Cincin Pernikahan

Cincin Pernikahan Termahal di Dunia Serta Makna Dan Inspirasinya

Diposting pada

Di dunia ada beberapa cincin pernikahan yang mempunyai label yang termahal. Pernikahan adalah hari bahagia sekaligus mendebarkan bagi semua calon pengantin. Dalam pernikahan biasanya selalu ada cincin pernikahan yang menjadi simbol pengikat janji untuk sehidup semati antara dua mempelai.

Beritaku.id, Budaya – Bagi seorang wanita, cincin pernikahan merupakan suatu lambang kebanggaan untuknya.

Oleh: Veronika Ajeng (Penulis Budaya)

Mereka yang sudah menikah dan bangga akan pernikahannya, hingga tak segan untuk memerlihatkan cincin kawinnya pada orang lain, apalagi cincinnya gemerlap dan mewah. Tidak jarang, para model atau aktris ternama memilih cincin yang mahal dan eksklusif untuk pernikahannya.  

Nah, kali ini kita akan membahas tentang cincin termahal di dunia dan di Indonesia. Yuk, simak selengkapnya! 

Pernikahan dan bagaimana perspektif orang tentangnya 

Perbedaan perspektif seseorang tentang pernikahan merupakan wujud dari pengaruh berbagai faktor, termasuk agama, kebudayaan dan berbagai faktor dalam dirinya.   

Perkawinan menurut undang-undang tentang perkawinan No. 1 Tahun 1974 adalah ikatan lahir dan batin antara seorang pria dan wanita sebagai suami dan istri yang bertujuan untuk berumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, perkawinan berhubungan erat dengan agama dan kerohaniannya.  

Sebagian besar orang berharap bahwa pernikahan mereka akan berlangsung sekali seumur hidup. Tidak heran, bagi para konglomerat, pernikahan akan terencana dengan matang dan terselenggara mewah.  

Cincin pernikahan Sebagai Simbol 

Mengapa cincin kawin biasanya tersemat pada jari manis? Bukan kalung atau gelang, cincin merupakan simbol pernikahan yang umum di dunia. Ternyata kebudayaan ini sudah ada sejak zaman kuno. 

Dari Romawi, masyarakat di sana memercayai bahwa pembuluh darah di jari terhubung ke jantung. Oleh sebab itu, pembuluh ini bernama vena amoris atau urat cinta. Kemudian pemasangan cincin pernikahan di jari manis merupakan representasi cinta abadi bagi kedua mempelai. Akhirnya kebudayaan tersebut mendunia dan di adopsi ke versi masing-masing negara. 

Cincin juga melambangkan komitmen penuh pada orang yang di cintai. Bahkan pada agama dan di daerah tertentu, sumpah perkawinan terucap bahwa cincin merupakan lambang sebuah komitmen yang penuh. Nah, akhirnya kehadiran cincin dalam pernikahan merupakan hal yang cukup penting.  

Cincin Pernikahan Termahal

Bagi seorang wanita, cincin pernikahan merupakan suatu lambang kebanggaan untuknya. Mereka yang sudah menikah dan bangga akan pernikahannya tak segan untuk memerlihatkan cincin kawinnya pada orang lain, apalagi cincinnya gemerlap dan mewah. Tidak jarang, para model atau aktris ternama memilih cincin yang mahal dan eksklusif untuk pernikahannya.  

Nah, kali ini kita akan membahas tentang cincin termahal di dunia dan di Indonesia. Yuk, simak selengkapnya! 

Baca Juga Beritaku: Poligami: Syarat, Amalan dan, Doa Dan Contoh Kisahnya

Cincin Pernikahan dan Pertunangan Termahal di Dunia

1. Cincin Pernikahan Cartier dari Pangeran Rainier

Cartier
Cincin Pernikahan Pangeran Rainer

Pada tahun 1995, Pangeran Rainer dari Monaco menjadikan cincin pasangan dari Cartier sebagai cincin pernikahannya. Cartier sendiri merupakan produsen cincin dan perhiasan ternama dari Prancis. Cincin pernikahan pasangan pangeran Rainier dan Grace Kelly ini menggunakan berlian berkadar 10,47 karat dan dua potong berlian persegi panjang pada kedua sisinya. Saat itu cincin tersebut mencapai harga Rp 55 miliar.  

2. Inspirasi Cincin Pertunangan Jackie Kennedy Onassis 

Cincin
Cincin Pertunangan Jackie Kennedy Onassis

Jackie merupakan mantan ibu negara Amerika. Pernikahannya dengan Aristotle Socrates Onassis pada tahun 1968 sangat klasik dan mengesankan. Sebelum di gelar,  Atistotle memberikan cincin berlian yang sangat mahal. Dengan potongan berlian marquise 40,42 karat atau Lesotho III, cincin tersebut terlelang dengan harga sekitar 2,59 juta USD atau setara dengan Rp 36,5 miliar saat ini.  

3. Inspirasi Cincin Pertunangan Catherine Zeta Jones

pernikahan
Cincin Pertunangan Catherine Zeta Jones

Cincin pertunangan Catherine menggunakan berlian 10 karat dan di kelilingi oleh potongan berlian yang berkilau sebanyak 28 buah. Bergaya Vintage Fred Leighton, pembuatan cincin bertahta berlian marquise tersebut menelan biaya 1 juta USD atau setara dengan Rp 14,1 miliar menurut kurs sekarang ini.  

4. Inspirasi Cincin Pertunangan dari Jennifer Lopez 

Cincin Pernikahan
Pertunangan Jennifer Lopez Dan Alex Rodrigues

Penyanyi cantik Jennifer Lopez pernah bertunangan sebanyak lima kali. Baru saja Jenifer di lamar kekasihnya, Alex Rodriguez dengan cincin mahal seharga 5 juta USD atau Rp 70,5 miliar pada tahun 2019 lalu. Seorang ahli perhiasan memperkirakan berlian pada cincin pertunangan penyanyi tersebut mencapai 10 karat.  

5. Inspirasi Cincin Pertunangan dari Paris Hilton 

Paris Hilton
Cincin pertunangan Paris Hilton

Paris Hilton dan pasangan barunya, Reum, baru saja menggelar pertunangannya. Menggandeng ahli perhiasan ternama bernama Jean Dousset, Reum membuatkan cincin berlian zamrud 20 karat. Pada kedua sisinya, terdapat potongan berlian lain yang berbentuk menyerupai perisai. Potongan berlian kecil yang mengelilingi cincin pertunangan ini memberikan kesan berkelas dan elegan. Kabarnya harga cincin ini mencapai 1 juta USD atau sekitar Rp 14,1 miliar.  

Baca Juga Beritaku: Pelet : Pemikat Sukma Wanita, Rajah, Mantra dan Hukumnya

Cincin Pernikahan Termahal di Indonesia 

1. Cincin Pernikahan Nagita Slavina dan Raffi

Terbuat dari berlian dan emas 24 karat, cincin pernikahan Raffi dan Nagita berharga sekitar Rp 100 juta. Bernama Solitaire, cincin pernikahan kedua artis ini memiliki bentuk yang sederhana namun elegan. Pemberian nama solitaire berasal dari jumlah berlian yang ada pada suatu cincin. Untuk jenis cincin tersebut menggunakan satu berlian utama atau berlian tunggal pada bagian tengah cincinnya.  

2. Cincin Pernikahan Raisa dan Hamish 

Pemuda Indonesia merayakan Hari Patah Hati Nasional saat Raisa memutuskan untuk menikah dengan Hamish Daud. Tidak hanya menyisakan duka untuk para pemuda, ternyata hari bahagia pasangan ini juga sangat mengesankan. Pernikahan antara kedua selebritis ini menghadirkan cincin pernikahan sederhana dengan harga yang fantastis. Tiffany And Co. Membuatkan cincin pernikahan berbahan platinum dengan hiasan sembilan butir berlian seharga Rp 52 juta dan Rp 21 juta. 

3. Cincin Pernikahan Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie 

Setelah delapan tahun berpacaran, Chelsea dan Glenn memutuskan untuk melanjutkan hubungannya ke jenjang yang lebih serius. Pernikahan keduanya sangat romantis, termasuk desain cincin perkawinannya. Dibuat oleh sang papa, desain cincin pernikahan tersebut dilengkapi dengan berlian sejumlah 8 butir. Jumlahnya menandakan lama waktu mereka berpacaran.  

Pesta Pernikahan Termahal dan Termewah di Indonesia  

Pernikahan Sandra Dewi
Pernikahan Mewah Dari Artis Sandra Dewi

Setiap orang pasti memimpikan pernikahan yang sempurna. Pesta mewah dan mahal kerap kali menjadi gelaran setelah pernikahan berlangsung. Berikut ini merupakan pesta pernikahan yang terkenal mahal dan mewah di Tanah Air.  

1. Pernikahan Muhammad Prayudha dan Izha 

Menggelar pesta pernikahan selama sepuluh haris sepuluh malam, pernikahan antara H. Muhammad Prayudha dan Izha mendapat sorotan dari pubilk. Bukan hanya karena lama waktu pestanya, kabarnya pesta pernikahan pasangan tersebut juga mengundang penyanyi terkenal Indonesia. Tidak berhenti di situ saja, H. Ciut sebagai orang tua mempelai lelaki sekaligus bos batu bara menghadiahkan Harley Davidson bagi tamu undangan yang beruntung.  

2. Pernikahan Jusup Cahyadi dan Clarissa Wang 

Jusup Cahyadi merupakan putra dari seorang Crazy Rich Surabayan yang menggelar pesta pernikahan hingga triliunan rupiah. Mulai dari foto prewedding hingga hadiah untuk tamu undangan yang beruntung terbilang fantastis. Sebanyak lima unit mobil Jaguar hingga ponsel pintar mahal menjadi doorprize pada pernikahan tersebut.  

3. Pernikahan Sandra Dewi dan Harvey 

Berdandan bak seorang putri dari Disney, Sandra Dewi dan Harvey menyelenggarakan resepsi  pernikahannya di Negeri Sakura. Harvey merupakan salah satu pengusaha batu bara ternama maka tak heran pesta pernikahannya dilangsungkan secara mewah. Kabarnya, pesta pernikahan tersebut menghabiskan dana hingga ratusan miliar.  

4. Pernikahan Tasya Farasya dan Ahmad Assegaf

Tasya Farasya merupakan seorang influencer ternama asal Indonesia yang menyelenggarakan pesta pernikahan secara mewah. Mengenakan gaun mahal buatan Ivan Gunawan, Tasya memilih Kempinski Grand Ballroom sebagai tempat pestanya. Kemewahan pesta pernikahan tersebut sangat disorot media saat itu.  

5. Pernikahan Nagita Slavina dan Raffi Ahmad 

Tidak hanya cincin kawinnya saja yang mahal, kedua artis ternama Tanah Air ini juga menyelenggarakan pesta pernikahan secara mewah dan mahal. Saat hari bahagianya, Nagita Slavina dan Raffi Ahmad bahkan menayangkan secara langsung di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia. Beberapa private party juga terselenggara setelah pernikahannya, seperti di Bali dan Bandung dengan suvenir eksklusif dari Swiss.  

Baca Juga Beritaku: Ramalan Garis Pernikahan Bercabang, Penyebab Menikah Lebih Dari 1 Kali?

Pernikahan dengan biaya murah, tidak masalah! 

momen pernikahan
acara resepsi pernikahan yang digelar secara sederhana

Banar, banyak artis dan pengusaha yang menyelenggarakan pesta pernikahan dengan mewah. Hal ini tentu tak bisa dibandingkan dengan pernikahan orang-orang biasa. Dengan biaya yang minim, pernikahan juga dapat terwujud tanpa kehilangan momen kebahagiaan pasangan. 

Untuk menghemat pengeluaran, pernikahan bisa diwujudkan tanpa adanya pesta. Akad saja sebenarnya sudah cukup Tak perlu mengundang banyak tamu, hanya beberapa rekan kerja atau sahabat terdekat serta anggota keluarga inti saja, terbukti bisa menghemat pengeluaran.  

Selain mengikuti tips di atas,berikut adalah beberapa cara untuk menyelenggarakan pernikahan murah atau sesuai dengan budget.  

1. Lebih intim dengan kehadiran keluarga dan teman dekat 

Kenyataannya mengundang sedikit tamu pada acara pernikahan memang membuat pengeluaran. Selain itu, mereka sudah saling mengenal satu sama lain sehingga acara lebih intim dan khidmat. Acara pernikahan seperti ini juga bisa menjadi acara reuni dan temu kangen untuk keluarga.  

2. Adakan pesta di rumah atau lahan milik sendiri 

Sewa gedung adalah salah satu pengeluaran termahal untuk sebuah pesta pernikahan. Apabila berencana menggelar resepsi sederhana maka adakanlah di rumah atau lahan milik sendiri. Saat ini sedang tren gaya pernikahan outdoor yang bertempat di lahan kosong berumput. Pilihan menarik, pesta resepsi ini tentu bisa dilakukan di sekitar  pekarangan rumah atau lapangan. Pasti dijamin lebih murah. 

3. Masak sendiri lebih hemat 

Apabila dibandingkan dengan menyewa jasa boga, memasak sendiri untuk acara pernikahan jauh lebih murah. Tenaga untuk memasak bisa meminta bantuan dari relasi maupun tetangga sekitar. Selain hemat, menu makanan juga dapat disesuaikan dengan anggaran dan selera. Jika berencana untuk memasak sendiri, perhitungkanlah tempat untuk memasak serta bahan mentah yang diperlukan secara matang.  

4. Tak perlu beli, sewa pakaian sudah cukup 

Bagi pasangan yang punya anggaran lebih biasanya akan memilih untuk membeli atau membuat pakaian khusu untuk hari pernikahannya. Jika anggaran calon pengantin tidak banyak, sarankanlah untuk menyewa pakaian saja. Tidak hanya untuk mereka, anggota keluarga juga bisa ikut menyewa pakaian dengan warna dan nuansa senada dengan tema pernikahan.  

5. Minta bantuan teman untuk merias pengantin

Saat ini banyak sekali tutorial riasan pengantin sederhana yang mudah untuk dipraktikkan. Tak jago merias diri? Bisa jadi teman atau anggota keluarga punya keahlian berdandan sehingga calon pengantin bisa meminta bantuan mereka untuk merias saat hari bahagianya. Jika memang tidak memungkinkan, sewalah make up artist yang mematok harga terjangkau dan sesuai dengan kantong. Tak ada salahnya untuk mencari informasi secara online di Instagram maupun Tiktok.  

Itulah tips untuk menyelenggarakan pernikahan dengan anggaran minim dan terjangkau. Tidak perlu mahal, hari bahagia juga bisa terlaksana dengan lancar dan berkesan apabila terencana secara matang. Pastikan tak perlu memaksakan diri atau pasangan, pernikahan sederhana akan tetap terasa menyenangkan.  

Bagikan Ke