USA Daftarkan Cina Sejak 25 Tahun
USA Daftarkan Cina Sejak 25 Tahun

BERITAKU.ID, INT. – USA Daftarkan Cina. Perang tidak hanya pada desingan peluru karena ledakan mesiu, perang aka memporak poranda penduduk negeri dengan kelaparan yang menyelimuti.

meski tidak semua perang adalah dengan benturan pasukan, perdagangan juga kadang dihinggapi peperangan.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengeluarkan pernyataan pada tanggal 5 Agustus, mengumumkan bahwa China akan diakui sebagai manipulator mata uang, Washington akan bekerja dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk menghilangkan persaingan tidak adil di Beijing. Ini adalah Amerika Serikat telah membuat keputusan yang relevan lagi sejak 1994.

Departemen Keuangan AS mengatakan bahwa pernyataan People’s Bank of China pada tanggal 5 membuktikan bahwa pemerintah Beijing sepenuhnya mengendalikan nilai tukar RMB. Pada saat itu, PBOC menyatakan pengalaman dan kemampuannya untuk menjaga kelancaran operasi pasar valuta asing dan mempertahankan renminbi pada tingkat yang wajar dan seimbang.

Washington percaya bahwa tindakan China melanggar komitmen G20 untuk menghindari devaluasi kompetitif mata uang. Kementerian Keuangan mengharapkan Beijing untuk mematuhi komitmen ini dan tidak akan menggunakan nilai tukar RMB untuk kompetisi.

Undang-undang AS menegaskan bahwa mitra dagang utama memiliki tiga kriteria utama untuk menangani masalah, termasuk surplus dalam neraca berjalan global, surplus perdagangan bilateral besar dengan Amerika Serikat, dan berlanjutnya efek sepihak pada pasar valuta asing. Begitu Washington telah menentukan bahwa negara yang bersangkutan adalah manipulator mata uang, Kementerian Keuangan akan mengadakan negosiasi dengan negara-negara terkait untuk membahas amandemen, jika tidak, negara tersebut dapat dikenai sanksi.

Amerika Serikat menuduh Korea Selatan dan Taiwan memanipulasi nilai tukar pada tahun 1988, dan Cina menghadapi tuduhan yang sama pada tahun 1994. Kali ini, pemerintah Donald Trump memutuskan bahwa masalah perdagangan AS-Cina menemui jalan buntu, dan ini akan menyebabkan eskalasi perang perdagangan.

Amerika Serikat ingin membuat daftar negara lain sebagai manipulator mata uang. Negara ini harus memenuhi tiga persyaratan khusus . Pertama, surplus perdagangan dengan Amerika Serikat mencapai lebih dari 20 miliar dolar AS per tahun. Kedua, surplus neraca berjalan ekonomi menyumbang lebih dari 3 dari total produksi domestik (PDB). Ketiga, perdagangan nilai tukar tidak menghormati mekanisme pasar, misalnya, pembelian aset asing satu arah secara terus menerus menyebabkan mata uang domestik terdepresiasi, dan rasio total pembelian tahunan terhadap PDB lebih dari 2%.

Trump: USA Daftarkan Cina mendapat banyak uang dari AS

Sesaat sebelum Mnuchin mengumumkan keputusan itu, Presiden Trump mengirim empat pos berturut-turut di Twitter, mengkritik upaya China untuk memperoleh ratusan miliar dolar dari Amerika Serikat dengan memanipulasi nilai tukar dan praktik perdagangan yang tidak adil. Uang, situasinya seharusnya berhenti bertahun-tahun yang lalu.

Yuan jatuh di bawah 7 terhadap dolar, ditutup pada level terendah baru 11 tahun. Trump mengatakan bahwa China telah mengurangi nilai tukar ke level terendah dekat-sejarah, menggambarkan bahwa manipulasi mata uang adalah pelanggaran besar. “Dari sudut pandang ini, semua orang sekarang harus memahami bahwa tarif tidak ditanggung oleh orang Amerika tetapi lebih dari China. Amerika Serikat menghasilkan pendapatan puluhan miliar dolar. “

Trump mengatakan bahwa China telah mencuri perusahaan dan pabrik Amerika dengan memanipulasi nilai tukar, merusak pekerjaan AS, menekan upah pekerja Amerika, dan mengganggu pendapatan petani Amerika.