pray

Bacaan Sholat Jenazah NU, Cara, Bacaan Dan 7 Urutan Rukun

Posted on

Mempelajari bagaimana bacaan sholat jenazah NU dan tata cara mengerjakannya . Bagaimana bacaan doa yang harus kita kerjakan serta 7 urutan rukun jenazah yang perlu kita ketahui.

Beritaku.id, Lifestyle – Ketika terjadi sebuah musibah, yaitu meninggalnya seseorang tentu menjadi panggilan bagi kita sebagai umat muslim untuk ikut mengerjakan sholat jenazah. Lalu bagaimana tata caranya dalam NU?

Oleh : Luluk Fadiyah (Penulis Lifestyle)

Untuk hukumnya sendiri, sholat jenazah merupakan fardu kifayah, yaitu merupakan sebuah kewajiban bagi orang islam dan kewajiban tersebut akan gugur jika ada orang yang telah mengerjakannya.

Meskipun demikian, amalan tersebut sangat dianjurkan untuk orang islam kerjakan. Mengingat pahala dari amalan tersebut begitu besar dan kita sesama umat agar saling mendoakan, salah satunya dengan ikut mensholati jenazah.

Dengann mengerjakan sholat tersebut kita juga ikut mendoakan kebaikan dan memintakan ampun pada jenazah. Nabi Muhammad SAW juga pernah perintah kepada sahabatnya untuk mengerjakan sholat apabila ada orang islam yang meninggal.

Mengerjakan sholat jenazah menjadi tanggungjawab sesama umat muslim yang masih hidup dan mendapat kabar kematian. Kewajiban tersebut akan gugur jika ada yang mengerjakan dan bagi siapa yang mau mengerjakannya maka sungguh beruntung.

Sebab, amalan tersebut dapat mendatangkan pahala yang begitu besar bagi siapa saja yang mengerjannnya. Selain itu mengurusi segala prosesi pemakamannya juga menjadi tanggungjawab kita.


Tata cara Sholat Jenazah NU

Sebagai seorang muslim, mengetahui tata cara untuk melaksanakan sholat jenazah dengan baik dan benar merupakan sebuah keharusan. Apabila ada orang muslim lainnya yang meninggal maka meramutnya hingga proses pemakaman menjadi tanggungjawab kita.

Untuk mengerjakan sholat jenazah tentunta berbeda dengan tata cara kita dalam mengerjakan sholat wajib. Salah satu yang membedakannya adalah tidak adanya adzan untuk pelaksanaan sholat jenazah.

Selain itu, perbedaan lainnya dengan sholat wajib adalah dalam sholat jenazah terdiri dari 4 rekaat. Pelaksaannya dengan berdiri tanpa melakukan gerakan rukuk, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud serta tahiyat.

Untuk pelaksanaannya antara jenazah laki-laki dan jenazah perempuan perlakuannya tentu berbeda. Untuk lebih jelasnya, akan kita bahas beberapa tata cara dalam melaksanakannya.

Sebelum mengerjakan sholat, perlu kita ketahui dalam meletakkan jenazah harus menghadap kiblat. Adapun untuk pelaksanaan sholat jenazah dapat sendiri-sendiri atau dengan berjamaan.

Baca juga beritaku : Sholat Istikharah : Manfaat, Aturan dan Tata Caranya

Urutan dalam mengerjakan sholat yaitu :

Takbir Pertama

Pada takbir yang pertama, diawali dengan membaca niat untuk mensholatkan jenazah. Adapun untuk jenazah laki-laki dan perempuan berbeda. Berikut ini niat untuk jenazah laki-laki dan jenazah perempuan.

  • Niat Jenazah Laki-laki :

Ushalli ‘alaa haadzihil mayyitati arba’a takbiiraatin fardha kkifayatin mamuuman / imaaman lillaahi ta’aalaa

  • Niat Jenazah Perempuan :

Ushalli ‘alaa haadzihil mayyitati arba’a takbiiraatin fardha kifaayatin mamuuman / imaaman lillaahi ta’aalaa

Setelah membaca niat, kemudian takbir dan lanjut membaca bacaan al-fatihah.

Takbir Kedua

Setelah takbir yang pertama, kemudian melakukan takbir dan membaca bacaan sholawat nabi, sholawat boleh menggunakan yang pendek atau yang panjang.

  • Sholawat Panjang

Allaahumma shalli ‘alaa sayyidina Muhammadiw wa ‘alaa aali sayyidina Muahammad, kamaa shallaita ‘alaa sayyidina Ibrahiima wa ‘alaa aali sayyidina Ibraahiim, wa baarik ‘alaa sayyidina Muhammadiw wa ‘alaa aali sayyidina Muhammad, kamaa baarakta ‘alaa sayyidina Ibraahiima wa ‘alaa aali sayyidina Ibraahiim, fil ‘aalamiina innaka hamiidum majid.

  • Sholawat Pendek

Allaahumma shalli ‘alaa sayyidina Muahhadiw wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallim.

Takbir Ketiga

Pada takbir yang ketiga, membaca doa sholat jenazah. Ingat, antara jenazah laki-laki dan perempuan bacaannya berbeda. Berikut ini bacaan doa untuk jenazah laki-laki dan jenazah perempuan.

  • Doa Untuk Jenazah laki-laki

Allahummaghfir lahuu warhamhu wa ‘aafihii wa ‘fu ‘anhu

  • Doa Untuk Jenazah Perempuan

Allaahummaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa ‘fu ‘anhaa

  • Artinya

Ya Allah, ampunilah dan kasihanilah dia, berilah kesejahteraan kepadanya dan maafkanlah kesalahannya.

Takbir Keempat

Pada takbir yang terakhir, yaitu yang keempat membaca doa untuk jenazah dan orang-orang yang ditinggalkan. Bacaan doanya antara jenazah laki-laki dan jenazah peremppuan juga berbeda.

  • Bacaan Doa Untuk Jenazah Laki-Laki

Allaahumma laa tahrimna ajrahuu wa laa taftinna ba’dahu waghfir lanaa wa lahuu

  • Bacaan Doa Untuk Jenazah Perempuan

Allaahumma laa tahrimnaa ajrahaa wa laa taftinna ba’dahaa waghfir lanaa wa lahaa.

  • Artinya

Ya Allah, janganlah engkau halangi kami dari pahalanya, janganlah engkau fitnah kami sesudah kepergiannya, dan ampunilah kami kepadanya.

Setelah selesai membaca doa tersebut kemudian lanjut mengerjakan salam ke kanan dan ke kiri. Adapun bacaan salam seperti bacaan salam dalam sholat wajib.

Baca juga beritaku : Sholat Fardhu Kifayah, Pengertian, Macam Dan 4 Cara


Bacaan Sholat Jenazah NU

Dalam mengerjakan sholat, terlebih dahulu kita mengerjakan wudhu seperti sebelum mengerjakan sholat pada umumnya. Setelah berwudhu segera memposisikan diri untuk mengerjakan sholat.

Anda dapat mengerjakannya secara berjamaah atau sendiri-sendiri. Ada kemurahan lain jika anda tidak dapat menghadiri pemakaman, anda dapat mengerjakan sholat ghoib di rumah.

Sholat ini terdiri dari 4 rekaat yang kesemuanya tanpa adanya rukuk, i’tidal, sujud, duduk di antara dus sujud dan tahiyat. Sholat dilakukan dengan berdiri sebanyak 4 rekaat.

Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah mengerjakannya dan bacaan sholaynya, berikut kita pelajari langkah-langkah dan bacaannya.

Pertama, kita akan membaca niat untuk sholat jenazah terlebih dahulu. Bacaan niatnya antara jenazah laki-laki dan jenazah perempuan berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama.

Niat Jenazah Laki-Laki :
bacaan niat sholat jenazah laki-laki

Saya niat sholat atas jenazah ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum karena Allah ta’ala“.

Niat Jenazah Prempuan :
bacaan niat sholat jenazah perempuan

Artinya :

Saya niat sholat atas jenazah ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum karena Allah ta’ala“.

Setelah selesai membaca niat, segera mengambil posisi untuk menegrjakan sholat. Sesuaikan apakan anda sebagai imam atau makmum, kemudian berdiri jika mampu. Namun jika kondisi tidak memungkinkan (sakit) anda dapat melakukannya dengan duduk.

Namun, jika masih dapat dan mampu berdiri, lebih baik mengerjakan dengan berdiri. Setelah itu melakukan takbir yang pertama kemudian membaca surat al-fatihah.

Bacaan Surat Al-fatihah
bacaan surat al-fatihah

Artinya :

Dengan nama Allah yang maha pengasih maha penyayang, segala puji bagi Allah tuhan seluruh alam, yang maha pengasih, maha penyayang, pemilik hari pembalasan. hanya kepada engkau kami menyembah dan hanya kepada engkau kami memohon pertolongan, tunjukanlah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang engkau beri nikmat dan bukan jalan orang-orang yang engkau murkaidan bukan jalan orang-orang yang sesat“.

Setelah selesai membaca surat al-fatihah kemudian lanjut mengerjakan takbir yang kedua dan membaca sholawat nabi. Bacaan sholawat yang dapat kita pakai ada 2, yaitu yang versi panjang dan yang versi pendek.

Bacaan Sholawat Nabi (Panjang)
Bacaan sholawat nabi panjang

Artinya :

Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim. Sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia“.

Setelah itu, lanjut dengan takbir yang ketiga. Setelah mengangkat tangan untuk takpir, bacalah doa untuk jenazah. Dalam mendoakan perlu diperhatikan apakah jenazah laki-laki atau perempuan, sebab doanya berbeda. Berikut bacaan doanya.

Doa Untuk Jenazah laki-laki

Versi Pendek

doa sholat jenazah laki-laki - pendek

Artinya :

Ya Allah, ampunilah dia (laki-laki), berilah rahmat dia (laki-laki), bebaskanlah dia (laki-laki) dan maafkanlah dia (laki-laki)“.

Baca juga beritaku : Jenis Sholat Hajat Malam Untuk Melunasi Hutang, 10 Adab Piutang

Versi Panjang

doa sholat jenazah laki-laki - panjang

Artinya :

Ya Allah, ampunilah dia (laki-laki), rahmatilah dia (laki-laki), bebaskanlah dan maafkanlah dia (laki-laki). Muliakanlah tempatnya, luaskanlah kuburnya, dan mandikanlah ia dengan air, salju, dan es. Bersihkan dia (laki-laki) dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Kemudian dia (laki-laki) masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari siksa kubur dan siksa neraka“.

Doa Untuk Jenazah Perempuan

Versi Pendek

doa sholat jenazah perempuan - pendek

Artinya :

Ya Allah, ampunilah dia (perempuan), berilah rahmat dia (perempuan), bebaskanlah dia (perempuan) dan maafkanlah dia (perempuan)“.

Versi Panjang

doa sholat jenazah perempuan - panjang

Artinya :

Ya Allah, ampunilah dia (perempuan), rahmatilah dia (perempuan), bebaskanlah dan maafkanlah dia (perempuan). Muliakanlah tempatnya, luaskanlah kuburnya, dan mandikanlah ia dengan air, salju, dan es. Bersihkan dia (perempuan) dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Kemudian dia (perempuan) masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari siksa kubur dan siksa neraka“.

Setelah mengerjakan rekaat ketiga, selanjutnya mengerjakan rekaat keempat, yaitu membaca doa jenazah kemudian salam.

Bacaan Doa Jenazah

Apabila jenazah laki-laki :

bacaan doa jenazah laki-laki

Artinya :

Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan beri fitnah (cobaan) bagi kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia (laki-laki)”.

Apabila jenazah perempuan :

Artinya :

Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan beri fitnah (cobaan) bagi kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia (perempuan)”.

Baca juga beritaku : Sholat Mayit, Tata Cara: 4 Takbir, Doa Iftitah, Dzikir Setelahnya

7 Urutan Rukun Jenazah

Setelah mempelajari bagaimana tata cara melaksanakan sholat jenazah dan bacaan yang harus kita baca saat mengerjakan sholatnya, kini kita mempelajari apa saja yang menjadi urutan rukun jenazah.

1. Niat

Rukun yang pertama adalah niat, niat ini dilafalkan dalam hati dengan bersamaan melakukan takbiratul ihram seperti dalam pelaksanaan sholat wajib. Adapun niat yang harus kita baca menyesuaikan dengan jenazah (apakah laki-laki atau perempuan). Sebab, doa dari masing-masing jenazah tersebut berbeda.

2. Berdiri

Mengerjakan sholat untuk seseorang yang telah meninggal dunia dengan cara berdiri, sholat ini termasuk sholat fardu, maka pelaksanaannya wajib dengan berdiri bagi yang mampu.

Apabila seseorang sedang sakit dan tidak kuant untuk mengerjakan sholat dengan berdiri maka boleh mengerjakan sholatnya dengan duduk. Ketentuan untuk mengerjakan sholat ini seperti halnya mengerjakan sholat wajib.

3. Takbir Sebanyak 4 Kali

Untuk mensholati orang yang sudah meninggal, hitungan takbirnya sebanyak 4 kali. Apabila ada orang yang mengerjakannya kurang darri 4 rekaat, maka hukumnya tidak sah.

Selain itu, saat membaca takbir maka sunnahnya supaya mengangkat kedua tangannya sejajar dengan 2 pundak, sama persis dengan saat melaksanakan sholat 5 waktu.

4. Baca Surat Al-Fatihah

Dalam mengerjakan sholat jenazah harus diawali dengan bacaan surat al-fatihah terlebih dahulu. Sama seperti dalam mengerjakan sholat 5 waktu yang harus diawali dengan membaca al-fatihah.

Saat membaca surat al-fatihah juga perlu memperhatikan agar mengawalinya dengan membaca ta’awudz terlebih dahulu, sebab sunnahnya memang seperti itu.

5. Membaca Sholawat

Saat mengerjakan sholat jenazah harus membaca bacaan sholat nabi. Sholawat ini dibaca pada takbir yang kedua setelah membaca al-fatihah. Sholawat yang kita baca ada 2 versi, boleh menggunakan yang versi pendek atau versi panjang.

6. Mendoakan jenazah

Mendoakan pada mayit kita lakukan pada takbir yang ketiga setelah membaca sholawat nabi. Bacaan doanya antara jenazah laki-laki dan jenazah perempuan berbeda.

7. Membaca Salam

Setelah selesai mengerjakan 4 takbir rangkaian sholat jenazah, selanjutnya menutupnya dengan bacaan salam ke kanan dan ke kiri. Bacaan yang harus kita baca ketika salam juga sama seperti saat mengerjakan salam pada sholat 5 waktu.

Baca juga beritaku : Tata Cara Sholat Hajat Ada 19 Agar Keinginan Tercapai, Rezky Dan Jodoh Terbuka

Bagikan Ke