13 Kegunaan Bunga Edelweis: Klasifikasi, Arti dan Makna

Diposting pada

Bunga Edelweis menjadi sebuah simbol rasa cinta bagi manusia. Ternyata, bunga ini memiliki klasifikasi dan persebaran yang luas. Arti dan makna bunga ini pun juga sangat mendalam. Selain sebagai hiasan, Edelweis juga memiliki kegunaan lain yang bermanfaat bagi hidup manusia.

Beritaku.id, Berita Budaya – Tidak sedikit orang merasa malu dan sungkan untuk menyatakan perasaan yang mereka rasakan terhadap seseorang. Terkadang rasa malu dan sungkan menjadikan sebuah kesulitan ketika akan mengungkapkan kata. Lidah terasa kelu dan kaku untuk mengucapkan perasaan mereka. Sebuah simbol menjadi salah satu cara untuk dapat mengartikan sebuah perasaan.

Oleh: Riska Putri (Penulis Berita Budaya)

Dengan simbol, maka seseorang dapat menyampaikan pesan dan maksud hatinya tanpa perlu mengucapkan lewat kata-kata. Salah satu benda yang dapat menyimbolkan perasaan adalah sekuntum bunga. Masing-masing jenis bung dapat mewakili perasaan seseorang karena di anggap memiliki makna yang berbeda.

Tak hanya menyampaikan rasa bahagia, bunga dapat pula menjadi simbol kesedihan bagi seseorang. Ketika mulut tidak lagi dapat bersuara, maka bunga mampu mengutarakan luka lara yang menggelayuti batin.

Bunga juga dapat menjadi simbol rasa kegembiraan. Rasa suka cita yang dirasakan oleh seorang insan dapat disimbolkan lewat serangkaian bunga. Beragam jenis bunga dapat membuat perasaan hati tenang seketika.

Memandang hamparan bunga yang indah juga dapat menghapus penat akan kejamnya dunia. Keindahan dan keelokan bunga dapat membuat setiap insan yang melihat merasakan kesenangan. Salah satu jenis tanaman yang melambangkan kegembiraan adalah Edelweis. Tahukah Anda apa makna bunga bernama Edelweis?

Bunga Edelweis dan Klasifikasinya

Edelweis atau memiliki nama latin Leontopodium alpinum, merupakan tumbuhan pelopor vulkanik muda yang berada di pegunungan. Tanaman ini dapat bertahan hidup pada tanah tandus. Hal ini karena Edelweis membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu, yang menyebabkan terjadinya keefektifan memperluas Kawasan oleh akar Edelweis dan mencari zat hara.

Bunga dan daun Edelweis berselimut oleh bulu-bulu putih yang mirip dengan benang wool. Tangkai bunganya dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 hingga 40 cm. Memiliki 5 hingga 6 kepala bunga yang berwarna kuning. Bunga ini biasanya tumbuh sekitar bulan Juli hingga September. Kita bisa menjumpai bunga ini di daerah dengan ketinggian 2000 hingga 3000 m.

Tumbuhan Edelweis berdasarkan klasifikasi ilmiah adalah:

  1. Kingdom : Plantae
  2. Super Divisi : Spermatophyta
  3. Divisi : Magnoliophyta
  4. Kelas : Magnoliopsida
  5. Sub Kelas : Asteridae
  6. Ordo : Asterales
  7. Famili : Asteraceae
  8. Genus : Anaphalis
  9. Spesies : Anaphalis javanica

Persebaran Edelweis

Bunga Edelweis
Bunga Edelweis yang hanya tumbuh di ketinggian

Edelweiss adalah tumbuhan endemik montana atau zona alpine yang berada di daerah-daerah pegunungan di Eropa. Seperti Pegunungan Alpen, Pegunungan Carpathia, dan Pegunungan Pirenia. Edelweiss berasal dari padang rumput luas yang berada di Mongolia. Tumbuhan ini juga memiliki persebaran di beberapa negara. Seperti Jerman, Swiss, Austria, Italia, Perancis, dan Indonesia.

Di Indonesia persebaran Edelweis cukup banyak. Edelweis ini dapat di temukan di beberapa tempat, seperti Gunung Gede, Gunung Merbau, dan Gunung Rinjani. Tumbuhan ini hidup di dataran tinggi karena suhu udara dan kelembaban menentukan kualitas dan cara tumbuh Edelweis tersebut.

Jika di suhu panas, tumbuhan ini tidak akan dapat bertahan hidup dengan waktu yang lama. Bunga tersebut akan cepat untuk mengering dan mati.

Maka, pada daerah yang bersuhu panas, bung aini tidak akan dapat tumbuh. Hal ini menyebabkan persebaran Anaphalis javanica hanya berada di wilayah yang memiliki suhu dingin dn stabil.

Arti dan Makna Edelweis

Arti Edelweis berasari dari bahasa Jerman, yaitu Edel yang artinya mulia dan Weiss yang artinya putih. Dapat di tarik kesimpulan bahwa Edelweis memiliki arti sesuatu yang berwujud putih dan mulia.

Sedangkan arti darinama ilmiahnya, yaitu Leontopodium. Kata Leontopodium berasal dari kata Yunani, yaitu Leon yang artinya singa dan podion yang artinya kaki. Dapat disimpulkan bahwa Edelweis dengan bahasa latin diartikan sebagai kaki singa.

Dari arti Edelweis, maka beberapa orang mengambil persepsi bahwa Edelweis memiliki beberapa makna. antara lain sebagai berikut.

  1. Bunga yang abadi. Di katakan sebagai bunga yang abadi karena tidak pernah layu. Tumbuhan ini tua dengan mengering tanpa merubah tampilan dan bentuknya sendiri.
    Maka tidak jarang orang melambangkan bunga ini sebagai simbol keabadian dalam sebuah cinta. Mereka yang berpendapat bahwa cinta yang mereka miliki merupakan sebuah bentuk keabadian layaknya Anaphalis javanica Edelweis ini.
  2. Bunga yang berani. Di sebut sebagai bunga yang berani karena tumbuhan ini hidup di tempat yang tinggi.
    Sehingga seseorang harus mengorbankan keberanian yang besar untuk dapat menjangkaunya. Mereka harus medaka sebuah dataran tinggi untuk dapat menyaksikan keindahan bunga ini.

Beberapa makna diatas menjadikan bunga ini sebagai simbol rasa cinta. Seseorang yang ingin mengungkapkan rasa cinta mereka terhadap suatu  hal dapat di realisasikan oleh sekuntum Anaphalis javanica.

Tidak banyak tuan yang memberi Edelweis kepada sang puan, pujaan hatinya. Bentuk bunganya sangat indah dan juga terkesan anggun. Menambah kesan yang mendalam untuk melengkapi makna yang telah ada.

Rasa cinta tersebut merujuk pada suatu keabadian. Suatu keabadian akan membuat segala sesuatu nampak istimewa. Keabadian membuat setiap individu akan menghargai keberadaannya.

Keabadian juga akan menjadi tempat sebuah saksi bisu setiap kejadian tersimpan.

Baca Juga Beritaku: Bau Busuk Bunga Raflesia, Ini Penyebabnya Dan Fakta Bunga Bangkai

Kegunaan Edelweis

Bunga Edelweis
Selain indah bunga edelweis juga memiliki banyak manfaat

Edelweis memiliki banyak kegunaan bagi manusia, di antaranya sebagai berikut:

  1. Sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati pernafasan.
  2. Sebagai obat penyakit perut, seperti diare. Kandungan oksidan dari bunga ini memiliki kadar yang tinggi yang dapat mengobati penyakit diare.
  3. Sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit batuk. Pengolahan Edeweis sebagai teh dapat meredakan penyakit batuk kering atau berdahak.
  4. Sebagai pelingdung tumbuhan lain. Bulu-bulu tebal yang tumbuh di bagian Anaphalis javanica dapat melindungi tumbuhan sekitarnya dari kering, dingin, dan juga radiasi UV.
  5. Sebagai obat untuk penyakit difteri dan tuberculosis. Edelweis dapat di aplikasikan sebagai cairan infusan yang dapat mengobati penyakit difteri dan tuberculosis.
  6. Sebagai bahan kecantikan. Ekstrak dari bagian tumbuhan Edelweis dapat untuk berbagai bahan kecantikan. Salah satunya sabun dan krim wajah. Sebagian orang beranggapan bahwa tumbuhanini dapat mengurangi resiko penuaan pada wajah.
  7. Sebagai obat untuk memperlancar peredaran darah. Edelweis dapat melancarkan sirkulasi darah dan mencegah penyakit hipertensi. Peredaran darah ini merupakan hal yang sangat penting bagi Kesehatan tubuh.
  8. Sebagai obat alami untuk penyakit TBC. Penyakit Tuberculosis adalah salah satu penyakit yang dapat menular.
  9. Sebagai obat untuk menjaga daya tahan tubuh. Edelweis telah terbukti memiliki kandungan anti aakosidan yang dapat membantu daya tahan tubuh menjadi kuat. Dengan diasumsinya kandungan ini, maka tubuh akan terhindar dari penyakit atau virus yang dapat menyerang tubuh kapan saja. Bunga ini juga dapat mengatasi radikal bebas yang mempengaruhi kondiri Kesehatan tubuh.
  10. Sebagai obat untuk mengatasi penyakit radang atau pembengkakan pada bagian tubuh. Bunga ini memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat mengatasi penyakit radang atau pembengkakan pada bagian tubuh manusia.
  11. Sebagai obat untuk mengatasi iritasi. Edelweis memiliki kandungan ekstrak yang dapat melindungi iritasi pada bagian kulit yang terkena luka atau bakteri.
  12. Sebagai obat untuk mengatasi penyakit rematik dan masalah pada persendian.
  13. Sebagai obat untuk mencegah penyakit kanker dan tumor.

Baca Juga Beritaku: Tanaman Puring Serta Klasifikasi Jenisnya Hingga Cara Perawatan

Bencana Kepunahan yang Mengancam Bunga Edelweis

Bunga Edelweis
Tampilan dari dekat bunga edelweis

Karena keindahannya yang mempesona, banyak orang untuk mencari dan ingin memiliki bunga tersebut. Sebagian orang memetiknya untuk dibawa pulang dengan jumlah yang banyak. Tidak sedikit orang juga yang memanfaatkan keadaan untuk menjual bunga tersebut kepada turis.

Hal ini menjadikan sebuah ancaman akan kepunahan Anaphalis javanica jika terus dibiarkan. Kemudian seperti yang telah terjadi di beberapa daerah yang telah menyatakan bahwa bunga lambang cinta abadi telah dikabarkan hampir punah.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) telah menyatakan bahwa populasi edelweis yang berada disana telah menyusut.

Hal ini terjadi karena tindakan Sebagian orang yang tidak bertanggung jawab, mereka memetik bunga ini sembarangan tanpa izin.

Ironisnya lagi di Gunung Gede Pangrango, belum lama ini javanica juga telah dikabarkan hampir punah. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango telah mencoba beberapa upaya untuk melindungi sisa tanaman ini.

Hal ini juga disebabkan oleh tindakan tangan-tangan manusia yang usil untuk mencabut bunga-bunga yang indah ini.

Di Gunung Leuser Kedag, Kabupaten Gayo Lues, bunga ini telah jarang juga untuk ditemukan. Para pendakipun nampaknya kebingungan karena tidak menemukan Edelweis lagi.

Padahal sebelumnya tanaman ini nampak berjajaran sembari menggoyangkan tubuhnya yang tertiup angin dengan indah. Tapi kini, keindahan tersebut tidak dapat di saksikan kembali.

Larangan Memetik Anaphalis javanica

Oleh karena itu, kini larangan untuk memetik Anaphalis javanica telah terlampir di dalam UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konvervasi Sumber Daya Hayati Ekosistem.

Pasal 40 ayat 2 menyatakan bahwa siapapun yang melanggar akan terancam untuk ditindak pidana selama 10 tahun dan denda hingga mencapai Rp. 200 juta.

Selain itu berbagai upaya telah dilakukan guna untuk membudidayakan tumbuhan yang indah ini. Para penanam bunga mulai banyak karena harga jualnya pun sudah tinggi.

Budidayanya dilakukan dengan menanam biji tumbuhan ini dan kemudian tersebar di sekitar pohon induknya.

Oleh karena itu, mari kita menjaga dan menghargai tumbuhan yang berada di sekitar kita agar mereka terus lestari dan dapat dinikmati hingga waktu yang lama.

Bunga Edelweis menjadi salah satu bentuk contoh kepunahan yang disebabkan oleh tindakan keji manusia. Tindakan tersebut membuat sumber daya alam menjadi semakin menipis, sehingga pihak yang dirugikanpun sangat banyak. Maka kita harus saling mengingatkan agar tindakan seperti ini tidak terjadi lagi.

Baca Juga Beritaku: Philodendron, 10 Jenisnya Yang Menjadi Incaran Kolektor Tanaman

Daftar Pustaka

  1. Qodratullah Ghozali. 2020. 15 fakta bunga edelweis yang jarang diketahui oleh para pendaki. https://phinemo.com/fakta-bunga-edelweis/
  2. Khasiat. 2021. 17 Manfaat dan Khasiat Edelweis untuk Kesehatan. https://www.khasiat.co.id
  3. Anggrotek. 2020. Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Edelweis. https://agrotek.id
  4. NEWS. 2020. Edelweis: Filosofi dan Mitos Jika Memetiknya. https://kumparan.com
  5. Kartika Eka. 2017. Kisah Edelweis: Bunga Abadi Yang Terancam Punah. https://kumparan.com
Bagikan Ke