sholat istikharah

Sholat Istikharah : Manfaat, Aturan dan Tata Caranya

Diposting pada

Cari tahu Tentang Sholat Istikharah, manfaat hingga tata caranya.

Oleh: Angger Dhestyasari (Penulis Berita Islami)

Beritaku.id, Berita Islami–Dalam Islam selain sholat wajib, ada pula sholat sunah. Salah satu di antaranya adalah sholat Istikharah. Sholat Istikharah adalah sholat sunah yang dilaksanakan untuk meminta petunjuk kepada Allah ketika hati meragu untuk membuat pilihan.

Dalam riwayat hadis Jabir Ibn Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda:

 …. اذا هم أحد كم بالأمر فليركع ركعتين ثم ليقل: أللهم

(رواه البخاري)   

“Apabila salah satu seorang di antara kalian hendak melakukan suatu urusan, maka lakukanlah rukuk yang bukan sholat wajib dua rakaat: kemudian berdoa ….” (HR Al-Bukhari).

Dari hadis tersebut, ada anjuran untuk melaksanakan sholat Istikharah, bila menemui suatu perkara yang meragukan. Misalnya seperti soal pilihan jurusan kuliah, masalah jodoh, atau pekerjaan. Dengan Istikharah, Allah akan membantu memilihkan pilihan yang terbaik.

Ada sebuah cerita menarik dari lambang Nahdlatul Ulama yang mendapat inspirasi setelah melakukan sholat Istikharah. Melansir dari NU Online, KH Ridwan Abdullah diberi waktu hanya 1,5 bulan untuk membuat. Namun, tak ada inspirasi yang sesuai dengan hatinya.

Lalu beliau melakukan sholat Istikharah. Setelah itu, KH Ridwan Abdullah mendapat petunjuk berupa bola dunia terikat tali dengan untaian tampar 99 orang. Yang di atas gambar bumi terdapat lima bintang dan di bawahnya ada empat bintang.

Mendengar cerita tersebut tentu semakin membuat berpikir jika Allah akan selalu membantu dan memilihkan jalan yang terbaik. Oleh karena itu, saat bimbang sebaiknya kita melakukan sholat Istikharah. Supaya mendapat petunjuk seperti KH Ridwan Abdullah.

Nah, di bawah ini telah ada tata cara sholat beserta doa yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dibaca.

Dzikir Setelah Sholat Istikharah

Dzikir atau bahasa bakunya zikir merupakan ucapan; ingatan; doa yang menurut etimologi berasal dari bahasa Arab “zikr” dan “zakara”.

Dzikir kepada Allah memang bisa dilakukan kapan saja. Namun, yang lebih utama adalah selepas sholat. Melansir dari NU Online, Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar menyatakan kesunahan dzikir setelah sholat. Hal tersebut juga telah mendapat persetujuan dari para ulama (ijma’).

Ada beberapa dzikir yang bisa dibaca setelah sholat, terutama saat sholat wajib. Seperti bacaan istigfar. Namun, biasanya sholat sunah memiliki doa tersendiri agar amalannya semakin terkabul. Sholat Istikharah pun juga begitu.

Doa Setelah Sholat Istikharah

Dalam hadis riwayat Jabir Ibn Abdillah radhiyallahu ‘anhu juga menyebutkan setelah sholat Istikharah sebaiknya membaca doa berikut.

 اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ٠

 اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ٠

 وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Artinya:

Ya Allah, sungguh aku meminta pilihan yang terbaik kepada-Mu dengan ilmu-Mu dan aku mohon kuasa-Mu (atas masalahku) dengan kuasa-Mu. Aku jugamohon sebagian dari karunia-Mu yang agung. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau maha mengetahui hal yang gaib.

Ya Allah, Apabila Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebutkan masalahmu) lebih baik bagi agama; kehidupan; dan akibatnya terhadapku. Takdirkanlah ia untukku, mudahkan jalannya serta berikanlah aku berkah.

Sebaliknya, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini berbahaya bagi agama, dunia, kehidupan, dan akibatnya buruk terhadapku. Baik seketika maupun suatu saat nanti, maka singkirkan perkara itu, dan jauhkan aku darinya. Takdirkanlah aku kebaikan di mana saja dan berilah ridha-Mu.

Itulah doa setelah sholat Istikharah menurut anjuran dari Rasulullah.

Baca Juga Beritaku:Jenis Sholat Hajat Malam Untuk Melunasi Hutang, 10 Adab Piutang

Keutamaan Sholat Istikharah

sholat istikharah
ilustrasi Sholat Istikharah

Setiap muslim yang menjalankan amalan ini biasanya karena tengah dalam keadaan bimbang. Demi mendapat petunjuk dan pilihan terbaik maka melakukan ibadah sunah sholat Istikharah. Selain untuk hal itu, masih ada banyak keutamaan dari sholat istikharah ini.

Di bawah ini Beritaku.id telah merangkum beberapa keutamaan atau manfaat dari sholat Istikharah.

Membuat hati lebih tenang karena menyerahkan pilihan terbaik kepada Allah

Sebagai makhluk ciptaan-Nya sudah sepatutnya kita menyerahkan hasil akhir hanya pada-Nya. Karena tidak ada pilihan terbaik daripada pilihan-Nya.

Mungkin kamu berpikir pilihan itu merupakan yang paling baik, tapi bagi Allah itu adalah hal yang akan membawa keburukan. Maka Allah akan memberikan banyak rintangan padamu. Dia tidak ingin kamu melakukan pekerjaan itu atau si dia adalah orang yang buruk, maka dari itu Allah menjauhkannya.

Sehingga hati akan lebih tenang saat setelah sholat. Hal ini karena kamu yakin Allah akan memilihkan yang terbaik bagi hidupmu.

Bisa menghindari perasaan menyesal dari perkara yang rumit

Karena kamu melibatkan Allah dalam mengambil keputusan. Maka Allah akan selalu menunjukkan padamu jalan dan pilihan terbaik. Mungkin hatimu akan kecewa sebentar, karena nyatanya pilihan yang lebih kamu pilih malah dapat banyak kesulitan.

Namun, sebenarnya Allah hanya ingin kamu tidak terus melakukan kegiatan tersebut. Karena Ia tahu bahwa suatu saat nanti apa yang kamu kerjakan menjadi bumerang dalam kehidupanmu. Bisa saja menghancurkan semua hal yang telah kamu bangun. Agar membuatmu tak menyesal, Allah lebih dulu mematahkan semangatmu di awal.

Mendapat pilihan yang terbaik dari yang paling baik

Allah lebih mengetahui apa yang terbaik bagi hambanya di masa depan. Berserah diri setelah berusaha dan saat bimbang hanya pada-Nya adalah hal yang tepat.

Selain lebih merasa tenang di hati, menyerahkan keputusan akhir kepada Allah juga membuatmu mendapatkan pilihan jawaban terbaik. Misalnya ada dua orang pria yang ingin melamarmu, mereka sama-sama dari keluarga yang baik, mapan, dan agamnya juga oke.

Namun, saat kamu berserah diri, ternyata Allah masih belum ridha kepada dua pemuda tadi. Karena Dia telah menyiapkan pria yang lebih baik daripada dua di antaranya.

Terhindar dari bisikan setan yang suka menggoyahkan hati

Sholat Istikharah bisa menghindarkanmu dari bisikan setan. Hal ini karena saat hati sedang bimbang, setan suka membisikkan hal-hal yang menjerumuskan. Oleh karena itu, cara membentenginya dengan sholat Istikharah.

Berserah diri kepada Allah, agar senantiasa mendapat jalan yang paling baik. Serta selamat dari akhir yang menyesatkan dan tidak akan merasakan penyesalan yang besar.

Telah mengikuti salah satu anjuran dari Rasulullah SAW

Seperti hadis dari riwayat Jabir Ibn Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah sangat menganjurkan untuk melakukan Istikharah bila umatnya menemui sebuah perkara. Dengan melaksanakannya berarti kamu sudah melakukan satu amalan yang sesuai anjuran beliau.

Aturan Sholat Istikharah

sholat Istikharah
Tata cara sholat istikharah

Setelah mengetahui bacaan doa dan keutamaan sholat Istikharah. Lantas bagaimana tata caranya?

Seperti sholat sunah pada umumnya, Sholat Istikharah adalah sholat dua rakaat. Namun, waktu pengerjaannya bisa kapan saja kecuali lima waktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat.

Melansir dari laman NU Online, Syekh Salim bin Sumair Al-Hadlrami dalam kitabnya Safînatun Najâ menyebutkan lima waktu yang diharamkan sholat. Sementara Syekh Muhammad Nawawi Banten dalam kitabnya Kâsyifatus Sajâ memberikan penjelasan kelima waktu tersebut seperti di bawah ini.

Pertama, waktu terbitnya matahari, ketika matahari masih mulai terlihat hingga ia setinggi galah. Kedua, waktu istiwa, di mana matahari berada di atas kepala. Namun, ini tidak berlaku untuk sholat Jumat. Ketiga, waktu tenggelamnya matahari, dari langit mulai menguning-keemasan sampai tenggelam sepenuhnya.

Keempat, setelah sholat Subuh sampai matahari terbit sepenuhnya. Kelima, selepas sholat Asar sampai matahari terbenam. Untuk yang dua ini hampir sama dengan yang sebelumnya. Bedanya ini jika orang tersebut telah melakukan sholat tepat waktu, maka tak boleh lagi melaksanakan sholat sunah lagi.

Akan tetapi, ada beberapa sholat sunah yang boleh dilakukan pada waktu tersebut dengan syarat memiliki sebab khusus. Misalnya sholat gerhana bulan dan matahari yang terjadi pada waktu yang diharamkan. Juga sholat Tahiyatul Masjid.

Waktu Terbaik Untuk Sholat Istikharah

Namun, waktu yang paling baik untuk melaksanakan sholat Istikharah adalah malam hari sampai waktu sepertiga malam terakhir. Mengutip dari laman Webmuslimah.com, menurut hadis riwayat HR. Bukhari, Rasulullah bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ٠

Yang artinya: Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam terakhir. Lalu Allah SWT berfirman, “Barang siapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barang siapa yang meminta sesuatu kepada-Ku, Aku akan memberinya. Dan barang siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku akan mengabulkannya.”

Baca Juga Beritaku:Sholat Mayit, Tata Cara: 4 Takbir, Doa Iftitah, Dzikir Setelahnya

Tata Cara Sholat Istikharah

Lalu bagaimana tata caranya pelaksanaan sholat Istikharah? Berikut ini penjelasan tata laksananya.

  • Niat sholat Istikharah di dalam hati.

أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى  

Artinya: “Aku niat sholat sunah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

  • Membaca surat Al-Fatihah, lalu setelahnya membaca surat Al-Kafirun.
  • Pada rakaat kedua setelah membaca surat Al-Fatihah, dianjurkan untuk membaca surat Al-Ikhlas. Setelah salam, membaca doa yang sudah Beritaku.id tulis pada poin pertama tadi.

Setelah sholat Insya ‘Allah akan segera mendapat petunjuk tentang mana pilihan yang baik. Biasanya berupa kelapangan hati. Mungkin juga mendapatkan mimpi.

Namun, mengutip dari laman NU Online, menurut Syekh Said Ramadhan al-Buthi, tidak ada hubungan antara sholat Istikharah dengan mimpi. Istikharah hanya sebatas melaksanakan sholat dan berdoa dengan bacaan yang telah disarikan oleh Rasulullah.

Lalu iringi dengan melakukan perbuatan yang diistikharahi. Jika perbuatan itu baik, maka Allah akan mudahkan, jika buruk maka Allah akan memalingkan dari perbuatan tersebut. (Masyurat Ijtima’iyyat, hal. 158).

Syekh as-Sya’rawi menuliskan dalam fatwanya, bila mimpi pada saat tidur tidaklah berlaku pada sholat istikharah. Kemungkinan mimpi tersebut adalah isi hatinya terhadap suatu subjek tertentu dan bukan petunjuk dari Allah.

Dengan begitu dapat kita tarik kesimpulan bahwa jawaban Istikharah tidak selalu datang dari mimpi. Karena mimpi biasanya tergantung pada emosi seseorang. Sehingga kemungkinan itu hanya keinginannya saja dan bukan merupakan petunjuk Allah. Oleh karena itu, ada pendapat bila kesunahan sholat Istikharah tidak berlaku pada orang yang sudah punya kemantapan hati.

Akan tetapi, ada pula yang berpendapat bila yang tepat melakukan sholat Istikharah ialah mereka yang sudah punya ketetapan hati. Hal ini juga masih mengacu pada hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Jabir Ibn Abdillah radhiyallahu ‘anhu.

Melansir dari Muslim.co.id, ini karena kata “hama” yang berarti berniat. Karena sebagian besar mengartikan “menghadapi”, maka artinya pun Istikharah dilaksanakan sebelum hatinya mantap.

Baca Juga Beritaku:Dzikir Setelah Sholat Dhuha, Untuk Mendapatkan Rezeki

Manfaat Sholat Istikharah

Lalu bagaimana manfaat jika melaksanakan sholat Istikharah saat hati sudah memiliki ketetapan?

Masih melansir Muslim.co.id, menurut penjelasan Al-Ustadz Aris Munandar, jika dia telah mantap dengan suatu urusan dan memohon kepada Allah. Apabila urusannya tersebut baik, maka Allah akan mempermudah jalannya. Begitu juga sebaliknya.

Dalam setiap kajian hadis selalu ada sedikit perbedaan pendapat di kalangan ulama. Akan tetapi, setiap perbedaan itu tetap bisa dijadikan pedoman oleh orang awam. Wallahu a‘lam.

Selain sholat Istikharah, ada sholat sunah yang jika melaksanakannya akan membuka pintu rezeki serta jodoh.

Silakan baca langsung: Tata Cara Sholat Hajat Ada 19 Agar Keinginan Tercapai, Rezky dan Jodoh Terbuka.

Referensi:

  1. NU Online
  2. Islam NU Online
  3. Beritaku.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *