Atlet Basket Tercantik: Sejarah Olahraga Dan Induk Organisasi

Diposting pada

Atlet basket tercantik memukau jalannya pertandingan. Sebelum melihat si cantik beraksi, sebaiknya perlu mengenal sejarah olahraga ini serta induk organisasinya.

Bagaimana basket begitu memikat jutaan pasang mata dan seperti apa tekniknya?

Beritaku.id, Olahraga – Bola tak selalu berakhir di kaki. Pergulatannya dengan otot lengan ternyata menghasilkan sebuah visual yang menegangkan. Pada akhirnya wanita mengambil peran dalam setiap olahraga yang umum bagi kaum Adam.

Seperti apa penampilan dara-dara manis di lapangan basket?

Oleh Tika (Penulis olahraga)


Sejarah Permainan Bola Basket

Bola basket merupakan olahraga berkelompok. Terdiri atas dua tim dan masing-masing berisikan lima anggota. Kedua tim saling berloba memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke dalam ring.

Seorang guru olahraga bernama James Naismith pada 1891-an menciptakan olahraga ini. Saat itu, ia ingin membuat permainan untuk murid-muridnya dalam ruangan tertutup, terutama saat musim dingin.

Akan tetapi basket yang ia ciptakan berbeda dari yang sekarang. Ia hanya membuat beberapa aturan dasar agar dapat menjadi acuan setiap orang.

Beberapa aturan yang ia tetapkan antara lain setiap tim terdiri dari sembilan orang dan tidak adanya teknik dribble. Saat itu menggiring hanya dengan cara melempar bola tanpa pantulan lantai.

Seiring berjalannya waktu, pemainan ini terus berkembang dan mulai memiliki nama sebagai basketball. Permainan ini menyebar di Amerika dan terus berkembang pesat hingga sekarang.

atlet basket tercantik
Bola Basket

Di Asia, China menjadi negara pertama yang mulai mengenal olahraga basket. Pada 1920-an, orang-orang China merantau ke Indonesia dan secara tidak langsung memperkenalkan olahraga ini.

Kemudian sekitar tahun 1930-an, perkumpulan-perkumpulan basket mulai bermunculan di berbagai kota di Indonesia. Mereka terdapat di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan.


Atlet Basket Tercantik Indonesia

Tidak hanya permainannya yang menawan, namun atlet-atletnya pun memiliki karisma tersendiri di Indonesia. Siapa sajamereka?

1. Maria Selena

Mantan Putri Indonesia 2011 ini ternyata seorang atlet basket. Dara cantik berusia 27 tahun tersebut pernah tergabung bersama Surabaya Fever di kompetisi Woman National Basketball League Indonesia pada musim 2012/2013.

Atlet Basket
Atlet Baksket Tercantik, Maria Selena

Kemudian pada musim 2014/2015 Maria Selena menjadi bagian dari Merah Putih Predators Jakarta. 

2. Agatha Olivia

Ia muncul pertama kali pada tahun 2009 lalu di ajang DBL. Agatha saat itu menjadi kapten sekaligus bintang dari SMA Lokon St.Nikolaus, Tomohon. 

PemaiN basket Wanita Tercantik
Pemain basket Wanita Tercantik, Olivia Agatha

Terakhir kali ia nampak bermain di salah satu klub lokal Jakarta, Taman Harapan Indah. 

3. Dewa Ayu Made Sriartha

Ayu merupakan salah satu pioneer dari tim Merpati Bali.  Ia juga pioneer Timnas Basket 3×3 Indonesia saat menjuarai Test Event Asian Games pada Desember 2017.

Dewa Ayu
Dewa Ayu (Foto: Olahragapedia)

Kala itu, Ayu dan rekan-rekannya berhasil mengalahkan Malaysia di partai puncak. 

4. Yusranie Noory Assipalma

Ranie Palma tercatat sebgai salah satu finalis Miss Indonesia 2016 seperti halnya Maria Selena.  Saat ini, ia menjadi salah satu penggawa Merpati Bali bersama Dewa Ayu. 

Yusranie Noory Assipalma
Yusranie Noory Assipalma (Foto: Bola)

5. Helena Tumbelaka

Memiliki tubuh yang cukup tinggi, yaitu 164 cm, Helena kini berusia 25 tahun. Ia pernah membela panji Merah Putih Predators Jakarta.

atlet basket wanita tercantik Helena Tumbelaka
Helena Tumbelaka (Foto: Indosport)

Dara cantik ini juga membawa nama DKI Jakarta di ajang PON. Saat ini ia menjadi rekan dari Ranie dan Dewa Ayu.


Atlet Basket Tercantik Asia

atlet basket tercantik
Atlet basket tercantik

Selain Indonesia, ternyata atlet basket tercantik juga muncul di ASIA melalui ASEAN Games 2018. Berikut daftarnya:

a. Park Ji Su

Park Ji Su

Selanjutnya, memiliki nama mirip presiden Korut, Park Ji Su Ia adalah pebasket putri asal Korea Selatan, Di Asian Games 2018 dirinya membela Tim Korea yang merupakan gabungan antara Korea Selatan dan Korea Utara.

b. Park Hana

Park Hana
Park Hana (Foto: Dreamstime)

Kemudian ada nama Park Han Ia adalah rekan satu tim Park Ji Su di Tim Korea, Wajahnya yang cantik dengan potongan rambut cepak membuatnya terkesan tomboy dan atraktif.

Tak hanya mempesona dari segi fisik, Park Hana dengan nomor punggung 10 ini juga punya skill yang tak kalah menawan.

c. Priscilla Annabel Karen

Priscilla Annabel Karen
Priscilla Annabel Karen (Foto:Bolaskor)

Selain itu, ada nama Priscilla Ia tidak hanya menjadi pilar penting tim asuhan Arif Gunarto, Kehadiran Karen dengan wajahnya yang manis, sedikit banyak akan menyejukkan para pendukung Merah-Putih.

d. Bao Hsile

Atlet Basket Tercantik Bao Hsile
Pebasket Bao Hsile

Lalu kemudian akan kita temui Bao Hsile merupakan pemain asal Taiwan berposisi center, Kemampuannya di atas lapangan tak kalah menawan dengan parasnya yang cantik di usianya yang ke 30.

e. Zalina Kuranova

Selanjutnya ada nama Zalina Pebasket putri yang membela Kazakhstan di Asian Games 2018 memiliki postur ideal dan paras cantik khas Asia Tengah.

Wanita kelahiran 1985 ini menjadi posisi utama di bagian power forward saat Kazakhstan menghadapi Taiwan di babak penyisihan grup A Asian Games 2018.

Meski sukses mencatatkan 8 poin, Zalina gagal membawa timnya kepada kemenangan.

f. Supavadee Kunchuan

Supavadee Kunchuan
Pebasket: Supavadee Kunchuan

Pebasket putri Thailand iniberposisi sebagai forward. Sayangnya ia belum berhasil membawa tim nya melaju.


Induk Organisasi Basket Nasional Dan Dunia

PERBASI

Olahraga basket memiliki organisasi induk yang menaunginya. Mereka adalah PERBASI di indonesia. PERBASI adalah persatuan bola basket seluruh indonesia.

FIBA

Sedangkan FIBA (Fédération Internationale de Basketball Amateur) adalah induk organisasi bola basket dunia yang mengurusi semua urusan mengenai bola basket di seluruh negara.


Teknik Dasar Bermain Basket

Beberapa teknik dasar bola basket adalah:

a. Memegang bola basket

Teknik memegang

Teknik dasar bola basket pertama adalah memegang bola dengan baik. Walaupun tampak tidak penting namun teknik ini dapat menahan bola agar tidak jatuh.

Pertama bentuk tangan seperti sebuah mangkuk besar dan simpan bola di antara kedua telapak tangan. Kemudian rekatkan tangan di samping bola.

Kemudian, Pastikan jari-jari tangan melekat dengan bola dan berikan jarak antar jari-jari. Letakkan ibu jari pada bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan.

b. Jump Ball

Jump ball merupakan lompatan awal dari permainan basket dan akan menentukan regu mana yang pertama menguasai bola.

Ketika awal permainan, kedua pemain dari regu berlawanan akan saling berhadapan. Wasit kemudian melambungkan bola dan pemain akan melompat untuk menguasai bola.

Jump ball juga dilakukan ketika terjadi perebutan bola antara banyak pemain dari regu berlawanan karena hal itu membuat pemain tidak dapat menguasai bola.

c. Passing

Teknik Passing

Terdapat beberapa teknik passing atau mengoper bola basket seperti:

1. Chest Pass

Ia merupakan teknik mengoper dengan memegang bola menggunakan kedua tangan di depan dada.

Memegang bola harus menggunakan ujung jari dari kedua tangan sedangkan ibu jari berada pada bagian belakang bola.

Ketika ingin melempar, luruskan kedua lengan dan pindahkan ibu jari ke bagian bawah bola. Lalu oper bola secara lurus ke pemain lain dan pastikan bola tidak melambung ke bawah.

2. Bounce Pass

Selanjutnya, Bounce pass adalah teknik mengoper bola dengan memantulkan bola ke lantai. Lakukan dengan mendorong bola ke arah bawah dan pantulkan bola tersebut ke lantai.

Teknik oper ini hanya untuk pelemparan jarak jauh.

3. Overhead Pass

Kemudian Teknik overhead pass adalah teknik mengoper bola di atas kepala. Caranya dengan meletakkan tangan di atas kepala dengan siku membentuk sudut 90 derajat.

4. Back Pass

Selanjutnya, Teknik oper bola jarak dekat. Caranya dengan melakukan back pass  menggunakan satu tangan yang posisinya berada di arah belakang punggung.

5. Under Pass

Teknik ini adalah cara mengoper bola pada jarak pinggang dan melemparnya lurus ke penerima.

d. Catching

Catching adalah teknik menangkap bola. Teknik ini boleh menggunakan satu tangan atau dua tangan.

Ketika berniat untuk menangkap bola, fokuslah ke arah bola dan tangkap bola dengan merentangkan jari-jari tangan. Kemudian tahan bola menggunakan telapak tangan.

e. Dribbling

Teknik drible

Dribbling adalah cara memantulkan bola pada telapak tangan dalam keadaan berlari atau diam.

Terdapat beberapa teknik dribbling yang ada pada bola basket, yaitu:

1. Teknik Dribble Rendah

Teknik ini dapat membuat musuh kesulitan untuk merebut bola. Cocok untuk menerobos area pertahanan lawan.

Cara melakukannya cukup mudah. Pertama, buka kaki selebar bahu lalu giring bola menggunakan tangan. Jika menggiring bola menggunakan tangan kanan, maka simpan kaki kiri di depan, begitu pula sebaliknya.

Condongkan tubuh ke depan sedikit agar bola dapat memantul dengan lebih mudah. Perhatikan pula tinggi pantulan bola. Jangan sampai bola memantul melebihi tinggi pinggang.

2. Teknik Dribble Tinggi

Teknik yang penggunaannya saat jauh dari lawan. Caranya adalah membuka kaki sejajar lalu pantulkan bola menggunakan tangan.

Jika menggunakan tangan kanan, maka pantulkan bola di samping kanan depan, begitu pula sebaliknya. Condongkan tubuh ke depan sedikit agar dapat lebih stabil.

Selain kedua teknik ini, ada juga teknik dribbling lainnya, seperti spin dribble, between legs dribble, dan behind the back dribble.

e. Pivot

Pivot merupakan teknik memutar badan sambil menumpukan berat ke kaki sebagai poros.

Saat melakukan pivot, jangan lupa untuk menjaga bola dengan kuat menggunakan badan. Tujuannya agar lawan tidak merebut bola.

f. Shooting

teknik shooting

Teknik dasar bola basket berikutnya adalah teknik menembak bola atau shooting.

Caranya adalah dengan memasang kuda-kuda lalu tembak bola ke ring menggunakan tangan. Tekuk lutut agar bisa mendapatkan keseimbangan dan tenaga untuk menembak.

Dalam bola basket, ada berbagai macam teknik menembak bola yaitu:

1. Free Throw

Berdiri dengan dua kaki yang telah sejajar dengan bahu, kemudian tekukan lutut sedikit sebelum mulai menembak bola.

Lalulepaskan bola dengan jari-jari menghadap ke depan.

2. Jump Shot

Posisi jump shot hampi sama dengan free throw.

Namun, tembakan menggunakan jump shot adalah dengan melompat dan melempar bola dari atas kepala secara bersamaan.

3. Lay-Up

Pertama, arahkan kaki belakang ke arah depan kaki tumpuan dengan gerakan melompat.

Lompat menggunakan kaki tumpuan ke arah depan sambil melemparkan bola menggunakan satu tangan.

Tidak boleh melakukan teknik ini lebih dari dua langkah karena itu merupakan pelanggaran.

g. Rebond

Teknik ini bertujuan untuk mengambil kembali bola basket yang terpantul atau gagal masuk ke dalam ring basket.

Terdapat dua jenis teknik rebound, yaitu defensive rebound dan offensive rebound.

Defensive rebound terjadi ketika mengambil kembali bola yang gagal masuk ke ring oleh lawan.

Sementara itu, offensive rebound adalah ketika mengambil bola yang gagal masuk ke ring oleh tim yang sama.

Demiian artikel mengenai atlet basket tercantik, teknik, dan induk organisasi. Semoga bermanfaat dan membuat kita semakin mencintai permainan ini.

Bagikan Ke