Sejarah berdirinya olahraga biliar
Olahraga biliar (Foto: jadiberita.com)

Sejarah Olahraga Biliar: Definisi Hingga Induk Organisasi

Diposting pada

Sejarah olahraga biliar, merupakan salah satu jenis bidang yang tidak banyak beberapa orang mengetahui bahwasannya jenis ini sangat populer, dan bahkan sudah ada organisasi resminya. Terdapat juga pembahasan mengenai pengertian, hingga induk organisasi internasional. Maka, begini jelasnya.

Beritaku.id, – Olahraga_ Bidikan rasanya tembus, pada sebuah sasaran yang menjadi tambatan. Tidak hanya sampai disitu. Rasa bidikan seolah membiusnya kepada cinta kasih, yang mana hanya fana belaka. Hingga kepada sebuah akhir dari cerita, menyangka, apakah dapat menang, atau kehilangan untuk selamanya.

Oleh: Ayu Maesaroh(Penulis Olahraga)

Hai, kembali lagi dengan tagline tulisan yang dirindukan, semoga tulisan ini membekas pada lubuk hatimu, yang mungkin masih sunyi, hingga kini. Menghangatkanmu dengan seuntai kata, yang berharap dapat membekas dipikiranmu.

Semoga hari ini masih diberikan kesehatan guna menjalankan berbagai aktivitas, sehingga tetap dapat produktif. Namun, untuk dapat tetap sehat pun harus ada support dari aktivitas lain yang bisa mewujudkannya.

Ialah dengan melakukan olahraga, baik olahraga sepak bolah, yoga, ataupun biliar. Namun soal olahraga biliar, ternyata ada sedikit cerita sejarah, yang dapat kita ulas bersama.

Dan ternyata, tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa jenis ini, merupakan jenis kegiatan yang tergolong kepada olahraga royal, atau sering dilakukan oleh kebanyakan orang dengan finansial yang cukup tinggi.


Peraturan dan Perlengkapan Olahraga Biliar

Sejarah perlengkapan dari olahraga biliar
Perlengkapan biliar (Foto: ilmubahasainggris.com)

Dalam sebuah olahraga, pasti terdapat dua hal yang tidak boleh tidak ada. Hal tersebut merujuk kepada permainan yang fair atau adil, sehingga antara satu pihak dengan yang lainnya, tidak merasa merugi saat bermain olahraga ini. Yakni peraturan dan perlengkapan dari sejarah olahraga jenis biliar.

Peraturan Permainan

Untuk peraturannya sendiri agak ribet, yang mana harus benar-benar paham oleh masing-masing atlet olahraga ini. Beberapa aturannya antara lain:

  • Setiap permainan biliar, akan mendapatkan peraturan Best of three, namun jika sudah pada babak semi final atau bahkan final, biasanya akan dikenakan peraturan best of five.
  • Dalam permainan biliar, terdapat 15 bola, yang mana terbagi atas beberapa hal. Bola pertama hingga bola ke tujuh, adalah bola solid. Lalu dari bola ke 9 sampai dengan bola ke 15, merupakan jenis bola strips. Bola ke 8 sendiri adalah jenis bola hitam, yang mana nantinya masuk pada permainan terakhir.
  • Masing-masing mendapatkan jatah bola untuk bermain. Yang satu mendapatkan bola jenis solid, yang lain mendapatkan bola strips. Perlu kita ingat bahwasannya bola ke 8 berwarna hitam, harus ada saat permainan terakhir, atau bolanya sudah habis pada masing-masing pemain.

Peraturan Permainan Billiard Lainnya..

  • Adanya sistem break, yang mana sistem tersebut akan diadakan dengan sebuah pengundian.
  • Dalam peraturan break, salah satu pemain melakukan pengundian, dan bermain. Jika ternyata saat permainan selesai dan ternyata masih ada bola yang masuk. Maka pemain dapat melakukan shooting kembali.
  • Dan jika sudah melakukan tembakan demikian, maka pemain tersebut dapat memilih mau menembak kembali menggunakan bola solid atau strips.
  • Dalam permainan, tidak boleh mengawali sebuah shooting jika bola masih ada yang bergerak.
  • Pemain akan mendapatkan sebuah pelanggaran jika tembakannya mengenai baju,atau salah satu bagian tubuh dari pemain tersebut.
  • Karena sudah mendapat jatah bola, maka dilarang keras menggunakan bola dari lawan sebagai bola mereka.
  • Selain bola hitam, ada juga bola putih. Yang mana jika bola putih tersebut masuk, maka akan dianggap sebagai pelanggaran.
  • Bola ke 8 harus masuk ke lubang yang sesuai. Dan jika bola ke 8 tersebut masuk ke lubang lawan, maka akan secara otomatis kalah dari permainan.
  • Jika salah satu anggota tim melakukan pelanggaran, maka permainan akan terlaksana oleh lawan main kalian.
  • Saat melakukan jump shoot, sangat tidak boleh melakukannya dengan cara mencungkil bola dari arah bawah.
  • Permainan akan berganti giliran main jika salah satu dari regu, tidak sengaja memasukkan bola dari lawan. Dengan catatan bola putih yang terpasang masih tidak berubah posisinya.
  • Saat bermain dan kalian membuat bola ke 8 keluar dari arena, maka grup kalian dianggap kalah secara otomatis, begitu juga dengan sebaliknya.

Itulah beberapa peraturan yang harus kalian taati saat melakukan sejarah dari olahraga biliar ini.

Perlengkapan Permainan

Selain peraturan, ada juga perlengkapa yang harus kalian pahami sebelum akan melakukan olahraga ini. Beberapa perlengkapannya antara lain:

  1. Pool Coek, adalah jenis stik terbuat dari kayu, yang mana dikhususkan untuk menembak bola putih.
  2. Cue Ball, yang merupakan bola putih, atau yang sering dikenal sebagai gaco.
  3. Meja pool, adalah arena untuk bermain biliar dengan segala peraturannya.
  4. Chalk, atau yang sering dikenal dengan perlengkapan stik untuk membuat tembakan tidak meleset nantinya.

Dan beberapa perlengkapan tadi harus ada, dan lengkap, tidak boleh tertinggal antara satu dengan lainnya.


Teknik Olahraga Biliar

Teknik olahraga biliar (Foto: olahragapedia.com)

Adapun beberapa jenis dari teknik billiar, yang bisa kita pelajari lebih dalam. Meski demikian, ada yang mengatakan bahwa teknik dari olahraga ini terbilang gampang-gampang susah.

Butuh ketelitian, kesabaran yang cukup ekstra, terutama dalam membidik bola untuk mencetak skor agar dapat menang dari pertandingan tersebut. Beberapa tekniknya antara lain:

Teknik Spin Shoot

Adalah jenis teknik yang men-shoot bola dengan laju yang sedikit pelan, entah dari arah kanan atau kiri dari sisi bola putih. Sehingga nantinya bola dapat melaju ke tempat yang mungkin arahnya tidak terduga.

Teknik English

Adalah jenis teknik yang mana dalam sejarah dari olahraga biliar ini, lebih menekankan kepada laju bolah putih yang termanipulasi dari sang player.

Biasanya teknik ini, prefer kepada pergerakan bola yang kadang tidak terprediksi oleh lawan, atau bahkan pergerakan dari bola yang kita shoot, bisa keluar dari rutenya.

Teknik Stop Shoot

Adalah jenis teknik yang mana menekankan pada tembakan tepat sasaran ke bola putih, sehingga efek dari pantulah bola akan tepat, dan membuat bola pada sekitar bola putih akan terpantul keluar.

Untuk menggunakan teknik ini, kalian harus benar-benar serius dalam melakukan shooting, agar tepat pada sasaran yang sesuai dengan incaran kalian.

Teknik Draw Shoot

Adalah jenis tembakan yang memukul bola putih dari arah bawah titik sasaran utama, sehingga bola tersebut akan mengarah tepat sasaran ke bola yang ingin kalian keluarkan dan masuk menjadi skor.

Teknik ini juga perlu adanya konsentrasi, mengingat arah bawah sangat rentan membuat bola putih dapat keluar. Sehingga kemungkinan besar kalah dalam pertandingan.

Teknik Jumpshoot

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwa dalam sejarah dari olahraga biliar ada yang namanya teknik jumpshoot.

Yang mana teknik ini membuat bola putih melompat, membebaskan diri dari bola yang menjadi halangan. Sehingga sasaran utama dapat tertembak sesuai dengan prediksi. Untuk melakukan teknik ini, kalian harus melakukannya dengan menggunakan stik khusus.


Induk Olahraga Biliar Internasional

Logo induk organisasi biliar internasional (Foto: organisasi.co.id)

Karena olahraga biliar semakin populer di berbagai kalangan, maka ide-ide untuk mencetuskan organisasi resmi sebagai wadah para pecinta biliar pun tergugah.

Kancah Internasional mulai melirik olahraga biliar ini, dan pada akhirnya membentuk sebuah induk organisasi bernama WPA atau singkatan dari World Pool- Billiard Organization.

Yang mana organisasi basisi internasional ini, berdiri pada tahun 1987, atas dasar kesepakatan dari Forum Federasi Billiard Eropa.

Sampai detik ini, olahraga billiard sudah mempunyai berbagai cabang pertandingan. Antara lain seperti turnamen 9-Ball yang berlaku untuk pemain laki-laki, dan perempuan, dan sebagainya.


Induk Olahraga Biliar Nasional Lengkap Struktur Organisasi

Logo biliar nasional (Foto: facebook.com)

Dan dari olahraga tersebut, terbentuklah induk organisasi tingkat Asia bernama APBU atau singkatan dari Asian Pocket Billiard Organization.

Organisasi ini menaungi beberapa organisasi billard dari beberapa negara yang tergabung dalam negara Asia, salah satunya adalah Indonesia dengan organisasi resminya, yakni POBSI, atau singkatan dari Persatuan Olahraga Billiard Seluruh Indonesia.

Meski demikian , sejarah dari terbentuknya organisasi billiar ini, tidak sebaik pada negara-negara lain. Yang mana di Indonesia, olahraga ini populer pada kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Setelah itu berkembang, dan sangat pesat. Hingga terbentuklah organisasi ini. Walaupun, kita juga tidak dapat memungkiri, olahraga ini sangat kental dengan balutan prasangka negatif, terutama untuk para pemainnya. Dan sayangnya, hal tersebut masih melekat sampai dengan sekarang.

Untuk beberapa struktur organisasi dari POBSI, terdiri dari:

  1. Pelindung
  2. Dewan Kehormatan
  3. Ketua umum dan wakil ketua umum
  4. Wakil ketua I, II, dan III yang menaungi bidang organisasi, Binpres, serta Umum
  5. Sekretaris jenderal dan wakilnya
  6. Bendaraha umum serta wakil dari bendahara
  7. Lalu beberapa bidang, seperti bidang organisasi, hubungan internasional, pelatihan serta perwasitan, dsb.
  8. Staff khusus
  9. Badan pertimbangan


Daftar Pemain Biliar Tercantik

Sejarah olahraga biliar dan para atletnya
Atlet biliar tercantik (Foto: bolasport.com)

Meski demikian, olahraga ini ternyata melahirkan berbagai atlet andalan, yang mana sudah menembus pada pertandingan dunia, dan meraihnya.

Yang mengharukan lagi adalah, beberapa atlet perempuannya membuktikan hal tersebut. Olahraga yang dianggap tabu, namun ternyata dibalik itu semua adalah hasil kerja keras, sehingga mendapatkan pundi-pundi kesuksesan dari sana. berikut beberapa atletnya.

Emely Duddy

Atlet dari Amerika Serikat ini, adalah salah satu atlet yang mana memiliki julukan sebagai “the butterfly effect”. Emely pernah berada dalam peringkat 10 pemain billiar terbai di negaranya.

Hingga pada tahun 2010, Emely mendaftarkan diri sebagai atlet “rookie of the year”, dan sekarang ia menduduki peringkat ke 7 di dunia, dan telah mewakili AS pada pertandingan melawan beberapa negara seperti China, Taiwan, dan sebagainya.

Mary Avina

Adalah salah satu atlet termuda, yang telah bergelut dalam bidang billard pada usianya yang ke 14. Sekarang ia menjadi seoang instruktur, dan merupakan atlet andalah dari California, Amerika Serikat.

Selain menjadi seorang atlet, ia juga bergelut di bidang modeling, serta ia suka dengan bidang seni lukis.

Angelina Paglia

Merupakan salah satu atlet billard yang termasuk ke dalam senior di Amerika Serikat. Angelina sendiri adalah atlet senior yang sudah menorehkan prestasi pada awal tahun 1998, sampai dengan 2003.

Angelina juga mendapatkan sematan nama sebagai atlet “Angel”. Hal tersebut merujuk kepada pesona dan keahliannya pada bidang olahraga billard ini.

Neslihan Gurel

Merupakan atlet billard wanita asal Turki, dengan julukan nama sebagai “Nes”. Neslihan memulai karirnya sebagai atlet billard pada tahun 95, dan telah menorehkan banyak prestasi.

salah satunya menjadi runner up pada pertandingan sejarah dari olahraga biliar untuk tim master pada tahun 2011, tingkat nasional.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai sejarah olahraga biliar. Dari pembahasan tadi dapat kita simpulkan bahwasannya olahraga biliar tidak seperti apa yang banyak masyarakat memandangnya.

Bahkan dari olahraga biliar, memunculkan para atlet-atlet kebanggaan dari beberapa negara di belahan dunia, yang mana sudah merasakan pundi-pundi kesuksesannya.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi

Daftar Pustaka

  1. https://olahragapedia.com
  2. https://www.beritabola.win
  3. https://materibelajar.co.id
  4. https://organisasi.co.id: Induk Organisasi Biliar
  5. https://pobsi.net
  6. https://www.brilio.net
  7. https://pobsi.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *