Kata Pembuka Penyuluh
Salah Satu bentuk Kegiatan Penyuluh Pada Lokasi Sawah oleh PPL (Foto: Antaranews.com)

Kata Pembuka Penyuluh, Pengertian, 9 Persiapan Sebelum Presentasi

Diposting pada

Menjadi seorang penyuluh harus memiliki persiapan yang matang, termasuk mengetahui apa kata pembuka yang baik saat tampil.

Beritaku.id, Organisasi dan Komunikasi – Banyak hal kegiatan untuk tampil pada muka publik, selain ceramah dan pidato serta kegiatan orasi lainnya. Juga ada pekerjaan khusus yaitu sebagai penyuluh, baik dalam lingkup kesehatan, pendidikan, Agama dan sebagainya.

Biasa kita mendengar kata penyuluh pertanian, atau kata “Kegiatan Penyuluhan Kesehatan”.

Maka baik dalam lingkup pertanian maupun kesehatan ataupun bidang lainnya. Seorang penyuluh memiliki tugas untuk meyakinkan orang lain.

Penyuluhan itu merupakan salah satu bentuk kegiatan kampanye (Baca juga: Jurkam Saat Kampanye Agar Mendapat Simpati, 3 Syarat Dan 4 Persiapan)

Maka untuk mendapatkan gambaran mengenai kegiatan seorang penyuluh. Berikut ini akan kita bahas mengenai pengertian serta persiapan bagi seorang yang hendak melakukan penyuluhan.

Definisi Penyuluh dan Penyuluhan

Penyuluh dalam bahasa Inggris yaitu Instrucktor atau Acout. Adapun kata penyuluh merupakan kata dasar dari Suluh, sebagaimana Suluh memiliki arti barang yang dipakai untuk menerangi. Berupa daun kelapa kering atau damar.

Suluh adalah penerangan yang terbuat secara alami, dari sumber bahannya berbeda dengan Obor.

Namun yang jelas Suluh adalah alat untuk menerangi.

Arti Penyuluh

Sehingga “Penyuluh” memberikan makna yang memberikan penerangan kepada orang lain. Dengan kata tersebut maka Penyluh adalah yang memberikan penerangan kepada orang lain.

Namun dalam perkembangannya Penyuluh adalah selan memberikan penerangan (penjelasan).

Juga memberikan pendampingan dan juga pendidikan kepada masyarakat tertentu sebagai sebuah profesi untuk pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu pengertian Penyuluh menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), penyuluh/pe·nyu·luh/ n (1) pemberi penerangan; penunjuk jalan; (2) kl pengintai; mata-mata;- bahasa penyuluh yang bertugas melaksanakan kegiatan penyuluhan bahasa kepada masyarakat; – pertanian lapangan penyuluh yang bertugas untuk melaksanakan kegiatan penyuluhan pertanian dan pembaharuan pertanian di pedesaan; (Sumber: https://kbbi.web.id/suluh)

Kalau melihat definisi dari KBBI maka sangat jelas bahwa seorang Penyuluh adalah penunjuk jalan. Ibarat berjalan pada jalan yang gelap, maka penyuluh yang memberikan penerangan.

Pengertian Penyuluhan

Sementara untuk membahas pengertian penyuluhan adalah sebuah aktifitas oleh seorang penyuluh.

Dalam bahasa Inggris Penyuluhan adalah Extention, Counseling ataupun Espionage.

Adapun pengertian penyuluhan itu sendiri dapat kita lihat yakni, sebagai sebuah proses penyampaian pesan kepada orang lain untuk memberikan pemahaman. Selain itu juga merubah prilaku seseorang kearah yang lebih baik dalam hal kehidupan.

Menurut Subejo (2010), penyuluhan adalah proses melakukan perubahan perilaku pada masyarakat agar mereka mengetahui, berkeinginan dan mampu melakukan sebuah perubahan. Demi tercapainya suatu peningkatan produksi, dengan pendapatan atau keuntungan dan perbaikan kesejahteraan. Sumber: Kajian Pustaka.

Dari pengertian oleh Subejo tersebut dapat kita simpulkan bahwa kegiatan penyuluhan memiliki tujuan, yaitu:

  1. Memberikan pengetahuan kepada masyarakat,
  2. Menciptakan minat masyarakat untuk berubah,
  3. Melakukan perubahan secara aktif.

Persiapan Sebelum Penyuluhan

Adapun sebelum melakukan penyuluhan maka terdapat beberapa persiapan matang yang harus dimiliki seorang penyuluh.

Persiapan harus baik sebelum menghadapi para pendengar untuk mendengarkan konten atau isi sebuah penyuluhan.

Kenali metode penyeluhan yang akan kita terapkan.

Ini sebagai dasar dalam melakukan sebuah penyuluhan, yakni menggunakan metode apa saat menyuluh. Untuk memudahkan hal ini maka berikut beberapa metode penyuluhan yang umum:

  1. Metode Ceramah
    Merupakan metode dengan memberikan penjelasan secara langsung, dan metode ini merupakan metode yang sangat umum kita temukan.
  2. Metode Diskusi Kelompok
    Bentuk dari Metode ini merupakan metode dengan menggunakan beberapa kelompok yang akan melaksanakan sebuah diskusi. Sehingga kegiatan ini membutuhkan minimal 2 kelompok.
  3. Metode Brainstorming
    Biasa juga kita kenal dengan nama metode curah pendapat, yakni pekerja akan menjelaskan beberapa pendapat mereka.
  4. Metode Panel
    Merupakan sebuah metode dengan mengumpulkan beberapa orang yang tampil pada muka publik, dengan beberapa orang panelis (lebih dari 1 panelis).
  5. Metode Bermain peran
    Salah satu cara untuk mempengaruhi cara berpikir seseorang adalah dengan menonton seseorang yang bermain peran. Metode ini sangat efektif dalam sebuah penyuluhan karena menggunakan teknik audio visual.
  6. Metode Demonstratif
    Teknik demonstratif merupakan teknik mempraktikan, hampir sama dengan teknik bermain peran, hanya bedanya demontstraif adalah melakukan atau mempertontonkan contoh.
  7. Metode Simposium
    Simposium sebagai salah satu metode penyulusan, dengan menampilan beberapa pembicara dengan 1 tema utama. Pembicara dari berbagai disiplin ilmu yang berhubungan satu sama lain.
  8. Metode Seminar
    Hampir sama dengan ceramah, metode seminar adalah menggunakan pembicara lebih dari sati, dengan topik yang sama.

Setelah mengetahui metode yang akan kita gunakan, maka selanjutnya harus mengetahui kelengkapan penyuluhan. Seseorang membutuhkan berbagai kelengkapan tersebut untuk tetap matang sebelum menyuluh.

Kelengkapan Penyuluhan

Dalam melakukan penyuluhan, terdapat beberapa kelengkapan yang harus kita penuhi. Untuk mempermudah proses penyampaian kampanye.

Kelengkapan yang kita maksud yakni tergantung metode yang akan kita gunakan. Adapun kebutuhan tersebut terdiri dari dua, yakni: Kebutuhan Umum dan Kebutuhan Khusus.

Kebutuhan Umum Kelengkapan Penyuluhan

Yang menjadi kebutuhan umum pada setiap kampanye:

  1. Kursi,
  2. Meja,
  3. Soundsistem,
  4. Susunan Acara,
  5. Penanggung Jawab Kegiatan,
  6. Waktu dan Tempat yang ditentukan,
  7. Target Peserta,
  8. Pembicara.
Kebutuhan Khusus Kelengkapan Penyuluhan

Adapun kebutuhan khusus saat memberikan penyuluhan tersebut, sesuai dengan metode yang akan digunakan dalam kegiatan kampanye tersebut.

Kebutuhan khusus harus memilih minimal 1 kelengkapan berikut ini:

Leaflet

Leaflet merupakan kertas seukuran kertas HVS maupun double Polio, yang biasanya terlipat tiga.

Contoh Leaflet Kesehatan
Contoh Jenis Leaflet (Sumber Foto: http://rsud.pacitankab.go.id/)

Flift Chart

Berupa kertas yang bisa berbentuk segi tiga prisma portable, maupun lembaran-lembaran yang bisa kita melakukan pergantian lembaran satu dengan kedua dengan cara membalikkan kebelakang.

Dokumentasi Video/Animasi

Berupa video atau bentuk dokumentasi lain animasi. Sebagaimana video atau animasi tersebut membantu para pendengar untuk menjelaskan isi kampanye atau penyuluhan yang akan dilakukan.

Slide

Berupa tayangan yang dibuat dengan cara desain dalam komputer maupun laptop. Dengan isi sesuai dengan konten kampanye.

Over Head Proyektor (OHP)

Alat ini trend tahun 90-an Hingga tahun 2000, alat berupa OHP mulai tidak terpakai karena munculnya alat lebih praktif, yakni LCD.

Meski demikian, beberapa instansi masih menggunakan alat tersebut.

OHP Untuk Presentasi
Salah satu alat Presentasi berupa OHP

Alat ini menggunakan plastik transparan, dan presenter menulis presentasi mereka dengan menggunakan Spidol, maupun dengan print out pada kertas transparan tersebut.

Liquid Crystal Display (LCD)

Merupakan alat yang paling umum kita jumpai, berupa alat proyektor dari laptop maupun komputer ke layar (bidang datar), sebagaimana sering kita saksikan saat ini.

Papan Tulis

White Board dengan menggunakan Tripleks halus, menulis menggunakan spidol boardmaker (bukan permanent).

Lazer Pointer

Alat ini berupa senter dengan ketajaman tinggi untuk mengarahkan pembaca atau pendengar kepada fokus presentasi yang akan kita lakukan.

Nah jika alat yang kita butuhkan telah siap, maka selanjutnya kita akan memulai presentasi tersebut.

Kata Pembuka Seorang Penyuluh

Kalimat maupun kata Pembuka bagi seorang Penyuluh adalah hal penting saat tampil pada saat membawakan presentasi, sesuai dengan kapasitas yang mereka miliki.

Saat membuka kegiatan konseling maka seorang penyuluh harus memilih kata pembuka yang baik dan menarik perhatian para pendengar. Agar perhatian pendengar atau penonton fokus kedepan.

Penyuluh yang baik dan pengalaman dalam memberikan penyuluhan, tentu telah mengetahui bagaimana dara memulai sebuah Konseling.

Konselor adalah sebutan lain dari seorang penyuluh.

Kata Pembuka Yang Menarik

Pada saat berdiri pada waktu memulai sebuah presentasi, maka harus memilih kata-kata pembuka yang menarik perhatian para pendengar. Penggunaan kalimat harus lebih mengutamakan bahasa yang mudah dipahami oleh para pendengar.

Adapun kata pembuka tersebut harus sesuai dengan Tema penyuluhan, dan berikut ini merupakan contoh umum kata pembuka saat penyuluhan.

Assalamu Alaikum War. Wab.

Setelah mebacakan mukadimah saat pertemuan, maka kita akan memulai dengan kata atau kalimat yang menggugah hati serta perasaan mereka. Kata pembuka bagi seorang penyuluh, bisa sebagai berikut:

Saya memperhatikan wajah bapak ibu hari ini sangat senang, meski kita saat ini sedang dalam kondisi terselimuti oleh masalah penyakit Covid-19. Namun kita harus tetap semangat dalam melaksanakan aktifitas kita sekalian.

Berikutnya, Kata pertama yang kita ucapkan adalah Bapak Ibu yang kami hormati sekalian, saat ini kami mendapatkan tugas untuk melakukan penyuluhan.

Saya kira ini kesempatan buat kita semua bersama-sama belajar untuk melakukan yang terbaik pada diri kita dan lingkungan dimana kita berada.

Pada dasarnya kata pembuka harus kita pilih dengan cara yang lebih segar dan menarik perhatian daripada pendengar.

Demikian artikel tentang Pengertian Penyluh, Penyuluhan dan Syarat sebelum melakukan presentasi.

Beritaku lain: Pembicara Memukau, 3 Syarat dan Tata Cara Agar Penonton Terpaku

Gambar Gravatar
Merupakan Manajemen Redaksi dari Website Beritaku.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *