Mengenal hutan tundra
Hutan Tundra (Foto: jagad.id)

Mengenal 5 Ciri, Flora dan Fauna Hutan Tundra Dan Konifer

Diposting pada

Mengenal hutan tundra, adalah salah satu hutan yang ada di belahan dunia bagian utara. Dengan persebaran serta jenis flora dan fauna yang menakjubkan di sana. Lalu, bagaimana jelasnya?

Beritaku.id – Lestari_ Berkabut setiap hari. Menjadikan engkau begitu teduh, sunyi, sepi. Bukankah perasaan itu sungguh tidak mengenakkan hati? Bahkan siapa saja tidak sudi, dan ingin berbagi. Lalu, kenapa kau terus disini, dan tenang diterpa kabut sepi? Inikah yang engkau inginkan? gelap, takut, terselimut padamu dalam balutan hutan?

Oleh: Ayu Maesaroh(Penulis Lestari)

Negara dengan prosentase hutan terbanyak di Dunia. Seakan hal tersebut sudah tidak asing bagi kita bangsa Indonesia, yang mungkin sampai detik ini masih dieluhkan namanya oleh kebanyakan negara dalam segi sumber daya alam, dan sebagainya.

Sayangnya, hal tersebut selalu berbanding terbalik dengan kenyataan. Yang mana tidak sedikit flora dan fauna di Indonesia, beralih status menjadi flora atau fauna “yang dilindungi”. Tak ayal membuat issu dan berbagai protes di kalangan pergerakan, saling menggaungkan nasib para flora dan fauna yang ada.

Mempertahankan nasib mereka, yang sebenarnya adalah aset utama negara, yang seharusnya mendapatkan perhatian dari segala kalangan. Bersatu, merawat lingkungan hingga sampai anak cucu nantinya. Termasuk beberapa flora dan fauna yang akan dibahas dalam artikel kali ini.

Definisi Hutan Tundra Dan Hutan Konifer Lengkap Istilah Ilmiah

Mengenal bioma hutan tundra
Bioma tundra (Foto: rumus.co.id)

Salah satunya yang mungkin tidak sedikit dari kita yang mengenal definisi hutan tundra ini. Hutan ini adalah jenis bioma, yang mana hutannya membentang luas, dengan berisikan flora serta fauna yang ada, bahkan jenisnya sangat langka di sana. Hutan jenis tundra, biasanya terdapat di beberapa wilayah kutub utara.

Di Indonesia sendiri, hutan ini terdapat di beberapa gunung, salah satunya gunung aktif di papua, yang sangat terkenal dengan hutan tundranya. Salah salah satu ciri dari hutan tundra ini, adalah iklim yang ada pada sekitarnya, hampir minus, bahkan sudah membentuk seperti gunung es.

Berbeda dengan mengenal dari hutan tundra, ada juga hutan yang sering menjadi perhatian kebanyakan orang. Ialah hutan konifer, yang mungkin banyak kita jumpai di beberapa wilayah Indonesia, yang tergolong dalam wilayah dengan iklim yang cukup dingin.

Baca juga beritaku: Kenali Hutan Indonesia: Nama, 5 Jenis, Ciri Dan Pohon

Atau di beberapa wilayah pegunungan Indonesia, yang tidak jarang terdapat hutan jenis konifer ini. Ya, salah satu ciri dari definisi hutan konifer ini, adalah bentuk mereka yang menyerupai seperti jarum (daunnya), atau seperti menyerupai hutan pinus.

Hutan ini dapat tumbuh tinggi, bahkan menjadi ikon yang sangat cantik ketika mereka sedang diterpa kabut, penanda hujan akan turun, dan memberikan sedikit kelegaan dari tanah bumi akibat berhadapan dengan sinar sang surya. Mengenal hutan konifer seperti tundra, yang harus detail dan perlu adanya perhatian yang lebih kepada mereka.

Kedua hutan ini memiliki nama latin. Seperti yang pertama adalah hutan tundra, terkenal dengan nama latinnya Silva Tesca Arctica. Sementara hutan konifer sendiri, bernama latin Silva Coniferarum.

Ciri-Ciri Hutan Tundra

Ciri dari hutan tundra (Foto: ruangguru.co)

Terlepas dari hal tersebut, keduanya mempunyai ciri-ciri, yang dapat kita ketahui dengan jelas. Dan menjelma menjadi ikon dari keduanya. Maka beberapa ciri dari Hutan Tundra antara lain:

Besaran Wilayah

Sebagian wilayah dari Hutan Tundra, adalah tertutup es, atau yang sering kita kenal sebagai gurun es. Yang mana hal tersebut mempengaruhi tingkat suhu sekitar kawasan, dan juga tingkat kegelapan serta bahaya dari lingkungan hutan tersebut.

Merupakan Bioma

Seperti yang sudah kita singgung, bahwasannya hutan ini adalah tempat tinggal dari berbagai flora dan fauna yang ada di dunia, bahkan yang langka sekalipun. Itulah yang dinamakan dengan bioma. Yakni hutan yang mempunyai luas wilayah yang cukup luas, dan menjadi tempat tinggal banyak makhluk hidup di sana.

Cuaca di Sekitar

Rata-rata cuaca di sekitar hutan tundra, sangat jarang turun hujan, serta mereka tertutupi oleh es. Hal tersebut berpengaruh pada vegetasi dari flora dan fauna yang ada. Yang mana rata-rata fauna yang tinggal di sana memiliki umur yang cukup pendek. Hal tersebut berbeda dengan jenis hutan atau bioma lainnya.

Es Mencair

Mengenal lingkungan dari hutan tundra, biasanya dalam kawasan es seperti ini akan terjadi es mencair, yang mana kadang membuat siapa saja was-was. Untuk hutan ini, biasanya es mencair bisa sampai 25 cm pertahunnya. Jumlah tersebut sudah dengan jumlah salju yang juga ikut mencair.

Bentuk Pohon

Hutan tundra adalah hutan yang ada di kawasan es atau kutub, yang mana sebagian dari hutan ini menutupi tanah hutan. Hal tersebut berimbas kepada jenis dari fauna serta flora yang ada, serta bahaya dari hutan ini. Yang paling ditakutkan adalah ketika es mencair, dan juga bersamaan dengan salju yang ikut mencair.

Ciri-Ciri Hutan Konifer

Ciri hutan konifer (Foto: id.lovepik.com)

Hutan konifer juga salah satu jenis hutan yang dapat tinggal di tempat yang cuacanya tinggi, namun mereka juga dapat hidup di wilayah yang memiliki 4 musim, yakni musim semi, panas, musim salju, serta musim gugur. Beberapa cirinya antara lain:

Suhu Sekitar

Hutan ini masih mempunyai keterkaitan dengan mengenal dari hutan tundra, jadi tidak heran jika nantinya, suhu sekitar dari hutan tersebut akan mengalami minus yang sangat ekstrem, bahkan bisa kurang dari 5 derajat celcius. Untuk suhu paling panasnya, hutan ini hanya dapat mencapai 21 derajat celcius.

Keadaan Sekitar Hutan

Untuk keadaan terutama dari kesuburan tanah, hutan ini termasuk ke dalam hutan yang tidak terlalu subur. Mengingat jarang sekali daun-daun yang berguguran di hutan ini. Hal tersebut juga bepengaruh pada jenis flora dan fauna yang ada di hutan tersebut.

Permafrost

Seperti jenis hutan yang sebelumnya, hutan konifer juga mempunyai permafrost, yang merupakan lapisan tanah, dan dapat mencair suatu-waktu.

Baca juga beritaku: Hutan Rawa: Definisi, Sebaran, dan 10 Karakteristik Jenis Pohon

Hal tersebut dikarenakan keadaan lingkungan dari hutan ini yang dapat mengalami musim dingin hingga dua tahun lamanya. Dan lapisan ini akan mencair pada musim panas, serta membeku kembali pada musim dingin.

Bentuk Visual Fisik

Seperti yang sudah kita singgung, bahwasannya jenis konifer, mempunyai daun yang tampak seperti jarum. Mereka akan terlihat menakjubkan ketika mendapat terpaan dari sang kabut. Juga dari daun-daunnya, mengandung zat lilin yang mana dapat mempertahankan diri dari terpaan panas, serta dinginnya suhu di sekitar.

Masa Hidup Hutan Konifer

Karena mereka mempunyai cara untuk bertahan hidup yakni kandungan lilin yang terdapat dari dedaunan konifer, dapat memberikan mereka pertahanan cukup dalam menghadapi suhu terekstrem sekalipun.

Hingga pada akhirnya hutan ini dapat hidup hingga sampai dengan 200 tahun. Sayangnya daun-daunnya mudah patah, karena tumpukan salju yang semakin hari semakin banyak.

Jenis Tumbuhan (Bahasa Latin)

Tumbuhan (Foto: liputan6.com)

Terlepas dari hal terebut, keduanya memiliki jenis tumbuhan serta hewan, yang menjadi penghuni mutlak di tempat tersebut.

Namun bicara masalah tumbuhan, jenis makhluk hidup tersebut adalah makhluk yang terdiri atas akar, daun, batang, serta buah, yang mana buah tersebut hasil dari fotosintetis mereka dengan sinar matahari.

Mereka tergolong dalam kingdom Plantae, yang mana mempunyai jenis serta sebaran tumbuh di berbagai belahan dunia.

Hingga pada akhirnya, mereka menjadi komponen dalam hidup, memiliki peran penting dalam keseimbangan ekosistem dunia.

Mereka yang mempunyai fungsi sebagai pembersih udara dari karbondioksida saat pagi dan sore hari. Serta mengeluarkannya pada malam hari, saat manusia sedang bersiap untuk meluncur ke dunia bawah sadar mereka.

Juga menjadi titik poin tentang melindungi lapisan ozon bumi. Yang mana menjadi hal penting bagi bumi untuk perlindungan atas gesekan antar planet dalam tata surya.

Dan sudah saatnya, kita para generasi bumi ini, mulai aware dengan mereka. Biarkan mereka hidup hingga kepada tangan anak cucu kita nantinya.

Jenis Tumbuhan Dan Hewan Dalam Hutan Tundra

Mengenal hutan tundra dan persebarannya
Flora fauna di hutan tundra (Foto: hippopx.com)

Dan masih mengenal tumbuhan, di beberapa hutan tundra terdapat tumbuhan serta hewan yang menjadi penghuninya. Namun seperti yang sudah kita singgung.

Jenis dari hewan serta tumbuhan di hutan tundra termasuk ke dalam biotik rendah, serta vegetasi dari mereka yang sederhana.

Baca juga beritaku: Hutan Musim: Karakteristik, Persebaran, dan 8 Pohon Ciri Khasnya

Hal ini mengacu kepada keadaan lingkungan dari hutan tundra, yang sebagian besar tumbuh di wilayah kutub, atau wilayah pegunungan yang mempunyai suhu ekstrem, contohnya gung di papua.

Hal tersebut pula yang menjadi pengaruh besar dalam ketahanan antar flora dan fauna di sana.

Tidak sedikit dari jenisnya, hanya mempunyai masa hidup sampai dengan 4 bulan, atau setara dengan umur sampai lebih dari 100 hari saja.

Fenomena tersebut juga memberikan perubahan bagi sistem fotosintetis dari jenis tanaman yang ada dalam hutan tundra. Kebanyakan dari jenisnya, mereka berfotosintetis dengan menggunakan intensitas sinar matahari yang cukup rendah.

Jenis Flora Dan Fauna Dalam Hutan Konifer

Flora fauna hutan konifer (Foto: pixabay.com)

Seperti yang kita singgung, bahwasannya hutan konifer adalah hutan dengan sebagian besar hutannya, memiliki daun berbentuk jarum. Setidaknya ada beberapa jenis hutan konifer yang ada di dunia, seperti hutan cemara, hutan pinus, dan sebagainya.

Karena jenis dari konifer yang beragam, maka dari segi flora serta faunanya juga beragam. Seperti contohnya hewan tapir, rusa, panda, yang kadang spesies mereka bisa dibilang langka. Begitu juga dengan flora yang ada. Hal tersebut juga berpengaruh pada jumlah flora yang cukup banyak di hutan konifer ini.

Selain rusa, hutan konifer juga mempunyai jenis serangga, yang hidup liar di dalam hutan tersebut. Oleh karena itu hutan ini jauh lebih bahaya dibandingkan dengan jenis sebelumnya.

Hal ini merujuk kepada keadaan dari sekitar hutan, serta isi dari hutan tersebut. Jadi jika kalian ingin pergi ke hutan konifer, kalian harus bersama dengan orang yang memang ahli dalam bidang menaklukan hewan, atau yang sudah benar-benar profesional dalam mengerti akan seluk beluk hutan konifer.

Sebaran Hutan Tundra Dan Konifer, Indonesia Dan Dunia

Persebaran hutan konifer dan tundra (Foto: id.thpanorama.com)

Adapun beberapa persebaran dari mengenal hutan konifer hingga tundra, yang ternyata cakupannya luas di beberapa negara. Seperti misalnya jenis konifer, yang mana mereka adalah jenis hutan subtropis. Jadi, beberapa persebarannya antara lain Rusia, Amerika sebelah Utara.

Lalu beberapa wilayah di Skandivania, dan sebagainya. Berbeda dengan konifer yang mampu hidup di wilayah negara dengan iklim 4 musim, tundra hanya dapat tumbuh di kawasan yang memiliki suhu ekstrem. Jadi, hal tersebut juga berpengaruh pada persebarannya.

Rata-rata, persebaran dari hutan tundra, yakni di beberapa belahan dunia bagian kutub utara, lalu bagian di Antartika, dan sebagainya.

Sekian ulasan kali ini tentang mengenal hutan tundra. Semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka:

  1. https://ilmugeografi.com
  2. https://rimbakita.com
  3. https://brainly.co.id
  4. https://id.thpanorama.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *