Sejarah Nabi isa AS, perjuangannya kepada kaum Bani israil
Sejarah Nabi Isa As (Foto: konsultanfiqh.com)

Sejarah Nabi Isa As: Kelahiran, Mukjizat, Hingga Wafat

Diposting pada

Sejarah Nabi Isa , adalah sekumpulan kisah yang memberikan gambaran betapa beliau adalah Nabi yang memiliki sifat terpuji, serta keteladanan yang dapat kita aplikasikan di dunia keseharian, bahkan sampai beliau wafat sekalipun. Bagaimana kisah beliau dalam mendaaptkan mukjizat luar biasa dari Allah?

Beritaku.id- Kisah Para Nabi dan Rosul_Hingga tiba masanya bumi berevolusi. Seluruh isinya terbagi menjadi golongan-golongan. Yang pertama tunduk pada Tuhannya, yang kedua mendusta kepada-Nya. Hingga turunlah ia, tertoreh dalam sejarah. Isa As, Maha Suci Allah, menciptakan dirinya untuk ummat di muka bumi.

Oleh: Ayu Maesaroh (Penulis Kisah Para Nabi dan Rosul)

Keteladanan memang menjadikan kita sebagai manusia, paham dengan apa yang harusnya dilakukan, dan yang tidak dilakukan. Hal tersebut terbalut dalam kisah-kisah Nabinya Allah, yang mana mendapatkan predikat luar biasa sabar, dan sebagai makhluk-Nya yang sangat taat.

Hingga, pada akhirnya, Nabi-nabi tersebut mulai menyebarkan agama Allah yang baik, menyeru kepada manusia untuk senantiasa bertakwa kepada-Nya.

Salah satu Nabi-Nya yang sangat sabar, yang mana bisa kita petik kisah tauladannya, ialah sejarah dari Nabi Isa As.


Kelahiran Nabi Isa dan Kontroversi

Kelahiran Nabi Isa yang sangat luar biasa (Foto: kalam.sindonews.com)

Nabi Allah yang memiliki mukjizat luar biasa, ialah Isa As, seorang nabi yang lahir tanpa ayah, dalam rahim seorang wanita yang sangat bersih, tiada satupun kotoran menempel di tubuhnya.

Karunia senantiasa berada dalam dekapan beliau, Maryam, ibu dari Nabi Isa As. Beliau adalah wanita sholehah yang senantiasa taat terhadap perintah-Nya, dan menghindari larangan-Nya.

Baca juga beritaku: Kisah Nabi Isa Secara Singkat, Dalam Al Quran, Lahir Hingga Di Angkat Kelangit

Hingga Allah memberikan karunia yang sangat mulia, yang mana keturunannya akan menjadi seorang nabi dan juga Rosul. Maka saat dalam proses mengandung, Maryam mengalami banyak cacian dan cemoohan dari banyak orang.

Maryam selalu sabar akan hal tersebut, dan akhirnya beliau memilih untuk menyendiri ketimbang mendapatkan cemoohan dan cacian dari banyak orang, yang mana menjudge beliau pada hal yang negatif.

Bahkan dalam Al-Qur’an sudah tertulis dalam firman-Nya, yang artinya: Maka Ia mengandungnya, dan lalu ia menyendiri bersama dengan kandungannya ke tempat yang jauh.. (Qs. Maryam: 22).

Maka Maryam menyendiri, dan menghidarkan dirinya dari berbagai komentar mengenai dirinya. Hingga ia juga menyendiri, dan memisahkan diri dari keluarganya.

Hingga pada akhirnya, Nabi Isa As lahir ke dunia, dan beliau menjadi bayi yang luar biasa. Mengingat beliau bisa berbicara dengan lancar saat bayi. Hal tersebut menjadi mukjizat pertama yang Allah berikan pada Nabi Isa As.

Beliau juga menjawab segala pertanyaan kepada orang-orang yang sudah menghina ibunya, dengan lantang dan tegas.

Terlepas dari hal tersebut, ada berbagai sifat yang sangat terpuji dari Nabi Isa As, hingga sejarah dari beliau pun usai, namun sifat-sifatnya masih terngiang dan menjadi teladan yang baik.


Sifat Terpuji Nabi Isa

Sifat terpuji dari Nabi Isa yang menjadi suri tauladan manusia (Foto: bombastis.com)

Sudah sepatutnya kita dalam hidup, senantiasa selalu meniru keteladanan dari para Nabi dan Rosul, yang mana mereka menjadi sosok makhluk Allah yang senantiasa setia dengan Allah, selalu melakukan apa yang Allah perintahkan, dan menghindari larangan-Nya.

Begitu juga dengan Nabi Isa As, yang mana dalam sejarah kisahnya, beliau terkenal dengan sifat terpujinya, sehingga menjadi tauladan para ummatnya.

1. Taat Terhadap Allah

Yang mana beliau selalu melakukan perintah Allah, menyeru kepada kebenaran, dan menghindarikan diri dari segala larangan yang Allah berikan kepada beliau.

Hal tersebut juga bisa kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Selalu taat menjalankan yang Allah perintahkan, dan menjauhi segala larangan yang Allah berikan.

2. Memiliki Iman yang Kuat

Nabi Isa As, merupakan sekian dari Nabi dan Rosul, yang memiliki iman yang kuat, serta berani menyeru kebaikan kepada para ummatnya.Bahkan dalam Sejarah, Nabi Isa As, selalu sabar jika banyak yang mencemooh beliau.

3. Suka Tolong-menolong

Meski Nabi Isa As selalu dihina, mengalami fitnah, dan lainnya, namun Nabi Isa As, masih memiliki sifat penolong. Yang mana beliau selalu menolong orang yang kesusahan, dan tidak menandang siapa ia, serta dari mana latar belakang mereka.

Baca juga beritaku: Islam Kristen Soal Nabi Isa AS, Debat Keyakinan Yang Takkan Usai

Hal tersebut menjadi poin penting bagi kita, untuk selalu tolong menolong terhadap sesama manusia. Bagaimanapun, kita hidup berdampingan, dan membutuhkan pertolongan orang lain.

4. Menyeru kepada Kebenaran

Seperti yang sudah kita singgung, bahwa dalam sejarah beliau, Nabi Isa As mendapatkan mandat oleh Allah, yakni tugas untuk menyampaikan wahyu, dan menyebarkan agama Allah yang baik.

Sehingga Nabi Isa As memiliki mukjizat yang luar biasa, sebagai tanda bahwa Allah Maha Esa, Maha Perkasa, dan Maha Segalanya.

5. Selalu Takwa Kepada Allah

Meski beliau merupakan makhluk Allah yang sudah mendapatkan jaminan surga, nyatanya Nabi Isa As, masih senantiasa melakukan perintah Allah dan menjauhi larangan yang Allah tentukan.

Beliau juga selalu menyeru kepada kebenaran, sehingga para ummatnya bertambah, dan mendapatkan perlindungan dari Allah hingga akhirat nanti.

Dan, bukan hanya pada hal itu saja, berbagai keteladanan yang Nabi Isa As miliki juga bisa kita tanamkan dalam kehidupan kita sehari-hari.


Keteladanan Nabi Isa AS

Teladan Nabi Isa yang bisa kita terapkan di keseharian (Foto: ilmualquran.com)

Dalam kisah Sejarah yang ada, Nabi Isa As, juga terkenal dengan teladannya yang juga bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Terutama dengan keteguhan hati beliau yang senantiasa teguh pendiriannya untuk terus memegang agama Allah yang baik, dan terus menyeru kepada umatnya akan nilai-nilai kebaikan.

1. Kesabaran Nabi Isa As

Nabi Isa As, adalah makhluk Allah yang sangat sabar dalam menyerukan kebenaran.

Yang mana kita tahu, bahwa kaum Nabi Isa As, adalah kaum yang selalu membangkang, tidak teguh imannya, bahkan menjadi kaum yang harus selalu mendapatkan pencerahan dari Nabi ataupun Rosulnya Allah.

Ialah Bani Israil. Kaum yang sedari dulu selalu membangkang, bahkan saat masa Nabi Yakub menjadi khalifah di bumi.

2. Adil dalam memimpin

Dalam sejarah, bahwasannya Nabi Isa As, merupakan Nabi yang adil. Namun hal tersebut akan terbukti ketika hari kiamat tersebut datang.

Yang mana beliau akan mendampingi Imam Mahdi dalam menyeimbangkan bumi kembali. Lalu menghancurkan Dajjal, yang merupakan makhluk yang akan menghancurkan bumi dan isinya.

Termasuk dengan mengembalikan lagi keimanan dari manusia yang ada di bumi nantinya.

3. Tabah dalam Menghadapi Cobaan

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwasannya Nabi Isa sangat tabah dalam menjalankan amanah dari Allah SWT.

Hal tersebut tergambar jelas bagaimana beliau selalu menyerukan kebaikan kebada Bani Israil yang tidak mau dan terus membangkang kepada Nabi isa As.

Hingga dalam sejarah, Nabi Isa As pernah akan dibunuh oleh kaumnya sendiri, yang mana mereka membuat rencana tipu muslihat yang melibatkan kepemimpinan Romawi pada saat itu.

Namun karena kuasa Allah, Nabi Isa As, mendapatkan pertolongan dan kini, beliau berada dalam langit. Nabi Isa As akan turun kembali ketika hari kiamat sudah datang. Dan berbagai tanda-tandanya sudah muncul ke bumi.

Satu hal lagi yang tidak terlepas dari perjuangan seorang Nabi dalam menjalankan amanah dari Allah SWT, ialah tentang mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi dan Rosul tersebut.

Hal ini juga berlaku untuk Nabi Isa As, yang mana memiliki mukjizat luar biasa.


Mukjizat dari Nabi Isa AS

Ada berbagai mukjizat dari Allah yang diturunkan kepada Nabi Isa AS (Foto: redaksiindonesia.com

Salah satu mukjizat dari Nabi Isa yang paling terkenal, adalah beliau yang bisa menghidupkan kembali orang-orang yang sudah wafat. Hal tersebut sudah tercantum kisahnya dalam firman Allah, yang artinya:

Dan (ingatlah) waktu kamu mengeluarkan orang mati menjadi hidup, atas seizinku… (Qs. Al-Maidah: 110)

Hal tersebut menjadi salah satu cara bagi Allah untuk bisa menaklukkan orang-orang kafir lewat Nabi Isa As kala itu. Namun, ternyata bukan hanya sampai di situ mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Isa.

1. Berbicara dengan lantang saat masih bayi

Kita ketahui betul, bahwasannya Nabi Isa sudah bisa berbicara dengan lantang saat masih bayi.

Bahkan kaum musyrik kala itu, terheran dengan apa yang bayi Isa tersebut bicarakan. Gaya berbicara beliau waktu masih bayi, seolah sudah mahir dan bahasanya seperti orang dewasa.

Dalam Al-Qur’an juga sudah dijelaskan: Berkata Isa: Sesungguhnya aku adalah hamba Allah yang Ia memberi aku kitab (injil), Dan Ia menjadikan aku seorang Nabi .. (Qs. Maryam: 30)

2. Membuat burung yang hidup dari tanah liat

Siapa yang menyangka bahwa Nabi Isa As, dapat membuat burung yang hidup hanya dengan menggunakan tanah liat.

Semua itu karena kuasa Allah. Allah memberikan mukjizat demikian semata-mata agar para ummat Nabi Isa percaya dengan Allah, dan masuk agama yang baik melewati Nabi Isa As.

Dalam Al-Qur’an sendiri, mukjizat ini sudah tertulis dengan jelas: Dan (ingat pula) waktu kamu membuat (suatu bentuk) dari tanah liat, lalu kamu meniupnya sehingga menjadi burung (yang sebenarnya) atas izin-Ku.. (Qs. Al-Maidah: 110)

3. Bisa menyembuhkan orang yang sakit serta buta

Dalam sejarah, dikisahkan bahwa Nabi Isa As, memiliki mukjiat lainnya, yakni bisa menyembuhkan orang sakit serta orang yang buta, kembali bisa melihat lagi.

Hal tersebut juga beralasan untuk memberitahukan atas keesaan Allah lewat Nabi Isa As. Hal tersebut terjadi atas seizin-Nya. Dan tidak pernah bisa melakukan demikian, sama persis, jika bukan atas izin Allah SWT.

Dalam firman-Nya, Allah berkata: Dan (ingatlah) waktu kamu menyembuhkan orang buta sejak dari rahim ibu, dan orang yang berpenyakit sopak, atas seizin-Ku.. (Qs. Al-Maidah: 110)

Kisah Wafatnya Nabi Isa As

Sejarah Nabi Isa AS, yang mengatakan bahwa beliau akan turun ke bumi ketika tanda-tanda Dajjal sudah dekat
Nabi Isa yang masih di langit (Foto: islamidia.com)

Jika dalam sejarah, bahwasannya Nabi Isa As, masih dalam langit, dan nantinya beliau akan turun ke bumi untuk menghancurkan sumber-sumber yang mulai menghancurkan bumi dan seisinya.

Hal tersebut akan terjadi ketika hari kiamat datang, dan mulai memunculkan keresahan yang ada bagi ummat muslim yang masih teguh pendiriannya.

Baca juga beritaku: Kisah Mukjizat Dari 25 Nabi Dan Rasul Islam

Bahkan dalam Al-Qur’an sudah dijelaskan, bagaimana nantinya Nabi Isa bersama Imam Mahdi akan menghancurkan Dajjal yang ada di mula bumi ini.

Seraya menyeimbangkan kembali kehidupan di bumi. Wallahua’lam, semua atas kehendak Allah. Yang kita lakukan untuk saat ini adalah, terus diberikan iman dan Islam, hingga waktunya kita ke dunia yang sangat kekal itu tiba.

Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat.