Makanan Lezat Untuk Obesitas
Makanan Lezat Dan Sehat Untuk Obesitas

20 Jenis Makanan Lezat Anti Obesitas

Diposting pada

Makanan lezat biasanya identik sebagai hidangan yang tidak sehat. Namun sebenarnya, ada juga  makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan, dengan rasa yang enak. 

Beritaku.id, Lifestyle – Keindahan manfaat dari selalu mengkonsumsi makanan lezat dan sehat, akan menciptakan suatu kehidupan yang juga sehat bersahaja.

Oleh: Novianti Lavlia (Penulis Lifestyle)

Tubuh manusia membutuhkan asupan gizi yang cukup, agar dapat selalu merasa sehat dan bugar. Makanan lezat dengan nutrisi yang baik, terdapat pada sayuran, buah-buahan, dan daging.

Selain menjadi sumber protein dan kalsium, semua makanan tersebut juga dapat  meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Jadi tidak heran, jika semua manfaat tersebut dapat terpancar melalui kulit yang berseri, serta tubuh indah dan ideal.

Hubungan Makanan Lezat Dengan Kesehatan

Makanan Lezat Yang Berbahaya
Cemilan Lezat Tapi Berbahaya Untuk Kesehatan

Makanan lezat biasanya identik dengan kandungan gula dan garam yang tinggi. Walaupun sebenarnya, masih banyak makanan enak tetapi tetap sehat, dan aman untuk dikonsumsi oleh tubuh.

Oleh karena ketidaktahuan tersebut, banyak orang yang masih lebih memilih makanan yang tidak sehat, hanya karena kelezatannya. Walaupun pada akhirnya, dapat berakhir dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Pertanyaannya adalah, apakah hubungan antara makanan dengan berat badan dan kesehatan? Kita lihat ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Obesitas 

Salah satu dari bahaya akibat mengkonsumsi terlalu banyak gula adalah, kelebihan berat badan dan obesitas. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini akan berhubungan dengan berbagai penyakit lain seperti serangan jantung, diabetes dan kanker.

2. Serangan Jantung

Selain obesitas, gula dan lemak jenuh juga dapat mengakibatkan kolesterol dalam pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung. Kedua kandungan tersebut biasanya terdapat dalam makanan olahan dan siap saji, serta gorengan.

3. Diabetes 

Diabetes merupakan penyakit degeneratif, yang terjadi karena menurunnya sel-sel tubuh akibat penambahan usia, dan juga gula. Ketika reseptor insulin tidak lagi merespon, maka akan mengakibatkan tubuh tidak lagi mampu menerima energi dari asupan makanan. 

Kelebihan kalori yang tidak terproses dengan baik, akan merubahnya menjadi lemak. Sehingga pada akhirnya, akan mengakibatkan berbagai komplikasi kesehatan yang cukup serius. 

4. Hipertensi 

Apabila tubuh terlalu banyak menerima asupan garam, dapat mengakibatkan terjadinya tekanan darah tinggi atau Hipertensi. Kondisi tersebut, adalah salah satu penyebab dari terjadinya Penyakit Jantung dan Stroke.

5. Kanker

Asupan gula yang terlalu banyak, dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, yang dapat mempercepat proses terjadinya pembelahan. Atau dalam hal ini, sel tersebut berkaitan dengan  resiko Kanker.

6. Penuaan Dini

Terjadinya pembelahan sel yang terlalu cepat akibat tingginya asupan gula dalam tubuh, dapat menyebabkan penuaan dini. Faktor penuaan itu sendiri terjadi, akibat dari suatu reaksi yang berhubungan dengan gula dan protein. Kedua zat tersebut, merupakan unsur yang berfungsi membangun jaringan dan organ tubuh.

Hubungan Makanan Lezat Dengan Obesitas

Obesitas Dan Makanan Lezat
Bahaya Obesitas

Kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan lezat yang terlalu banyak, dapat mengakibatkan Obesitas. Terutama, apabila makanan tersebut mengandung kandungan gula, garam, dan kalori yang tinggi. 

Untuk dapat mencegah hal tersebut, cobalah untuk tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Perbanyaklah  makanan sehat dan lezat, seperti sayur dan buah. Dan jangan lupa, untuk mengolah makanan secara sehat, seperti merebus daripada menggoreng.

Selain mengatur pola makan yang sehat, penderita Obesitas juga harus lebih sering beraktivitas. Misalnya seperti jogging, jalan cepat atau bersepeda, sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. 

Lamanya latihan selama setengah hingga satu jam per hari. Tujuannya adalah, agar energi yang masuk berimbang dengan yang keluar. Dan apabila energi yang keluar lebih sedikit daripada daripada yang masuk, maka akan terjadi penimbunan lemak.

Selain dapat mempengaruhi penampilan,Obesitas juga terkait dengan berbagai macam penyakit berbahaya, yang dapat berujung pada kematian. Terutama, apabila  tidak menanganinya dengan cepat.

Untuk dapat berjuang melawan Obesitas, ada beberapa menu makanan sehat dan lezat, yang sangat anti dengan Obesitas. Apabila mengkonsumsinya dengan rutin, maka pengurangan berat badan dapat tercapai secara signifikan.

1. Brokoli

Makanan Lezat  Salad Brokoli
Salad Brokoli Yang Lezat

Daun Brokoli merupakan sayuran bergizi dan kaya nutrisi, yang dapat memberikan rasa kenyang dengan lebih lama. Sebagai menu makanan harian, tambahkan sepotong daging sapi, ayam atau ikan panggang, tanpa garam.

2. Salad Kimchi

Makanan Lezat Kimchi Salad
Tahu,Tomat Dan Kimchi Salad Yang Lezat Dan Sehat

Kimchi adalah sayuran fermentasi, yang dapat membakar lemak dalam tubuh. Kandungan asamnya yang termasuk sehat, ternyata memiliki kemampuan untuk menurunkan berat badan yang berlebih.

3. Roti Gandum

Roti Gandum Makanan Lezat
Olahan Menu Roti Gandum Yang Sehat Dan Enak

Karbohidat yang satu ini, merupakan jenis gandum, yang tidak mudah tercerna dengan cepat oleh tubuh. Sehingga, efeknya dapat memberikan rasa kenyang, dalam jangka waktu yang relatif lebih lama.

4. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun Yang Sehat
Bahan Menumis Minyak Zaitun Yang Sehat

Buah zaitun yang dapat memproduksi Minyak Zaitun dapat menjadi minyak goreng yang lebih lezat, dan juga lebih sehat pastinya. 

Minyak goreng yang berasal dari kelapa sawit, memiliki kandungan lemak jenuh yang jahat, dan dapat membuat tubuh semakin bertambah gemuk. Jika sering mengkonsumsinya, maka semakin sulit untuk dapat menjaga berat badan.

5. Salmon Panggang

Salmon Panggang Yang Sehat
Menu Set Salmon Panggang, Sayur Dan Buah Yang Menggugah Selera

Ikan Salmon terkenal sangat kaya akan kandungan gizi dan protein, serta lemak baik Omega-3, sebagai penangkal kolesterol yang gandal. Selain itu, Omega-3 juga baik untuk menjaga  perkembangan sel, otak dan saraf.

Daging Salmon dapat memberikan efek lebih berenergi, dan kenyang yang relatif lebih lama pada tubuh. Agar berat badan dapat lebih cepat berkurang, sajikan dengan cara memanggangnya.

Jenis Makanan Lezat Yang Dapat Menjaga Berat Badan

Banyak sekali paradigma yang mengasumsikan, bahwa makanan sehat pasti tidak enak rasanya. Namun nyatanya, banyak sekali jenis bahan makanan yang dapat menggugah selera, dan juga membantu menurunkan berat badan.

Pasalnya adalah, karena bahan makan tersebut mampu memberikan rasa kenyang dengan lebih lama. Selain itu, juga dapat melancarkan pencernaan, serta membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Berikut adalah 10 jenis makanan lezat, yang dapat membantu menjaga berat badan. 

1. Sayuran Segar

Kale Makanan Bergizi
Menu Sayur Kale Dan Salmon Yang Bergizi

Jika mengkonsumsi lebih banyak sayuran, tidak hanya dapat membuat rasa kenyang yang lebih lama, tapi juga sekaligus dapat mengurangi kalori.

Sayuran banyak mengandung vitamin yang berguna bagi sistem imunitas tubuh. Selain itu, juga memiliki kalori yang cukup rendah.  Salah satu contohnya adalah Kale, yang terbukti ampuh dapat menurunkan berat badan, dan sangat kaya akan Vitamin dan Folat.

2. Telur dan Sosis

Telur Dan Sosis Makanan Yang Mengenyangkan
Menu Hidangan Telur Dan Sosis

Kedua makanan tersebut sangat kaya akan  protein, dan dapat membuat rasa kenyang yang lebih lama. Efek dari mengkonsumsi sarapan berprotein tinggi, dapat memberikan rasa kenyang hingga malam hari. Sehingga, akan membuat seseorang akan makan lebih sedikit.

3. Kacang – Kacangan

Kacang- Kacangan Yang Bergizi
Berbagai Macam Kacang-Kacangan Bergizi Tinggi

Banyak jenis kacang-kacangan yang dapat menjadi camilan sehat. Contohnya seperti, almond, pecan, kenari, dan kacang tanah. Penelitian juga  mengatakan, bahwa ketika mengunyah kacang, akan merasakan rasa kenyang yang cukup panjang.

4. Apel

Apel Yang Lezat Dan Bergizi
Buah Apel Yang Lezat Dan Bergizi Tinggi

Apabila rajin mengkonsumsi Apel dalam bentuk jus maupun buah, akan memberikan efek kenyang yang lebih lama. Akibatnya, nafsu makan pun akan menjadi hilang. Penyebabnya adalah, kandungan serat yang cukup banyak pada buah ini. 

Selain itu, dengan mengunyah, dapat mengirimkan sinyal ke otak, bahwa tubuh telah mendapatkan asupan makanan secara substansial.

5. Yoghurt

Yoghurt Untuk Diabetes
Konsumsi Yoghurt Untuk Diabetes

Makanan lezat yang satu ini sudah terkenal sejak lama, sebagai cemilan sehat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, Yoghurt tanpa pemanis juga mengandung nutrisi, dan memperbaiki dan memperkuat tulang.

Khasiat lainnya dari Yoghurt adalah, dapat menjaga sistem pencernaan, agar tetap terkendali, dan juga mengontrol sistem kekebalan tubuh.

6. Jeruk

Jeruk Yang Bervitamin
Buah Jeruk Kaya Akan Vitamin

Selain dapat menjadi makan lezat yang ringan, Jeruk juga dapat membantu melawan dehidrasi dan virus. Selain itu, Jeruk juga terkenal sebagai makanan rendah kalori, yang dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh.

7. Bawang Putih

Bawang Putih Yang Bermanfaat
Bawang Putih Dan Minyaknya Yang Baik Untuk Kesehatan

Golongan sayuran yang dapat menjadi bumbu masak serbaguna bagi semua hidangan ini, sangat kaya akan nutrisi, dan bermanfaat bagi kesehatan. Rasanya yang khas, dapat menambah cita rasa yang menggugah selera.

8. Madu dan Teh Hijau

Teh Hijau Dan Madu Yang Menyegarkan
Minuman Kesehatan Yang Menyegarkan Teh Hijau Dan Madu

Keduanya  merupakan minuman penambah energi yang kaya akan nutrisi. Khasiat lain dari kombinasi antara Madu dan Teh Hijau adalah, sebagai antioksidan dan anti bakteri, yang dapat meredakan batuk.

Kandungan Kafein yang terdapat pada Teh hijau, terbukti dapat meningkatkan kerja metabolisme, dan sebagai pembakar kalori paling ampuh.

9. Sup ayam

Sup Ayam Rendah Kalori Makanan Lezat Dan Sehat
Sup Ayam Rendah Kalori Yang Lezat Dan Sehat

Makanan lezat yang biasa menjadi santapan orang sakit ini, memang dapat meningkatkan dan menyegarkan tubuh. Selain itu, juga efektif dapat penurun berat badan, dan rendah kalori.

10. Tomat

Tomat Yang Lezat Bermanfaat
Buah Tomat Sebagai Makanan Lezat Yang Bermanfaat

Buah Tomat sangat kaya akan Vitamin C dan juga Beta Karoten. Sebuah penelitian mengatakan, jika memasaknya, buah ini justru mengandung Lycopene yang lumayan tinggi. Sedangkan fungsi dari kandungan tersebut, bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker perut dan pankreas.

11. Tuna

Ikan Tuna Makanan Lezat
Olahan Ikan Tuna Yang Lezat Dan Bernutrisi

Ikan Tuna merupakan sumber protein berkualitas tinggi, dan tidak mengandung lemak jahat, yang berbahaya bagi tubuh. Tuna juga mengandung asam amino, yang berguna bagi tubuh, untuk memelihara jaringan otot. Kadar proteinnya yang cukup tinggi, sangat efektif untuk menurunkan berat badan, apabila mengkonsumsinya dengan rutin.

12. Beras Merah

Beras Merah Yang Berfaedah
Mengkonsumsi Beras Merah Untuk Menjaga Berat Badan Dan Kesehatan Jantung

Walaupun tetap baik mengkonsumsi Beras Putih, namun Beras Merah memiliki lebih banyak  manfaat bagi kesehatan tubuh. Beras ini dapat mencegah dari penyakit jantung, dan penyakit Kardiovaskular lainnya.

13. Cabai

Cabai Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan
Manfaat cabai Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Capsaicin di dalamnya, terbukti ampuh dapat membakar lemak tubuh,  dan menurunkan nafsu makan. Cabai juga dapat meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan produksi hormon, sehingga memudahkannya untuk membakar kalori. Kandungan lain yang terdapat dalam Cabai adalah, beta karoten dan antioksidan, yang dapat melawan flu dan pilek.

14. Tempe

Tempe Sebagai Makanan Lezat Bergizi
Menu Tempe Dan Beras Merah Yang Menyehatkan

Makanan sehat dari Kacang Kedelai ini, tidak akan bikin berat badan mudah naik, walaupun mengkonsumsinya setiap hari. Tempe juga kaya akan kandungan gizinya, yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

15. Coklat Hitam

Coklat Hitam Yang Banyak Manfaatnya
Manfaat Coklat Hitam Bagi Kesehatan

Sebuah penelitian mengatakan, jika sering mengkonsumsi coklat hitam, dapat menurunkan nafsu makan. Sehingga, berat badan pun akan dapat tetap terjaga dengan baik.

Penutup

Masih banyak orang yang belum mengetahui, bahwa makanan lezat tidaklah selamanya merupakan makanan tidak sehat. Karena faktanya, banyak sekali jenis bahan makanan, yang berkhasiat untuk menjaga berat badan.

Selain itu, beberapa menu hidangan yang dapat menggugah selera, ternyata juga dapat menyehatkan. Kandungannya yang rendah kalori, garam serta gula, dapat menjadi makanan sehat dan lezat, untuk terhindar dari Obesitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *