Niat Sholat Witir

Niat Sholat Witir 3 Rakaat Sebelum dan Sesudah Tidur

Diposting pada

Sholat Witir, merupakan sholat sunah khusu dlaam berbagai jenis ibadah, seperti Tahajjud, dan Tarwih, bagaimana niat dan tata cara serta hukumnya?

Beritaku.id, Berita Islami – Memburu kehidupan dunia, dengan material atau qalbu adalah hak setiap mereka yang bernafas sebagai insan yang hidup. Terutama manusia.

Oleh: Diana Raharjanti Asi Pratiwi (Penulis Lifestyle)

Niat Sholat Witir 3 Rakaat Sebelum dan Sesudah Tidur

Ibadah sunnah di anjurkan setelah mengerjakan sholat sunnah lain pada malam hari sebagai penutup ibadah qiyamul lail dengan jumlah rakaat ganjil.

Yang termasuk di dalam ibadah qiyamul lail yaitu seperti sholat tahajud, sholat hajat serta sholat tarawih pada malam bulan Ramadhan.

Tingkatan keistimewaan sholat witir, Rosulullah Shallallahu’alaihim wasallam mewasiatkan sahabat beliau supaya senantiasa mengerjakan sholat witir penutup seluruh sholat malam.

Waktu pelaksanaan sholat witir yaitu setelah sholat Isya’ sampai menjelang sholat Subuh, di mana hukumnya mubah yang di laksanakan pada akhir malam.

Hukum Sholat Witir Sebelum Tidur

Sholat witir berbeda dengan sholat sunnah lainnya, jumlah ganjil, yakni satu rakaat, tiga rakaat, lima rakaat sampai maksimal 11 rakaat.

Hal ini merupakan anjuran dari Rasulullah SAW yang dapat di temukan pada sejumlah hadis, seperti di sebutkan dalam Hadis Riwayat Imam Ahmad.

Hadis Shahih, riwayat Abu Daud: 1212 dan Al-Nasa’i: 1673 menyebutkan sabda nabi Muhammad SAW:

“Sholat witir hak setiap muslim, apabila lebih suka witir 5 rakaat, maka kerjakanlah dan barang siapa lebih suka witir satu rakaat, maka kerjakanlah”

Berdasarkan Hadis Riwayat Muslim di sebutkan,

”Aisyah Radhiyallahu’anhuma, berkata: Dahulu, Rasulullahu SAW mengerjakan sholat antara setelah sholat Isya’ yang di sebut al ‘alamah. Pelaksanaan sholat witir sampai fajar sebanyak 11 rakaat dengan salam pada setiap dua rakaat dan berwitir dalam jumlah satu rakaat.”

Kemampuan masing-masing individu berbeda untuk pelaksanaan waktu sholat witir, apabila tidak mampu bangun akhir malam dapat dilaksanakan sebelum tidur.

Seperti di kemukakan pada Hadis Riwayat Muslim, “Barang siapa khawatir tidak dapat bangun akhir malam, maka berwitirlah pada awal sebelum tidur.

Bagi yang yakin akan bangun akhir malam, dapat melaksanakan sholat witir di akhir malam di saksikan dan lebih utama setelah tidur.”

Sahabat Abu Bakar mengerjakan sholat witir biasanya sebelum tidur, setelahnya baru tidur dan mengerjakan sholat tahajud pada pertengahan malam hari.

Sedangkan Umar bin Khatab mengerjakan sholat witir setelah tidur dan bangun tengah malam untuk sholat tahajud yang di akhiri dengan witir.

Dengan demikian, apabila dapat bangun sebelum sholat Subuh dan mengerjakan sholat Tahajud, yang lebih baik melaksanakan sholat witir setelah tidur.

Jika seseorang tidak dapat bangun tengah malam hari, maka dapat mengerjakan sholat witir sebelum tidur dan pelaksanaannya setelah sholat Isya.

Baca Juga Beritaku: Sholat Fardhu Kifayah, Pengertian, Macam Dan 4 Cara

Manfaat Sholat Witir Sebelum Tidur

Niat Sholat Witir
Banyak Keutamaan Yang Didapat Dari Sholat Witir

Dalam melaksanakan sholat witir pada akhir pertengahan malam membuat komunikasi dengan Allah SWT lebih intens dan di saksikan oleh para malaikat.

Hal ini menjadi alasan bahwa ganjaran pahala saat melaksanakan sholat malam sangat besar, karena pengerjaannya saat orang lain tengah tidur.

Terdapat beberapa keutamaan mengerjakan sholat witir, yaitu:

1. Pengampunan Dosa Masa Lalu

Mendapatkan pengampunan atas dosa yang pernah di lakukan pada masa lalu, dimana fitrah manusia baik maupun buruk terhadap mengendalikan setiap perbuatannya.

Pengendalian manusia terhadap amalan baik maupun buruk, dimana setiap amalan baik memberikan pahala akan menolongnya pada hari pembalasan, dan sebaliknya.

Melaksanakan sholat witir dan berdoa kepada Allah SWT sebagai salah satu cara mendapatkan pengampunan dosa yang di lakukan pada masa lalu. Sholat witir di bulan Ramadhan, Allah SWT mendengar setiap doa permintaan maupun permohonan ampunan atas dosa yang perbuatan selama ini.

Sholat witir yang di lakukan pada pertengahan akhir malam di saksikan para malaikat apabila melakukannya dengan ikhlas dan rendah hati tidak mengulanginya.

2. Doa Terkabul

Setiap manusia pasti memiliki suatu keinginan yang di panjatkan setelah sholat witir agar terkabulnya setiap doa dan permintaan di dengar oleh Allah SWT. Penyampaian hajat seseorang agar di dengar Allah SWT setelah sholat witir lewat doa saat melakukan sujud ketika sholat pada sepertiga malam.

Tidak semua orang dapat  bangun pada sepertiga malam apalagi bila memiliki keimanan lemah dan lelah, lebih berat dan memilih tidur. Oleh karenanya apabila menjalankan sholat tahajud di sertai witir sangat besar keutamaannya setiap muslim yang dapat bangun malam mendirikan sholat witir.

3. Mendekatkan Diri Pada Allah SWT

Apabila seorang muslim mendirikan sholat pada akhir malam, Allah mendengar segala doa dan keluh kesah juga akan di saksikan para malaikat. Mengerjakan sholat witir ini akan dapat meningkatkan keimanan dan kedekatan batin dengan Allah SWT yang dapat mencegah dari perbuatan dosa.

Kedekatan dengan Allah SWT dapat membuat jiwa dan menjadi benteng yang kuat dalam menjalankan kehidupan sesuai tuntunan agama. Ketika hendak melakukan perbuatan dosa, akan takut dengan hukuman dari Allah SWT, karena keimanan seseorang yang terlatih mengerjakan sholat malam.

4. Ditekankan Oleh Rasulullah

Para sahabat di tekankan melakukan sholat witir: Allah SWT telah menambahkan sholat, maka lakukan sholat di antara sholat Isya’ dan sholat Subuh:

5. Pengerjaan  Sholat witir

Nabi Muhammad SAW mewariskan tiga perkara yaitu puasa tiga hari dalam setiap bulan, sholat dhuha dua rakaat, dan sholat witir. Sholat witir yang pelaksanaannya sebelum tidur, tercantum dalam HR Bukhari dan Muslim sebagaimana yang telah di anjurkan oleh nabi Muhammad SAW.

Tata Cara Sholat Witir Sebelum Tidur

Pengerjaan sholat witir 3 rakaat boleh di kerjakan dua rakaat yang di akhiri satu rakaat dengan satu tasyahud dan satu kali salam. Atau juga bisa dengan keseluruhan 3 rakaat dengan satu salam sebagaimana tata cara sholat witir yang membedakan dengan sholat fardhu:

  • Baca Al-Fatihah
  • Baca Surat Pendek.
  • Ruku’
  • I’tidal
  • Sujud
  • Tahiyatul Akhir.
  • Salam

Pengerjaan sholat witir dengan 1 rakaat, sebelum sholat dapat membaca niat yaitu: Usshallii sunnatal witri rok’atan (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta’alaa. Niat sholat witir dengan 3 rakaat dan 1 rakaat yaitu ushallii sunnatal witri tsalaasa roka’aatin (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta’alaa.

Anjuran Membaca Surat Khusus Pada Saat Sholat Witir

Pelaksanaan sholat witir 3 rakaat sama dengan sholat wajib, hanya ada anjuran membaca surat khusus pada saat sholat witir, yaitu:

  • Baca niat, membaca niat sholat witir dapat di lakukan baik dalam hati maupun lesan dan setelahnya melakukan takbiratul ikhram.
  • Takbiratul ikhram, mengangkat kedua tangan sejajar telinga bagi laki-laki dan sejajar dada bagi perempuan sambil membaca Allahu akbar.
  • Baca al-fatihah dan surat pendek, sholat witir di sunnahkan membaca surat Al A’la pada rakaat pertama dan Al Kafirun pada rakaat kedua. Sedangkan pada rakaat ketiga sholat witir membaca 3 surat, yaitu surat Al Ikhlas, surat Al Falaq dan surat An Nas.
  • Ruku’, membungkukkan badan dengan kedua tangan memegang lutut.
  • I’tidal, mengangkat kedua tangan setinggi telinga.
  • Sujud, membaca tasbih dan setelah sujud, duduk antara dua sujud

Tahiyatul akhir.

  • Salam, akhiri sholat witir dengan membaca salam: Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabbarakatuh.

Baca Juga Beritaku: Jenis Sholat Hajat Malam Untuk Melunasi Hutang, 10 Adab Piutang

Tata Cara Sholat Tahajud

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang di kerjakan 2 rakaat, 2 rakaat jumlah tak terbatas, tidak lebih dari 11 atau 13 rakaat.

Karena keutamaan sholat Tahajud sangat luar biasa dan istimewa, maka tata cara sholat Tahajud yang benar perlu di pahami seluruh umat Islam.

Sholat Tahajud sesuai sunnah pada umumnya mirip dengan sholat lainnya, dimana perbedaannya terletak pada niat, waktu pelaksanaan dan jumlah rakaat.

Pelaksanaan sholat Tahajud setelah seseorang tidur walaupun hanya sebentar sebagai syarat utamanya, pengerjaannya 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

Waktu pelaksanaan sholat Tahajud dapat terbagi menjadi 3, yaitu:

  • Setelah sholat Isya’ sampai pukul 22.00 WIB (sepuluh malam pertama).
  • Pukul 22.00 WIB sampai 01.00 WIB (sepertiga malam kedua).
  • Satu jam sebelum masuk waktu Subuh (sepertiga malam ketiga).

Niat sholat Tahajud dengan membaca: ushalli sunnatattahajjudi ra’atainilillaahi ta’alaa, yang artinya: saya berniat sholat sunnah tahajud dua rakaat Allah ta’ala. Tata cara melakukan sholat Tahajud yaitu antara lain:

  • Niat sholat Tahajud.
  • Takbiratul ihram di sertai doa iftitah.
  • Baca surat Al Fatihah.
  • Baca surat dari Al Quran.
  • Ruku’ dengan tuma’ninah.
  • I’tidal dengan tuma’ninah.
  • Sujud dengan tuma’ninah.
  • Duduk antara dua sujud dengan tuma’ninah.
  • Tahiyatul akhir dengan tuma’ninah.
  • Salam.
  • Doa sholat Tahajud.

Keistimewaan Sholat Tahajud

Niat Sholat Witir
Tahajud Dan Keistimewaanya

Sholat Tahajud merupakan sholat yang di kerjakan pada waktu malam hari setelah tidur dengan banyak keistimewaan dan manfaat sebagai seorang muslim.

Sholat sunnah Tahajud ini dalam bahasa Arab yaitu sholatun lail yang artinya sholat malam, yang sangat di anjurkan oleh Allah SWT.

Apabila seseorang muslim mengamalkan sholat Tahajud dalam Al Quran di sebutkan dapat mengangkat derajat ke tempat terpuji di hadapan Allah SWT.

Dalam pelaksanaan sholat Tahajud ini harus dengan cara yang benar dan sesuai sunnah, tata cara sholat sama seperti sholat lainnya.

Baca Juga Beritaku: Tata Cara Sholat Hajat Ada 19 Agar Keinginan Tercapai, Rezky Dan Jodoh Terbuka

Dikerjakan Dua Hingga 12 Rakaat

Pengerjaan sholat Tahajud ini dua rakaat sampai 12 rakaat, dimana setiap dua rakaat yang  di akhiri dengan salam saat malam hari.  

Pada saat melakukan sholat Tahajud di anjurkan dapat di tambah satu sholat witir sebagai penutup setelah tidur, bila tidak sholatnya tidak sah.

Setelah melaksanakan sholat Tahajud dengan membaca doa dan dzikir kepada Allah SWT yang termaktub dalam surat Al Ahzab ayat 41-42.

Berikut doa dan dzikir yang di anjurkan dalam setiap melakukan sholat Tahajud yaitu:

  • Baca doa atau dzikir Istighfar.
  • membaca doa atau dzikir Tasbih.
  • Doa atau dzikir Tahmid.
  • Baca doa atau dzikir Takbir.
  • Baca doa atau dzikir Laa illaaha illallah.

Sholat sunnah paling utama, satunya sholat sunnah yang Allah perintahkan dalam Al Quran, wajib bagi Rasulullah SAW, hukumnya sunnah muakkadah.

Sholat Tahajud memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, yaitu:

  • Akan mendapatkan kedudukan terpuji di hadapan Allah SWT.
  • Di mudahkan urusannya dan di bimbing baik itu urusan rumah tangga, pekerjaan dan lainnya.
  • Di beri solusi dan jalan keluar terbaik.
  • Kemuliaan dan kewibawaan.
  • Doanya terkabul.
  • Menggugurkan dosa.
  • Sholat ini merupakan satu kunci masuk surga.

Berikut tata cara sholat Tahajud yang harus diikuti antara lain:

  • Dikerjakan dua rakaat dengan jumlah tidak terbatas, kebiasaan Rasulullah SAW sholat dua rakaat sebanyak empat kali dan sholat witir 3 rakaat sebagai penutup.
  • Membaca niat, sholat dua rakaat dengan dua kali sujud dan stu kali salam.
  • Berserah diri kepada Allah SWT.
Bagikan Ke