manusia terlebih dahulu menjadi makhluk oral yang menyampaikan informasi dengan berbicara.

Maka tak heran jika banyak pidato yang berhasil mengubah arah peradaban.

Berbicara di depan umum atau yang kini lebih keren dengan istilah sebagai public speaking memang memiliki dampak yang massif untuk mempengaruhi banyak orang.

Karena sekumpulan manusia akan berkerumun dan mendengarkan hal yang sama di waktu yang sama pula. Sehingga ide, gagasan, dan keputusan dapat tersampaikan tanpa ada tedeng aling-aling.

Baca Juga Beritaku: Komunikasi Regulatif: Pengertian, 3 Manfaat dan Contoh

Selain latihan dan penguasaan materi yang mantap, penting bagi seorang komunikator untuk mengetahui berbagai istilah yang berkaitan dengan public speaking.

Istilah Dalam Komunikasi Publik

Agar sepak terjangnya sebagai singa podium semakin di akui. Berikut ini kami sajikan daftar istilah dalam public speaking:

  1. Akustik: juga Berhubungan dengan organ pendengaran juga suara atau bunyi tempat melakukan rekaman atau mereproduksi suara.
  2. Amplifikasi: Menegaskan suatu ide atau juga argumen dengan cara mengucapkannya beberapa kali dalam pidato
  3. Antitesis: yaitu Sebuah teknik berbahasa yang mengkombinasikan elemen yang berlawanan dalam satu kalimat,
  4. Artikulasi: yaitu Lafal atau pengucapan kata,
  5. Audiens/khalayak/publik: Sekelompok orang yang mendengarkan, membaca, atau menerima suatu informasi dari komunikator/pembicara,
  6. Bandwagon: Sesat piker yang mengasumsikan bahwa sesuatu yang populer pasti berkualitas baik, benar, dan juga menarik.
  7. Gestur: Yaitu Gerakan anggota tubuh manusia
  8. Ice breaking: Yaitu aktifitas atau permainan yang bertujuan mencairkan suasana atau mengakrabkan sesama audiens. Biasa dilakukan dengan durasi singkat di tengah acara.
  9. Intonasi: Lagu kalimat Ketepatan pengucapan dan juga irama kalimat dalam dialog
  10. Interkom: Sistem peralatan komunikasi antarruangan, dimana kemudian suara dari pusat komunikasi dapat terdengar ke setiap ruangan lewat media ini.
  11. Jargon: Yaitu Kata atau juga kalimat yang di ucapkan dalam bidang lingkungan tertentu
  12. Kanalisasi Argumen: Yaitu usaha yang dilakukan komunikator untuk mengubah arah argumentasi disesuaikan dengan reaksi komunikan
  13. Klise: Gagasan atau ungkapan yang terlalu sering dipakai
  14. Kontak mata: Yaitu kontak visual secara langsung yang dilakukan oleh pembicara ke audiens
  15. Monoton: Yaitu Nada bicara yang datar
  16. Motivasi: Yaitu kalimat yang membuat seseorang atau sekelompok orang terpicu melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan

Istilah Lain Public Speaking

  1. Pendekatan Proaktif: Teknik mendekati audiens yang pemalu atau peragu. Pembicara berusaha menumbuhkan kepercayaan dan meyakinkan audiens bahwa kedua pihak meyakini nilai-nilai yang sama.
  2. Pertanyaan cermin: Pertanyaan yang mengulang sebagian pokok bahasan sebelumnya untuk memicu diskusi lebih lanjut
  3. Pidato After Dinner: Pidato singkat yang umumnya berisi humor. Di sampaikan setelah acara makan malam resmi.
  4. Pidato peringatan: Yaitu Pidato yang di ucapkan dengan tujuan mengenang jasa seseorang, kehidupan, ide, atau karyanya
  5. Persuasi: Yaitu seni meyakinkan atau menarik orang lain untuk memperhatikan/menuruti/meyakini apa yang kita katakan
  6. Presentasi: yaitu pidato untuk menyajikan suatu informasi secara rinci
  7. Retorika: Yaitu kemampuan berbahasa yang di gunakan untuk menyampaikan gagasan secara efektif
  8. Timbal balik: Yaitu respon yang di berikan oleh audiens kepada pembicara
  9. Simposium: Yaitu sebuah pertemuan yang menghadirkan beberapa pembicara untuk menyampaikan pidato singkat berkenaan topic tertentu
  10. Waktu Siar: Yaitu durasi atau periode waktu tertentu yang digunakan untuk menyiarkan suatu tayangan di media televise atau radio

Istilah dalam Komunikasi Persidangan

Komunikasi
Ilustrasi komunikasi secara daring

Lain konteks, lain pula istilah komunikasi yang digunakan. Hal ini terjadi karena setiap konteks atau situasi memiliki karakteristik khasnya tersendiri. Sehingga di butuhkan istilah-istilah khusus untuk menghindari konflik yang tidak perlu.

Berikut ini kami sajikan kumpulan istilah komunikasi yang digunakan dalam persidangan.

Baik persidangan pidana, perdata, maupun persidangan dalam organisasi:
  1. Presidium: yaitu rang-orang yang memimpin jalannya sidang
  2. Skors: Penundaan sidang sementara
  3. Naik banding: Penuntut membawa perkara pidana atau perdatanya ke pengadilan yang lebih tinggi untuk Kemudian membandingkan keputusan.
  4. Terdakwa: Seseorang yang di tuntun telah melakukan pelanggaran pidana atau perdata.
  5. Pendakwaan: yaitu saat ketika terdakwa di minta untuk mengaku bersalah atau tidak bersalah. Pendakwaan di lakukan setelah semua rincian dakwaan selesai di bacakan.
  6. Keseimbangan probabilitas/kemungkinan: Yaitu standar pengujian fakta dalam persidangan acara perdata. Pihak yang penuntut dan tertuntut harus bisa membuktikan kemungkinan terjadinya sesuatu lebih tinggi di bandingkan kemungkinan tidak terjadinya.
  7. Sidang tertutup: Yaitu sidang yang tidak boleh di hadiri khalayak umum
  8. Pengadu/penuntut: Korban atau juga pihak yang merasa di rugikan
  9. Pemeriksaan silang: Saksi dari satu pihak di tanyai oleh kuasa hukum pihak lawan. Misalnya saksi dari penuntut di tanyai oleh pengacara pihak pembela dalam persidangan
  10. Mimbar: Yaitu tempat duduk terdakwa selama persidangan berlangsung.
  11. Deposisi: Yaitu catatan semua alat bukti dalam persidangan
  12. Dakwaan: Yaitu tuntutan tertulis resmi yang menuntut seseorang dengan pelanggaran yang akan di sidangkan di pengadilan lebih tinggi.
  13. Hakim: Orang yang memimpin jalannya siding pidana atau juga perdata di pengadilan. Ia juga yang berwenang menjatuhkan vonis pada terdakwa.
  14. Panitera: Orang yang bertugas mencatat jalannya siding (seperti notulen)
  15. Pembatalan sidang (mistrial): Yaitu sidang yang keputusannya tidak memiliki pengaruh hukum karena persidangan di jalankan dengan kesalahan prosedur

Istilah dalam Kepanitian Dan Kemahasiswaan

  1. Steering Committee (SC): Yaitu panitia Pengarah yang memiliki kredibilitas tertentu. Mereka di tunjuk oleh anggota organisasi sebelum sidang di jalankan.
  2. Organizing Committee (OC): Yaitu panitia yang menyiapkan segala kebutuhan persidangan. Tugas dan juga fungsinya seperti event organizer.
  3. Interupsi: Permohonan untuk memotong/menyela pembicaraan karena ada hal mendesak dan penting yang perlu di utarakan
  4. Lobbying: Diskusi informal yang dilakukan oleh pihak-pihak yang bertentangan untuk mencari jalan tengah
  5. Peninjauan kembali: Pembahasan kembali keputusan-keputusan yang telah di tetapkan
  6. Kuorum: Jumlah minimal anggota organisasi yang menghadiri persidangan. Keputusan sidang di nyatakan tidak sah jika kuota kuorum tidak terpenuhi.

Baca Juga Beritaku: Komunikasi Efektif: 5 Manfaat, Kewajiban, Istilah, Penyusunan, Tips

Istilah dalam Komunikasi Sosial

Komunikasi social di artikan sebagai aktifitas atau hubungan komunikasi yang terjalin antara dua orang atau lebih.

Tentunya komunikasi jenis ini tak akan pernah menghilang dari kehidupan manusia. Karena selamanya manusia akan menjadi makhluk social yang butuh terkoneksi dengan sesamanya.

Dalam ilmu komunikasi, komunikasi antarmanusia juga terkenal dengan istilah komunikasi interpersonal. Menurut Mulyana, komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang terjadi antara orang-orang secara tatap muka.

Hal ini memungkinkan setiap peserta komunikasi menangkap reaksi lawan bicaranya secara langsung, baik verbal maupun nonverbal.

Berangkat dari definisi tersebut, penulis menyusun daftar istilah dalam tabel berikut ini:
  1. Komunikator: Orang atau sekelompok orang yang menyampaikan pesan
  2. Komunikan: Orang atau sekolompok orang yang menerima pesan
  3. Media: Alat untuk menyampaikan pesan dalam komunikasi
  4. Pesan: Konten verbal dan nonverbal yang di sampaikan dalam proses komunikasi
  5. Artefak: Benda yang milik kita yang menggambarkan identitas diri, contohnya seperti pakaian, parfum, dan lainnya.
  6. Konsensus: Kesepakatan bersama mengenai suatu pendapat, pendirian, dan lainnya
  7. Konteks budaya: Keseluruhan budaya atau situasi tempat sebuah aktifitas komunikasi terjadi
  8. Noise: Segala sesuatu yang mengganggu pengiriman pesan dari para peserta komunikasi
  9. Komunikasi nonverbal: Proses penyampaian pesan dalam bentuk selain kata-kata. Contohnya gerak tubuh, ekspresi, dan lainnya
  10. Interpretasi: Bagian ketiga dari proses pembentukan persepsi kita menentukan makna menggunakan struktur mental yang kita sebut skemata
  11. Proxemics: Ilmu yang mempelajari bagaimana ruang dan jarak mempengaruhi komunikasi
  12. Stereotip: Kumpulan keyakinan kita terhadap suatu kelompok yang belum jelas kebenarannya. Kita menganggap semua anggota kelompok memiliki karakter yang sama
  13. Semantik: Struktur bahasa yang berhubungan dengan makna suatu wicara
  14. Efek halo: Efek yang muncul saat persepsi tertentu mempengaruhi interaksi lanjutan kita terhadap orang lain
  15. Encoding: Proses mengolah pikiran, opini, pendapat, dan ide menjadi sebuah pesan yang di sampaikan melalui komunikasi
  16. Decoding: Proses mengubah pesan yang di sampaikan melalui komunikasi menjadi sebuah pemikiran, opini, pendapat, dan ide

17. Kebohongan altruistik: Kebohongan yang di ucapkan untuk melindungi lawan bicara dari kenyataan pahit

Istilah dalam Komunikasi Daring

Komunikasi
Ilustrasi media komunikasi

Perubahan di dunia digital serta wabah Covid-19 yang melanda dunia akhir tahun 2019, telah mengubah pola komunikasi manusia.

Selama masa karantina, banyak orang mengandalkan platform daring dalam berkomunikasi. Baik itu di bidang profesional, bisnis, maupun pendidikan.

Fenomena ini tentunya melahirkan berbagai istilah baru di kalangan para pengguna platform komunikasi daring.

Seperti video call yang di rajai oleh Zoom dan Google Meets, maupun panggilan suara dan teks seperti Whatsapp, Telegram, Line, dan lainnya.

Kami rangkaikan istilah-istilah komunikasi daring dalam tabel di bawah ini:
  1. Moderator: Orang yang mengatur jalannya komunikasi daring. Tugas dan fungsinya seperti mediator diskusi luring
  2. Trending topic: Topik-topik yang tengah hangat di perbincangkan di media sosial
  3. Webinar: Seminar atau presentasi daring yang di selenggarakan oleh individu, organisasi, maupun perusahaan.
  4. Influencer: Pengguna social media yang memiliki banyak pengikut dan pengaruh untuk mempengaruhi para pengikutnya
  5. Hastag: Kata atau frasa yang berawal dengan tanda pagar (#). Hastag memungkinkan kita melihat ribuan postingan social media dengan topik tertentu
  6. Algoritma: Sekumpulan kode yang berisi perintah agar computer atau platform di internet dapat menjalankan fungsi tertentu 
  7. Username: Nama akun pada media social atau platform lainnya
  8. Avatar: Foto yang dipajang pemilik akun sebagai identitas diri
  9. Bio: Penjelasan singkat mengenai identitas pemilik akun
  10. Chat: Komunikasi berupa teks antara satu orang dengan lainnya atau satu orang dengan kelompok
  11. DM (direct message): Obrolan yang bersifat pribadi dan terbatas antara satu pengguna dengan pengguna lainnya
  12. Geotag: Titik koordinat lokasi pengguna berada yang dapat ditautkan ke konten lainnya. Misalnya ke postingan foto di Instagram atau twit di Twitter
  13. Podcast: Serangkaian file digital yang umumnya berbentuk audio. Podcast merupakan versi daring dari siaran radio.
  14. Live chat: Fitur yang dapat digunakan peserta komunikasi daring untuk bertanya dalam bentuk teks
  15. Kode akses: Serangkaian angka atau dapat pula dikombinasikan dengan huruf yang digunakan untuk mengakses saluran komunikasi. Kode akses memastikan hanya orang tertentu yang bisa ikut dalam kegiatan komunikasi daring tersebut.
  16. Mute: Keadaan microfon mati sehingga suara peserta komunikasi tidak dapat didengar peserta lainnya
  17. Q&A: Sesi Tanya jawab

Baca Juga Beritaku: Mengenal Komunikasi Daring Sinkron, 3 Komponen, Jenis dan Caranya

Daftar Pustaka

  1. Public Speaking Glossary. http://www.speaking-tips.com/Glossary.aspx
  2. Tata Cara Bersidang dalam Organisasi. 2018.pptimalalo.com
  3. Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : Remaja RosdaKarya
  4. Istilah Umum dalam Peradilan Pidana. 2013. Commonly-used
  5. Interpersonal Textbook Glossary. textbooks.whatcom
Bagikan Ke