Opening Job Fair di Indonesia
Pesta lowongan kerja yang sangat ramai pada beberapa daerah di Indonesia

Job Fair: 3 Cara Daftar Dan Contoh Surat Lamaran

Diposting pada

Ada begitu banyak jalan dalam mencari pekerjaan, salah satunya adalah Job Fair yang makin banyak peminat, terutama generasi muda sekarang. Dan ternyata ada 3 cara daftar, dan contoh surat lamaran yang bisa kita tawarkan

Beritaku.id, – Apa sapaanmu pada dunia yang kini sedang memperlihatkan kepada kita betapa kerasnya ia? Mengajarkan kita bagaimana mengantri mendapatkan sesuap nasi, hingga selembar uang, yang berbentuk pertarungan mendapat pekerjaan?

Oleh: Elsa Cordana (Penulis Organisasi Dan Komunikasi)

Kebutuhan hidup semakin banyak. Yang mana hal tersebut mengharuskan kita memenuhi sebuah tuntutan hidup. Hal tersebut sama dengan keadaan pada dewasa sekarang.

Terlebih dengan kita yang baru saja mendengar bahwa kita lulus dari sekolah, yang pada akhirnya bermanifestasi pada tuntutan mendapatkan karir yang cemerlang.

Apalagi dengan kita yang sudah mendapatkan gelar sarjana, yang mana tuntutan tersebut semakin terasa, baik dalam lingkungan keluarga maupun sosial. Baik hal tersebut terbentuk secara tidak sengaja, ataupun tidak.

Ada yang memutuskan untuk mendirikan usahanya sendiri dan ada yang memutuskan untuk bekerja. Semua itu merupakan pilihan karena sudah saatnya mulai hidup mandiri atau tidak bergantung secara ekonomi kepada orang tua.

Ada banyak cara untuk mencari pekerjaan, mulai dari mencari melalui aplikasi, melhat satu persatu website perusahaan dan datang ke job fair. Kata ini sendiri memiliki arti atau makna, yakni pesta lowongan pekerjaan, dengan mempunyai jumlah pelamar lebih dari perkiraan.

Adalah suatu sarana dimana pihak pencari kerja bertemu dengan pihak yang mencari karyawan atau HRD sebuah perusahaan pada suatu tempat dan waktu tertentu yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara.

Beberapa pihak yang sering menyelenggarakan event ini antara lain, kampus Pemerintah Pusat ataupun Daerah, hingga ke beberapa pihak dari perusahaan itu sendiri. Dengan tujuan ialah mengurangi angka pengangguran dan membantu perusahaam menemukan karyawan baru.

Daftar Job Fair Online

Pendaftara Job Fair yang ramai
Peminat pesta lowongan kerja (foto: liputan6.com)

Saat ini mencari pekerjaan merupakan hal yang gampang-gampang susah, mengingat semuanya tergantun pada diri kamu. Jumlah peminatan dari event ini banyak dengan latar belakang dan asal yang berbeda.

Maka, untuk bisa ikut dalam event pesta lowongan pekerjaan ini, ada beberapa cara untuk mendaftarnya. antara lain ada cara offline dan online.

Untuk cara pendaftaran offline, biasanya pelamar akan langsung datang ke lokasi tempat berlangsungnya event. Meski begitu, cara ini memiliki kekurangan, salah satunya waktu kita yang terbuang banyak.

Mengingat kalian harus menempuh perjalanan untuk bisa ke lokasi, dan mendaftarkan diri untuk bisa ikut event ini. Maka kalian harus menunggu antrian panjang dari para pelamar, yang mana membutuhkan waktu yang cukup lama saat menunggu pihak HRD memanggil nama kita.

Saat ini penyelenggara pekan lowongan pekerjaan membuat pendaftaran yang lebih efisien yaitu dengan mendaftar job fair secara online. Bahkan pihak penyelenggara melaksanakan event ini secara online.

Terutama saat pandemi banyak kegiatan yang dilakukan secara daring. Cara mendaftar pesta lowongan pekerjaan secara online cukup mudah. Berikut ini cara mendaftar event secara online pada umumnya.

Mendaftar Secara Online

Cara daftar Job Fair (foto: kumparan.com)

a. Mencari informasi dari media sosial

Langkah pertama ini ialah kalian harus mencari sumber dari penyelenggaraan job fair. Kalian bisa melihatnya dalam mading ruang publik, poster, koran, dan sebagainya.

Atau yang paling digital adalah mencari informasi mengenai event job fair, ialah kalian bisa mencarinya ke beberapa akun resmi dari penyelenggara event tersebut.

Biasanya dalam media sosial mereka, akan terdapat caption yang berisi informasi siapa saja perusahaan yang ikut dalam penyelenggaraan acara tersebut, dan bagaimana cara mendaftarnya untuk kita sebagai pelamar.

b. Klik link pendaftaran dan mengisi formulir

Pihak penyelenggara pada umumnya akan menyediakan link untuk mendaftarkan diri. Link akan mengarahkan kamu di situs web tempat mendaftar. Saat mendaftar, kamu wajib mengisi data diri kamu.

Hal ini bertujuan supaya pihak penyelenggara memiliki data siapa saja yang mengikuti event tersebut. Selain data diri secara umum, beberapa penyelenggara juga akan meminta kamu untuk mengupload CV dan foto kamu. Isilah data diri kamu sesuai dengan keadaan kamu yang sebenarnya.

Jika penyelenggara tidak menyediakan link, namun menyediakan aplikasi maka kamu harus mengunduh aplikasi tersebut lalu membuat akun dan melakukan verifikasi akun. Setelah itu lengkapi data diri seperti foto dan CV.

c. Mengunduh bukti pendaftaran

Beberapa penyelenggara pesta lowongan pekerjaan akan memberikan formulir untuk mendaftar, lalu download formulir tersebut, namun jangan lupa untuk mengunduh bukti pendaftaran.

Jika sudah mengunduh, bukti pendaftaran tersebut harus kalian bawa saat ke tempat event tersebut. Lalu masukkan ke dalam map yang berisi data-data yang kita perlukan saat mengikuti event ini.

Surat Lamaran Untuk Job Fair

Surat lamaran kerja untuk ikut Job Fair
Surat lamaran kerja (foto: id.pinterest.com)

Tujuan utama mengikuti pesta lowongan pekerjaan , adalah mendapatkan jenjang karir yang kita mau dari perusahaan yang kita impikan. Maka banyak yang menyarankan untuk tidak boleh melewatkan kesempatan tersebut.

Maka dalam mengikuti event ini, kalian harus membuat lamaran pekerjaan , yang mana tujuannya adalah mengisi kekosongan jabatan dalam perusahaan tersebut. Jadi, jangan lupa membuat surat lamaran pekerjaan ya.

Dalam membuat surat lamaran kerja, kita biasanya akan memberikan beberapa data yang sesuai dengan data yang kita punya untuk mengikuti event pesta lowongan pekerjaan ini.

Namun sebelum itu, kita harus mengerti mengenai hal tersebut, banyak yang menyarankan untuk mengetahui perusahaan apa saja yang berpartisipasi dalam event tersebut. Termasuk perusahaan idaman kalian.

Hal ini akan bermanifestasi pada kualifikasi serta persyaratan yang kita bawa ke acara tersebut, termasuk dalam hal ini adalah bisa memprediksi apakah akan segera mendapatkan jabatan yang perusahaan itu butuh.

Lolos atau tidaknya kita ke tahap selanjutnya, tergantung dari pembuatan surat lamaran kepada perusahaan yang sudah ada dalam list prioritas . Oleh sebab itu, jangan sembarangan dalam membuat surat lamaran pekerjaan, apalagi sampai asal-asalan pembuatannya

Contoh Surat lamaran Kerja

Berikut ini contoh surat lamaran pekerjaan.

                                                                                                Tempat, tanggal surat di buat

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada :

Bapak/Ibu Staff Personalia

(Nama perusahaan)

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima melalui job fair yang diadakan oleh …… di …… pada tanggal ……. perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan pekerjaa. Bersama surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk berkerja di ……………..sebagai ……………………………….

Berikut saya lampirkan mengenai data diri saya

Nama                           :

Tempat, tanggal lahir  :

Status                          :

Pendidikan Terakhir    :

Alamat                        :

No. HP                        :

Email                           :

Sebagai bahan pertimbangan, Saya lampirkan :

1.      Pas foto ukuran 4 x 6 cm

2.      Fotocopy KTP

3.      Fotocopy Ijazah terakhir

4.      Fotocopy Transkip Nilai

5.      Daftar Riwayat Hidup

6.      Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

7.      Fotocopy Kartu Pencari Kerja (AK/I)

Saya berharap Bapak/Ibu berkenan untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan lebih terperinci mengenai potensi diri saya.

Demikian Surat permohonan melamar kerja ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

                                                                                              Hormat saya,

                                                                                                Nama Kamu (gelar bila ada)

Saat Job Fair Berlangsung

Harus memperhatikan ini saat interview kerja (foto: rencanamu.id)

Ketika sedang melamar kerja dalam event ini, beberapa pihak perusahaan akan memberikan pertanyaan kepada kalian. Berikut ini pertanyaan yang sering ada dalam event pencarian pekerjaan ini.

a. Alasan melamar pekerjaan

Pertanyaan yang sering terucap saat melamar pekerjaan, ialah apa alasan kita melamar pekerjaan pada perusahaan tersebut, serta mengapa kalian menginginkan jabatan tersebut.

Untuk hal ini, kalian harus persiapkan secara matang dan tepat, serta jujur. Hal tersebut akan berimbas pada penilaian perusahaan mengenai pandangan tentang kecocokan diri kamu dengan orang yang mereka butuhkan.

b. Apa saja yang kamu ketahui mengenai perusahan

Ketika kalian melamar pekerjaan di suatu perusahaan, mengetahui terlebih dahulu tentang informasi perusahaan merupakan hal yang wajib kamu lakukan.

Akan aneh jika kalian melamar pekerjaan namun kamu tidak mengetahui seperti apa perusahaan yang akan menjadi tempat kalian bekerja. Saat ini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi dengan mudah dan cepat. Kamu bisa mencari informasi perusahaan secara umum melalui internet.

c. Kelebihan dan kekurangan kamu

Pertanyaan selanjutnya yang sering ada dalam event ini, ialah mengenai kekurangan dan kelebihan kalian. Orang yang paling mengerti tentang diri kamu adalah kamu sendiri.

Usahakan kamu mengetahui potensi apa yang ada di dalam diri kamu. Kelebihan dapat berupa mengenai soft skill yang kamu miliki. Selain kekurangan, kamu juga wajib menceritakan kekurangan kamu.

Ceritakan secara wajar, jangan terlalu melebih-lebihkan dan jangan terlalu menjelek-jelekan diri kamu.

Contoh CV untuk Job Fair

Contoh CV Job Fair
CV khusus Job Fair (foto: moondoggiesmusic.com)

Pembuatan CV lamaran kerja pada event pesta lowongan kerja ini, tidak jauh berbeda dengan CV pada umumnya yang banyak orang buat untuk melamar pekerjaan. Maka banyak yang menyarankan untuk membaharui CV data kalian untuk melamar pekerjaan dalam event ini.

CV yang baik adalah CV yang berisi mengenai data diri kamu sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk memilih kamu sebagai karyawan. Namun bagaimana CV dapat termasuk dalam kategori baik? Berikut ini CV yang baik yaitu

a. Posisi data pribadi harus terletak pada awal CV. Data diri seperti nama, jenis kelamin, foto, tempat tanggal lahir, kewarganegaraan, agama, alamat lengkap dan nomor telepon. Mengingat data diri merupakan hal yang pokok dalam CV.

b. Mencantumkan Pendidikan terakhir, baik formal maupun non formal. jenjang ini merupakan komponen penting yang mana hal tersebut memudahkan pihak HRD dalam melihat kemampuan kita dalam bidang yang kita mau.

c. Mencantumkan pengalaman kerja. Pengalaman kerja sangat penting dalam melamar pekerjaan. Meskipun kamu belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa mencantumkan pengalaman magang.

d. Prestasi. Prestasi merupakan hal yang membanggakan oleh sebab itu tidak ada salahnya mencantumkan prestasi di CV. Dengan adanya prestasi dalam CV, perusahaan dapat menilai kamu sebagai orang yang pekerja keras, tertarik dengan tantangan dan kemampuan kamu dalam bidang tersebut.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama                           :

Jenis Kelamin              :

Tempat Tanggal Lahir :

Kewarganegaraan       :

Status Perkawinan      :

Agama                         :

Alamat Lengkap         :

Nomor Telepon           :

PENDIDIKAN FORMAL

( tahun) – (tahun)        : (Tempat sekolah/kuliah)

PENDIDIKAN NONFORMAL

(tahun) – (tahun)         : (Tempat pendidikan)

PENGALAMAN KERJA

(tahun) – (tahun)         : (Jabatan, nama perusahaan)

PRESTASI

(tahun)                         : Juara ke- …… lomba …… tingkat ……

Itulah hal-hal yang wajib kamu tahu mengenai tata cara melamar pekerjaan secara online. Semoga dapa bermanfaat dan membantu kamu dalam mendapatkan pekerjaan impian kamu.

Bagikan Ke