Pilihlah Lelaki Bugis Makassar, Berikut 5 Keistimewaannya
Pernikahan Artis Fita Anggriani dan Jamie Iqbal, menggunakan busana pengantin Adat Bugis Makassar (Foto : Popbela)
Pilihlah Lelaki Bugis Makassar, Berikut 5 Keistimewaannya

Lelaki Atau Pria Bugis Makassar, Memiliki Sifat Paling Umum Yakni Siri’ Na Pacce

Beritaku.Id, Makassar – Dimakassar dengan 2 suku besar, yakni Makassar dan Bugis, diantara suku lainnya, yakni Toraja, Luwuk dan Mandar, 19/12/2019. Pilihlah Lelaki Bugis.

Pada kenyataan, lelaki asal Bugis Makassar. Sangat mencintai pesan leluhurnya. Hal itu dengan membawa badik ketika bepergian.

Ini bukan untuk tujuan mau melukai oranglain tanpa sebab, meski ini dilarang oleh undang-undang.

Tapi sebenarnya pria keturunan Bugis Makassar membawa badik, karena itu karakter, meski budaya membawa badik ini, telah menurun dan hampir tidak pernah dijumpai lagi, anak muda dengan badik dipinggang kiri.

Juga, begal yang ada di jalan raya, jika terjadi di Makassar, maka pelakunya tidak serta merta disebutkan bahwa pelakunya orang suku Bugis Makassar, sebab suku Asli Bugis Makassar sangat santun.

Bahkan suku asli Bugis Makassar sangat pantang untuk melukai oranglain dengan lidahnya (ucapan), badik (menyerang fisik) tanpa sebab yang jelas, sebab seyogianya merasa malu ketika melukai orang lain tanpa alasan.

Berikut beberapa alasan kenapa anda harus memperjuangkan lelaki Bugis Makassar :

Lelaki Suku Bugis Makassar : Memegang Siri Na Pacce

Yang membuat ia istimewa adalat Siri’.

Siri’ itu apa? mungkin wanita yang bukan orang Bugis Makassar belum paham apa itu Siri’ sebenarnya.

Siri’ itu begini, jika anda menjadi istri orang Bugis Makassar, lalu tiba-tiba anda diganggui oleh oranglain, maka orang Makassar merasa Siri’ (dipermalukan), pada kasus ini suami anda tersebut rela bertarung dengan “badik” pada siapapun yang mengganggu.

Wah… keras sekali! nah makanya pilihlah pria dari suku ini.

Mungkin bisa dikatakan begitu, tetapi pada dasarnya, mereka mempertahankan haknya, dan jika hak yang berbicara, maka nyawa tidak lebih penting bagi mereka.

Sebab hidup dengan rasa malu, bagi mereka adalah kehinaan sepanjang hidupnya, Karena orang Bugis – Makassar paham bahwa mengganggui istri orang adalah keliru, maka biasanya mereka menjadi lelaki setia.

Terus Pacce itu Apa? Pacce itu pedis, merasa iba dengan Siri’ orang lain.

Kasus Siri’ diatas, untuk mencari pria yang mengganggu tersebut, tidak hanya suami anda saja, biasanya saudara suami, sahabat atau keluarga lain, ketika menemukan pengganggu, maka bisanya juga melakukan hal yang sama dilakukan suami anda.

Lho itu kan keroyokan jadinya?

Tidak begitu, sebab konteks ini berlaku sipaccei. Apalagi itu sipaccei?

Nah, Sipaccei itu melahirkan solidaritas, tidak tega melihat saudara, keluarga, sahabat atau temannya dipermalukan oleh orang lain, biasanya orang Bugis Makassar menjadi terdepan membela keluarga dan sahabatnya.

Dari hal sipaccei inilah untuk menyelesaikan suatu masalah Siri’ biasanya orang Makassar melakukan Tudang Sipulung. Untuk mencegah melebarnya masalah.

Tudang Sipulung itu mendudukan dan mengumumkan penyesaian masalah, termasuk masalah Siri na Pacce tersebut.

Kasus-kasus siri na pacce bagi suku Bugis Makassar bukan hanya istri diganggu, tapi juga termasuk, anak gadis dibawa lari (silariang), atau anak gadis di hamili.

Silariang dan hamil diluar nikah, kalau penanganan masalahnya tidak tepat, biasanya akan melahirkan pertumpahan darah, maka budaya tudang sipulung melibatkan orang yang berpengaruh untuk kasus-kasus siri’.

Jadi kalau anda diperistri orang Makassar, nyawa saja dia persembahkan demi kamu, keren kan?

Lelaki Bersuku Bugis Makassar : Berani Dan Pekerja Keras

Yang istimewa berikutnya, Suku Bugis Makassar Berani, tapi jangan selalu diartikan bahwa berani hanya untuk konteks berani bertarung saja.

Asyik kan, maka jangan ragu untuk pilihlah dia.

Berani yang dimaksud disini adalah berani menderita, berani meninggalkan kampung halaman untuk bekerja, serta berani mengambil resiko pekerjaan.

Demi anak istri bisa makan, terkadang mereka tidak peduli akan keselamatan mereka, pria asal Bugis Makassar punya prinsip adalah anak, istri kenyang duluan.

Mereka tidak malas-malasan, sebab dirinya merasa malu jika tidak mampu memberi yang terbaik buat keluarganya.

Maka tidak heran, karakter mereka, dan prinsip mereka jelas, sebab mereka pantang dihidupi oleh oranglain.

Tidak heran, lelaki Bugis Makassar setelah menikah, akan meninggalkan kampung halaman atau meninggalkan rumah orangtua, meski tinggal di kontrakan.

Mereka selalu mau mandiri dan mengatur rumah tangga mandiri, berdiri sendiri, pilihlah kekasihmu asal Bugis dan Makassar.

Bagaimana, anda mau memulai hidup dari nol sekalipun dengan lelaki Bugis Makassar?

Pilihlah Lelaki Bugis Makassar
Pilihlah Lelaki Bugis Makassar, Jenderal Muhammad Yusuf.

Menumpas PKI dari Bumi Indonesia, menjaga stabilitas bangsa, benar bahwa dirinya bawahan Soeharto, namun dirinya “berani” untuk berdebat dengan Soekarno maupun Soeharto, dalam kajian-kajian kebenaran.

Masih ragu? sebaiknya pilihlah calon pendamping dari suku ini.

Pria asal Bugis Makassar : Setia, Pilihlah

Salah satu orang Bugis Makassar yang setia sepanjang hayatnya kepada istri, BJ Habibie (Foto : SoloPos)

Masih adakah pria setia di zaman sekarang?

Nah, kesitimewaan dari pris Makassar dan bugis, Jangan menuduh orang Makassar, tidak setia, meski pada beberapa orang diantara mereka ada yang menikah lebih dari satu kali.

Tapi masih jauh lebih banyak yang setia dengan pasangannya, jikapun mereka menikah untuk kedua kalinya, itu atas restu istri pertama (jadi istri pertama yang menentukan mereka kawin lagi atau tidak). Saya percaya, pembaca artikel ini banyak yang berteriak, Tidak Setuju!

Tapi beberapa orang ternama orang Suku Bugis Makassar yang setia dengan istri dan sangat sayang dengan istri, bahkan setelah istri meninggal.

Misalnya : kenal kan Presiden RI ke III, BJ Habibie, lahir di Parepare (Bugis), setelah kepergian Ainun, dia memilih hidup sendiri, padahal kalau Habibie mau, bisa saja menikah setelah itu.

Setia memegang amanah, konsisten dalam tugas, dan tidak mudah goyah.

Bagimana, orang Bugis Makassar, akan membawa sampai mati kesetiaannya kan?

Lelaki Asal Bugis Makassar : Jujur dan Konsisten

Jujur adalah pondasi dasar sifat baik manusia.

Istimewa dengan kejujuran akan membawa sifat konsisten, memegang teguh janji.

Beberapa orang Makassar yang dipercaya menjadi pemimpin di negara ini karena nilai kejujuran dan konsistennya.

Abraham Samad, Tokoh Nasional yang jujur dan Konsisten dengan Penanganan kasus-kasus Korupsi (Foto : Istimewa)

Mantan ketua KPK Abraham Samad, itu orang Bugis Makassar asli, dengan gaya bicaranya yang khas, hampir sama dengan gaya bicara Jusuf Kalla.

Meski sempat, banyak yang meragukan kejujurannya ketika awal menjabat sebagai ketua KPK, namun ketika dia memangku jabatan itu, ternyata beberapa kasus besar berhasil ditanganinya, dengan konsisten.

Gimana? kalau suami kamu orang Bugis Makassar, maka dia cenderung jujur terhadapmu dan konsisten memperjuangkanmu.

Lelaki Suku Bugis Makassar : Lembut

Salah besar, kalau menyebut pria Bugis Makassar itu kasar, sebab pada dasarnya mereka orang Bugis Makassar itu sangat santun, sangat lembut.

Lelaki Bugis Makassar
Pria Bugis Makassar Yang Lembut, Syahrul Yasin Limpo (Foto : Istimewa)

Hidupmu berarti dan istimewa jika pernah bertemu dengan Menteri Pertanian Jokowi Jilid II ini? Syahrul Yasin Limpo, mantan Bupati Gowa 2 Periode, Wakil Gubernur, kemudian Menjadi Gubernur Sulsel 2 Periode.

Nah kalau pernah bertemu, maka potret orang Makassar asli ada sama dia, santunnya dan tutur katanya. Pilihlah ia, sebab dia memiliki hal ini

Lelaki Bugis Makassar
Supomo Guntur, birokrat Tulen Asli Makassar (Foto : Sumber Makassar)

Kalau yang satu ini Bapak Mantan Wakil Walikota Makassar Supomo Guntur, ketika baru bertemu, siap-siap anda dikagetkan ketika menyapa.

Battu Kemaeko Kabb….

(Kamu dari manakah?)

Jika disapa dengan cara begitu, berarti anda orang dekatnya, jangan heran, beliau itu orang asli Makassar, dan sangat santun ketika bertamu kerumahnya, bahkan sangat santun dan menghargai orang lain.

Memang dikebanyakan orang Makassar pada kehidupan sehari-hari, suaranya keras, dan kadang Mappalibbong.

Apalagi itu Mappalibbong?

Nah, Mappalibbong itu, mengucapkan begini “Kau darimana Kongk…..” Ataukah “Battu kemaiko Kabbul….“, bisa jadi itu dianggap kasar oleh oranglain.

Tapi pada dasarnya, bagi orang Makassar asli, itu keakraban diantara mereka, atau mereka sedang mengungkapkan keluhan dengan jujur tanpa ditutup-tutupi.

Pada hakikatnya orang Bugis Makassar itu lembut, sangat lembut. Mungkin saja kalau ke Daerah Gowa, Jeneponto dan Takalar, suara mereka keras dan berkarakter.

Jangan kaget, sebab ketika berbicara berdua, mereka sangat lembut dan santun dalam tutur kata untuk asli orang Makassar.

Dalam hal dialeg, memang Makassar dan Bugis ada sedikit perbedaan, sebab orang Bugis kebanyakan lemah lembut, ketika dikeseharian.

Tapi pada dasarnya Bugis Makassar sama-sama santun.

Jangan sia-siakan perasaan kekasih anda orang Bugis Makassar, sebab dia tidak hanya berjuang untuk dirinya, bahkan mereka tidak peduli dirinya, demi membuatmu bahagia dan tenang.

Mereka berkarakter, tapi jangan menuduh mereka kasar, soal keras dalam komitmen, iya bisa jadi demikian, sebab komitmen bagi mereka adalah keharusan untuk ditunaikan.

Fita Anggriani dan Jamie Iqbal
Pernikahan Artis Fita Anggriani dan Jamie Iqbal, menggunakan busana pengantin Adat Bugis Makassar (Foto : Popbela)

Bagaimana? sudah siap dilamar Lelaki Bugis Makassar? Bersiaplah untuk memakai pakaian adat seperti diatas.

Lengkapi Komentar