Kepribadian Nabi Sulaiman
Mukjizat Nabi Sulaiman (Foto: youtube.com)

Mukjizat & Kepribadian Nabi Sulaiman

Diposting pada

Nabi Sulaiman AS Dengan kepribadian dan keluhuran budi, merupakan sorang nabi serta rasul yang kaya, cerdas dan bijaksana.

Beritaku.id, Kisah para Nabi dan Rasul – Begitu banyak sisi positif dari kepribadiannya yang dapat memberikan pelajaran bagi kita semua.

Oleh Tika (Penulis kisah nabi dan rasul)

Dan tidak ada lagi yang mampu menundukkan jin dan setan kecuali Sulaiman. Ia pula satu-satunya Nabi yang mengerti bahasa binatang. Sungguh Allah memiliki kuasa yang teramat luas terhadap Sulaiman.

Kisah Kepribadian Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman (sumber Kompasiana)

Sulaiman merupakan putra dari Nabi Daud, dengan kepribadian menarik. Ia juga merupakan keturunan nabi Ibrahim yang ke 13. Beliau lahir di Yerussalem dan memegang kaum Bani Israil.

Setelah Nabi Daud meninggal, maka Nabi Sulaiman mewarisi tahta serta menggantikan ayahnya untuk menyiarkan Islam. Nabi Sulaiman memiliki mukjizat yakni dapat mengerti bahasa binatang. Hal itu terkandung dalam Quran Surat An naml ayat 18 hingga 19.

Wahai para semut! hendaknya kamu masuk ke dalam sarang supaya kalian tidak terinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya. Dan mereka tidak mengetahuinya.

Ketika mendengar itu Sulaiman tertawa dan berdoa kepada Tuhan.

Ya Allah tetapkanlah hatiku untuk bersyukur kepadaMu yang telah memberikan karunia kepadaku dan ibu bapakku. Serta masukkanlah kami ke dalam hamba-hambaku yang saleh.

Nabi Sulaiman merupakan nabi yang cerdas sejak masih kanak-kanak. Ia juga memiliki kecakapan dan kemampuan berpikir yang baik sehingga kerap menjadi pengambil keputusan. Sulaiman sering menjadi penengah terhadap perselisihan penduduk di kalangan Bani Israil.

Ada sebuah masalah yang dengan pandai dan dengan bijak telah diselesaikan oleh Sulaiman. Kebun milik seseorang ternyata dimasuki oleh kambing-kambing milik orang lain di malam hari. Kebun itu pun rusak dan habis dimakan oleh kambing padahal sudah waktunya orang itu panen.

Pemilik kambing pun mengakui akan itu. Kemudian Nabi Daud memutuskan jika pemilik kambing harus menyerahkan kambing kambing miliknya kepada pemilik kebun sebagai ganti rugi namun Nabi Sulaiman merasa keputusan tersebut kurang tepat.

Menurut pertimbangannya sebaiknya pemilik kambing wajib memperbaiki kebun milik pemilik kebun. Selama si pemilik kambing mengerjakannya maka pemilik kebun wajib menjaga kambing milik si pemilik kabing dan mengambil manfaat serta merawatnya. Akhirnya kedua belah pihak menyetujui keputusan yang dibuat oleh Nabi Sulaiman.

Baca juga beritaku: Mengenal Buah Khuldi

Kisah Singkat Nabi sulaiman Dan Ratu Saba

kepribadian nabi sulaiman
ilustrasi kehidupan nabi Sulaiman (sumber Islampos)

Sebagaimana kepribadian Nabi Sulaiman pernah kehabisan air di daerah Yaman. Burung Hud mendapatkan perintah untuk mencari sumber air namun mereka tidak kembali lagi. Nabi Sulaiman pun marah dan beliau berujar kalau hud-hud itu pulang panggang saja ia hidup-hidup. Ketika Nabi Sulaiman berkata demikian Burung Hud pun datang.

“Ke mana saja engkau?” tanya nabi Sulaiman. Burung pun menjawab, “Maafkanlah ya Rasulullah Karena aku telah tersesat di daerah yang sangat jauh. Di tempat tersebut terdapat pemerintahan seorang ratu bernama Balqis dan kerajaannya bernama Saba.

Hilanglah kemudian amarah Nabi Sulaiman kemudian ia membuat surat kepada ratu perempuan itu yang berisi seruan untuk menyembah Allah. Ia menyatakan bahwa Allah yang telah menganugerahi kerajaan yang besar itu padanya karena itu sembahlah Allah dan jangan menyembah selain Nya.

Kemudian burung Hud itu mengantarkan surat dari nabi Sulaiman dan lalu membawanya terbang ke negeri Saba. Ratu tersebutlah yang menerimanya secara langsung. Ia kemudian membawa surat itu ke ruang rapat dengan para menterinya.

Hasil rapat akhirnya menyetujui permintaan Nabi Sulaiman namun sebagian dari menteri juga tidak setuju dan ingin berperang dengan Nabi Sulaiman. Ratu Balqis mengambil kesimpulan bahwa bisa saja terjadi perang, namun jika ada jalan damai tidaklah perlu berperang.

Akhirnya burung Hud membawa surat balasan yang menerangkan bahwa Ratu Balqis akan mengirimkan utusan untuk menghadap Nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman memerintahkan semua Jin untuk membuat dan mempersiapkan istana yang indah tentunya dengan halaman yang memiliki permata-permata berkilau.

Baca juga beritaku: Kisah Nabi Syuaib, Sejarah, 3 Mukjizat, Umat dan Keteladanan

Ratu Balqis Bertakwa

Datanglah utusan Ratu Balqis dan herannya mereka bahwa Nabi Sulaiman bisa sekaya itu kemudian utusan tersebut menyerahkan hadiah dari Ratu Balqis kepada Nabi Sulaiman. Namun nabi menolaknya dengan alasan bahwa Nabi Sulaiman tidak membutuhkan hadiah. Ia hanya memerlukan Ratu Balqis dan rakyatnya menghentikan untuk menyembah matahari dan mereka harusnya menyembah Allah.

Pulanglah utusan ratu Balqis dan melaporkan jawaban Sulaiman atas hadiah dari ratu Balqis. Ratu Balqis dengan kepribadian yang luhur berkata bahwa ia yang akan menghadap Nabi Sulaiman.

Jawaban dari ratu Balqis membuat Sulaiman memanggil raja jin. Ia meminta raja jin tersebut untuk memindahkan kursi tahta ratu Balqis ke istana Sulaiman hanya dalam sepersekian detik. Jin menyanggupi perintah Sulaiman. Tidak berapa lama Ratu Balqis muncul dan menghadap Nabi Sulaiman.

Ia sangat terkejut mendapati kursi singgasananya berada di sana. Dengan mudahnya Nabi Sulaiman berkata bahwa tidak sulit bagi Allah untuk memindahkannya. Namun saat itu Ratu Balqis masih belum sepenuhnya percaya. Akhirnya Sulaiman mengajaknya ke istana milik SUlaiman yang lain. Terdapat lantai kaca di atas kolam-kolam dengan air yang jernih. Ratu Balqia menyingsingkan pakaiannya karena takut basah.

Namun Sulaiman menjelaskan bahwa itu adalah kaca dan bukan air. Akhirnya ratu Balqis percaya dan menyembah Allah. Bahkan beberapa cerita menyebutkan bahwa Nabi Sulaiman akhirnya mempersunting ratu Balqis.

Lokasi Nabi sulaiman lahir dan Berdakwah

ilustrasi Nabi Sulaiman dn Ratu Saba (sumber Kompasiana)

Nabi Sulaiman lahri di Jerussalem menurut beberapa sejarah. Beliau merupakan pemimpin kaum Bani Israil. Dakwah yang beliau lakukan seputar di daerah Jerussalem.

Nabi Sulaiman juga merupakan nabi yang bisa berbicara dengan para jin dan para binatang. Bahkan juga dapat menaklukkan angin. Nabi Sulaiman tidak hanya dapat mendengarkan suara burung namun juga mendengarkan suara semut.

Seperti yang telah terbahas sebelumnya, seekor semut menyuruh kelompok semut lainnya untuk segera masuk ke sarang karena khawatir jika Nabi Sulaiman akan menginjaknya. Namun ternyata Nabi Sulaiman mendengarnya. Ia tersenyum dan tertawa.

Nabi Sulaiman dapat menaklukkan angin. Beliau dapat mmebuat utusan-utusannya menaiki angin. Beliau juga mampu memberi perintah pada jin dan setan padahal tidak ada yang mampu menyuruh jin dan setan. Jika mereka membangkang maka Nabi Sulaiman akan merantai mereka.

Dengan berbagai bala bantuan baik dari jin, setan, dan binatang, Nabi Sulaiman mampu menjadi seorang Nabi yang terkaya. Ia memiliki banyak istana dan permata-permata dari bawah laut.

Baca juga beritaku: Kisah 6 Mukjizat Nabi Ilyas

Sifat dan Keteladanan Sulaiman

nabi sulaiman
ilustrasi Nabi Sulaiman (sumber Islampos)

Nabi Sulaiman merupakan orang yang gemar bersedekah. Sedekah dapat menolak mara bahaya dan menjadikan umur panjang. Dalam firman Allah Quran surat Shad ayat 35 berbunyi, Ya Tuhanku ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapapun.

Sedekah dalam hal ini menceritakan bahwa Nabi Sulaiman pada zamannya mengenal seorang anak laki-laki yang mempunyai pohon besar di samping rumah. Di atas pohon besar itu memiliki sarang burung yang berisi anak merpati. Kemudian istri dari laki-laki itu menyuruhnya memanjat pohon dan mengambil anak merpati itu untuk dijadikan makanan.

Lelaki itu pun melakukannya. Induk merpati menghadap kepada Baginda Nabi Sulaiman menceritakan kejadian tersebut. Akhirnya Nabi Sulaiman menyuruh pria yang memanjat pohon itu untuk bertobat . Priaitu berjanji kepada Nabi Sulaiman untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Suatu ketika istrinya menyuruhnya kembali untuk mengambil anak merpati itu di sarangnya. Namun ia berkata pada istrinya bahwa ia tidak akan mengulanginya lagi sebab Nabi Sulaiman telah melarangnya untuk mengambil merpati. Bagi istri pria itu Nabi Sulaiman tidak mempedulikan merpati-merpati itu karena terlalu sibuk dengan urusan kerajaannya. Akhirnya ia mengulangi memanjat pohon dan mengambil anak merpati.

Induk merpati kembali menghadap Nabi Sulaiman dan mengadukan hal yang sama. Akhirnya Nabi Sulaiman marah dan memanggil dua setan dari penjuru timur dan barat. Ketika laki-laki itu hendak memanjat, maka setan mengambil 2 kakinya dan menjatuhkan ia dari pohon. Laki-laki tadi tidak bisa memanjat lagi.

Suatu ketika ia meletakkan kedua kakinya pada pohon. Tiba-tiba datang seorang pengemis mengetuk pintu. Ia menyuruh istrinya untuk memberikan sesuatu namun istrinya berkata dia tidak punya apa-apa. Akhirnya laki-laki itu turun dari pohon dan mengambil segenggam makanan kemudian memberikan kepada pengemis. Setelah itu ia dapat memanjat pohon itu kembali dan mengambil merpati.

Merpati dan Sulaiman

Induk merpati kembali menghadap Nabi Sulaiman dan mengadukan kejadian itu dan itu membuat Nabi Sulaiman marah Ia pun memanggil setan yang bertugas menjaga pohon tersebut. Nabi Sulaiman mengira mereka menghianatinya. Namun mereka menjawab bahwa mereka tidak menghianati Nabi Sulaiman dan terus menjaga pohon itu.

Hanya saja ketika seorang pengemis mengetuk pintu rumah, pria itu memberikan segenggam gandum dan saat ia kembali memanjat pohon kami sudah bergegas untuk meraihnya. Namun tiba-tiba Allah mengutus dua malaikat. Salah satu malaikat meraih leher setan dan melemparnya ke tempat terbitnya matahari sedangkan yang satunya lagi menangkap sahabat setan itu dan melemparnya ke tempat terbenamnya matahari.

Kisah ini menggambarkan bahwa sedekah itu sangat dahsyat manfaatnya. Ia dapat menghindarkan seseorang dari adanya bahaya. Tentunya harta yang perlu disedekahkan adalah halal. Tidaklah seorang yang bersedekah dengan harta yang baik kecuali Allah yang maha pengasih akan menerima sedekah itu dengan tangan kananNya.

Begitulah sikap yang patut untuk dicontoh pada masa Nabi Sulaiman. Bahkan tidak hanya perihal sedekah, ketundukannya kepada Allah juga menjadi hal yang patut dicontoh. Beliau tidak sombong sekalipun banyak memiliki harta.

Baca juga beritaku: Kisah Nabi Ibrahim, Percabangan 2 Versi, Keturunan dan Keteladanan

Doa Nabi Sulaiman

Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugrahkanlah padaku kerajaan yang tidak dimiliki siapapun sesudahku.


Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmatMu. Anugerahilah aku dan ibu bapakku untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhoi. Masukkanlah aku ke dalam golongan hamba-hamba saleh.

 
Doa ini merupakan mukjizat dari Allah sehingga bukan untuk ditiru. Doa ini juga tidak berlaku bagi orang lain.

Nabi Sulaiman merupakan seorang hamba Allah yang mampu memerintahkan Jin dan setan. Beliau tidak pernah menggunakan kemampuannya ini untuk mencelakakan orang lain. Namun dengan segala hal yang beliau mampu, ia mencoba membuat setiap makhluk untuk tunduk dan taat kepada Allah.

Demikian kisanh Nabi Sulaiman AS. Semoga kisah ini menginspirasi dan menyadarkan kita akan kuasa Allah. Semoga kita semua termasuk ke dalam hamba-hamba yang saleh sebagaimana Doa Nabi Sulaiman.

Wallahu a’lam.


Bagikan Ke