10 Miliar DAK Jeneponto Hangus, Begini Penyebabnya
10 Miliar DAK Jeneponto Hangus, Begini Penyebabnya

BERITAKU.ID, JENEPONTO – Keheningan mengapungkan kenangan, mengembalikan cinta yang hilang, menerbangkan amarah, mengulang manis keberhasilan dan indah kegagalan, DAK Jeneponto Hangus. Kamis, (8/8/2019)

Dana Alokasi Khusus atau biasa disebut DAK sebanyak Rp 10 Miliar di Kabupaten Jeneponto tak mampu difungsikan.

Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Jeneponto Iksan Iskandar.

“Ada kurang lebih Rp 10 miliar gagal dan sisa tender,” kata Iksan.

“Ini yang mau dicarikan solusi di pusat untuk menyelesaikan yang gagal tender ini dan yang sisa tender,” lanjut Iksan.

Bupati dua periode tersebut yang kesehariannya disapa Kareng Ninra mengatakan kegagalan tersebut disebabkan oleh beberapa dinas, yakni Dinas Kesehatan dan Perhubungan, PU, hingga Pendidikan yang terlambat meyediakan dokumen pelaksana anggaran.

“Gagal tender karena keterbatasan waktu menyediakan dokumen pelaksana anggaran atau DPA dari proyek yang diturunkan, kenapa gagal karena ada beberapa persyaratan Pejabat Pembuat Komitmen atau PPK yang tidak dilengkapi,” ungkapnya.

“Misalnya di Dinas Perhubungan yang terlambat membuat dokumen penambatan perahu. Penambatan perahu ini harusnya ada keterangan tertulis konsultan bahwa kekautan tanah yang mau dipancangkan itu harus ada rekomendasinya dan ini yang tak dilampirkan,” jelasnya.

Sebagai penutup Iksan mengungkapkan bahwa pembuatan tender untuk saat ini sudah tidak mudah lagi, dan terkait PPK tersebut belum dijelaskan akan dilakukan evaluasi atau tidak.