Terapi Air Hujan

Terapi Air Hujan Agar Cepat Hamil Dan Menjaga Kesehatan Anak

Diposting pada

Terapi air hujan ternyata memiliki banyak manfaat. Selain itu kandungan unsur-unsur yang ada dalam air hujan juga bermanfaat bagi anak-anak

Beritaku.Id, Pendidikan – Kelahiran seorang anak merupakan anugrah besar yang banyak di tunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Namun sayangnya, tidak semua pasangan langsung di karuniai seorang anak untuk melengkapi kebahagiaan mereka.

Oleh : Umu Latifah (Penulis Pendidikan Islami)

Terapi Air Hujan Untuk Yang Lama Hamil

Banyak di antara kita yang harus sabar menunggu lama bahkan melakukan banyak upaya demi kehadiran si kecil di di dalam rumah.

Tidak sedikit yang bahkan harus berobat, melakukan banyak terapi ataupun metode kedokteran modern seperti bayi tabung dan lainnya. Jika anda termasuk yang sedang dalam usaha untuk dianugrahi seorang anak oleh yang Maha Kuasa, maka terapi Air Hujan ini bisa menjadi salah satu pilihan dalam ikhtiyar anda. Meskipun memang untuk bisa mendapat berkah keturunan adalah mutlak qodarullah, tetapi kita tetap harus berusaha sesuai tuntunanNYA.

Allah berfirman dalam QS. Nuh ayat 10-12:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا . يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

Artinya: “Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya dialah yang maha pengampun, niscaya dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (Q.S Nuh: 10 – 12)

Di lansir dari kompasiana.com, pasangan yang selama dua tahun belum di karuniai anak kemudian mencoba terapi hujan. Alhamdulillah tidak sampai satu tahun, setelah beberapa kali mencoba terapi ini, mereka akhirnya di titipi momongan oleh Allah SWT.

Baca Juga Beritaku: Hujan-hujanan, 5 Manfaat Air Hujan, Jangan Melarang Anak

Langkah-langkah Terapi Air Hujan

Berikut adalah Bagaimana langkah terapi hujan bagi yang ingin mencoba:

Pertama, Membaca do’a turun hujan dan beristigfar sebanyak-banyaknya pada Allah SWT.

Ke dua, Menunggu hujan lewat selama 10 menit. Tidak di sarankan mandi hujan langsung begitu saat turun dan juga bukan hujan pertama setelah musim kemarau.

Kemudian berdiri di tengah hujan di alam terbuka menghadap kiblat dan biarkan air hujan mengguyur seluruh tubuh.(di anjurkan untuk tetap menutup aurat).

Ke tiga, menampung dan meminum air hujan. tentunya banyak hal yang harus di perhatikan sebelum benar-benar melakukan hal ini. Di lansir dari  Guesehat.com ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan sebelum meminum air hujan.

Lokasi tempat tinggal anda atau lokasi anda mengambil air hujan sangat perlu di perhatikan. Pastikan anda tidak menampung air hujan dekat tempat situs radio aktif misalnya seperti di daerah Chernobyl atau Fukushima.

Perhatikan juga apakah anda tinggal di daerah lingkungan pabrik kimia ataupun dekat pembuangan limbah. Jika iya, maka sangat tidak di sarankan menampung air hujan untuk diminum.

Jika tinggal di daerah perkotaan yang pastinya memiliki konsentrasi emisi dan polusi yang tinggi, ada baiknya menyaring air hujan dengan alat khusus penyulingan atau jika tidak ada, endapkan air terlebih dahulu.

Ambil setengah teratas dari air hujan lalu anda bisa meminumnya langsung setelah 24 Jam (nusantara.com). Atau rebus air untuk memastikan mikroorganisme di dalamnya mati.

Ke empat, berdo’a mohon di karuniai keturunan.Sekeras apapun kita berusaha, jika Allah belum berkehendak mentakdirkan kita segera di anugrahi seorang keturunan, maka yang bisa kita lakukan adalah terus bertawakkal kepada Allah dan perbanyak mohon ampunan serta petunjukNYA.

Boleh jadi do’a kita yang belum terkabul saat ini akan menjadi pahala atas kesabaran dan ketaqwaan kita.

Terapi Air Hujan Untuk Anak

Air hujan bukan hanya bermanfaat bagi orang dewasa. Air hujan yang Allah turunkan juga sebenarnya mengandung banyak manfaat bagi anak-anak.

Setiap turun hujan, anak-anak cenderung ingin bermain ke luar rumah dan mebiarkan badan mereka terguyur air hujan.

Jika melihat situasi ini, kebanyakan dari kita sebagai orang tua akan buru-buru melarang mereka keluar ataupun memarahi mereka jika sudah terlanjur diam-diam bermain hujan.

Rasa khawatir mereka akan jatuh sakit memang wajar menimbulkkan sikap protektif tersebut.

Namun, jika kita mengetahui manfaat air hujan, maka tentu kita tidak akan melarang mereka bermain hujan di luar rumah. Di lansir dari merdeka.com, berikut terdapat setidaknya tujuh manfaat air hujan bagi anak:

Baca juga Beritaku: 4 Doa Agar Hujan Berkah, Cepat Reda Mencegah Banjir Dan Badai

Tujuh Manfaat Terapi Air Hujan Bagi Anak

Terapi Air Hujan
ternyata air hujan memiliki banyak manfaat untuk anak-anak
Untuk menstimulasi kemampuan motorik anak

Ketika bermain-main di bawah siraman air hujan, anak-anak Bersama teman-temannya cenderung akan banyak bergerak. 

Mereka akan berlari-lari, melompat, menendang hujan, menengadahkan kepala dan bermain cipratan air dengan teman-temannya.

Aktivitas dan gerakan fisik tersebut dapat menstimulasi motoriknya untuk berkembang lebih lincah, kemampuan fisik terkoordinasi serta melatih logika berfikir anak.

Merangsang imajinasi dan kreativitas anak.

Ada banyak hal-hal kreatif yang dapat anak-anak lakukan saat bermain hujan.kita akan melihat bagaimana mereka memanfaatkan elemen di sekitar mereka sebagai alat bermain.

Sebagai contoh, mereka bisa membuat kapal dari daun, bekas sabut kelapa ataupun dedaunan dan ranting untuk di layarkan di atas genangan air, bermain menampung air hujan, bermain role play suasana banjir atau waterfall, ataupun bermain slading di atas rumput yang licin.

Semua hal menyenangkan ini dapat meningkatkan daya imajinatif anak karna anak akan menyusun banyak skenario alur permainan ataupun cerita Bersama teman-temannya.

Menguatkan Tulang

Ketiga, banyak studi menunjukkan bahwa tulang bisa menjadi semakin dengan air hujan. hal ini di karenakan salah satu kandungan dalam air hujan yaitu Ion negative yang terkandung di dalamnya menghasilkan reaksi biokimia, lalu menetralkan keasaman tubuh serta melawan radikal bebas.

Di tambah  dengan gerakan fisik yang di sebutkan sebelumnya juga dapat membantu pertumbuhan tulang anak menjadi optimal.

Mempertajam indra

Bermain hujan juga memberikan manfaat kepada anak dalam mempertajam indra. Mereka akan mengenal berbagai rangsang sensor alami, seperti sensor dari panas ke dingin atau sebaliknya.

Anak yang sedang dalam proses peningkatan keseimbangan juga akan lebih peka terhadap rangsang eksternal. Bukan hanya itu, anak juga jadi mengenali aroma petrikor (aroma tanah yang segar setelah disiram hujan) ataupun rangsang bunyi hujan.

Semua hal tersebut akan memancing rasa ingin tahu anak yang tinggi terhadap objek di sekitarnya serta melatih indranya mengenal perubahan kondisi.

Merangsang kekebalan tubuh.

Semakin sering anak terguyur hujan, akan membantu tubuh mereka membentuk sistem imun yang kuat.

Hal ini terjadi karena Proses adaptasi tubuh terhadap perubahan suhu lingkungan yang berulang, melatih Sistem imun mapu melawan banyak racun dan radikal bebas yang masuk ke tubuh anak.

Mengenal alam secara langsung

Membiarkan anak bermain hujan adalah cara untuk mengenalkan mereka pada alam secara langsung.

Pengetahuan mereka tentang alam sekitar dan juga sains lebih mudah bertambah karna mereka menyaksikan langsung beberapa peristiwa alam yang terjadi Bersama hujan.

Peristiwa alam tersebut seperti bunyi petir, kilat, awan mendung, ataupun pelangi. Belajar langsung dari pengamatan ala mini selain menyenangkan dan membuat mereka bahagia juga dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak untuk bereksplorasi.

Berlatih tanggung jawab dan disiplin

Mengizinkan anak bermain hujan bukan berarti membebaskan mereka begitu saja tanpa di bekali aturan. Latihlah tanggung jawab dan disiplin sebagai negosiasi di bolehkannya mereka bermain.

Tanggung jawab seperti menaruh baju basah bekas mereka bermain di tempat cuci, mengelap bekas jejak air di rumah yang kotor karena mereka dan batasi durasi maksimal mereka boleh bermain hujan-hujanan.

Hadits dan Ayat tentang manfaat Air Hujan

Ada banyak ayat Quran yang membahas tentang manfaat air hujan di antaranya:

Hujan sebagai berkah

 “kami turunkan dari langit air yang berkah (banyak manfaat) lalu kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (Q.S Qaf: 9)

Hujan merupakan air yang bersih

 “… kami turunkan air hujan yang bersih dari langit. Dengan air hujan itu kami suburkan tanah-tanah yang tadinya tandus. Dengan air hujan itu kami beri minum makhluk-makhluk kami hewan ternak dan segenap manusia.” (Q.S Al – furqon: 48-49)

Hujan sebagai rahmat

“Dialah yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan dialah yang maha pelindung lagi maha terpuji. (Q.S As – Syura: 28)

Baca Juga Beritaku: 10 Doa Ketika Hujan Turun, Dan Makna Turunnya Untuk Alam

Hadits Rasulullah Tentang Air Hujan

Air Hujan
Hadis Rasullulah tentang hujan

Berikut ini juga terdapat Hadits tentang Rasulullah yang tabarruk dengan air hujan:

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengkisahkan, “kami pernah kehujanan Bersama Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu beliau menyingkap bajunya lalu beliau guyurkan badannya dengan hujan. kamipun bertanya, “wahai Rasulullah, mengapa anda melakukan demikian?” Jawab Rasulullah SAW “Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan.” (HR. Ahmad 12700, Muslim 2120, dan yang lainnya).

Imam Al Qurthubi mengatakan: praktek nabi SAW ini menunjukkan bentuk tabarruk dengan hujan. dan menjadikannya sebagai obat. Karena Allah menyebut hujan dengan rahmat, mubarok (berkah), dan thahur (alat bersuci), Allah jadikan hujan sebagai sebab kehidupan dan tanda terhindar dari hukuman, yang memberi kesimpulan agar kita menghormati hujan dan tidak menghina hujan. (al mufhim lima Asykala min Talkhis shahih muslim, 2/546).

Selain berikhtiyar dengan terapi hujan untuk wanita agar cepat hamil atau untuk terapi anak, ada baiknya jika anda dan pasangan memanjatkan do’a saat turunnya hujan. Hal ini karna saat hujan adalah waktu yang sangat dianjurkan untuk memanjatkan do’a oleh Rasulullah SAW.

Ibnu Qudamah dalam kitab Al Mughni mengatakan, “Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

 “Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan: 1) bertemunya dua pasukan, 2) menjelang shalat dilaksanakan dan 3) saat turun hujan.”

Adapun do’a yang dipanjatkan ketika mulai turun hujan yaitu:

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

 “ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.”

Setelah membaca do’a hujan, barulah kita perbanyak istigfar untuk kemudian memanjatkan do’a lain yang sangat kita inginkan mustajab termasuk berdo’a meminta segera diberi keturunan serta keturunan kita menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah. Wallahu a’lam bis showab.

Referensi Bacaan:

Merdeka, Rumayso, Media Nusantara, Kompasiana, Konsultasi Syariah

Bagikan Ke