PSBB di Sulsel
Penulis PSBB Di Sulsel: Menakar Inci Demi Inci Efektifitas Kebijakan Alternatifnya

PSBB Di Sulsel: Menakar Inci Demi Inci Efektifitas Kebijakan Alternatifnya

Diposting pada

PSBB Di Sulsel, Disetujui Menteri Kesehatan Atas Usulan Gubernur Sulsel

Beritaku.Id, Opini – Dalam waktu dekat di Kota Makassar Sulsel akan memberlakukan PSBB (pembatasan sosial berskala Besar ). Dalam rangka percepatan penanganan corona virus disease 2019. Kamis (16/4/2020)

*Oleh : Muhammad Irwan S.farm.,M.si.,Apt
(Wakil ketua Umum Amanah garuda Indonesia)

PSBB Sulsel Atas Usulan Gubernur

Permohonan Gubernur Sulsel di iyakan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia terkait pemberlakuan PSBB ini.

Dalam perspektif kebijakan hukum maka dibuatlah peraturan pemerintah No.21 tahu 2020 tentang PSBB disusul dengan permenkes No.9 tahun 2020.

Apakah instrumen hukum ini sudah sesuai dengan kebutuham negara dalam merespon wabah ini?

Hal yang sangat vital yang harus kita cermati dalam mekanisme penerapan PSBB ini disuatu daerah adalah persyaratan pengajuan yang sangat ribet bahkam terkesan tumpang tindih aturan.

Dalam kajiannya, saya kira makassar sudah memenuhi unsur persyaratan tersebut termasuk ketersediaan kebutuhan hak dasar rakyat, fasilitas kesehatan termasuk ketersediaan APD, anggaran dan operasionalisasi jaring pengaman sosial, dan aspek keamanan.

Dengan persyaratan yang cenderung ribet untuk pengusulan PsBB ini,maka dikhawatirkan akan menghambat proses penanganan pandemik ini.

Berkaca pada penerapan PSBb di Jabodebek, mobilitas warga masih cukup ramai. Di prediksi hal yg sama akan terjadi di makassar jika aturan PSBB ini tidak di ikuti dengan pergub atau perwali. Terkait sanksi bagi yang melanggar PSBB ini.

Jika tak ada sanksi, apa bedanya dengan himbauan pemerintah #dirumahaja.

Saya mencoba memberikan antitesa lain dalam perimbangan kausalitas agar pemerintah betul betul serius menghadapi pendemik ini.

Wujud lain ketidakpekaan negara dalam memberikan perlindungan terhadap rakyatnya. Adalah tumpang tindihnha kebijakan pusat dan pemerintah daerah dalam mengakselerasi suatu keputusan.

Kasus lain dari realisasi kebijakan yaitu bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat. Yang disampaikan langsung oleh presiden dalam konfrensi pers nya mengatakan bahwa akan di galakkan bantuan sosial seperti sembako,gratis/diskon listrik. Keringanan pembayaran kredit terhadap ojek online dan pelaku UMKM serta pelatihan kepada sopir bus,taxi dan lain lain.

Efek PSBB Secara Spesifik

Sementara di lapangan masih saja ada ojek online yang dikejar kejar oleh rentenir.

banyaknya disorientasi kebijakan membuat penerapan PSBB ini di ragukan pelaksanaannya merata di seluruh Indonesia karena kebijakan yang tumpang tindih.

Tetapi,Kita tetap mendukung langkah langkah pemerintah dalam memutus rantai wabah ini. Optimisme bangsa dalam menghadapi pandemik ini harus di topang dengan akselerasi kebijakan publik dan sikap disiplin yang kolektif dari masyarakat.

Maka, kita perlu menuntun, mengontrol, dan memantau bersama proses pelaksanaan dari kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah. Sebab, sebaik-baik regulasi adalah regulasi yang terealisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *