Senam Sebagai Olahraga Jodoh
Farah Ann Atlit Olahraga Senam Malaysia Yang Kontroversial (Foto: Bole)

Senam Olahraga Jodoh: Pengertian, 3 Prinsip & Induk

Diposting pada

Dari mata turun ke hati” begitulah kira-kira cara seseorang menemukan jodoh, Inilah pengetahuan tentang olahraga senam dan hubungannya dengan jodoh.

Beritaku.id, Pendidikan – Tidak hanya penting di dalam dunia olahraga saja, senam juga penting untuk kehidupan manusia, seperti halnya jodoh bagi kebanyakan orang.

Oleh: Veronika (Penulis Pendidikan)

Baca juga beritaku:Senam Akrobatik: 4 Teknik, Manfaat Dan Sensualisme

Pengertian Dan Sejarah Olahraga Senam

Senam bermanfaat untuk membentuk kelenturan tubuh, mendukung perkembangan psikomotorik serta mengembangkan potensi sedari usia kanak-kanak.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), senam merupakan gerak badan yang terdiri dari gerakan tertentu, seperti menggeliat, menggerakkan dan meregangkan anggota badan.

Kegiatan Senam
Kegiatan Senam Inddor (Foto: Alexpres)

Senam adalah cabang olahraga yang berhubungan dengan gerakan fisik yang memerlukan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan yang teratur.

Berdasarkan asal katanya, senam berasal dari Bahasa Inggris, yaitu “gymnastics” yang bermula dari Bahasa Yunani Kuno, yaitu “gymnos” yang berarti “latihan dengan telanjang”.

Perkembangan senam sebagai cabang olahraga sudah berlangsung lama. Jauh sebelum 1 Masehi, enam sudah menjadi kegiatan di berbagai belahan dunia.

Pada zaman Yunani Kuno, senam punya andil yang besar bagi masyarakat. Latihan gerakan senam, seperti palang tak seimbang, balok keseimbangan dan senam lantai menjadi sangat populer saat itu.

Beberapa gerakan latihan tersebut kemudian oleh masyarakat untuk mendukung gerakan naik dan turun kuda serta pertunjukan sirkus.

Baca juga beritaku: Definisi Cabor Indonesia, Daftar Induk Organisasi Dan Tahun Berdiri

Gymnastic Modern

Bapak Gymnastic Modern adalah Friedrich Ludwig Jahn dari Jerman. Beliau berhasil melakukan kombinasi latihan gerakan gymnastic dan pertunjukan patriotik berhasil pada tahun 1700-an.

Tidak hanya itu saja, beliau juga menemukan peralatan khusus untuk senam, yaitu palang sejajar, palang horizontal, kuda-kuda melintang dan bak lompat.

Keberadaan senam yang menjadi salah satu mata pelajaran dalam pendidikan jasmani saat ini juga tak lepas dari kepercayaan para ahli filsafat.

Sudah sejak lama, mereka berpendapat bahwa kesegaran jasmani masyarakat yang menurun akan berimbas pada menurunnya tingkat pendidikan di kalangan masyarakat.

Sejak awal abad ke-20, senam masuk ke dalam salah satu cabang olahraga di dalam kurikulum sekolah.

Terobosan baru ini mulai berlaku pada rencana pendidikan di sekolah Amerika Barat, berkat usaha dari beberapa tokoh, yaitu Dr, Dubly Sorgen, Dr. JF Williams dan Thomas D. Wood.

Senam di Indonesia muncul sejak zaman penjajahan Belanda. Dahulu senam terkenal dengan sebutan gymnastic.

Berganti kedudukan pemerintahan, senam juga masih menjadi salah satu cabang olahraga yang cukup populer.

Setelah Belanda, Jepang yang saat itu berkuasa di Tanah Air menyebut senam dengan istilah taiso.

Baca juga beritaku:Definisi Cabor Indonesia, Daftar Induk Organisasi Dan Tahun Berdiri

Prinsip dan Peraturan Senam

Olahraga senam termasuk ke dalam olahraga dasar. Hal ini tak bisa terlepas dari pengertiannya sebagai aktivitas fisik untuk cabang olahraga senam itu sendiri atau latihan untuk cabang olahraga lain.

Senam merupakan pembelajaran fisik yang tersusun secara sistematis yang melibatkan gerakan-gerakan tertentu dan sudah terencana. Oleh sebab itu senam untuk mencapai tujuan tertentu.

Olahraga Senam lantai
Kegiatan Olahraga Senam lantai (Foto: Doodlekit)

Adapun tujuan senam, yaitu pencapaian daya tahan, kekuatan, keseimbangan, kelenturan, koordinasi, memelihara kesehatan dan kebugaran, menorehkan prestasi serta membentuk tubuh yang ideal.

Supaya senam terlaksana dengan baik, ikuti prinsip-prinsipnya. Berikut ini merupakan tiga prinsip dasar dari senam.

  1. Guru, pelatih dan atau seseorang harus merencanakan, memilih dan menciptakan gerakan latihan senam.
  2. Susunan sistematis dalam satu kebulatan rangkaian senam tersusun dari beberapa gerakan senam yang telah terpilih.
  3. Penyesuaian tujuan dan kebutuhan pelaku senam menjadi dasar dalam penyusunan pemilihan gerakan dalam senam.

Saat ini senam biasanya menjadi salah satu kegiatan dan usaha seseorang untuk rekreasi, relaksasi dan mencegah stress. Meskipun demikian, senam tidak boleh kita lakukan secara sembarangan.

Senam terbagi menjadi enam macam, yaitu senam aerobik, senam artistik, senam irama, senam akrobatik, senam ritmik sportif dan senam trampolin.

Olahraga senam terklaim mampu melatih otot dan meningkatkan denyut jantung. Tujuannya untuk melancarkan pasokan oksigen dan menghindari penyumbatan aliran darah di dalam tubuh.

Supaya tidak kita lakukan dengan sembarangan, berikut ini adalah beberapa tahap dan peraturan senam yang tak boleh terlewat.

Pemanasan (warming up)

Tahap pertama yang harus kita lakukan sebelum mulai senam adalah pemanasan. Pemanasan di dalam senam adalah tahap  persiapan secara emosional, psikologis dan fisik untuk melakukan latihan. Pemanasan ini bertujuan untuk menaikkan denyut jantung secara bertahap, mempersiapkan otot-otot serta persendian, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan suhu inti tubuh.

Gerakan Inti

Selanjutnya merupakan gerakan inti. Tahap gerakan inti pada senam adalah gerakan telah aktif dengan mengikuti alur tertentu. Tujuan dari gerakan inti adalah untuk memperkuat otot-otot tubuh dan melatih koordinasi gerak antar anggota tubuh.

Gerakan Pendinginan

Tahap akhir dalam senam adalah gerakan pendinginan. Gerakan ini bertujuan untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung agar normal kembali. Gerakan pendinginan dilakukan secara bertahap.

Induk Organisasi Senam Indonesia dan Dunia

Persani adalah induk organisasi senam di Indonesia. Kepanjangan dari persani adalah Persatuan Senam Indonesia. Organisasi senam tersebut terbentuk sejak tanggal 14 Juli 1963. Persani sudah menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI.

Sebagai induk organisasi senam di Indonesia, Persani terbentuk dalam rangka menyambut gelaran pertandingan khusus anggota Gerakan Non-Blok. Jakarta menjadi lokasi GANEFO I pada tahun 1963.  

Logo Persani
Logo Persani (Foto: Koni Depok)

Keberadaan Persani memiliki tujuan untuk atlet dan senam di Indonesia. Organisasi tersebut sudah melakukan banyak usaha. Satu diantaranya ialah melatih atlet senam secara maksimal dengan bantuan pelatih dari Republik Rakyat Cina (RRC). Sayangnya sentimen rasisme muncul terhadap ras tersebut setelah peristiwa G30S/PKI.

Organisasi senam Indonesia atau Persani sudah menjadi anggota FIG. Fédération Internationale de Gymnastique atau terkenal dengan sebutan FIG adalah induk senam untuk seluruh dunia. Federasi senam internasional ini menggunakan nama dalam Bahasa Prancis, sementara kantornya berpusat di Lausanne, Swiss.

Sebanyak 149 federasi senam dari masing-masing negara sudah berafiliasi dengan FIG, terhitung sejak tahun 2019.

Tugas dari FIG juga tidak sederhana. Selain membuat dan menetapkan aturan yang bernama Code Of Point, FIG juga mengatur dan mengelola evaluasi dari penampilan para atlet senam. Setiap dua tahun sekali, federasi ini mengadakan kongres untuk beberapa komite.

Olahraga Senam Hubungannya Dengan jodoh?

Cukup unik, pertanyaan ini. Olahraga senam sebagai sebuah kegiatan olahraga jodoh. Mungkin akan terjawab setelah mengetahui manfaat dari senam.

Secara umum, tubuh akan berubah setelah melakukan aktivitas olahraga secara teratur dengan intensitas tertentu. Hal ini juga berlaku untuk senam.

Perubahan akan terjadi, baik pada organ, fisik hingga kebiasaan, setelah seseorang melakukan senam secara rutin.

Pada organ, senam yang berlangsungsecara teratur akan membuat perubahan pada efisiensi kerja jantung, peningkatan elastisitas pembuluh darah dan peningkatan kemampuan kembang kempis pada paru-paru.

Sementara perubahan pada fisik dipengaruhi oleh perubahan otot, tulang, ligamentum dan tendo serta persendian dan tulang rawan.

Benarkah Senam Berhubungan Dengan Jodoh?
Benarkah Olahraga Senam Berhubungan Dengan Jodoh? (Foto: Hipwee)

Dari bagian otot, kekuatan, kelentukan dan daya tahan otot seseorang yang rajin melakukan senam akan meningkat.

Selain itu, bagian tulang akan meningkatkan kepadatan, kekuatan dan besar tulang sebagai akibat dari aktivitas enzim.

Setelah kita lakukan secara rutin, senam bisa mengubah kebiasaan seseorang menjadi lebih baik. Gaya hidup sehat dengan kebiasaan berolahraga dapat membuat tubuh semakin sehat dan bugar.

Kesehatan dan kebugaran ini kemudian akan mendorong seseorang keluar dari tekanan atau stres berlebihan. Alhasil dampak positif, seperti kesehatan mental maupun fisik tetap terjaga dan bentuk badan akan semakin ideal.

Apa hubungan Antara Senam dan Jodoh?

Senam sebagai kegiatan olahraga untuk mendapatkan jodoh atau ditinggal jodoh?

Baca juga beritaku:29 Atlet Wanita Tercantik, Body Seksi dan Sensual Sepanjang Tahun 2019

Gelaran keolahragaan termasuk senam bersama bisa menjadi ajang menarik untuk seseorang dalam bertemu teman, relasi hingga berkenalan dengan orang yang baru.

Ungkapan “dari mata turun ke hati” bisa jadi muncul begitu saja. Untuk itu, seseorang yang menjaga kesehatan, kebugaran, hingga bentuk tubuh idealnya melalui senam rutin.

Kebiasaan baik tersebut bisa menjadi tahap persiapan yang tepat sebelum bertemu dengan jodoh.

Tidak sedikit orang yang percaya bahwa jodoh adalah cerminan diri. Nah, untuk menyambutnya seseorang bisa mempersiapkan diri dengan cara menyehatkan tubuh dengan cara berolahraga dan mengelola stress.

Melalui olahraga senam, seseorang bisa mendapatkan semua manfaat ini lho.

Mengingat gerakannya yang menyenangkan dan menenangkan, senam dapat menjadi wadah untuk meluapkan stres dan penat.

Dengan demikian tubuh akan terhindar dari masalah kesehatan yang serius akibat tekanan batin dan mental.

Tidak berhenti sampai hal itu saja, senam juga sangat bermanfaat untuk mempertahankan hubungan harmonis dengan pasangan.

Kesehatan mental dan fisik yang terjaga serta stamina yang tak pernah menurun akan mempererat hubungan dengan pasangan.

Fase kebosanan di dalam suatu hubungan juga dapat dihindari dengan melakukan kegiatan dan rutinitas positif bersama, seperti senam.

Banyak sekali para artis dan aktor serta influencer yang kerap membagikan momen senam bersama.

Tidak hanya terlihat romantis, mereka juga tampak kompak sebagai pasangan dan partner goals.

Mengapa Single Parents Memilih Berprofesi sebagai penggiat atau instruktur senam?

Single parents merupakan istilah asing populer untuk orang tua tunggal.

Orang tua tunggal merupakan seseorang yang tidak memiliki pasangan, suami, istri namun hidup dengan satu atau beberapa anak.

Banyak alasan yang menyebabkan seseorang menjadi single parents. Mulai dari perceraian, kematian. Ditinggal pasangan hingga adopsi oleh salah satu orang tua saja.

Ketiadaan pasangan di sampingnya membuat seseorang akan berusaha keras demi membesarkan buah hatinya.

Instruktus Senam Zumba Adalah Janda?
Kegiatan Rutin Instruktur Senam Zumba

Bertanggung jawab atas aktivitas di rumah serta pekerjaannya, single parents sangat berisiko terhadap stres dan kecemasan.

Perasaan tersebut kemudian akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Demi melepaskan ketegangan akibat stres dan tekanan, para single parents biasanya memilih untuk senam.

Gerakan dan irama, serta pertemuannya dengan lingkungan baru akan memberikan kesenangan tersendiri untuk mereka.

Tidak heran banyak sekali single parents yang menjadikan instruktur atau penggiat senam sebagai pekerjaan yang menghasilkan uang.

Selain menghasilkan uang dan relasi, pekerjaan sebagai instruktur atau penggiat senam mewadahi single parents untuk melepaskan kepenatan sekaligus menjaga kesehatan, kebugaran dan bentuk tubuh.

Sifat keibuan atau kebapakan akan membuat perasaan nyaman pada pelaku senam yang menggunakan jasanya sebagai instruktur.

Kini banyak sekali ragam senam yang menarik minat bagi masyarakat. Beberapa diantaranya adalah yoga, zumba, hingga pilates.

Para orang tua tunggal bisa memilih pekerjaan sebagai instruktur atau penggiat senam, sesuai dengan trend yang ada.

Selain menyenangkan, pekerjaan ini tak memakan waktu sehingga para single parents tetap memiliki waktu untuk si buah hati.

Tidak heran, banyak sekali artis dan influencer, yang banting setir atau menjadikan instruktur atau penggiat senam sebagai pekerjaan sambilannya.

Selain menguntungkan secara materiil, pekerjaan tersebut juga akan menambah kenalan dan menjaga bentuk tubuh supaya tetap ideal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *