Olahraga Baseball Dan Softball
Baseball VS Softball

23 Istilah Permainan Olahraga Baseball dan Softball Amatir

Posted on

Olahraga Baseball dan Softball adalah dua jenis permainan yang terlihat sama, namun sebenarnya berbeda. Apa sajakah kesamaan dan perbedaan tersebut?

Beritaku.id, Olahraga – Permainan Baseball dan Softball, memang bukan termasuk jenis olahraga yang tidak terlalu populer di Indonesia. Namun walaupun begitu, tetap menjadi olahraga dunia, yang memiliki keindahannya sendiri.

Oleh: Novianti Lavlia (Penulis Olahraga)

Olahraga Baseball Dan Softball

Baseball adalah jenis permainan yang dimainkan menggunakan tongkat pemukul, bola, dan sarung tangan. Baseball merupakan permainan dua tim,  yang masing-masingnya terdiri atas sembilan pemain di lapangan. 

Olahraga Baseball
Permainan Baseball

Softball adalah adalah satu jenis permainan olahraga yang dimainkan secara beregu yang terdiri atas 2 tim. Setiap tim memiliki sembilan orang pemain, dengan satu kapten. Softball juga merupakan pengembangan, dari permainan Baseball atau Hardball.

Olahraga Softball
Permainan Softball

Sejarah Baseball Dan Softball

Baseball merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di Amerika Serikat, sehingga menjadi olahraga nasional disana. Olahraga ini juga telah tersebar di seluruh dunia, seperti Asia dan Amerika Latin.

Bapak dari permainan Baseball adalah Abner Doubleday, yang merupakan seorang perwira Angkatan Darat (AD) Amerika Serikat.Tokoh ini mendapatkan predikat tersebut, karena merupakan penemu dari olahraga ini, pada 1839. 

Pada tahun 1845 klub Baseball pertama berhasil berdiri, dengan nama “New York Knickerbockers”. Baseball juga merupakan salah satu jati diri dari Negara Adidaya tersebut, karena tidak dapat terpisahkan dari masyarakatnya.  

Softball adalah olahraga yang juga lahir di Amerika Serikat, dengan penemunya yang bernama George Hancock, di Chicago pada tahun 1887. 

Pada awalnya, olahraga ini hanya merupakan permainan sosial semata, dan hanya dapat menggunakan lapangan tertutup untuk memainkannya. Dalam waktu singkat, popularitasnya menjadi semakin meroket, hingga menjadi olahraga yang hits saat itu.

Dari Amerika Serikat, olahraga ini menjadi semakin berkembang di Kanada, sebelum akhirnya merambah ke seluruh penjuru dunia.

Jadi pada dasarnya, Olahraga Baseball dan Softball adalah dua jenis permainan yang berbeda, walaupun hampir identik. Selain itu, kedua permainan ini juga berasal dari negara yang sama, yaitu Amerika Serikat.

Peraturan Permainan

Perbedaan Teknik Baseball
Perbedaan Peraturan Dan Teknik Baseball & Softball

Sama halnya dengan jenis olahraga yang lain, Olahraga Baseball dan Softball juga memiliki peraturan permainan dalam setiap pertandingan. 

Adapun peraturan dalam Olahraga Baseball adalah:

  • Permainan Baseball membutuhkan dua tim untuk memainkannya, dan masing-masing tim berisi sembilan pemain. Posisi dari setiap pemain, sudah mendapatkan aturan dan tugasnya sendiri.
  • Lamanya permainan akan berlangsung selama 9 babak. Jika terjadi seri, maka akan ada babak tambahan, untuk dapat menentukan pemenang.
  • Pergantian “batter” atau pemukul, harus sesuai dengan urutannya, terkecuali jika mendapatkan izin dari wasit. Namun, “batter” tersebut tetap harus menjalankan tugasnya sebagai pemukul, sesuai dengan urutan pemain. 
  • Jika seorang “batter” berhasil memukul bola, maka selanjutnya harus berlari dengan kecepatan penuh, untuk sampai ke base pertama. 
  • Ketika berhasil mencapai tiap base, para “base runner” harus menyentuh base, dengan  anggota tubuhnya, seperti tangan dan juga kaki.
  • Setiap pemukul memiliki hak untuk dapat melakukan pukulan sebanyak tiga kali. Jika gagal dalam memukul bola, maka langkah selanjutnya tetap berlari, hingga menuju base pertama. 
  • Saat berada di base, “batter” tetap dapat bebas berlari ke base berikutnya, kapan saja. 
  • Lapangan Baseball memiliki dua bagian, yaitu bagian tengah serta di luar lapangan. Di bagian tengah lapangan, terdapat empat “home plate”
  • Pada tiap base memiliki  garis dasar yang akan menjadi penanda.
  • Dalam setiap “inning” atau babak, tiap tim akan mendapat giliran untuk memukul bola. 
  • Penentuan pemenangnya, dengan melihat jumlah pemain yang berhasil lari. 
  • Setelah “batter” berhasil memukul bola, maka secara otomatis akan menjadi seorang “base runner”.

Sedangkan dasar peraturan pada Olahraga Softball adalah:

  • Dalam permainan softball, akan memerlukan dua tim untuk dapat menjalankannya.
  • Tiap tim terdiri dari 9 pemain inti, yang para personilnya dapat bersifat campuran antara laki-laki dan perempuan.
  • Lamanya satu babak permainan, berlangsung selama 7 “inning” atau babak, dan terbagi menjadi dua bagian, yaitu inning atas dan bawah.
  • Tiap tim akan mendapatkan giliran memukul satu kali pada setiap “inning”, dan sebelum bertukar tempat.
  • Untuk tim bertahan  atau “fielding team”, personilnya terdiri dari seorang pelempar dan  penangkap. Selain itu, terdapat juga pemain di base pertama, kedua, ketiga, tiga orang “deep fielder”, dan juga seorang “shortstop”.
  • Setiap pemukul harus berusaha untuk dapat memukul bola, dan kemudian berlari ke arah base, dengan sebanyak mungkin. Apabila berhasil kembali ke “home base”, maka pemain tersebut akan mendapat angka.
  • “Home run” akan tercipta, saat pemain berhasil memukul bola, ke arah yang tidak terjangkau oleh lawan. ”Home run” dapat membuat seorang pemukul dan semua timnya yang berada di base, kembali ke “home base” dan mendapatkan angka
  • Selain home run, fielding team juga memiliki tugas untuk mencegah tim pemukul mendapatkan angka. 
    Caranya dengan membuat pemukul gagal menyentuh salah satu base dengan lemparan bola, atau melempar bola ke arah pemukul hingga mengenainya. Strategi terakhir tersebut dapat dilakukan, ketika pemukul sedang berlari di antara dua base.
  • Area antara base 1 dan 3 merupakan zona terlarang, saat bola melintasi wilayah ini, dan sebelum berhasil menyentuh tanah. Setelah semua peristiwa tersebut selesai, maka permainan dapat diulang, dengan melakukan lemparan baru.

Perbedaan Teknik Dasar Baseball Dan Softball

Bola Baseball
Perbedaan Baseball vs Softball
  • Olahraga Baseball merupakan permainan khusus untuk laki-laki. Jadi, tidak heran jika mendapat julukan sebagai Olahraga Hardball. Lain halnya dengan dengan Softball, yang semua pemainnya dapat merupakan pria dan wanita, atau campuran.
  • Ukuran Bola Softball Lebih besar beberapa inci dari Baseball, dan memiliki ukuran yang hampir seukuran dengan bola tenis.
  • Cara melempar kedua permainan ini juga berbeda. Permainan Softball, cara melemparnya  dari bawah ke atas. Sedangkan Baseball lemparan bolanya dari atas, dan menuju lurus ke arah “batter”
  • Kedua lapangan permainan ini juga memiliki perbedaan,  walaupun memiliki bentuk yang sama. Ukuran arena Baseball lebih besar dari Softball.
  • Wilayah pelempar bola  atau “pitcher” pada Baseball, memiliki gundukan tanah atau “mount”. Sedangkan Softball hanya berupa tanah yang rata. Namun keduanya memiliki “plate”, atau sejenis base berbentuk persegi panjang, sebagai tempat “pitcher”.
  • Mekanisme permainan pada “plate” tersebut juga memiliki perbedaan. Dalam Baseball, saat akan melempar bola ke arah “pitcher”, dapat menyentuh “plate”, hanya dengan menempatkan satu kakinya. 
    Sedangkan dalam permainan Softball, harus berhasil menempatkan kedua kaki pemain  di “plate” tersebut.
  • Dari segi mekanisme permainan, terdapat aturan dengan istilah “stealing” atau mencuri base. Jika seorang “batter” atau pemukul berhasil mencapai base 1,2 hingga 3, selanjutnya “runner” yang berada di base dapat meninggalkan base. 
    Ketentuan tambahannya, hanya dapat meninggalkan base sejauh 3 langkah, kemudian berlari ke base selanjutnya. Saat hal itu terjadi, kondisi bola harus sudah terlepas dari lemparan pitcher, dan pemukul berikutnya sudah siap menempati posisi. 
  • Jika hal terjadi terjadi pada Baseball, tidak demikian halnya dalam Softball. Runner tidak dapat meninggalkan base sedikitpun pun. Intinya, dalam Softball “stealing” akan mengandalkan kecepatan berlari dari para “runner” nya. 

Peraturan ini berlaku, karena jarak antar base dalam permainan Softball lebih pendek dari Baseball.

Beberapa Istilah Dalam Olahraga Baseball Dan Softball

Sebelum memulai Olahraga Baseball dan Softball, sebaiknya dapat mengenal istilah-istilah, yang ada dalam permainan tersebut. Tujuannya, agar dapat lebih mudah untuk mengerti akan semua mekanisme, strategi dan peraturan yang berlaku.

Beberapa dari istilah yang terdapat pada kedua olahraga tersebut adalah:

  1. Sliding: Berhenti dalam wilayah Base, sambil menjatuhkan badan.
  2. Strike : Pukulan yang benar atau berhasil
  3. Ball : Kesalahan dalam memukul dan melempar
  4. Batter: Pemain yang bertugas sebagai pemukul
  5. Runner: Seorang pelari
  6. Inning: Mekanisme 1 kali memukul dan 1 jaga, melalui urutan.
  7. Umpire: Petugas atau wasit utama
  8. Pitcher: Pelempar bola
  9. Catcher: Penangkap bola
  10. Bunt : Pukulan yang tanpa menggunakan ayunan
  11. Base Umpire: Bertugas sebagai penjaga Base
  12. Play Ball : Instruksi wasit untuk memulai permainan
  13. Home Run: Seorang batter atau runner, yang dapat masuk kembali tanpa ada jeda pukulan lain
  14. Free walk: Ijin untuk lari bebas, jika pitcher melakukan kesalahan sebanyak 4 kali berturut-turut.
  15. Batter box: Tempat untuk pemukul
  16. Strike fault: Pukulan yang salah
  17. Double Play: Strategi untuk  mematikan 2 runner sekaligus.
  18. Triple Play: Taktik  mematikan 3 runner secara bersamaan
  19. Box:  pelanggaran oleh pitcher, yang akan mendapat hukuman oleh umpire.
  20. Fair Ball: Kondisi ketika batter memukul bola hingga keluar infield atau garis lapangan.
  21. Foul Ball dan Out Ball: Pukulan gagal atau yang melambung hingga keluar lapangan.
  22. Strike Out: Pernyataan yang akan keluar, saat butter gagal dalam memukul 3 kali lemparan Strike dari Pitcher 
  23. Change: Pergantian dari tim penjaga ke pemukul. Hal ini akan terjadi, jika tim penjaga sudah mematikan 3 tim butter.

Wadah Organisasi Olahraga Baseball Dan Softball Nasional dan Internasional

WBSC Organisasi Baseball dan Softball Dunia
Induk Organisasi Baseball & Softball Dunia – WBSC

Olahraga Baseball dan Softball, masuk dalam wadah organisasi olahraga internasional, bernama “World Baseball Softball Confederation”, atau WBSC.

Badan yang mengatur kedua olahraga tersebut, berdiri pada tahun 2013. WBSC juga merupakan hasil penggabungan antara Federasi Baseball Internasional (IBAF) dan Federasi Softball Internasional (ISF).

Masing-masing  dari kedua badan tersebut, mengatur permainan Baseball dan Softball di seluruh dunia, namun masuk dalam struktur organisasi WBSC,

WBSC yang berkantor pusat di Swiss ini, memiliki 208 Anggota Federasi Nasional di 141 negara.Adapun teritori negaranya berada di Asia, Afrika, Amerika, Eropa dan Oseania. 

Sebagai badan pengatur yang resmi, WBSC bertanggung jawab dalam mengawasi semua kompetisi internasional. Selain itu, juga memegang hak eksklusif dari semua kompetisi, turnamen dan kejuaraan dunia. 

Sedangkan di Indonesia, induk organisasi kedua permainan tersebut adalah, Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia, atau Perbasasi. Organisasi ini terbentuk pada tahun 1967.

Perbasasi Induk Olahraga Baseball Dan Softball Indonesia
Induk Organisasi Baseball & Softball Indonesia – Perbasasi

Setelah Perbasasi lahir, berbagai kompetisi tingkat nasional pun mulai banyak terselenggara.Beberapa dari kompetisi tersebut seperti  Kejuaraan Nasional I Olahraga Baseball dan Softball di Jakarta, pada tahun 1967.

Penutup

Perkembangan Olahraga Baseball dan Softball yang sedemikian pesat di Indonesia, akhirnya membuka mata bagi para penggemar barunya. Salah satu dari bentuk apresiasi terhadap kedua permainan ini adalah, dengan mengadakan berbagai kejuaraan.

Saat ini, Cabang Olahraga Baseball dan Softball, telah menjadi permainan yang banyak penggemarnya, terutama dikalangan pelajar dan mahasiswa.

Bagikan Ke