Urutan Ulul Azmi Ada 5, Sebutkan Kisahnya Nabi Dan Rasul Dengan Gelar Tersebut?
Ada 5 Nabi Dan Rasul Dalam Urutan Ulul Azmi
Urutan Ulul Azmi Ada 5, Sebutkan Kisahnya Nabi Dan Rasul Dengan Gelar Tersebut?

Sebuatkan Siapakah 5 Nabi dan Rasul dengan Gelar Ulul Azmi, Bagaimana urutan dari Rasul pilihan tersebut?

Beritaku.Id, Kisah Islami – Unggul itu biasa. Tapi unggul dari yang unggul. Istimewa. Bukit dari dataran itu tinggi. Tapi pancang gunung menjulang dari bukit. Jauh lebih tinggi.

Ululu Azmi itu unggulan dari manusia pilihan 25 Nabi dan rasul yang wajib kita imani. Seperti dibahas dalam Urutan Lengkap 25 Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui dan Kisahnya.

Bagaimana Urutan kisah para Ulul Azmi tersebut?

Sebelum membahas Nabi dan Rasul dalam daftar dan urutan Ulul Azmi tersebut. Maka pertanyaan pertama.Sebenarnya apa arti atau pengertian dari Ulul Azmi? Apakah itu gelar, atau sekedar panggilam biasa?

Berikut definisi Ulul Azmi, sebagai kajian awal dalam artikel ini sebelum membahas persona Rasul dengan predikat unggulan tersebut.

Definisi Ulul Azmi

Pengertian dari Ulul Azmi itu sendiri adalah gelar khusus. Untuk Nabi dan Rosul. Yang memiliki Ketabahan dan Kesabaran. Luar biasa. Ketika Berdakwah. Menyebarkan agama islam.

Ulul Azmi hanya untuk Nabi/Rosul, dengan kesabaran, keteguhan. Sabar dalam menerima seluruh takdir dari Allah, dan teguh dalam menjalankan perintah.

Daftar Dan Urutan Nabi Dan Rasul Dengan Gelar Istimewa Ulul Azmi

Rasul yang mendapat gelar Ulul Azmi adalah: Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS. Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW.

Keteguhan dan kesabaran mereka tidak bisa dibandingkan dengan siapapun. 5 orang inilah yang tersabar dan terteguh di muka bumi sepanjang masa.

Beritaku: Rasul Dalam Islam, Pengertian Dan Kepribadian Serta Daftar Urutan Lengkap

Bagaimana kisah heroiknya pada Nabi dan Rasul dengan gelar manusia terpilih Ulul Azmi tersebut?

Terdapat 5 orang Nabi bergelar Ulul Azmi, Sebutkan siapa saja mereka?

Untuk menjawab maka mari dijawab satu persatu

Urutan Pertama Ulul Azmi, Nabi Nuh AS

Ini adalah Ulul Azmi yang pertama, merupakan Nabi ke 3 setelah Nabi Idris AS.

Nabi Nuh dalam konteks kesabaran dan keteguhan ini adalah menghadapi umat yang mulai berkembang pengetahuannya.

Hal ini karena Nabi sebelumnya yakni Nabi Idris AS telah mengajarkan tentang pengetahuan.

Umat manusia dibumi, telah memiliki nalar, ikatan tentang ketuhanannya mengalami pergeseran. Jika keyakinan sebelumnya digantungkan kepada sang khalid. Kini dengan pendek mereka menggantungkan pada pikiran dan nafsu semata.

Seiring berjalannya waktu, umat mulai keluar dari jalur aqidah sesungguhnya. Ketauhidan telah bergerser. Ketauhidan ubudiyah (ibadah) telah bergeser.

Mereka mulai menyembah berhala dan itu dilakukannya secara terang-terangan.

Ulul Azmi ini mendapat hidayah dari Allah SWT. Untuk membuat perahu, (baca: Misteri Kapal Nabi Nuh A.S. 3 Tingkat Dan Anak Durhaka).

Dengan perjalanan waktu nabi Nuh selama hampir 10 abad berdakwah namun hanya sedikit yang beriman kepada Allah SWT.

Umat dzalim dan syirik, tidak peduli dengan dakwah Nabi Nuh AS. Sehingga suatu ketika bencana datang menggulung mereka. Dan umat ini akhirnya benar-benar mendapat Azab Allah SWT.

Airmata Nabi Nuh berlinang, sebab anak kesayangannya ikut dengan mereka. Tidak menyembah Allah SWT. Kisah perpisahan yang tragis antara ayah dan anak. Ketika seorang ayah didepan matanya, anaknya tenggelam bersama banjir air dan lumpur.

Nabi Ibrahim AS

Jasanya meletakkan sejarah berkurban. Dan atas kepatuhan menjalankan perintah Allah SWT ia mendirikan dan membangun Kakbah pada posisinya.

Susunan Batu yang ia pasang dengan rapih sebagai simbolitas, pusaran magnetik diselurug bumi. Dengan medan magnet yang terpengaruh oleh prosesi tawaf.

Demi cinta kepada Allah, Sabar menunggu keadilan Allah dan teguh menjalankan perintahNya.

Dia adalah Rasul ke enam Allah SWT yang wajib diketahui dan dihafal.

Dalam suatu ketika, Nabi Ibrahim melihat Bulan, ia berpikir itu adalah tuhan sebab sangat terang. Namun ketika pagi bulan tersebut hilang. Ia berkesimpulan, bagaimana bisa tuhan hilang dari manusia.

Negitu selanjutnya melihat matahari. Membandingkan dengan gunung yang tak mampu berbicara. Bahkan berhala yang tak bisa menjawab ketika ditanya.

Nabi Ibrahim AS adalah Nabi yang terkenal dengan kecerdasannya dalam menganalisa alam. Mencari Tuhan dan haus akan pencariannya tentang Tuhan.

Nabi Ibrahim AS masuk dalam urutan kedua Ulul Azmi tersebut, hidup menentang Raja Namrud. Taja yang Dzalim dan menyembah berhala.

Sementara pembuat berhala adalah orangtua Ibrahim sendiri. Kisah lengkap di Kisah Nabi Ibrahim AS dan Mukjizat Sampai Air Zam-Zam

Menghancurkan patung-patung buatan kaumnya, termasuk melawan ayahnya yang menyembah berhala.

Sang raja marah, maka di buatlah tumpukan kayu-kayu yang sangat banyak, untuk dijadikan sebagai tempat memanggang Nabi Ibrahim AS.

Dengan sabar Nabi Ibrahim AS memasuki api yang menyala, dan akhirnya atas izin Allah SWT, dia tidak terbakar. Bahkan keluar dari api dalam kondisi kedinginan. Subhanallah.

Nabi Musa AS Vs Firaun Yang Dzalim

Raja yang kejam dan dzalim, Firaun. Dengan semaunya membunuh rakyatnya.

Nabi musa merupakan Nabi dengan urutan ke 14.

Diperintahkan Allah SWT untuk melakukan syiar kepada kaum Bani Israil. Dia merupakan keturunan Nabi Ibrahim dari turunan Nabi Ishak AS.

Dia melawan Firaun sang raja yang kejam. Dimana Raja ini sebelumnya bermimpi. Bahwa kelak akan lahir seorang lelaki yang akan menentangnya. Takut kehilangan tahta dan kekuasaan. Mendaulat diri secara subjektif sebagai tuhan. Rakyat takut kepadanya dan benar saja, dia menjadi “tuhan” penduduknya.

Karena hal tersebut (mimpi), maka Raja Dzalim memerintahkan kepada semua prajurit agar membunuh membunuh semua anak laki-laki.

Maka saat itu, Ibu Nabi Musa menghanyutkan anak lelaki tersebut di Sungai Nil.

Dan Bayi lelaki mungil ini dtemukan oleh istri Raja Firaun dan akhirnya di masukkan kedalam istana.

Raja Firaun hendak membunuhnya, namun sang permaisuri melarangnya. Dan akhrinya hiduplah Nabi Musa AS dalam kerajaan tersebut dengan aman. Menjadi anak angkat raja.

Pertentangan Nabi Musa AS dengan Firaun adalah ketika dirinya mengaku sebagai Tuhan.

Anak angkat melawan Ayah Angkat yang tak lain adalah sebagai seorang Raja. Dengan kemewahan dan kehidupan yang mewah.

Bagi Nabi Musa AS itu tidak lebih baik, daripada harus menjadi manusia yang syirik.

Akhirnya suatu ketika konflik Musa dan Firaun terjadi dan ketika itu, Firaun memburu Nabi Musa A dan pengikutnya. Yang tertahan di pinggir laut merah.

Nabi Isa AS

Hanya ia satu-satunya di Bumi, yang lahir dari Perempuan tanpa suami. Atau tanpa terjadinya proses konsepsi dalam kajian kedokteran.

Ketika Nabi Adam AS terlahir tanpa ayah dan Ibu, sementara Hawa tercipta dari tulang rusuk lelaki. Maka Isa, lahir dari ibu tanpa seorang ayah.

Akan manusia tidak aakn sanggup menalarnya. Lahir tanpa konsepsi speram dan ovum. Namun jangan hanya berpikri penalaran pada Isa saja. Tapi bagaimana dengan Nabi Adam AS yang tanpa ayah dan ibu.

Nabi Isa AS, yang diturunkan untuk Bani Israel, dan menghadapi penduduk Romawi. Dirinya yang lahir tanpa ayah, membuat ibunya St Maryam di cemooh oleh tetangga dan kaumnya.

Hingga akhirnya Nabi Isa AS berkembang menjadi remaja yang gagah, dan menghadapi fitnah.

Sampai pada perencanaan pembunuhannya. Kisah lengkap: Islam Kristen Soal Nabi Isa AS, Debat Keyakinan Yang Takkan Usai

Nabi Muhammad SAW

Lahir di tahun gajah, sebagai penamaan disaat Mekkah diserang oleh Raja Abrahah. Untuk menghancurkan Ka’bah.

Dia orangnya jujur, Ucapannya selalu yang berisi baik. Sebagaimana adab bicaranya, Baca : Adab Komunikasi Rasulullah, Media Dakwah Penyebaran Agama Islam

Tidak pernah berbohong, Tidak pernah melakukan maksiat. Pada umur 4 tahun mengalami proses dimana dadanya dibedah oleh Malaikat jibril untuk mencuci hatinya. Membersihkan raja dalam tubuhnya. Hati.

Dia berhadapan dengan Kaum Quraish, yang selalu menentangnya.

Perlu di ketahui bahwa Nabi Muhammad SAW, adalah nabi satu-satunya dari keturunan Ibrahim AS lewat Nabi Ismail AS. Berbeda dengan 2 Ulul Azmi yang lain.

Yakni Nabi Musa AS dan Nabi Isa AS, merupakan keturunan Nabi Ishak AS. Dan menjadi nenek moyang Bani Israel AS melalui Nabi Yaqub AS.

Alquran Adalah Mukjizat beliau. Yang sampai hari ini dijamin tidak akan bisa di palsukan manusia manapun.

Termasuk ketika Muzailamah Al Kahzab dizaman sepeniggal Nabi mencoba membuat “Alquran palsu”. Namun gagal

Kisah Nabi Muhammad bisa dibaca lengkap di :

  1. Berita Nabi Muhammad SAW Dengan Nuzulul Quran
  2. Kisah Nabi Muhammad SAW, Lahir Hingga Wafat

Demikian artikel mengenai Ulul Azmi ini, dan menjadi bahan belajar buat kita semua. Bahwa Islam yang ada hari ini adalah melewati masa perjuangan Nabi dan Rasul. Yang sangat menguras hati kesabaran keteguhan dan pikiran.

Sumber lain, Zakat.Or.id

Tinggalkan Balasan