Wanita Hebat Dunia
Mandatory Credit: Photo by Evan Agostini/Invision/AP/Shutterstock (10238210ak) Oprah Winfrey speaks at the Statue of Liberty Museum opening celebration at Battery Park, in New York Statue of Liberty Museum Opening Celebration, New York, USA - 15 May 2019

Perempuan Selalu Mengalah: Alasan Sosial dan Psikologi

Diposting pada

Perempuan selalu mengalah, benarkan perempuan ditakdirkan selalu mengalah, apa alasan sosial dan psikologi akan hal ini? Tak sedikit juga daftar perempuan hebat yang berpengaruh di dunia.

Beritaku.id, Opini – Hadirnya membawa kehidupan baru yang lebih berwarna, perilaku dan tutur kata yang lembut mampu membius alam semesta. Namun, dibalik itu semua ada hal yang membuat perempuan terlihat lemah bahkan selalu mengalah demi kepentingan pihak lain.

Oleh Sofiyani (Penulis Opini)

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa perempuan adalah bagian kaum lemah yang selalu mengalah, bergantung pada orang lain. Pertanyaan tersebut tak selalu dibenarkan, mengapa? karena hal ini tak sedikit dari mereka yang mempunyai peran penting dalam perkembangan dunia.

Perempuan hebat
Perempuan hebat (Foto: cnbc.com)

Era sekarang perempuan bukan lagi dipandang sebelah mata, apalagi menganggap sebagai kaum yang selalu mengalah. Pada kebebasan ini dalam artian perempuan juga memiliki hak untuk memperoleh pendidikan, keikutsertaan berpolitik, memiliki kedudukan penting lainnya.

Hal ini membuat kedudukan perempuan setara maupun lebih tinggi dari kedudukan pria. Memang kodrat wanita berbeda dengan pria.

Namun bukan berarti perempuan tak dapat memperoleh hak pendidikan serta hak lainnya. Berikut daftar nama sosok perempuan yang hebat dan tangguh dalam dunia siapa sajakah mereka, artikel ini sudah merangkumnya untuk Anda.

Wanita Memiliki Takdir Sebagai Kaum Yang Lemah?

Zaman dulu kaum pria dapat mengatakan bahwa mereka bisa memperoleh bayaran lebih tinggi ketimbang wanita. Karena kaum pria memiliki tanggung jawab nafkahi keluarganya. Mereka juga memiliki pembenaran diskriminasi terhadap jenis kelamin yang lebih lemah (wanita) tidak pantas untuk beberapa pekerjaan tertentu.

Contoh mengatur lalu lintas, perancang bangunan dan terbang ke luar angkasa. Hal ini biasanya identik dengan pekerjaan kaum pria, namun prasangka-pransangka itu telah berubah.

Baca juga beritaku: Gadis Atau Janda Diantara 2 Pilihan, Kamu Pilih mana?

Era sekarang banyak wanita tidak hanya menjadi seorang tentara, atlet dan astronot. Bahkan mereka juga bekerja pada bidang yang dikuasai oleh pria yang merupakan mata pencarian utama.   

Pandangan mereka terhadap kaum perempuan sebagai kaum yang selalu mengalah dan lemah, karena memiliki keterbatasan lebih komplek ketimbang mereka.

Sampai detik ini, keberadaan kaum perempuan di negara-negara berkembang tetap menjadi korban pembodohan, eksploritasi, kekerasan dan penyelewengan.

Diskriminasi terhadap perempuan yang menjadikan mereka sebagai pelayan rumah yang kelihatan tidak produktif dalam bidang ekonomi. Seiring perkembangan zaman dan kebijakan pemerintah mengenai hak kaum perempuan mendapatkan kehidupan layak dan hak lainnya semakin lebih baik.

Alasan Sosial Wanita Sering Mengalah

Ada pepatah mengatakan mengalah bukan berarti kalah. Alasan sosial wanita sering mengalah kepada pasangan, anak serta pihak lain, tentu ada pertimbangan yang ia pikirkan lebih jauh. Bukan masalah adu kekuatan otot, debat siapa yang lebih jago yang mereka renungkan bagaimana menjaga keharmonisan antara sesama.

Entah itu terhadap anaknya, pasangan hidup atau tetangga. Jika mereka terpancing emosi dan mengedepankan ego, besar kemungkinan akan terjadi perdebatan sengit antara kedua pihak. Apabila terus begini dapat memecah kerukunan, keharmonisan mereka.

Untuk menghindari kemungkinan tersebut, wanita lebih sering mengalah. Metode mengalah berguna menurunkan rasa ego demi kebaikan keluarga. Tetapi ini harus dalam kesepakatan bahwa sikap mengalah tidak dimanfaatkan untuk mengulang kesalahan yang sama. Hal terpenting dari metode mengalah ini tidak akan membuat wibawa seseorang jatuh.

Alasan Psikologis Perempuan Selalu Mengalah

Umumnya kaum perempuan akan lebih memilih untuk selalu mengalah, jika terjadi perdebatan. Menurut alasan psikologis klinis dari Ciputra Medical Center dan Smart Mind Center Frisca Melissa Iskandar.

Menjelaskan bahwa kaum perempuan memiliki kecenderungan naluriah untuk mengutamakan kepentingan orang lain terutama bagi kepentingan keluarga.

Terdapat dua faktor yang mendorong perilaku tersebut yakni internal dan eksternal. Faktor internal adanya dorongan untuk memiliki self image yang positif.

Sedangkan ekternal dari peran perempuan sebagai ibu atau istri yang menjadi pengayom rumah tangga. Faktor lainnya, perempuan juga cenderung menginginkan citra diri sebagai pribadi yang positif sehingga selalu mengalah untuk keluarga dan orang lain.

Daftar Nama Perempuan Tangguh Dunia

Persepsi selama ini tentang perempuan sebagai kaum yang lemah, selalu mengalah terbantahkan dengan munculnya daftar nama perempuan tangguh dunia.

Faktanya banyak perempuan yang sukses membuktikan dirinya memang hebat melakukan hal yang berpengaruh dalam perkembangan dunia. Berikut adalah perempuan tangguh, inspiratif dunia yang wajib Anda tahu.

Bunda Teresa (1910-1997)

Siapa yang tidak kenal dengan nama Bunda Teresa atau Mother Teresa. Beliau ini begitu populer dan berjasa merawat orang-orang yang memiliki penyakit kusta yang terbuang di negaranya, India. Pengorbanan dan kasih sayangnya membuat bunda teresa layak mendapatkan penghargaan Nobel Peace Prize tahun 1979.

Hal yang paling mengagumkan dari sosoknya yakni pengorbanan beliau sangat tulus bahkan telah mengabdikan selama 30 tahun hidupnya.

Untuk melakukan pekerjaan kemanusiaan, sebelum namanya terkenal hingga sekarang. Filosofi beliau sederhana penuh makna yakni jika kita tidak bisa membagi makanan untuk seratus orang, bagi beliau cukup bagikan makanan untuk seorang saja.

Aung Sang Suu Kyi (1945-…)

Wanita Hebat Dunia
Wanita Hebat Dunia (Foto: cfr.org)

Beliau adalah seorang politisi Burma atau Myanmar yang menempatkan diri sebagai oposisi pemerintah. Aung Sang Suu Kyi adalah seorang pejuang demokrasi terpaksa harus mendekam sebagai tahanan rumah selama 15 tahun lamanya. Beliau sering kampanye aktif terhadap demokrasi yang membuat pemerintah anti terhadapnya.

Alhasil, beliau pun terus saja dipenjarakan oleh pemerintahan Myanmar yang kondisi terkini memang sedang tidak stabil. Pembebasan terhadap Aung Sang Suu Kyi baru terjadi pada tahun 2010 lalu, itu pun karena dorongan internasional yang terus mengkampanyekan kebebasannya. Tahun 1991, beliau memperoleh penghargaan nobel sebagai teladan seorang warga sipil yang luar biasa dan paling berani di Asia.

Michelle Obama (1964-…)

Istri dari mantan Presiden Amerika Serikat, Michelle Obama memang sudah mampu untuk mempengaruhi dunia ini. Hal yang menarik dari dirinya yaitu karakter begitu sederhana.

Michelle obama merupakan satu-satunya lady of the united states, ia terbiasa tidur di apartemennya saja di Chicago. Sosok wanita yang selalu tampil cantik dan stylish ini sibuk mengkampanyekan untuk melawan obesitas pada anak-anak.

Oprah Winfrey (1954-…)

Oprah winfrey adalah sosok wanita inspiratif dunia, ia menjadi seorang dermawan yang sangat hebat. Sebagai sosok wanita yang terlahir dalam keadaan miskin, tentu ia telah merasakan betapa nelangsanya hidup dalam suasana yang kumuh dan serba kekurangan. Ketika oprah sukses menjadi seorang pembawa acara Talk Show yang memiliki bayaran US$ 2,7 Milliar membuatnya begitu dermawan terhadap sesama.

Susan B. Anthony (1820-1906)

Nama begitu populer sebagai salah seorang pejuang emansipasi wanita di Amerika. Susan B. Anthony adalah sosok wanita tangguh dunia. Ia berani menentang segala bentuk perbudakan dan mempromosikan hak-hak para pekerja terutama wanita. Ia juga mulai kampanye untuk memberikan hak suara bagi para wanita yang tinggal di Amerika.

Raden Ajeng Kartini (1879-1904)

Tokoh wanita yang paling berpengaruh berikutnya adalah sosok raden ajeng kartini. Beliau menjadi tonggak bagi emansipasi wanita bagi seluruh rakyat Indonesia. Sosok wanita terlahir pada 21 April 1879, Jepara mempunyai latar belakang keluarga yang cukup terpandang. Raden ajeng kartini terbilang beruntung karena bisa mengenyam pendidikan saat kondisi Indonesia belum stabil sekarang.

Ini yang membuat beliau merasa begitu prihatin dengan kondisi para wanita begitu minim akan pendidikan kalah itu. Belum lagi, beliau sendiri harus menghadapi segala bentuk adat istiadat yang menurutnya begitu mengekang kaum perempuan.

Pemikirannya tertuangkan ke dalam surat-surat yang lantas dikirim pada sahabatnya J.H. Abendanon dan istrinya, Rosa. Inilah yang kemudian menjadi karya fenomenal mengubah pandangan terhadap hak kaum wanita di Indonesia. Buku yang berjudul Door Duisternis tot Licht atau Habis Gelap Terbitlah Terang merupakan simbol dari karya dan pemikiran besar Raden Ajeng Kartini.

Daftar Nama Wanita Hebat Dalam Dunia Islam

Faktanya sejarah peradaban islam tidak pernah lepas dari kiprah dan peran kaum wanita. Mereka juga berkontribusi besar dalam membangun, mengukuhkan tatanan masyarakat islam kalah itu.

Sepak terjang kaum wanita tidak terbatas hanya pada urusan rumah tangga, tetapi juga ilmu pengetahuan hingga militer. Meskipun tidak banyak terabadikan dalam sejarah.

Ibnu Sa’ad misalnya, dalam magnum opus-nya pada bidang biografi “ath-Thabaqat al-Kubra” hanya memasukan 629 daftar nama perempuan. Dari total 4250 tokoh wanita yang ia catat, itu hanya 15 persennya.

Meski demikian, hal itu tidak pernah mengurangi besar jasa para tokoh wanita dalam sejarah Islam. Berikut daftar nama wanita hebat dalam dunia islam, meskipun tidak semua tertulis dalam artikel ini tetapi semoga bisa mewakili gambaran betapa besar jasanya.

Aisyah Istri Rasulullah SAW

Putri dari Abu Bakar as-Shiddiq yang merupakan istri Rasulullah SAW. Ia mendapat julukan sebagai umm al-mu’minim atau ibu orang-orang mukmin. Sosok beliau juga terkenal dengan alhumaira (kecerdasan).

Baca juga beritaku: Menyoal Iklan Penghinaan Malaysia Terhadap TKW

Beliau juga hafal dan meriwayatkan sabda Rasul yang jumlahnya kurang lebih sekira 2.210 hadis. Aisyah wafat pada 57 H di usia 66 tahun, lokasi makam pada kompleks permakaman Baqi’, Madinah. Sejumlah sahabat turut menshalatkan jenazah beliau antara lain Abu Hurairah.

Rabiah al-Adawiyah

Sosok wanita hebat dalam dunia Islam berikutnya nama lengkap Rabi’ah binti Ismail al-Adawiyah al-Bashriyah merupakan tokoh sufi perempuan.

Sosoknya terkenal juga dengan sebutan the mother of the grand master ataupun ibu para sufi besar yang memiliki sikap zuhud. Wanita kelahiran Bashrah, Irak ini menjadi inspirasi dalam dunia tasawuf kalangan Islam atau kalangan Barat.

Nama Ibnu al-Farid dan Dzunnun al-Mishri merujuk pada tasawuf yang lebih ke arah aliran sunni. Beliau menjadi ikon sufi perempuan yang sukses oleh penulis Barat, seperti Masignon dan Nicholoson. Makamnya terletak Bukit Tur, Yerussalem selain makan lain yang berlokasi daerah Bashrah.

Siti Zubaidah

Tokoh wanita yang bernama asli Zubaidah binti Ja’fa al-Akbar bin Abi Ja’far al-Manshur adalah seorang permaisuri dari Khalifah Dinasti Abbasiyah, Harun al-Rasyid. Beliau terkenal sebagai sosok yang dermawan yang terabadikan oleh sejarah hingga kini. Terusan air terkenal dengan Mata Air Zubaidah yang sangat bermanfaat bagi jamaah haji saat itu.

“Jalur Zubaidah” meliputi Kufah yang ada Irak hingga Rafha dan berbatasan dengan Saudi, kemudian Rafha hingga Fida dan berakhir di Makkah.

Sisa peninggalan situs ini masih ada hingga kini. Beliau wafat pada 212 H, Baghdad, makamnya berlokasi Kompleks Pemakaman al-Kazhimiya, Baghdad. Sayangnya, kondisi makam ini tidak terurus dan nyaris rusak.

Daftar Pustaka

  1. Perempuan tangguh Indonesia
  2. Perempuan tangguh dalam Islam