Puasa Para Nabi Pendahulu
Puasa Bukan Hanya Pada Umat Nabi Muhammad SAW, Tapi Para Nabi Terdahulu Juga Melaksanakan Puasa

Puasa Para Nabi Terdahulu Sebelum Nabi Muhammad SAW

Diposting pada

Sebelum Nabi Muhammad SAW, Para Nabi terdahulu juga telah melaksanakan puasa, Sebab Puasa tersebut telah dijalankan sejak zaman Nabi Adam

Beritaku.Id, Kisah Islami – Siapa tidak kenal dengan Ibnu Katsir, seorang sejarawan Islam ternama. Memiliki keyakinan bahwa puasa sudah dilaksanakan semenjak penciptaan manusia yakni Adam dan Hawa.

Puasa Nabi Adam AS

Puasa Nabi adam adalam selama tiga hari setiap awal bulan. Dan dilaksanakan sepanjang tahun.

Dalam hal puasa Nabi Adam AS, ada yang menyebutkan bahwa peristiwa pertemuan Nabi Adam dan Hawa pada 10 Muharram di padang Arafah. Diperingatinya dengan berpuasa.

Ulama lain memberikan pendapat, bahwa Nabi Adam berpuasa selama sehari semalam pada waktu dia diturunkan atau diciptakan ke surga oleh Allah.

Pendapat lainnya menyebutkan, bahwa Nabi Adam AS melaksanakan puasa selama 40 hari 40 malam pada setiap tahun.

Pendapat lain lagi memberikan pendapat bahwa Nabi Adam AS, berpuasa dalam rangka mendoakan anak-anaknya.

Masih ada argumen tentang puasa para nabi-nabi Allah termasuk Adam AS, bahwa dia berpuasa pada setiap hari Jumat untuk mengenang kejadian luar biasa, yakni :

Dijadikannya atau diciptakannya dia oleh Allah, atau dengan kata lain hari diturunkannya ke bumi Allah SWT, dan hari jumat adalah hari diterimanya tobat Adam oleh Allah.

Seperti pada sabda Nabi “Sesungguhnya Allah menjadikan Adam pada hari Jumat, diturunkan di bumi pada hari Jumat, dia bertobat kepada Allah atas dosanya memakan buah khuldi pada hari Jumat dan wafat pun pada hari Jumat.” (HR Bukhari).

Tidak disebutkan mengenai hari atau bentuk puasa Nabi Adam AS, baik Alquran maupun hadits Rasulullah.

Akan tetapi perlu diyakini bahwa Mulai Nabi Adam AS sampai Nabi terakhir Rasulullah Muhammad SAW, kesemuanya adalah beriman kepada Allah SWT.

Puasa Nabi Nuh AS

Nabi Nuh As melaksanakan puasa setiap 3 hari awal bulan. Dan dilaksanakannya selama hidupnya. Dia mengikuti tata cara puasa dari Nabi Adam AS.

Dia juga meminta kepada kaum yang dipimpinnya untuk menyembah hanya kepada Allah SWT. Ketika itu dalam sebuah kisah dahsyat saat banjir.

Mereka berbulan-bulan lamanya diatas perahu, mereka meminta semua kaumnya berpuasa dan bertaubat kepada allah SWT.

Puasa Nabi Ibrahim AS

Sebelum menerima wahyu maka Nabi Ibrahim AS membersihkan diri dengan berpuasa. Hal itu dilakukan sama dengan ajaran Nabi sebelumnya.
Semua anak Ibrahim yakni Nabi Ismail As dan Nabi Ishaq AS juga ikut serta taat dengan ibadah tersebut.

Mengikuti ayahnya yakni Nabi Ibrahim AS

Keturunan Nabi Ishaq As, yakni Nabi Yaqub As juga melaksanakan puasa. Hal itu dilakukan saat anaknya yakni Nabi Yusuf AS. Hilang, dan Nabi Yaqub AS mendoakannya.

Seperti pada Kisah Nabi Ibrahim AS dan Mukjizat Sampai Air Zam-Zam

Puasa Nabi Yusuf AS

Saat dipenjara karena menolak melakukan hubungan dengan Zulaikha yang menggodanya. Namun setelah dari penjara. Dia enjadi pejabat penting di Mesir yakni menjadi seorang menteri. Kebiasaan berpuasa tetap dijalankannya. Nabi Yusuf senantiasa berpuasa, sebab memiliki prinsip “takut saat kenyang malah melupakan perut fakir miskin”

Seperti pada kisah Kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha, Dari Sumur, Penjara dan Tahta Raja

Puasa Nabi Yunus AS

Ketika di telan kedalam perut ikan karena meninggalkan kaumnya yang kafir. Nabi Yunus berpuasa selama dalam perut ikan tersebut.
Untuk berbuka, dia memakan semacam labu.

Puasa Nabi Ayub AS

Saat dirinya menjadi fakir miskin dan serba kekurangan. Serta menderita penyakit dalam waktu yang lama. Nabi Ayub senantiasa berpuasa. Sampai dirinya lulus dari ujian Allah SWT.
Nabi Ayub AS terkenal saleh dan beriman kepada Allah SWT. dia termasuk orang yang sabar, sederhana.

Pusa Nabi Musa AS

Saat hendak menerima wahyu, Nabi Musa AS melaksanakan puasa selama 40 hari 40 malam. Semua itu dilakukan dalam rangka persiapan untuk menerima wahyu dari Allah SWT. Tepatnya di Bukit Sinai.

Kisah lain Laut Merah Nabi Musa AS Dan Kisah Tragis Raja Firaun

Puasa Nabi ilyas AS

Nabi Ilyas AS juga melaksanakan puasa sama dengan para nabi lainnya. Waktu pergi ke Gunung Horeb untuk menerima wahyu dari Allah SWT.

Puasa Nabi Isa AS.

Nabi Isa AS juga berpuasa kepada Allah SWT, hal itu dilakukan ketika dia mulai tampil di depan umum untuk menyatakan dirinya sebagai rasul. Dan menyampaikan bahwa dirinya adalah ciptaan Allah SWT. dan hanya Allah sebagai dzat yang wajib disembah.

Puasa Nabi Daud AS

Nabi Daud AS biasa berpuasa dengan cara selang-seling. Yaitu sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.

Dalam Perjanjian Lama disebutkan bahwa Nabi Daud berpuasa selama tujuh hari pada waktu anaknya mengalami sakit yang keras. Dan untuk memohon kesembuhan dari Allah SWT demi putranya tersebut. Dia berpuasa sambil menutup diri di dalam kamarnya. Dan terus-menerus menangis karena sedih dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Demikianlah puasa Para Nabi Sebelum Nabi Muhammad, Sumber lain Republika. Dilakukan oleh kaum merdeka ataupun terjajah.

Bagikan Ke
  • 2
    Shares