Komunikasi Daring

Mengenal Komunikasi Daring Sinkron, 3 Komponen, Jenis dan Caranya

Diposting pada

Mengenal Komunikasi Daring sinkron lebih jauh, terdapat 3 komponen utama dengan jenis dan cara-caranya pada era digital milenial saat ini

Beritaku.id, Komunikasi dan Organisasi – Manusia merupakan makhluk sosial sehingga sejak lahir, manusia tidak lepas dengan komunikasi. Komunikasi merupakan bentuk dari interaksi satu individu dengan individu lainnya.

Oleh: Elsa Cordana (Penulis Organisasi dan Komunikasi)

Komunikasi merupakan sebuah proses penyampaian perasaan atau pikiran sesorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang atau simbol yang dapat di mengerti oleh kedua belah pihak.

Kegiatan ini memungkinkan sesorang untuk saling bertukar informasi. hal terjadi jika ada orang yang berbicara, orang yang di ajak bicara mengerti dan sebaliknya.

Jika orang yang di ajak bicara belum mengerti apa yang di katakan maka itu bukan termasuk komunikasi. Ada banyak media yang dapat di gunakan untuk komunikasi yaitu komunikasi dengan media elektronik san komunikasi dengan media online.

Salah satu bentuk komunikasi berdasarkan medianya adalah komunikasi daring.

Komunikasi daring merupakan komunikasi ketika media penyampaian dan penerimaan pesan di lakukan melalui jaringan internet, maka biasa juga di sebut dengan komunikasi di dunia maya atau cyberspace.

pada saat ini komunikasi daring dapat di lakukan di mana saja dan kapan saja. Hal tersebut karena sudah semakin mudah mendapatkan jaringan internet.

Internet merupakan media komunikasi yang efektif karena tersedia banyak layanan di dalamnya seperti website, chatting, email, Facebook dan sebagainya.

Baca Juga Beritaku:4 Fungsi Komunikasi: Informatif, Regulatif, Persuasif , dan Integratif

Komponen pada komunikasi daring

Komunikasi Daring
Ilustrasi Komunikasi Daring

untuk lebih mengenal komunikasi daring, terdapat beberapa komponen untuk mendukung jalannya komunikasi. Komponen tersebut yaitu :

A. Perangkat keras

Perangkat keras atau hardware merupakan komponen yang penting. Komponen ini dapat di lihat dan diraba secara langsung oleh indra manusia karena memiliki bentuk yang nyata.

Komponen perangkat keras yang di gunakan juga harus memenuhi kualifikasi-kualifikasi tertentu supaya dapat menampung komponen software yang di perlukan. Jika spesifikasi tidak sesuai maka komunikasi daring tidak dapat berjalan dengan lancar. Contoh dari perangkat keras yang di gunakan untuk komunikasi daring yaitu komputer, headset, microphone dan perangkat pendukung internet.

B. Komponen perangkat lunak (software)

Selain perangkat keras, perangkat lunak juga dibutuhkan dalam mengenal komunikasi daring sinkron. Memiliki perangkat keras saja tidak cukup perlu di tambah perangkat lunak. Namun spesifikasi perangkat keras harus sesuai dengan syarat penginstalan perangkat lunak.

Perangkat lunak di perlukan untuk menjembatani perangkat akal atau brainware dengan perangkat keras atau hardware. Perangkat lunak yang sering di gunakan dalam komunikasi daring sinkron adalah Webconferance, Google Duo, Skype dan sebagainya.

C. Komponen Perangkat Nalar atau Akal

Komponen perangkat akal adalah komponen yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan dua jenis perangkat yaitu perangkat lunak dan perangkat keras.

bagian ini sangat penting supaya membuat kedua perangkat dapat menjalankan perintah user.

Pengertian Komunikasi Sinkron

untuk mengenal komunikasi dari terdapat dua jenis komunikasi daring yaitu komunikasi asikron dan  komunikasi sinkron.

Komunikasi sinkron merupakan komunikasi daring ang di fasilitasi secara real time. Pada komunikasi asinkron, orang dapat melakukan pertukaran informasi dengan waktu yang berbeda-beda.

Materi atau informasi di sampaikan lebih dahulu oleh pemberi informasi dengan fasilitas internet sebelum informasi di terima oleh pengguna lainnya.

Komunikasi sinkron adalah komunikasi daring yang dilakukan menggunakan komputer sebagai media dan waktu yang digunakan real time bersamaan dengan orang lain atau serempak.

Pada komunikasi sinkron waktu yang di gunakan antara orang yang menyampaikan informasi dan orang yang menerima informasi adalah sama.

Sehingga kedua belah pihak dapat berkomunikasi secara langsung namun tanpa bertatap muka.

Baca Juga Beritaku:Membangun Relasi Dengan Investor, 7 Teknik Strategi Komunikasi

Bentuk Dan Jenis Komunikasi Sinkron

agar semakin mengenal komunikasi daring, berikut beberapa bentuk atau jenisnya :

A. Text Chat

Text chat merupakan sebuah fitur, software atau perangkat lunak dalam jaringan internet untuk bersosialisasi atau berkomunikasi secara langsung dengan sesama penggunaan internet yang sedang online.

Komunikasi teks yaitu komunikasi yang di lakukan dengan mengirim pesan teks kepada orang lain yang sedang daring.

Selanjutnya orang tersebut menerima pesan, membaca pesan dan membalas pesan dengan tes.

Begitulah bentuk komunikasi sinkron menggunakan text chat. Proses-proses tersebut terus di lakukan secara berulang-ulang.

Text chat merupakan cara yang mudah dalam berkomunikasi namun memiliki kekurangan yaitu kedua belah pihak membutuhkan waktu untuk mengetik namun bagi beberapa orang, komunikasi sinkron justru lebih asyik karena ada waktu untuk menunggu pesan diterima, pada saat waktu menunggu tersebut muncul perasaan penasaran.

Hal yang perlu diperhatikan dalam komunikasi sinkron text chat yaitu bahasa yang di gunakan.

Beberapa orang dapat menginterpretasikan sebuah tulisan dengan berbeda-beda. Oleh sebab itu sebaiknya ketika melakukan komunikasi sinkron dengan text chat, bahasa yang kamu gunakan mudah dipahami.

Selain itu pilih kata-kata yang tidak menimbulkan ambiguitas. Ambiguitas pada tulisan dapat membuat informasi yang di sampaikan tidak terima bahkan lebih parahnya jika informasi yang di terima justru di artikan dengan arti lain.

B. Video Chat

jenis merupakan bentuk lain dari salah satu jenis komunikasi daring sinkron.

Video chat adalah teknologi yang memiliki fitur audio dan video secara real time antra pengguna.

cara dapat dilakukan di mana saja asalkan terdapat jaringan internet dan pengguna sama-sama online.

selain itu dapat juga di lakukan menggunakan berbagai perangkat seperti tablet, laptop, smartphone dan komputer. istilah lain dari video chat adalah video call.

chat menggunakan video dapat berupa interaksi satu-satu antar pengguna atau poin to point atau interaksi multipoint yaitu satu ke banyak atau banyak ke banyak. Contoh interaksi multipoint adalah interaksi yang terjadi selama kelas online.

Beberapa orang sering menyalah artikan video chatting dengan video conference.

Namun video chatting sebenarnya mengacu pada komunikasi video dengan dua orang individu sedangkan video conference lebih mengarah ke komunikasi video antara 3 pihak atau lebih.

Jika di bandingkan dengan text chat, video chat lebih praktis dan lebih cepat. Ketika menyampaikan informasi, individu lang berbicara tanpa perlu mengetik terlebih dahuhu.

Selain itu, video chat dapat mengurangi kesalahpahaman yang terjadi pada saat komunikasi. Penyampaian informasi menggunakan video chat membuat informasi lebih jelas karena penuturan yang jelas dan terdapat intonasi pada setiap informasi yang di terucap.

Meskipun memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan text chat, video chat membutuhkan peralatan dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Alat yang di gunakan untuk mengambil video harus mampu menangkap video dengan baik.

Selain itu ketika melakukan video chat, kamu harus memastikan bahwa pencahayaan tempat kamu mengambil video cukup.

C. Komunikasi Sinkron Telepon

jenis yang ketiga adalah telepon. Komunikasi melalui telephone sudah lama di lakukan namun pada zaman dulu namun pada zaman dahulu masih belum menggunakan internet.

Komunikasi daring sinkron dengan telepon lebih mudah di lakukan di bandingkan dengan text chat dan video chat.

Daring sinkron telepon hanya membutuhkan jaringan internet, tidak perlu mengetik atau mencari tempat dengan pencahayaan yang cukup.

Keuntungan lainnya yaitu alat yang di gunakan untuk berkomunikasi tidak perlu secanggih alat untuk video chat.

Akan tetapi metode ini tetap memiliki kekurangan yaitu lawan bicara tidak dapat melihat ekspresi orang yang sedang berbicara.

Contoh Komunikasi Sinkron

Komunikasi Daring
Bentuk bentuk Komunikasi Daring

Ada beberapa komunikasi sinkron yaitu

A. Text chat

Komunikasi text chat sering di lakukan. Sebagian besar text chat pada komunikasi sinkron terjadi dari satu individu ke satu individu lainnya. Jarang text chat pada komunikasi sinkron dilakukan dari individu ke beberapa orang.

Ada banyak aplikasi yang di gunakan untuk text chat yaitu Yahoo massager, Facebook chat dan sebagainya.

Text chat sudah di gunakan pada beberapa e-commerce di website mereka. Biasanya mereka menyediakan fitur live chat supaya jika ada pelanggan yang ingin bertanya mengenai suatu produk atau jasa maka dapat segera di jawab.

Text chat pada bisnis e-coerce berperan penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.

B. Video Chat

metode ini banyak di gunakan karena memiliki berbagai kelebihan, salah satunya adalah kita dapat melihat ekspresi dari orang yang berbicara dan sebaliknya, kita juga dapat melihat ekspresi dari orang yang di ajak bicara.

Video chat saat ini banyak terpakai, karena saat pandemi COVID-19 hampir semua aktivitas dilakukan secara daring.

Kuliah online merupakan salah satu contoh dari implementasi video chat. metode ini pada kuliah online merupakan bentuk komunikasi sinkron dari satu individu ke beberapa individu.

cara ini juga dapat di lakukan dengan video call yaitu komunikasi satu individu ke individu lainnya. Aplikasi yang sering di gunakan yaitu Skype, Video Call WhatsApp, Google Meet dan sebagainya.

C. Telephone

Komunikasi daring dengan telephone saat ini banyak di gunakan karena biaya telephone dengan daring lebih murah daripada telephone menggunakan pulsa.

Ada banyak software untuk melakukan telephone yaitu WhasApp, Line, KakaoTalk dan sebagainya.

Saat ini banyak aplikasi yang dapat di gunakan untuk berkomunikasi bahkan dalam satu aplikasi dapat di gunakan untuk 3 jenis komunikasi yaitu text chat, video chat dan telephone.

Sehingga dalam satu aplikasi kamu bisa memilih komunikasi daring mana yang kamu kehendaki.

Misalnya aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini dapat di gunakan untuk text chat, video chat dan telephone. Di WhatsApp juga terdapat fitur group sehingga komunikasi daring sinkron dapat berlangsung dari individu ke individu atau dari individu kelompok.

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring Sinkron

Komunikasi daring sinkron banyak di gunaakan baik itu oleh individu atau kelompok karena memiliki banyak kelebihan.

Kecepatan Transmisi

kecepatan transmisi yang di gunakan semakin cepat sesuai dengan kemajuan zaman hal ini, sehingga memudahkan kegiatan komunikasi.

Tampilan yang Bersahabat

tampilan pada komunikasi daring sinkron bersahabat dan mudah di gunakan sehingga jika kamu pengguna baru maka kamu tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat menggunakannya.

Memiliki Fitur Grup

komunikasi daring sinkron memiliki fitur group sehingga dapat mengumpulkan beberapa orang dan bisa berkomunikasi bersama dalam satu waktu.

Meskipun begitu, komunikasi daring sinkron juga memiliki kelemahan yaitu dapat terjadi masalah yang membutuhkan signal clock yang deras karena dilakukan secara serempak

Itulah beberapa contoh komunikasi daring sinkron semoga dapat menjadi referensi kamu dalam melakukan komunikasi daring sinkron.

Ada banyak aplikasi yang memfasilitasi komunikasi daring sinkron, kamu dapat memilih aplikasi mana yang cocok dengan kamu dan lawan bicara kamu.

Jangan lupa untuk melihat spesifikasi perangkat keras yang cocok untuk instalasi software.

Dimasa pandemi ini sebaiknya kamu mulai mempersiapkan diri untuk terbiasa dalam komunikasi daring sinkron supaya aktivitas tetap dapat dilakukan meskipun secara daring dan semangat untuk bekerja dan belajar tetap terjaga.

baca juga Beritaku:Sinkron Asinkron, Bentuk Komunikasi Daring, 7 Persamaan & Perbedaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *