Gegap Gempita Wisuda STIK Makassar
Gegap Gempita Wisuda STIK Makassar (Foto: Wawan)

Wisuda STIK Makassar Dan Konsistensi Anti Covid-19

Diposting pada

STIK Makassar gelar wisuda dengan tidak mengenyampingkan protokol kesehatan, dengan memberikan arahan dan persiapan yang matang.

Beritaku.id, Pendidikan – Prosesi yang terselenggara pada sebuah hotel megah poros Jln Pettarani.

Oleh Wawan Kurniawan (Narator Pendidikan)

Pagi yang cerah, seakan alam merestui langkah kaki insan, yang mengenakan pakaian kain berjubah. Mereka tersenyum, dan hal itu tersemburat dari tatapan matanya. Pupilnya dan iris mereka berseri, dari kelopak matanya.

Wajah lelaki dan wanita paruh baya pun ikut berseri, ketika memasuki area parkir dan menaiki lift, menuju keruang yang besar.

Petinggi STIK
Petinggi STIK Makassar (Foto: Wawan)

Tampak terdengar suara geletak sol sepatu yang lembut, sesekali ada diantara mereka yang berteriak, sambil memanggil nama satu sama lain.

Bahasa Makassar, Bugis dan Jawa terdengar dari dialeg mereka saat berdialog.

Hotel Claro Makassar, menjadi saksi sebuah prosesi sakral penyematan dan deklarasi kesarjaanaan, yang lazimnya kita sebut Wisuda.

Mereka yang telah lulus setelah Yudisium, mengikuti serangkaian proses yang menjadi harapan mahasiswa bersama keluarga.

Tampak lelaki tua sandar pada tembok, membisu tanpa kata, menatap anaknya yang berjalan memasuki ruangan, pagi itu acara belum mulai. Lelaki tua ini menampakkan mata yang berkaca-kaca, namun ia berburu menimpali airmatanya.

Ia terharu, namun tidak ingin merusak suasana wisuda dengan airmata, meski ini airmata sebagai refleksi cinta dan kepuasan pada perguruan tinggi ternama ini.

Sisi lain, seorang wanita paruh baya tersenyum lepas dengan tawanya bersama keluarga yang lain. Mereka bercerita dan bernostalgia, mencoba membandingkan kampus tempat anaknya (keluarganya kuliah) dengan kerabatnya yang lain dan kuliah pada tempat lain.

Mereka bersyukur dengan kampus binaan Yayasan Pendidikan Makassar (YAPMA), dan tidak mengetahui kemana ia salurkan apresiasi terima kasih tersebut. Sebab mereka segan untuk berkata pagi itu.

Toga Dan Gegap Gempita Pakaian Wisuda

Usianya adalah usia produktif dan energik, dengan Mengenakan toga, jubah, sleber, kalung, samir, gordon dan topi toga berkuncir.

Dengan menggunakan Map wisuda berwarna biru, para wisudawan wisudawati, memasuki arena prosesi.

Jarak antar kursi sekira 1 meter, meski para wisudawan mengenakan masker dan pelindung wajah (APD).

Kegiatan tersebut menghadirkan Perwakilan Gubernur Sulawesi Selatan dan LLDIKTI serta Jajaran Yayasan Pendidikan Makassar.

Baca juga beritaku: Yudisium Sarjana Virtual: STIK Makassar Awal Tahun 2021

Sambutan Ketua STIK Makassar Dalam Prosesi Wisuda

Ketua STIK Makassar dalam sambutannya menyampaikan syukur yang sangat mendalam. Karena kampus yang ia nahkodainya selama beberapa tahun masih sempat melaksanakan Prosesi wisuda.

Tetap melakukan adaptasi aturan dan tunduk pada situasi dengan protokol Covid19 yang ketat.

Ketua STIK Makassar

“Alhamdululillah STIK Makassar masih dapat melaksanakan Acara Wisuda walaupun masih dalam situasi Covid 19. Akan tetapi kami juga tidak mengenyampingkan Protokol Kesehatan sesuai dengan instruksi Pemerintah” kata Esse Puji Pawenrusi.

Ia juga menambahkan bahwa pencapaian STIK Makassar selama ini cukup mencapai hasil. Yang bisa kita katakan memuaskan karena telah masuk dalam 20 perguruan tinggi swasta terbaik seSulawesi Selatan.

“STIK Makassar sampai saat ini masih konsisten dengan salah satu perguruan tinggi terbaik di sulawesi selatan. Dan itu terbukti oleh penghargaan oleh LLDIKTI sebagai perguruan tinggi 20 terbaik sesulawesi” Tambah Esse Puji.

“Dengan demikian hasil tersebut kita harus lebih giat dan profesional” tutupnya.

Sambutan LLDIKTI

Mewakili LLDIKTI Prof jasruddin mengatakan bahwa setelah prosesi wisuda itu ada tanggung jawab yang besar pada diri seorang mahasiswa.

“Percayalah pada pundak anda saat ini ada tanggung jawab yang luar biasa sebagai seorang sarjana terlebih lagi sudah menjadi seorang profesi”

Prof Jasruddin menambahkan bahwa prestasi STIK Makassar sejauh ini terbilang luar biasa. Dan terbuktikan oleh masuknya perguruan tinggi ini kedalam 20 perguruan tinggi swasta terbaik se sulawesi selatan

“Tidak mudah masuk ke 20 besar untuk setiap perguruan tinggi swasta dari 300 lebih dari perguruan tinggi. Jadi bapak dan ibu tidak usah meragukan lagi karena anaknya berhasil dari salah satu perguruan tinggi terbaik, dan ituluar biasa” Kata Prof Jasruddin, tersambut tepuk tangan peserta.

Ia mengungkapkan kepercayaan bahwa perguruan tinggi ini dapat melepas alumni yang siap terserap dalam dan luar negeri.

Sambutan Ketua Yayasan

“Kami percaya bahwa perguruan tinggi ini akan tetap konsisten dalam melepas Alumni yang sudah siap terserap oleh dunia kerja” Sambutan Ketua Yayasan

Sekolah tinggi ilmu kesehatan makassar ada jaminan masa depan dan kita bangga karena Perguruan tinggi ini. Selalu menghasilkan alumni yang bekerja luar negeri dan kita harus ketahui.

Bahwa mendapatkan pekerjaan pada luar negeri itu tidak gampang, akan tetapi STIK Makasaar mampu melakukan itu tambahnya.

Andi indri Damayanti selaku sekertaris yayasan pendidikan makassar mengatakan bahwa apa planning dan strategi STIK Makasswr saat ini adalah sebuah pembuktian.

“Hari ini adalah pembuktian bagi kami karena masih tetap konsisten dalam menjadi institusi terbaik, apalagi penggabungan institusi yang baru baru ini kami lakukan, dan insya Allah dalam waktu dekat untuk membuka program S1 Kebidanan” kata Indri, tersambut tepuk tangan peserta.

Dia juga berpesan kepada seluruh alumni agar tetap merawat rindu dan kenangan pada setiap tempat yang berada di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar.

“Saya berpesan kepada para alumni jika mengarungi kehidupan ini tetaplah rawat kerinduan. Itu laksana seorang ibu yang merindukan anaknya dan lepaskanlah kerinduan itu pada tempat tempat kenangan kampus kita. Memori itu akan tersimpan dengan baik dan terima kasih telah menjadi bagian daripada keluarga besar kami” Tutupnya.

Bagikan Ke