Pulau indah tak berpenghuni
Pulau indah terpencil di Indonesia (Foto: mnctrijaya.com)

Pulau Indah Tak Berpenghuni di Indonesia: 17 Daftar

Diposting pada

Pulau indah tak berpenghuni, ada ribuan pulau indah di Indonesia, Saat ini banyak yang telah memiliki nama, namun, adapula yang belum memiliki nama. Apa saja nama pulau indah yang ada di indonesia? mari kita simak.

Beritaku.id, Lifestyle – Kata Orang, Indonesia adalah tanah surga. Bahkan, setiap pulau dan ngarainya, menyajikan jutaan tempat indah yang sungguh tak ada bandingannya. Namun, masih banyak dari pulau indah yang sampai saat ini tak berpenghuni.

Oleh: Ulfiana (Penulis Lifestyle)

Indonesia adalah negri kepulauan terbesar yang ada di dunia. Pendeknya, Indonesia memiliki pulau yang jumlahnya lebih banyak dari negri-negri lain. Indahnya pulau di Indonesia tentu menarik banyak perhatian, namun tak semua pulau ini telah berpenghuni.

Pulau adalah daratan yang kemudian air mengelilingi bagian luarnya. Jika ada tanah yang berada pada tengah perairan besar, maka itulah pulau.

Indonesia terdiri lebih dari 16.000 pulau yang memiliki keindahan, namun punya ciri khas masing-masing. Dari sabang hingga merauke, Indonesia kaya akan keindahan alamnya.

Dominasi negri kepulauan seperti Indonesia adalah pantai yang bersih. Ditambah juga, hutan hijau yang membentang luas. Tanahnya sudah pasti banyak yang subur.

Bahkan, air yang bersih akan banyak kita temui di Indonesia. Semua itu menjadi kekayaan yang menarik wisatawan baik yang lokal maupun asing untuk datang.

Di Indonesia banyak pulau yang telah berpenghuni. Namun, pulau yang tidak berpenghuni ada ribuan jumlahnya, meski sangat indah. Bahkan adapula kategori private island ataupun pulau pribadi. Negeri maritim ini terdiri dari beberapa pulau besar dan pulau kecil.

Pulau-pulau kecil yang tak berpenghuni biasanya memiliki ekosistem alam yang masih terjaga. Namun letaknya yang kadang begitu terpencil membuat banyak pulau menjadi terisolasi dari dunia luar.

Akses yang sulit dan membutuhkan kendaraan khusus juga mempengaruhi pulau-pulau tersebut tak ada penghuninya secara permanen.

Berikut ini adalah jumlah pulau besar dan pulau kecil yang ada di Indonesia.

Jumlah Pulau Besar dan Kecil Indonesia

Pada tahun 2018, BPS mendata bahwa Indonesia memiliki pulau berjumlah 16 ribu lebih. Data ini terdiri dari pulau besar maupun pulau kecil.

Papua barat memiliki jumlah pulau terbanyak di Indonesia yaitu 4.108 pulau.

Sebelumnya pada tahun 2016, Indonesia memiliki 17.504 pulau. Namun 2 tahun kemudian jumlah itu menurun. Bisa karena pulau tersebut semakin tenggelam oleh air laut yang volumenya semakin tinggi.

Kepulauan Indonesia terdiri dari pulau besar dan pulau kecil.

Pulau Besar Indonesia

Seperti yang kita tau dalam peta, Indonesia memiliki 5 pulau besar. Pulau itu adalah Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Pulau Papua, juga, Pulau Kalimantan.

Bahkan, kelima pulau ini akan sangat tampak jelas terlihat dari satelit. Luas Pulau Sumatera sendiri adalah 443.065 km2. Pada Pulau Sumatera, terdapat 10 provinsi.

Pulau Jawa memilki luas 126.700 km2 dengan 5 provinsi pada pulau ini.

Kalimantan memiliki luas sebesar 743.330 km2, namun, jumlah ini termasuk pembagian wilayah dengan Malaysia dan Brunai Darussalam.

Pulau Sulawesi luasnya adalah 174.600 km2. Jumlah provinsinya adalah 6.

Baca juga beritaku: Mengenal Pulau Sulawesi, Dengan Suku Bugis Makassar Yang Dominan

Sedangkan Papua luas wilayahnya adalah 786.000 km2. Luas ini juga termasuk wilayah Papua Nugini.

Indonesia memiliki garis pantai terpanjang dari 10 negara Asia Tenggara lainnya. Garis pantai Indonesia adalah 54.720 km. Jumlah yang cukup wajar mengingat Indonesia adalah negara kepulauan.

Pulau Kecil Indonesia

Jumlah pulau kecil di Indonesia begitu banyak. Bahkan, hingga hari ini jumlah keseluruhan pulau di Indonesia sebanyak 16 ribu lebih, dan jumlah pulau besar adalah 5. Maka, jumlah pulau kecil di Indonesia adalah hasil pengurangan dari 16.056  – 5 yang hasilnya tentu  begitu banyak. Yaitu sekitar 16.051 pulau kecil.

Jumlah inipun adalah jumlah pulau yang telah terverivikasi dan memiliki nama yang telah terdaftar. Masih banyak pulau kecil yang belum terverivikasi dan belum bernama. Sehingga, perhitungan ini menjadi sedikit bias.

Daftar Pulau Indah Tidak Berpenghuni Indonesia dan Lokasinya

Pulau indah tak berpenghuni
Pulau terpencil di Indonesia (Foto: travel.detik.com)

Pulau-pulau kecil dan terpencil di Indonesia belum mengalami kerusakan oleh tangan manusia. Ekosistem dalam pulau tersebut juga masih terjaga hingga saat ini.

Namun, saat ini mulai berkembang paket destinasi untuk menikmati pulau tak berpeghuni ini. Mulai ada resort mewah pada pulau yang sebelumnya tak berpenghuni.

Ya harapannya meski mulai ada pembangunan resort, pembangunan tersebut tidak akan merusak ekosistem pulau yang telah lama terjaga.

Pengunjung juga mulai banyak yang tau tentang wisata ini. Bahkan dominasi pengunjung pulau pribadi adalah dari kalangan wiatawan asing.

Daftar Pulau Tak Berpenghuni yang Indah

Berikut ini daftar pulau kecil yang ada di Indonesia serta lokasinya.

  1. Bawah Island

Pulau Bawah masuk dalam daftar pulau kecil di Kepulauan Anambas, Riau. Pulau ini mulai cukup populer karena keindahan alam yang luar biasa ada pada pulau ini. Mulai banyak potret kepulauan ini di internet.

Jika dari Bandara Internasional Batam, untuk mencapai pulau ini membutuhkan perjalanan sekitar 80 menit. Akses dari pulau ini juga sebenarnya cukup minim yaitu menggunakan seaplane. Namun, inilah yang membuat pulau ini begitu menarik dan menantang.

Ekosistem alami pada pulau ini masih terus terjaga hingga hari ini. Suasana menyatu dengan alam, tenang serta jauh dari bisingnya kota adalah menu utama dari wisata kesini.

2. Pulau Nikoi

Pulau Nikoi juga terletak pada sekitaran Kepulauan Riau. Bahkan dunia internasional memberikan gelar the best private island 2016 versi majalah conde nast traveller. Panorama alamnya sangat menakjubkan dan asri.

3. Pulau Bersaudara, Pulau Pangkil Kecil Dan Pulau Joyo

Pulau bersaudara terletak di Kepulauan Riau. Untuk mencapai pulau ini, wisatawan berangkat dari Bandar Bintan Telani dengan mengendarai jetty eksklusif.

4. Pulau Pangkil Besar

Pulau Pangkil Besar memiliki pesona alam yang tak kalah menarik dibandingkan dengan pulau kecil lainnya.

5. Pulau Murbai

Pulau ini di Kepulauan Riau. Pantai yang begitu menawan menjadi suguhan khas dari Pulau Murbai.

Pulau Kecil di Kepulauan Riau

6. Pulau binyoso

Terletak di Kepulauan Riau. Pulau Binyoso merupakan satu dari sekian banyaknya pulau kecil yang ada di Kepulauan Riau.

7. Lian Island

Pulau Lian ada di Kepulauan Riau. Pulau Lian memiliki ekosistem hutan yang saat ini masih terjaga.

8. Pulau Mapur

Pulau Mapur adalah pulau yang tepat untuk seseorang yang tidak ingin mendengar keriuhan kota besar.

9. Pulau Baer dan Adranan

Terletak di Indonesia Bagian Timur, yaitu Pulau Maluku Tenggara. Pulau ini masih begitu asri serta ekosistemnya sangat terjaga.

10. Pulau kei

Kei nama pulau ini, yang juga, terletak di Maluku Tenggara. Dalam pulau ini terdapat gua hawangnya. Selain terkenal memiliki perairan yang begitu biru, gua ini juga terkenal akan mitosnya.

11.  Pulau Siroktabe

Pulau Siroktabe terletak di Kepulauan Nias. Pesona alamnya begitu menarik dan indah.

Pulau Kecil yang Terisolasi dan Tak Berpenghuni

12. Amparo Island

Letaknya di lepas pantai barat Sumatera. Pulau ini sangat terisolasi dari dunia luar. Tidak ada penginapan atau bangunan pada pulau ini.

13. Pulau Gambolo

Terletak di Nusa Tenggara Barat. Pemandangan pantainya begitu menarik sehingga, banyak wisatawan yang mulai melirik.

14. Tando Island

Tando adalah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat. Pulau ini cukup terpencil serta terisolasi dari kampung yang ada disana. Meskipun begitu, banyak wisatawan yang menyukai pulai terisolasi ini.

15. Pulau Rusa

Pulau Rusa terletak di Kabupaten Aceh Besar. Terdapat batuan kapur hasil kikisan peristiwa abrasi pinggiran pantai disini. Walaupun namanya pulau rusa, daya tariknya justru bukan dari rusa, melainkan dari batuan pantai yang unik.

16. Pulau Manimbora

Pulau ini terletak di Kalimantan Timur. Dekat dengan Derawan. Bentuknya seperti pulau di bikini bottom, spongebob.

17. Pulau Kera

Pulau ini terletak di teluk kupang. Meski namanya kera, namun tidak ada kera sama sekali di pulau ini.

Daftar Nama Pulau Terluar Indonesia

Pulau terluar di Indonesia (Foto: tripjalanjalan.com)

Jika Indonesia adalah negeri kepulauan, maka tentu saja Indonesia memiliki pulau terluarnya. Pulau tersebut akan memiliki letak pada ujung negri serta berdekatan dengan negara lain.

Pulau Sabang adalah pulau paling barat di Indonesia. Letaknya, di Provinsi Nangroe Aceh  Darussalam. Pulau Miangas adalah pulau paling utara dari Indonesia.  Tentu, pulau ini juga termasuk dalam Provinsi Sulawesi Utara.

Selain itu, terdapat beberapa pulau lain yang terletak pada bagian luar Indonesia. Berikut ini adalah sebagian kecil dari daftar pulau terluar yang ada di Indonesia.

1. Pulau Alor.

Pulau Alor terletak di Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur. Negera terdekat dari pulau Alor adalah Timor Leste.

2. Pulau Ararkula.

Pulau Ararkula terletak di Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku. Negara yang dekat dengan Pulau Ararkula adalah Negara Australia.

3. Pulau Astubun

Pulau Astubun terletak di Kabupaten Maluku Tenggara Barat Provinsi Maluku. Negara yang terdekat dari Pulau Astubun adalah Timur Leste.

4. Pulau Bangkit.

Pulau Bangkit letaknya di Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara. Negara terdekat dari Pulau Bangkit adalah Filipina.

5. Pulau Barung

Pulau Barung terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Negara terdekat dari Pulau Barung adalah Australia.

Pulau Terluar Yang Dekat Dengan Singapura

6. Pulau Batu Berhanti

Pulau Batu Berhanti terletak pada Kota Batam, Kepulauan Riau. Negara terdekat dari pulau ini adalah Singapura.

7. Batu Mandi Island

Pulau Batu Mandi memiliki letak di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Pulau ini berdekatan dengan Negara Malaysia.

8. Pulau Benggala

Pulau Benggala terletak di Kota Sabang, Aceh. Nama yang unik ini bahkan telah terdengar di dunia internasional loh. Sebagai pulau terluar, pulau ini berdekatan dengan negara India.

9. Bepondi Island

Posisi Pulau Bepondi ada di Kabupaten Biak Numfor, Papua. Pulau ini adalah pulau terluar dari Indonesia yang kemudian berdekatan dengan Republik Palau.

10. Berhala Island

Pulau Berhala letaknya adalah di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Meskipun namanya berhala, tapi bukan tempat penyembahan berhala ya teman. Pulau ini sangat dekat dengan negara Malaysia.

11. Damar Small Island

Pulau Damar terletak di Kabupaten Natuna Provisni Kepulauan Riau. Pulau ini merupakan pulau terluar yang berdekatan dengan negara Malaysia.

12. Enggano Island

Pulau Enggano terletak di Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu. Pulau ini adalah pulau terluar yang ada di Indonesia yang dekat dengan Laut Lepas.

Dekat Malaysia

13. Gosong Makasar Island

Pulau Gosong Makasar adalah pulau yang berada di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur. Panoramanya begitu indah meski tak ada penghuninya. Pulau ini dekat dengan negara Malaysia.

14. Pulau Iyu Kecil.

Pulau Iyu Kecil memiliki lokasi di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Negara terdekat dari pulau ini adalah Malaysia.

15. Kawalusu Island

Tempat dengan keindahan yang luar biasa ini ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Faktanya, Pulau ini terletak berdekatan dengan negara Filipina.

Baca Juga beritaku: Pulau Kecil Di Indonesia Tidak Berpenghuni, Daftar 10 Terpencil

Itulah daftar pulau yang ada di Indonesia. Baik yang berpenghuni maupun tidak, pulau-pulau ini memiliki keindahan alam yang tidak bisa kita tolak. Banyak pulau yang tak berpenghuni menjadi destinasi wisatawan saat ini karena keindahan alamnya.

Indonesia memang negeri kepulauan yang besar. Bahkan untuk provinsi Nusa tenggara Timur saja masih ada 760 pulau yang belum bernama. Apalagi provinsi lain. Cukup menarik bukan?

Sumber:

  1. Pulau tak berpenghuni di Indonesia