Zulkifli Hasan kalahkan
Zulkifli Hasan (Foto: mpr.go.id)

Zulkifli Hasan Kalahkan Amien Rais Diperiode 2

Diposting pada

Beritaku.Id, Politik – Kekuatan Amien Rais dalam mengendalikan PAN, akhirnya mampu di kalahkan oleh Zulkifli Hasan, Selasa (11/2/2020).

Bertempat di Kendari Sulawesi Tenggara. Kongres V PAN yang diselenggarakan dengan menghadirkan DPW dan DPC Seluruh Indonesia, memuat materi pertarungan yang memanas.

Rivalitas antara Zulhas dengan Amien Rais mulai terasa, sejak kemarin dimasa pendaftaran.

Dengan memerebutkan 565 suara yang mengikuti pemilihan dari 590 suara yang terdaftar. Zulkifli mampu unggul diatas Mulfachri Harahap. yang secara terang-terangan didukung oleh Amien Rais pendiri PAN.

Hasil voting menunjukkan perolehan suara petahana Zulkifli Hasan berhasil kalahkan 2 caketum lain yaitu Mulfachri Harahap dan Drajad Wibowo.

Zulkifli Hasan Kalahkan Amien Rais

Zulkifli Menang di Periode 2
Kemenangan Zulkifli Hasan pada Kongres V PAN menunjukkan bahwa Dominasi Amien Rais Di PAN telah Berakhir

Satu kandidat, Asman Abnur mundur sebelum pemilihan. Pantauan di lokasi Hotel Claro, Kendari, Selasa (11/2), berikut perolehan suara ketiganya:

  • Zulkifli Hasan: 331 suara
  • Mulfachri Harahap: 225 suara
  • Drajad Wibowo: 6 suara

Setelah selesai proses pemilihan, pendukung Zulkifli Hasan langsung teriak dengan yel-yel kemenangan

“Dengan ini Zulkifli menjadi ketua umum PAN periode 2020-2025,” ucap panitia pemilihan, Totok Daryanto. Pemilihan caketum PAN ini dipercepat dari jadwal yang seharusnya malam ini. Ketua SC yang juga pendukung Zulkifli, menyebut pemilihan dimajukan karena suasana tidak kondusif.

Sejak Senin (10/2), sudah dua kali kericuhan terjadi di arena Kongres PAN. Pertama sebelum pendaftaran akibat banyak peserta mendaftar melewati waktu yang ditetapkan.

Kemudian kericuhan pagi tadi yang diwarnai saling lempar kursi antara dua pendukung caketum, Zulkifli dan Mulfachri. Gara-gara peserta yang tak memiliki suara ikut dalam rapat.

Dengan hasil tersebut, sejak bedirinya PAN, dengan melakukan 5 kali Kongres. 4 Kongres sebelumnya, terlihat dominasi Amien Rais, dan di Bumi Anoa Kendari, Ambisi Amien Rais dikandaskan.

Beberapa spekulai mulai muncul, bahwa langkah untuk memberikan kembali Zulhas menjadi ketua Umum PAN. Diperiode kedua adalah sebagai upaya membangun stabilitas PAN.

Mengingat pada Pilpres, PAN kalah setelah mendukung Prabowo, dan dikabinet Jokowi Ma’ruf, PAN tidak mendapatkan jatah menteri.

Teriakan bahwa budaya Ketua Umum PAN hanya satu Periode. Ternyata mampu diruntuhkan oleh pendukung Zulkifli yang mampu maju diPeriode 2 tersebut.

Terlihat Hatta Rajasa, mantan Ketua PAN ikut dalam kegiatan tersebut, begitupun Sandiaga Uno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *