Keajaiban Surah Al Baqarah

Diposting pada

Orang yang membaca Al baqarah akan mendapat banyak keajaiban. Sebenarnya, apa saja manfaat yang kita dapat dari membaca surat ini? Apa saja isi yang terkandung di dalamnya? Semua akan terangkum disini.

Beritaku.id, Berita Islami- Banyak surat di Al Quran mengandung berbagai keajaiban, salah satunya Al Baqarah. Sesungguhnya setiap kalamnya mengandung keindahan serta hikmah. Tiap konsonan serta baitnya, mengandung rahasia demi rahasia hidup ini.

Oleh: Ulfiana (Penulis Berita Islami)

Al Quran memuat berbagai macam hal. Mulai dari kisah, hukum, anjuran, larangan, serta kegembiraan penguat hati. Salah satu surat yang ada di Al Quran yang memuat sebagian dari itu adalah Al Baqarah.

Tentunya, kita sebagai umat muslim tak lagi asing medengar nama surat ini. Namun, hanya sedikit yang mengetahui bahwa surat ini begitu mulia. Begitu banyak pelajaran di dalamnya.

Berikut ini akan kita bahas sedikit tentang seluk beluk surat yang memiliki arti Sapi Betina ini.

Baca juga beritaku: Susunan Wahyu Turun 114 Surah Al Quran

Nama Lain Surah Al Baqarah dan Urutan Wahyu Keberapa

Surah Al Baqarrah memiliki arti sapi betina. Namun, surah Al Baqarah juga memiliki nama lain dimana tidak hanya nama Al Baqarah saja.

Nama lain itu adalah Fasath Al Quran / Fustatul Quran, Sanam Al Quran, juga, nama Zahrawan.

Nama Al Baqarah berasal dari kisah bani israil yang menyembelih sapi betina atas perintah Allah. Juga, menyinggung tentang sikap bani israil yang mencari-cari alasan untuk tidak melakukannya. Tepatnya pada ayat 67 hingga 74.

Penyebutan kata “Baqarah” sendiri di Al Quran di sebut sebanyak 7 kali.

Fasath Al Quran atau Fustatul Quran artinya adalah Puncak Al Quran. Hal ini karena, dalam surat Al Baqarah memuat sebagian hukum yang tidak ada dalam surat yang lainnya.

Urutan surah Al Baqarah adalah surat ke 2 di mushaf Al Quran. Namun, meski berada di urutan ke 2, urutan pewahyuan surah Al Baqarah adalah ke 87.

Surah ini tergolong sebagai surat Madaniyah karena turunnya adalah ketika Rasulullah telah berada di Madinah. Surat Al Baqarah juga nama surat pertama yang turun di Madinah.

Surat ini turun pada awal masa hijrah Rasulullah SAW.

Dalam satu surah Al Baqarah terdapat 286 ayat. Jumlah katanya mencapai 6156. Itu sebabnya, surah Al Baqarah merupakan surat yang masuk golongan surat paling panjang.

Bahkan, surat Al Baqarah memuat hampir dua setengah juz di Al Quran dari segi isi. Ayat yang terpanjang juga terdapat dalam surat ini, yaitu pada ayat 282.

Baca juga Penentuan Urutan Mushaf Quran

Kandungan Penting Dalam Surah Al Baqarah

Kisah Keutamaan Membaca Surah Al Baqarah
Surah Al Baqarah Yang Kita Baca Mengundang Malaikat Ke Bumi

Banyak dari para ulama yang mengatakan bahwa surat Al Baqarah memiliki kandungan serta tujuan yang penting. Menurut Abu Ja’far Bin Az Zubair Al Gharnati mengatakan bahwa, surat ini mengandung penjelasan tentang jalan yang lurus dengan sempurna.

Biasanya, lebih sering kita kenal dengan istilah Siratal Mustaqim. Penjelasan di dalamnya begitu lengkap dan tentang betapa mulianya orang yang bisa mengambil pelajaran dari itu.

Menurut Burhanudin Al Biqa’i, surat Al Baqarah mengandung penjelasan tentang, Al Quran adalah sumber hukum yang tegas. Petunjuk untuk umat manusia agar mereka mengikuti perkataan dalam Al Quran. Juga, tentang iman pada hari akhir, dan pada hal yang gaib.

Al Baqarah memuat beberapa kandungan penting. Berikut adalah tema besar yang ada di surat Al Baqarah:

  • Kisah Nabi Adam

Kisah ini memuat proses Allah menciptakan Adam. Kemudian, muncul pembangkangan dari iblis yang tak bisa menerima Adam. Baru kemudian, proses keluarnya Adam dari surga.

  • Bani Israil dan Kisah Mereka

Penceritaan tentang Bani Israil yang memiliki sifat keras kepala. Juga, mereka senang mencari-cari alasan untuk tidak melakukan perintah Allah. Dalam kisah ini juga memuat tentang kisah penyembelihan sapi betina.

Serta, kisah bani israil yang  senang melakukan gangguan pada para nabi dari mereka sendiri.

  • Kiblat

Kisah tentang bergantinya kiblat ke arah Baitullah. Sebelumnya kiblat berada di Baitul Maqdis.

  • Iman pada yang Ghaib

Surah Al baqarah memuat deskripsi tentang orang-orang mukmin yang beriman pada yang ghaib. Juga, ihwal orang kafir serta munafik.

  • Hukum

Hukum itu terdiri dari hukum puasa, hukum iktikaf, wasiat, talak, pernikahan serta haji.

  • Larangan

Allah telah mengharamkan riba. Juga, minuman keras yang memabukkan atau khamr serta melakukan judi.

  • Harta Anak Yatim

Setiap Muslim harus berhati-hati ketika memegang harta anak yatim. Jangan sampai, mereka tanpa sengaja melakukan penyalah-gunaan harta itu.

Kandungan Ayat Kursi dalam Surat Ini

Kandungan yang paling terkenal dari surat Al Baqarah adalah kandngan ayat Kursi pada ayat 255.

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

artinya:

“Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), yang tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisiNya tanpa izinNya.

Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.”

Ayat kursi mengajarkan kepada kita tentang pemahaman tauhid kepada Allah. Tauhid adalah ajaran tentang mengesakan Allah. Pendeknya, meyakini Allah itu satu-satunya.

Tauhid yang ada di surah Al Baqarah itu meliputi 3 macam tauhid. Yaitu, tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, serta tauhid asma’ wa siffat.

Kandungan dalam ayat kursi menegaskan hal itu. Bahwa, hanya Allah satu-satunya Tuhan yang kita sembah. Di dalamnya juga terdapat tanda keagungan serta kekuasaan Allah.

Sesungguhnya Allah yang menciptakan alam semesta ini, termasuk langit, bumi serta seisinya.

Keajaiban Membaca Surah Al Baqarah

Ketika kita membaca surah Al Baqarah, maka akan banyak keajaiban yang kita rasakan, terdapat Mukarromah yah akan kita petik atas hal tersebut, Diantaranya adalah:

Turunnya Malaikat.

Salah satu cerita yang mendapat keajaiban ketika membaca surat Al Baqarah ini adalah dari Usaid bin Hudair.

Suatu malam, ia membaca surat Al Baqarah. Saat itu malam sedang purnama, ia bersama anaknya dan kudanya yang telah ia ikat. Saat bertilawah, tiba-tiba saja kudanya berderap.

Ia kemudian berdiri dan menenangkannya. Kejadian itu berulang hingga tiga kali saat ia melanjutkan tilawahnya. Kemudian, ia mendongakkan kepala melihat langit.

Ternyata, disana ia melihat ada sesuatu yang menaunginya. Seperti sebuah pelita yang berkumpul dan berbinar.

Melihat semua itu cukup menakutkannya sehingga ia berhenti membaca. Ketika pagi, ia menceritakan semua itu pada Rasulullah SAW.

Rasulullah kemudian mengatakan bahwa cahaya yang ia lihat itu adalah sekumpulan malaikat. Malaikat tersebut ingin mendengarkan suaranya membaca surat Al Baqarah.

Jika saja ia membacanya hingga pagi, maka sungguh manusia akan melihat malaikat-malaikat itu. Subhanallah, karomah Al Baqarah yang kita dapatkan

Menjauhkan dari Godaan Syetan.

Utamanya untuk ayat kursi sendiri, sebagian mengatakan dapat melindungi dan menjauhkan kita dari marabahaya. Termasuk di dalamnya adalah menjauhkan dari godaan setan baik dari golongan manusia maupun jin.

Dalam riwayat Abu Hurairah ra, Rasulullah pernah bersabda bahwasanya janganlah umat muslim menjadikan rumah-rumahnya seperti kuburan.

Syaitan Ketakutan
Syaitan Ketakutan Dengan Bacaan Surah Al Baqarah

Sesungguhnya rumah-rumah yang di bacakan surah Al Baqarah tidak akan setan memasukinya.

Maksud seperti kuburan ini adalah rumah yang sepi serta penghuninya tidak pernah membacakan Al Quran dalam rumah itu.

Pembela di hari kiamat.

Menurut hadis riwayat Sahih Muslim, dari Abu Umamah, Rasulullah pernah bersabda. Bacalah Al Quran karena, Al Quran yang kita baca akan datang pada hari kiamat sebagi pembela. Bacalah Az Zahrawain atau dua cahaya, yaitu surat Al Baqarah dan surat Al Imran.

Keduanya akan datang pada hari kiamat seperti dua buah awan putih, dua naungan atau dua kerumunan burung. Kedua naungan itu yang akan datang sebagai pembela bagi kita yang membacanya.

Bacalah surat Al Baqarah karena membacanya adalah sebuah keberkahan. Meninggalkannya adalah sebuah kerugian. Serta, membacanya membuat penyihir tidak mampu melawannya.

Memberi Mahkota di Surga

Keajaiban lain dari surat Al Baqarah adalah bagi yang membacanya kelak ia akan mendapat mahkota di surga. Ini merujuk pada hadis yang perawinya adalah Al Baihaqi.

Bagi sebagian menganggap hadis ini daif, namun Imam Suyuti menghukumkan bahwa ini hadis sahih.

Mahkota Raja

Manfaat Untuk Kehidupan Sehari-hari Surah Al Baqarah

Ada berbagai macam manfaat surah Al Baqarah dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan jika membaca surat Al Baqarah:

Doa Akan Allah Kabulkan

Manfaat ini merujuk pada hadis riwayat Abu Umamah dari Rasulullah SAW. Hadis ini status hukumnya adalah hasan. Nama Allah yang paling Agung, yang jika kita pakai untuk berdoa maka akan Allah kabulkan ada dalam 3 surat.

Surat itu adalah surat Al Baqarah, Ali Imran, dan surat Thahaa.

Hadis ini mengatakan bahwa dalam surat Al Baqarah terdapat nama Allah yang paling agung.

Ketika kita berdoa dengan menyebut-nyebut nama Allah itu, doa kita akan mudah untuk mengetuk pintu langit. Itulah sebab Allah mudahkan doa kita terkabul olehNya.

doa terkabul dari keajaiban membaca Surah Al Baqarah

Ketika Tidur Allah akan Menjaga

Manfaat lain dari membaca surat Al Baqarah dalam kehidupan sehari-hari adalah mendapat penjagaan dari Allah. Keutamaan itu merujuk pada pembacaan ayat kursi tepatnya, yang ada di surat Al Baqarah.

Ketika seseorang membaca ayat ini sebelum tidur, maka ia akan Allah jaga dari gangguang setan. Penjagaan itu hingga ia kembali terjaga.

Abu Hurairah ra pernah berkata hal demikian itu.

Jika engkau beranjak untuk ke tempat tidur, maka bacalah ayat kursi. Itu semua karena engkau akan selalu mendapatkan penjagaan dari Allah. Syaitan tidak akan mendekatimu hingga pagi datang.

Kebutuhannya Tercukupi

Salah satu manfaat dari membaca surah Al Baqarah dalam kehidupan sehari-hari adalah mendapat berkah dari Allah. Rahmat dan keberkahannya tercurah bagi siapa saja yang mau membacanya.

Keajaiban Al Baqarah Dengan Kebutuha Tercukupi

Allah akan memberi manusia kecukupan, baik dalam dunia maupun dalam akhirat. Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa orang yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah, akan Allah beri kecukupan.

Baca juga Manfaat Surat Al Waqiah

Akhirnya, demikianlah penjelasan tentang seluk beluk Al Baqarah. Semoga dengan mengetahui beragam fadilahnya, kita mau untuk mempelajarinya lebih dalam. Surat-surat yang ada di Al Quran ternyata memiliki makna yang begitu mendalam.  

Tinggal apakah kita mau untuk mencarinya atau tidak. Sampai jumpa di pembahasan surat-surat berikutnya.

Sumber: wikishia, rri.co, kumparan, kalam.sindonews, tongkronganislami

Bagikan Ke