Pulau Kecil Di Indonesia Tidak Berpenghuni, Daftar 10 Terpencil
Salah Satu Pulau Kecil Di Indonesia Tidak Berpenghuni, Pulau Berhala Serdang Bedagai (Sumber: Pemburuombak.com)
Pulau Kecil Di Indonesia Tidak Berpenghuni, Daftar 10 Terpencil

Pulau Kecil dan terpencil yang ada Di Indonesia Tidak Berpenghuni. Namun keindahan alamnya sangat menarik. Minat memiliki atau Sekedar Berkunjung?

Beritaku.Id, Budaya Maritim – Indonesia sebagai suatu negara kepulauan terbesar yang ada di dunia. Dengan 17.504 pulau di Negara Kesatuan republik Indonesia, hanya 30% – 35% yang berpenghuni.

Ada pulau kecil indonesia yang berbatasan secara langsung dengan malaysia, Brunai, Singapura dan sebagainya.

Betapa luasya perairan Indonesia sehingga mendapatkan peringkat pertama sebagai Negara Kepulauan. Benua Maritim dengan kajian Budaya Maritim yang ada didalamnya, 60% laut dan 40% Daratan.

Sehingga tidak heran, negara ini menghasilkan pelaut ulung. Yang tangguh.

Daftar Pulau Kecil Di Indonesia Tidak Berpenghuni

Memulai menyisir dari arah Barat

Pulau Rondo

Di Ujung Negara Indonesia yang berbagi laut dengan Pulau Nikobar, India. Pulau ini masuk dikawasan Kota Sabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Pulau Asu

Waduh, namnya kok begitu yah, hh. Tapi apalah arti sebuah nama. Asyek.

Berada di Kecamatan Sirombu, tepatnya Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara. Gugusan dari Kepulauan Hinako Dan menjadi tameng pulau terluar Indonesia.

Pulau Pasumpahan

Dibawah teritorial Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Pulau Pasumpahan memiliki warna pasir yang putih. Dengan warna laut yang sangat jernih. Sehingga kita bisa menyaksikan isi laut dari atas.

Batu karang dan ikan-ikannya sangat menarik, sehingga yang suka dengan olahraga menyelam. Ini bisa menjadi alternatif target untuk didatangi.

Ini Pulau kecil di Indonesia yang tidak berpenghuni

Pulau Berhala Serdang Bedagai

Untuk kesini tidak sembarang, harus ada izin dari Kesatuan Marinir, kalau tidak maka dianggap ilegal. Izin bisa didapatkan di pelabuhan Kecamatan Tanjung Beringin.

Kabupaten Serdang Bedagai, Prov. SumUt. Pulau ini merupakan pulau yang paling luar Indonesia di kawasan Selat Malaka.

Pulau Nipa

Sempat hampir lenyap ditelan ombak, pada tahun 2000. Pulau yang berbatasan dengan Singapura ini menjadi lokasi penambangan pasir oleh Singapura.

Menjadi ujung tombak pulau Indonesia dengan negara lain, terpencil dan tidak berpenghuni. Namun sangat indah dengan suasana alamnya yang sangat alami.

Dibawah teritorial Kota Batam, Kepri. TNI Angkatan laut yang melakukan penjagaan didaerah ini, untuk lahan seluas 62 Ha.

Pulau Cemara

Terletak di Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah. Sangat sejuk, karena pulau ini ditumbuhi dengan pohon cemara yang besar, sehingga biasa juga disebut sebagai Pulau Cemara Besar

Kondisi daratannya yang sangat menarik, dan sejuk serta segar, sehingga pulau tak berpenghuni ini menjadi salah satu objek kegiatan snorkling yang menarik.

Pulau Boyan

Kabupaten Gresik Jawa Timur. Biasa juga disebut Pulau Selayar, Bawean. Atau pulau Majeti yang bermakna Pulau Putri (perawan). Karena pulau ini tidak terjamah.

Dan masih sangat asli, sehingga pulau ini menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur. Pulau ini hingga sekarang masih belum berpenghuni.

Pulau Intata

Bergeser Ke Provinsi Sulawesi Utara, ditemukan Pulau Intata sangat menarik. Dengan laut biru hijau tosca. Pasir lembut yang berwana putih bak tepung. Karena belum berpenghuni maka alami dan sejuk menjadi sangat terasa di pulau ini.

Pulau ini menjadi area luar dan menuju ke perairan Filipina.

Pulau Mandiki

Pulau Kecil Di Negara Indonesia Tidak Berpenghuni lainnya. Ada di NTT. Bernama pulau Mandiki. Disini bukan pepohonan yang tumbuh, tapi banyak batu menjulang yang tertata dengan rapi.

Dengan keindahan pasirnya, dan bebatuan di belakang pantai ketika menghadap kelaut. Menjadikan pulau ini menjadi target para pelancong.

Pulau Pombo

Pombo itu spesies burung yang ada di Ambon, dengan jarak 5 Km dari Pulau Ambon. Ini menjadi tempat spesies burung Pambo. Sehingga pulau yang tidak dihuni manusia ini dikenal dengan nama tersebut.

Beritaku Budaya Maritim: Optimalisasi Pemanfaatan Pulau Kecil Di Batas Teritorial RI

Pulau pulau kecil di indonesia memiliki panorama yang indah, menarik dan menawan. Sehingga tidak heran banyak yang datang kenegara ini sekedar menikmati keindahan alamnya.

Harga Pulau Kecil Di Indonesia

Bagi “sultan” yang membaca artikel ini. Bisa melakukan penawaran jika berminat memiliki pulau di Indonesia.

Terdapat beberapa pulau yang hendak dijual, yakni: Pulau Tojo Una Una di Sultra. Tanah sepetak di Pulau Sumba, Pulau Macan dan pulau Joyo di Provinsi Kepulauan Riau.

Berapa harga Pulau Kecil Di Negara Indonesia tersebut, meski tidak disebutkan berapa harga pastinya. Namun bisa melakukan perbandingan harga yang ada di luar negeri.

Harga Pulau Loud yang ada dekat Danau Huron di Michigan, Negara Amerika Serikat, di jual dengan harga US$3,2 juta (atau sekitar Rp44 miliar).

Harga di atas dengan kepemilikan Pulau di Indonesia, jelas harga Indonesia lebih murah. Yang mahal adalah transportasi bahan material untuk pembangunan.

Bagaimana, apa Sultan berpikir memiliki pulau pribadi? Jangan lupa inbox, ajakannya menikmati! Hh.

Sumber lain: Liputan 6