Pulau Kenawa

Pulau Kenawa dan Moyo: Letak Geografis, Luas dan Destinasi Wisatanya

Diposting pada

Menyusuri pulau dengan letak geografis yang strategis dan luas terhampar bersama pujaan hati merupakan peristiwa terindah yang akan terkenang dalam hidup selamanya. Pulau Kenawa dan Moyo menjadi pilihan yang tepat untuk membuat sejuta kenangan karena menyediakan 9 destinasi menawan.

Beritaku.id, Berita Budaya – Suatu tempat merupakan saksi bisu terjadinya sebuah peristiwa penting dalam hidup manusia. Ia tidak bergerak dan bersua, tetapi hanya diam menyaksikan, merekam dan mengamati keadaan. Tempat inilah yang mewadahi setiap kenangan yang tercipta. Suasana pada setiap kenangan di tentukan dengan keadaan tempat tersebut. Kenangan yang indah tentunya harus di dukung dengan tempat yang tidak kalah jauh indahnya.

Oleh: Riska Putri(Penulis Berita Budaya)

Sepasang mempelai sedang bersuka cita karena baru saja mengucap janji suci pada proses pernikahannya. Tidak terbilang bahagianya ketika kedua insan yang saling cinta, kini dapat menghabiskan waktu bersama selama hidupnya. Kebahagiaan terpancar dari mata kedua insan itu, mereka menyadari bahwa tulang rusuknya sudah sempurna seutuhnya.

Setelah lelah berdiri di atas pelaminan, berjabat tangan dan juga mengucap rasa syukur kepada hadirin yang datang. Kini sudah saatnya untuk menikmati waktu berdua sebagai sepasang suami istri yang sah. Bercengkrama, menikmati matahari terbenam, berlibur, serta juga menghindari kebisingan adalah cara yang tepat untuk mereka berbulan madu.

Layaknya kedua insan yang sedang penuh asmara, maka dunia serasa sangat indah. Tentunya untuk mengabadikan momen itu, pemandangan dan suasana harus mendukung. Berbulan madu di tempat yang indah dan mempesona adalah pilihan terbaik. Di Indonesia banyak sekali tempat yang indah untuk dijadikan tempat berbulan madu atau mengukir kisah indah bersama orang terkasih. Salah satunya adalah Pulau Kenawa dan Pulau Moyo.

Pulau Kenawa dan Letak Geografisnya

Pulau Kenawa adalah sebuah pulau kecil tidak berpenghuni yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Lebih tepatnya, berada di utara Pelabuhan Poto Tano atau sebelah barat daya Pulau Saringi dan Pulau Panjang.

Pulau Kenawa menyediakan keindahan dan pesona alam yang dapat terlihat sejauh mata memandang. Selain itu suasana yang jauh dari hingar bingar kegaduhan kota, menjadi salah satu keunggulan pada pulau ini. Ketenangan itu akan membuat diri semakin terlena akan keelokan alam yang indah.

Pulau Kenawa.
Pulau Kenawa. Sumber pinterest

Tidak hanya pemandangannya, Pulau Kenawa juga memiliki kekayaan laut yang melimpah. Dengan pantai pasir putihnya yang lembut dan beragam kerang yang bertebaran di tepi pantai, juga binatang-binatang laut yang muncul pada permukaan seperti kepiting kecil dan bintang laut yang unik.

Pulau ini terpantau sepi berbanding dengan pulau lainnya, hal ini terjadi karena di Sumbawa informasi dan sarana prasarana masih belum tersebar banyak. Pulau Kenawa masih belum mempunyai sumber listrik, air bersih, toilet, dan tempat penginapan yang memadai. Menyebabkan kesulitan bagi turis atau pengunjung yang ingin menikmati Pulau ini. Bahkan, Pulau ini memiliki julukan sebagai The Hidden Paradise, karena pesona alamnya yang masih jarang terekspos oleh banyak orang.

Baca Juga Beritaku: Pohon Andalas & 3 Benda Adat Asal Pulau Sumatera

Pulau Moyo dan Letak Geografisnya

Pulau Moyo terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, yang hanya berjarak sekitar 2,5 km. Lebih tepatnya, berada di wilayah Kecamatan Labuan Bada, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pulau Moyo menjadi habitat untuk berbagai satwa liar. Di Pulau ini, terdapat babi hutan, biawak, 21 jenis kelelawar, rusa liar dan juga kelompok kera pemakan kepiting. Ada juga sapi liar dan berbagai macam spesies burung, serta kura-kura. Tidak hanya itu, sejumlah burung langka yang dilindungi seperti kakatua jambul kuning, burung gosong, koakiau tandung, beo sumbawa, punglor dan ayam hutan. Total ada 86 jenis burung yang bermukim di alam bebas Pulau Moyo. 

Pada pertengahan Agustus 1993, Putri Diana, anak sulung dari Ratu Elizabteh II dan pewaris takhta kerajaan Britania Raya, mengunjungi Pulau Moyo. Hal ini menyebabkan popularitas Pulau ini langsung melejit cepat menjadi destinasi wisata kelas dunia. Setelah kedatangan Putri Diana itu, semakin banyak selebriti luar negeri yang mendatangi Pulau Moyo. antaranya adalah Mick Jagger, hingga mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar.

Pulau Moyo
Pulau Moyo. Sumber pinterest

Pulau Moyo menyediakan sponge dan crustacea di taman laut yang membentuk formasi karang lunak dan keras yang indah. Di Pulau ini juga pernah di temukan seekor hiu dengan panjang sekitar 2 meter dan sekumpulan ikan terbang, seperti anemon, pelangik dan manta. Selain itu pada kekayaan laut Pulau Moyo, terdapat 64 spesies karang dan 193 spesies ikan karang. Kerangaman karang keras yang tertinggi yaitu, acropora, montipora, dan porites. 

Selanjutnya menteri Kehutanan telah mengeluarkan surat keputusan Nomor: 308/Kpts-II/1986 pada tanggal 29 September 1986. Dimana surat ini berisikan pernyataan bahwa sebagian Pulau Moyo ini sebagai Taman Buru dan Taman Wisata Alam Laut. Luas untuk Taman Baru mencapai 22.460 Ha di sekitar Taman Buru tersebut. Surat ini di cetuskan dengan tujuan untuk mendukung pemanfaatan Pulau Moyo sebagai objek wisata alam.

Luas Pulau Kenawa

Luas Pulau Kenawa adalah 13,8 hektar, dengan garis pantai yang membentang sepanjang 1,73 km. Kebanyakan daratan Pulau Kenawa berselimut oleh padang rumput yang hampir lebih dari sebagian luas pulau, vegetasi mangrove menutupi sekitar ¼ garis pantai.

Di Pulau ini terhampar dataran rendah yang mengelilingi sebuah bukit kecil. Di sekeliling pulau ini, terdapat saung-saung kecil sederhana untuk tempat istirahat, duduk dan juga menggelar tikar, sambil memandangi keadaan sekitar.

Luas Pulau Moyo

Luas Pulau Moyo adalah 350 km2, dengan ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km. Hampir keseluruhan Pulau Moyo di kelilingi karang yang masih utuh. Pulau ini di apit oleh hamparan laut lepas.

Baca Juga Beritaku: Pulau Di Indonesia Yang Mirip Maldives, Ada Pula Bollangi Empat

Destinasi Menarik di Pulau Kenawa

Pulau Kenawa menyediakan destinasi yang indah untuk pada wisatawan yang datang. Di sebelah pelabuhannya, terdapat para nelayan yang siap membawa wisatawan mengitari Pulau Kenawa ini. Lalu pengunjung juga dapat menyusuri pemandangan bukit kecil yang terletak di belakang Pulau, dermaga kayu yang menujukkan keindahan laut dengan ikan warna-warninya, serta saung-saung untuk beristirahat.

Di tengah Pulau inipun terdapat juga bukit yang indah. Bukit ini menjadi tempat yang cukup di gemari oleh wisatawan, karena view yang terlihat sangat instagramable. Matahari yang terbit dan tenggelam akan nampak jelas ketika berada di atas bukit. Tidak sedikit wisatawan yang mendirikan tenda untuk mereka camping di atas sana.

Untuk menikmati keindahan bawah laut, Pulau ini juga menyediakan wisata snorkeling dan diving. Wisatawan dapat langsung melihat dan memegang kekayaan laut yang terdapat di Pulau ini. Air laut yang sangat jernih akan mengunggah daya tarik wisatawan untuk terjun ke laut dan melihat terumbu karang juga ikan-ikan yang indah.

Destinasi Menawan di Pulau Moyo

Pulau Moyo menyediakan destinasi yang tidak kalah jauh indah dari Pulau Kenawa. Pulau ini menyediakan destinasi yang terlihat menggiurkan untuk berkunjung kesana. antara lain yaitu,

1. Amanwana Resort

Amanwana ini adalah destinasi glamping yang dilakukan di tengah hutan. Sekitar 12 tenda glamping tersedia di Pulau Moyo yang di kelilingi oleh hutan yang asri dan pemandangan laut Flores yang indah. Wisatawan dapat menikmati panorama bahari laur Pulau Moyo dengan snorkeling dan diving. Di pulau ini juga wisatawan dapat memancing ikan yang tentunya sudah dibolehkan oleh pemerintah setempat.

2. Air Terjun Mata Jitu

Air terjun mata jitu
Air terjun mata jitu. Sumber pinterest

Air terjun ini juga dijuluki sebagai Queen Waterfall. Asal pemberian nama itu karena Putri Diana pernah singgah di Pulau ini. Banyak stalaktit dan stalagmit menghiasi permukaan air terjun. Ada empat undak dan tujuh kolam yang menyusun air terjun ini, sesuai dengan namanya Mata Jitu yang bermakna mata air yang jatuh ke kolam di bawahnya. Air pada air terjun ini berwarna hijau terang. Selain digunakan untuk berfoto oleh wisatawan, air terjun ini dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat sembari menikmati indahnya keadaan sekitar.

3. Pantai Raja Sua

Pantai dengan area yang didominasi oleh hutan ini, memiliki air yang jernih. Sehingga wisatawan dapat melihat dengan jelas keindahan bawa laut dengan langsung. Di Pantai ini terdapat padang rumput dan pepohonan yang rindang. Membuat wisatawan enggan untuk berpindah atau meninggalkan pantai ini.

4. Pantai Tanjung Pasir

Pantai ini memiliki hamparan pasir terluas dari pantai lainnya yang berada di Pulau Moyo. Di Pantai ini, wisatawan dapat beristirahat sembari bermain pasir putih yang lembut ini.

5. Pantai Poto Jarum

Pantai ini menjadi salah satu kawasan yang harus terlindungi. Wisatawan tidak akan menemukan puingan bangunan yang berdiri di Pantai ini. Ombak yang tenang dan air yang hijau jernih, membuat hati merasa tentram dan damai. Pantai Poto Jarum menjadi Pantai yang paling aman untuk wisatawan dapat berenang. Banyak bebatuan besar dengan warna serasi dengan dasar pantai, yang dapat dijadikan spot foto wisatawan.

6. Pantai Takat Sagele

Pulau mungil ini menyediakan gundukan karang dan pasir sebagai tempat untuk bersantai. Wisatawan melihat beragam karang yang indah di Pantai ini.

7. Pantai Ai Manis

Ombaknya yang tenang, airnya yang dangkal, serta hamparan bebatuan menjadikan Pantai Ai Manis cocok sebagai tempat berendam. Di pantai ini pengunjung juga akan menyaksikan pemandangan hutan tropis yang menawan.

8. Air Terjun Sengalo

Air terjun ini berada tepat di jantung Pulau Mojo. Wisatawan dapat berendam dengan tenang di sana sembari mendengarkan beragam burung yang saling bersahutan.

9. Air Terjun Diwu Mbai

Tempat ini mempunyai keistimewaan dari air terjun lainnya. Air terjun ini di kelilingi oleh pohon tua yang menjulang tinggi. Di tengah-tengah air terjun ini terdapat ayunan tali tambang yang diikat di salah satu pohon, cocok untuk pengunjung yang ingin memacu adrenalin.

Dari sekian banyak destinasi yang tersedia di Pulau Kenawa dan Pulau Moyo ini, manakah destinasi yang paling ingin Anda kunjungi kelak dengan pasangan Anda?

Air terjun Dawu Mbai
Air terjun Dawu Mbai. Sumber Tagar

Abadikanlah momen kebahagiaan Anda dengan orang-orang tersayang di tempat indah yang nantinya menjadi kenangan. Kenangan itulah yang akan menciptakan sejarah baru sebagai bentuk perjalanan hidup seseorang.

Ketika kelak kita menapak tilas pada tempat yang pernah kita junjungi, di situlah titik pencapaian hidup seseorang dalam menyadari setiap proses yang dijalani semasa hidupnya. Maka nikmatilah sisa waktu hidup Anda dengan mengunjungi tempat-tempat indah yang akan merekam jejak perjalanan Anda yang kekal abadinya.

Baca Juga Beritaku: Pulau Kecil Di Indonesia Tidak Berpenghuni, Daftar 10 Terpencil

Daftar Pustaka

  1. Ardiyono Ayub. 2013. Pulau Kenawa, Surganya Sumbawa.. https://travel.kompas.com/read/2013/07/19/0913376/Pulau.Kenawa.Surganya.Sumbawa..
  2. Fiqih Abul Emier. 2019. Pulau Kenawa; Hidden Treasure di Liburan ke Alam kali ini. https://www.google.co.id/amp/s/www.bobobox.co.id/blog/pulau-kenawa-liburan-ke-alam/
  3. Husen Mulachela. 2020. Pulau Moyo NTB. Destinasi Wisata Pesohor Dunia. https://www.tagar.id/pulau-moyo-ntb-destinasi-wisata-pesohor-dunia
  4. Rudi. 2019. Pulau Moyo, Surga Tersembunyi di Sumbawa Besar. https://www.nativeindonesia.com/pulau-moyo/
Bagikan Ke