Sahabat Dari Kecil Rasulullah,
Kisah Sahabat Dari Kecil Rasulullah Yang Cerdas, Abdullah Bin Abbas

Sahabat Dari Kecil Rasulullah, Abdullah Bin Abbas

Diposting pada

Dia beruntung, bisa berteman dengan Rasulullah sejak kecil Berlari bersama Rasulullah. Dan tentunya belajar bersama Rasulullah Nabi Muhammad SAW sebagai sahabat dari Kecil.

Beritaku.Id, Kisah Islami – Dia bernama Abdullah bin Abbas memiliki peranan yang vital dalam perkembangan Islam.

Termasuk dalam 170 Urutan Sahabiyah dan Sahabat Nabi Muhammad SAW. Ia banyak menguasai makna hadits. Sebagai sahabat dari kecil, jelas memiliki pengalaman yang berbeda dengan sahabat lainnya.

Ahli tafsir yang jitu terhadap Alquran dan diakui oleh para sahabat

Sahabat Dari Sejak Kecil Rasulullah

Ia anak dari paman Rasulullah, Abbas bin Abdul Muthalib. Lahir tahun 619 Masehi, sepupu kecil Rasulullah ini banyak mendapatkan ilmu secara langsung dari Nabi Muhammad SAW.

Baca juga Paman Terbaik Rasulullah, Abbas Bin Abdul Muthalib, Sehati Nabi

Dari kecil Abdullah bin Abbas sering berasama Rasulullah di rumah, mengerjakan sesuatu bersama.

Punya teman sejak kecil? Maka dengan itu, kita bisa mengetahui sifatnya, pada jarak yang sangat dekat.

Abdullah Bin Abbas, sangat dekat dengan Rasul dan karenanya ia sangat mengetahui bagaimana prilaku Rasulullah dan bagaimana ia menirunya.

Karena hal tersebut, maka ia juga menjadi narasumber sahabat lain. Dalam hal tafsir Al-Quran.

Rasulullah bersabda kepada Ibnu Abbas, “Nak, aku ajarkan kepadamu beberapa untai kalimat: Jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah Allah, niscaya kau dapati Dia di hadapanmu. Jika engkau hendak meminta, mintalah kepada Allah, dan jika engkau hendak memohon pertolongan, mohonlah kepada Allah. Ketahuilah, seandainya seluruh umat bersatu untuk memberimu suatu keuntungan, maka hal itu tidak akan kamu peroleh selain dari apa yang telah Allah tetapkan untukmu. Dan andaipun mereka bersatu untuk melakukan sesuatu yang membahayakanmu, maka hal itu tidak akan membahayakanmu kecuali apa yang telah Allah tetapkan untuk dirimu. Pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering”.

Jika diperhatikan, nasihat Rasulullah untuk Ibnu Abbas adalah bekal bagi seluruh umat Islam yang beriman.

Baca juga : Berita Nabi Muhammad SAW Dengan Nuzulul Quran

Doa Rasulullah untuk Abdullah bin Abbas

Doa untuk Ibnu Abbas Usai Shalat Berjamaah dengan Rasulullah

Suatu ketika, Rasulullah tengah melaksanakan shalat sunnah. Melihat guru yang ia hormati sedang shalat, Ibnu Abbas mendekati dan mengikuti gerakan shalat Rasulullah di belakang beliau.

Rasulullah menyadari kehadiran seseorang di belakangnya meminta makmum untuk shalat di sampingnya.

Dengan tangan beliau, Rasulullah menarik Ibnu Abbas agar berdiri sejajar di sisi kanan Rasulullah.

Sebab makmum shalat berjamaah hanya satu orang, memang hendaknya ia berdiri sejajar.

Rasulullah kembali melanjutkan shalat dengan Ibnu Abbas sebagai makmum.

Tetapi ketika shalat sedangberlangsung, Ibnu Abbas mundur kembali ke belakang. Rasulullah ternyata mengetahui apa yang dilakukan oleh Ibnu Abbas. Usai shalat, Rasulullah bertanya, “Mengapa kau mundur ke belakang?”.

Ibnu Abbas menjawab, “Yaa, Rasulullah. Engkau adalah seorang Rasulullah. Bagaimana aku dapat berdiri sejajar denganmu”.

Mendengar jawaban Ibnu Abbas, Rasulullah kembali mendoakannya dengan ucapan “Allahumma faqqihu fiddiin, wa ‘allimu fit ta’wiil”. Rasulullah berdoa agar Ibnu Abbas dikaruniai Allah tambahan ilmu agama dan pemahaman yang baik akan ilmu tersebut.

Baca juga: Strategi Komunikasi Rasulullah Nabi Muhammad SAW Yang Akurat

Riwayat lain mengatakan bahwa Abdullah bin Abbas suatu saat melihat Rasulullah bangun malam dan akan berwudhu. Dia pun dengan sigap mengambilkan air untuk Rasulullah. Diam-diam ia mengamati Rasulullah yang sedang bersuci. Rasulullah yang melihatnya kemudian mengusap kepala Ibnu Abbas dan berdoa, “Ya Allah, anugerahilah pemahaman agama kepadanya”.

Selanjutnya Rasulullah berdiri untuk shalat qiyamul lail. Saat itu istri beliau, Maimunah, menjadi makmum. Ibnu Abbas yang melihat Rasulullah mendirikan shalat bergegas mendekati beliau. Ia berdiri di belakang dan bersiap menjadi makmum. Menyadari kehadiran Ibnu Abbas, Rasulullah menariknya agar berdiri sejajar. 

Namun ternyata Ibnu Abbas kembali ke posisi semula di belakang Rasulullah. Rasulullah pun bertanya mengapa ia kembali ke belakang. Ibnu Abbas menjawab bahwa ia merasa tidak pantas berdiri sejajar dengan seorang utusan Allah. Mendengar jawaban Ibnu Abbas, Rasulullah kembali berdoa untuknya.

Efek Doa Rasulullah

Doa Rasulullah adalah doa yang langsung kepada Allah SWT tanpa perantara. Sahabat Kecil Rasulullah tersebut dari pemaparan diatas ditemukan beberapa doa untuknya.

Maka Abdullah Bin Abbas dikaruniai Allah dengan Ilmu yang sangat banyak, meski begitu ia sangatlah santun.

Pernah suatu waktu Abdullah Bin Abbas datang ke rumah seorang Sahabat. Ibnu Abbas memilih untuk menunggu di luar rumah hingga Sahabat yang ingin ditemuinya itu keluar. Abdullah bin Abbas mengetahui bahwa saat itu dia sedang tidur siang.

Saat Sahabat ini keluar rumah, ia bertanya mengapa tidak menyuruhnya untuk datang saja ke rumah Ibnu Abbas. Abdullah bin Abbas menjawab, “Akulah yang seharusnya datang, karena ilmu memang harus dicari”.

Perilaku santun seperti ini membuatnya diberkahi dengan ilmu yang semakin banyak. Di usia sangat muda, Abdullah bin Abbas sudah dikenal sebagai ulama dengan wawasan yang sangat luas.

Demikianlah kisah Abdullah Bin Abbas sepupu Nabi yang merupakan Sahabat Beliau Rasulullah Nabi Muhammad SAW Sejak Dari kecil.

Sumber lain: Klik

Bagikan Ke
  • 1
    Share