Pasca Gempa Halmahera
Kondisi Camp penampungan Pasca Gempa Halmahera

Pasca Gempa Halmahera, Kondisi Topografi Menjadi Perhatian dalam Menyalurkan Bantuan

Posted on

Pasca Gempa yang menerjang Halmahera, perhatian terhadap tipografi menjadi bagian yang diperhatikan saat melakukan suplai bantuan.

BERITAKU.ID, Nasional – Kecemasan dan trauma membilur diantara puing-puing rumah terkoyak oleh keinginan alam. Skenario hidup telah tersusun rapih datang silih berganti bagaikan pasang surutnya air laut, Senin (22/7/2019). Gempa Halmahera.

Kesedihan Pasca Gempa di Halmahera

Suara teriakan histeris terdengar ketika terjadi gempa yang menerjang daerah di Bagian timur Indonesia tersebut.

Penduduk korban harta benda, dan membuat mereka harus menyeka airmata kesedihan. Takdir tak dapat ditolak, sang Maha Kuasa yang memiliki kehendak.

Firman Allah SWT, dalam surat Ibrahim, Ayat 32:

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ وَسَخَّرَ لَكُمُ الْفُلْكَ لِتَجْرِيَ فِي الْبَحْرِ بِأَمْرِهِ وَسَخَّرَ لَكُمُ الأنْهَارَ

Artinya:
Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezeki untukmu, dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai.

Pasca gempa di wilayah Halmahera Selatan yang terjadi pekan lalu. Masih menyimpan rona kesedihan pada benak masyarakat dan bantuan logistik terus berdatangan.

Untuk meringankan beben masyarakat yang terdampak, salah satunya Pimpinan Pusat Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (PP Lidmi). Menyalurkan bantuan berupa beras, air mineral, ikan kaleng, pempers untuk balita serta kebutuhan pokok lainnya.

Zulkifli Tri Darmawan menyampaikan, bantuan ini akan didistribusikan ke daerah-daerah terdampak di sekitar pesisir Halmahera Selatan. Seperti Gane Dalam, Gane Luar dan Gane Timur yang hingga saat ini masih minim bantuan.

Terkait kondisi topografi Halmahera Selatan yang cukup luas serta setiap wilayah dihubungkan dengan bentangan laut Maluku. Menjadi salah satu tantangan terberat para relawan dalam menyalurkan bantuan.

Baca juga: Kiamat Tahun Ini DiHari Jumat, Kajian Hadis Palsu Dan Benturan Asteroid

“Kami sudah tergabung dalam tim satuan tugas (Satgas) terpadu peduli bencana gempa Halmahera Selatan. Kami akan bersinergi dengan aparat pemerintah dan setiap stakeholder untuk membantu para pengungsi,” kata Wawan.

Kami akan memanfaatkan angkutan darat dan laut dalam mendistribusikan logistik ke wilayah pengungsian. Dengan pertimbangan beberapa wilayah akses jalan darat masih terputus.(*)

Bagikan Ke