Cara Menjadi MC Islami

Posted on

Acara Islami seperti ceramah dan pidato, merupakan kegiatan formal, bagaimana cara menjadi MC islami untuk mengantar pengajian supaya menarik?

Beritaku.Id, Organisasi dan Komunikasi – Biasanya, seorang penonton lebih tertarik kepada pembawa acara daripada penceramah. Sebab penceramah ataupun yang berpidato tidak mampu meningkatkan minat pendengar.

Oleh Sri Damara (Penulis Organisasi Dan Komunikasi)

Atau sebaliknya, seorang penceramah dan yang berpidato lebih menarik, sebab pembawa acara menoton dalam mengantar sebuah acara.

Seharusnya seimbang antara pembawa acara dan pembicara, sehingga pendengar akan merasakan konten sesuai dengan tujuan acara yang terencanakan.

Maka, seorang Master Of Ceremony (MC) harus memiliki kemampuan memilih kata dan menyusun kalimat yang tepat dalam membawakan sebuah acara.

Menjadi MC Islami
MC acara pernikahan, Gambar by google

Ada banyak variasi kalimat, yang bisa kita gunakan untuk memulai sebuah pembicaraan, dengan demikian pendengar akan masuk dalam alur acara terencana.

Jika demikian, maka pemilihan kata hingga penyusunan kalimat harusnya terencana dengan baik. Tampil memukau, harus dengan perencanaan yang matang, agar supaya alur acara berjalan sesuai dengan harapan.

Bagaimana memilih kata pembuka yang tepat?

Baca juga beritaku: Keprotokoleran dan 3 Macam Persidangan Organisasi

Pemilihan Kalimat Pembuka Yang Tepat

Dalam hal kalimat pembukaan, maka terbagi dalam beberapa bagian, yakni:

  1. Mukaqimah,
  2. Pemilihan Kalimat Yang Tepat.

Mukadimah Yang Menarik

Mukadimah terdiri dari mukodimah arab dan juga Indonesia, Mukadimah Pidato Yang Singkat Tapi Berkesan merupakan cara untuk mendapatkan fokus perhatian pendengar.

Selanjutnya, kalimat pembuka adalah susunan kata pada awal berbicara, baik sebagai pembawa acara maupun sebagai pembicara (penceramah atau pembawa sambutan pidato).

Melakukan pemilihan kata yang tepat akan sangat berpengaruh pada kejelasan makna kalimat. Penekanan kata, dengan memilih kata yang tepat disertai penekanan yang baik akan sangat berpengaruh pada perhatian pendengar.

Ayat pembuka pidato ataupun Doa Pembuka MC yang Islami bis akita lihat sebagai berikut:

Doa Pembuka Singkat Untuk MC Islami
Mukadimah Pembuka Pidato Yang Singkat (Foto: Wajibbaca)

Bacaan Arab: Alhamdulillahi Robbil ‘Aalamiin Wassalatu Wassalamu Ala Asyrofil Anbiya’i wal mursoliyn, Wa Ala Alihi Wa Sohbihi Aj’mainyn Amma’ Ba’du.

Artinya: Segala Puji Bagi yang Maha Kuasa, Tuhan seluruh Alam. Semoga sholawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Salah satu contoh Mukodimah dan doa pembuka, untuk lengkapnya silahkan baca secara lengkap pada artikel lain: Mukodimah pembukaan singkat.

Memilih Kata Pengganti Subjek Yang Tepat

Menjadi MC Islami
MC, Gambar by Google

Kata ganti subjek yakni seperti: kamu, anda, dia, kalian dan mereka

Hindari menggunakan kata “anda sekalian” atau “kalian”. Meski pada posisi umur kita lebih tua daripada mereka yang kita sebut Kalian atau anda sekalian.

Bahasa tersebut cukup superior (maknanya: saya merasa lebih tinggi dari kalian atau anda sekalian).

Terdapat kata pembuka secara Islam, dalam acara formal. Misalnya menyebutkan. Para hadirin, kaum muslimin dan muslimat. Atau kaum mukminin dan mukminat.

Atau yang paling lazim dengan mengatakan, bapak ibu sekalian (memiliki makna sama bapak-bapak dan ibu-ibu).

Hal ini lebih kenal dalam pembelajaran dengan prononsiasi (pronounciation). Atau kata ganti subjek.

Lalu, bagaimana menjadi MC islami? Menjadi MC islami maupun MC umum, harus mampu mengendalikan ucapan dan isi bahasanya.

Dengan pemilihan kata-kata subjek yang tepat. Sebab bisa kita bayangkan jika seorang MC menyapa para penonton dengan kata kalian. Sementara yang hadir dalam acara tersebut adalah Bupati, Gubernur atau bahkan presiden.

Dalam hierarki jabatan pemerintahan jelas ini keliru, begitupun juga dengan jabatan hierarki agama. Misalnya pengurus Masjid, Tokoh masyarakat dan sebagainya.

Maka pilhlah prononsiasi yang tepat. Lebih menghargai pendengar, dan membuat pendengar tertarik.

Baca juga beritaku: Pembukaan MC Menarik, 8 Syarat, Tugas Serta Contoh Susunan Acara

Berikut ini akan kami tampilkan, beberapa contoh susunan acara Islami

MC Acara Islami

Master Of Ceremoni pada acara Islami, yakni pengarah acara untuk berbagai kegiatan Islam. Tentunya untuk hal ini, seorang pembawa acara harus memiliki penampilan yang sesuai.

Bagi seorang laki-laki yang akan menjadi MC islami haruslah berpakaian rapi dan sopan. Sedangkan untuk perempuan harus mengenakan pakaian yang tertutup dan sopan.

Menjadi MC islami atau MC umum identik dengan acara-acara ceremonial yang membacakan susunan acara agar lebih teratur dan tidak tumpang tindih.

Berikut ini beberapa contoh konsep kata-kata pengantar MC di acara yang berbeda, yaitu:

Protokol Acara Pernikahan

Pada dasarnya, dalam acara pernikahan tentu sangat membutuhkan seorang yang bisa memandu dalam berlangsungnya acara.

Agar bisa membuat suasana jadi lebih indah, rapi dan juga elegan serta bisa membawa nuansa yang berbeda.

Penting bagi calon pengantin untuk menentukan MC pernikahan dengan seksama.

Oleh karena itu berikut adalah contoh teks protokol pernikahan. Selain itu, di dalam sebuah pernikahan tentunya ada susunan acara agar bisa tertata dengan baik, dan berikut ulasannya.

1. Salam pembuka
Contoh teks salam pembuka:
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 
Kepada yang terhormat Bapak............, dan juga  hadirin hadirat tamu undangan yang kami hormati.  
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas karunia, rahmat, taufik dan hidayahnya kepada kita semua.  
Sehingga kita bisa berkumpul di tempat yang dimulyakan ini.  
Dalam keadaan yang sehat untuk menghadiri acara keluarga besar ........ dan ibu, di pernikahan putrinya yang bernama ........ dengan saudara....... dari keluarga besar Bapak........
Sekilas itu untuk pembukaannya. Nah, untuk selanjutnya kita masuk pada poin kedua.

2. Pembacaan Ayat Suci Al – Quran
Acara yang selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Al-Quran yang akan dibacakan oleh saudara....... 
Kepada saudara, tempat dan waktu kami persilahkan.

Setelah saudara tersebut sudah selesai maka kemudian, MC berkata: Kepada saudara ...... kami ucapkan banyak terima kasih atas lantunan ayat suci Al quran yang sangat menyentuh hati. Semoga dari pembacaaan ayat suci tersebut kita bisa mendapatkan syafaat untuk kehidupan, terutama untuk kedua mempelai. 3. Penyerahan dari Keluarga Mempelai Wanita Memasuki acara ketiga, yaitu sambutan penyerahan dari pihak keluarga mempelai wanita kepada keluarga mempelai pria, yang akan disampaikan oleh yang terhormat Bapak........ kepadanya dipersilahkan. Apabila sudah melakukan penyerahan maka sebagai MC kamu melanjutkan acaranya. Demikianlah sambutan penyerahan yang telah disampaikan oleh Bapak........... kepada .......... kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga mempelai pria dan semua keluarga besarnya bisa mengerti serta dapat menerimanya dengan sepenuh hati, tanpa adanya kekurangan maupun kelebihan. 4. Penerimaan Keluarga Mempelai Pria Kemudian kamu sebagai MC melanjutkan naskah yang satu ini : Acara selanjutnya adalah penerimaan dari pihak mempelai pria, yang akan disampaikan oleh yang terhormat Bapak....... kepadanya kami persilahkan. Setelah sambutan sudah selesai, maka kamu sebagai Mc melanjutkan acaranya. Kepada Bapak........ kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Demikian telah kita saksikan acara serah terima dari kedua mempelai. Marilah kita bersama iringi do’a semoga kedua mempelai mendapatkan limpahan rahmat serta berkah dari Allah SWT. Sehingga inshaa Allah bisa membina mahligai rumah tangga yang bahagia fiddunnya wal akhirah. Amiin, Amiin Ya Robbal Alamiiin. 5. Siraman Rohani atau Nasihat Pernikahan Contoh teks MC pernikahan selanjutnya merupakan nasihat pernikahan atau juga disebut siraman rohani seperti ini : Sekarang sampailah kita ke acara yang selanjutnya yaitu nasihat pernikahan yang akan disampaikan oleh Bapak......... kepada beliau dipersilahkan. Setelah siraman rohani tersebut sudah disampaikan atau sudah selesai maka MC kembali memimpin acaranya kembali seperti contoh berikut : Kami ucapkan banyak terima kasih Bapak atas siraman rohani atau nasihat pernikahan yang telah disampaikan. Dengan nasihat tadi yang sudah disampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kedua mempelai dan juga kita semua serta membuat kedua mempelai tersebut menjadi sebuah keluarga yang bahagia, harmonis dan sakinah, mawaddah wa rahmah. 6. Penutup dan doa Bapak, Ibu, saudara sekalian yang berbahagia. Acara demi acara telah dilaksanakan bersama. Kini tibalah kita pada penghujung acara yaitu penutup dan pembacaan doa yang nantinya akan dipimpin oleh yang terhormat dari Bapak.......... kepadanya kami persilahkan. Setelah pembacaan do’a selesai, Mc menutup acara dengan contoh teks MC pernikahan dibawah ini: Semoga dengan do’a yang kita semua panjatkan bisa dikabulkan oleh Alloh Swt dan terima kasih kepada Bapak yang telah memimpin do’a.

Acara Walimatul Ursy

Konsep MC untuk acara walimatul ursy tidak jauh berbeda dengan protokol pernikahan.

Teks untuk acara walimatul ursy hanya ditambah dengan sedikit kata-kata yang bernuansa islami.

Berikut ini konsep MC dan daftar acara walimatul ursy:

Asslamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil’aalamin, wash shalatu was salamu’alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa’ala aalihi wa ash-habihi ajmain, amma ba’du.

Yang kami muliakan para alim ulama yang senantiasa kami taati.

Kepada yang terhormat bapak ………, bapak ibu hadirin dan hadirat para undangan yang kami hormati, wabil khusus kedua mempelai yang kini hatinya sedang berbunga-bunga karena berbahagia.

Mengawali pertemuan resepsi pernikahan atau walimatul ‘ursy ini, sudah seharusnya kita bersyukur kepada Allah SWT.

Yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan juga hidayah-Nya kepada kita.

Yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita bisa berkumpul, menghadiri undangan bapak …../ibu ……

Di acara resepsi pernikahan putranya yang bernama …….dengan pasangan yang dicintainya yang bernama …...

Shalawat dan salam kita persembahkan kepada Rasulullah SAW.

Yang telah memberikan petunjuk, jalan kebenaran, dan memberikan pencerahan dari zaman kegelapan menuju ke zaman yang terang benderang yaitu agama Islam.

Seperti yang kita saksikan bahwa kedua mempelai sedang bersanding di hadapan kita, seperti raja dan ratu yang berbahagia, hatinya berdebar-debar karena menantikan saat indah di malam pertama.

Semoga kiranya akad nikah yang baru dilaksanakan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Semoga rumah tangga mereka sakinah mawaddah wa rahmah. Aamiin aallahumma aamiin.

Selaku pembawa acara, kami akan menyampaikan susunan acara resepsi pernikahan ini, yaitu:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
  3. Penyerahan dari keluarga mempelai Putra
  4. Penerimaan dari keluarga mempelai Putri
  5. Siraman Flohafil (nasehat pernikahan)
  6. Penutup dan doa

Hadirin dan hadirat yang berbahagia, demikianlah susunan acara resepsi pernikahan atau walimatul ursy pada hari yang berbahagia ini.

1. Pembukaan

Untuk mempersingkat waktu, marilah kita buka acara ini dengan bacaan Ummul Qur’an.

Ila hadrotin nabbiyil musthofa sayyidina muhammadin saw.

Alfatihah… (Setelah membaca surat Al-fatihah bersama-sama lalu MC melanjutkan)

Semoga dengan bacaan surat Al-Fatihah tadi, acara ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun, aamiin.

2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an

Acara yang kedua yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh ….

Kepada ….. Waktu dan tempat dipersilahkan dengan segala hormat.

(Sesudah qari’ selesai membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, MC kembali melanjutkan acara)

Terima kasih sampaikan kepada ……. Semoga pembacaan ayat suci Al-Qur’an tadi, pahalanya diberikan kepada pembaca.

Khususnya kepada mempelai berdua, juga kita semua yang mendengarkannya.

3. Penyerahan dari keluarga mempelai pria

Melangkah pada acara yang ketiga, yaitu sambutan penyerahan dari pihak keluarga mempelai pria kepada pihak keluarga mempelai wanita.

Yang akan disampaikan oleh bapak …. Kami persilahkan untuk maju ke depan.

(Setelah sambutan penyerahan selesai, MC kembali melanjutkan acara)

Demikian tadi Sambutan penyerahan Yang telah disampaikan oleh bapak ………..

Kepadanya kami Sampaikan banyak-banyak terima kasih.

Tentulah kiranya mempelai putri dan keluarga dapat mengerti dan menerimanya dengan sepenuh hati dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

4. Penerimaan dari mempelai wanita

Acara selanjutnya yaitu penerimaan dari pihak mempelai wanita, dalam hal ini akan disampaikan oleh yang terhormat bapak ….. kepadanya dipersilahkan.

(setelah sambutan penyerahan selesai, MC kembali memimpin acara).

Kepada Bapak ……, kami sampaikan terima kasih yang sebanyak-bnyaknya, demikianlah tadi telah kita saksikan bersama acara serah terima dari kedua mempelai.

Marilah kita iringi do’a, semoga kedua mempelai senantiasa mendapat limpahan rahmat dan berkah dari Allah SWT.

Sehingga dapat membina mahligai rumah tangga yang bahagia fiddunya wal akhirah, amin ya rabbal alamin.

5. Siraman rohani atau nasehat pernikahan

Sekarang sampailah kita pada acara yang kelima, yaitu siraman rohani atau mauidhatul hasanah nasehat pernikahan.

Yang akan disampaikan oleh Al Mukarom Bapak ………kepada beliau dipersilahkan dengan segala hormat.

(Setelah mauidhatul hasanah selesai, MC memimpin acara lagi, menyampaikan ucapan terima kasih dengan mengucapkan)

Kepada yang terhormat bapak ………….. kami sampaikan banyak terima kasih.

Hadirin dan hadirat serta para undangan yang berbahagia.

Demikianlah mauidhatul hasanah atau nasehat perkawinan yang telah disampaikan oleh bapak …...

Semoga nasihat dan siraman rohani tadi, bermanfaat bagi kita semua, terlebih bagi mempelai berdua.

Untuk dijadikan pedoman dan bekal dalam membina rumah tangga bahagia rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

7. Penutup dan doa

Hadirin dan hadirat serta para undangan sekalian yang berbahagia.

Acara demi acara telah kita lalui bersama, kini tibalah kita pada puncak acara.

Yaitu acara penutup atau pembacaan do’a, yang akan dipimpin oleh Bapak ……………

Mohon maaf jika ada kekurangan.

Kepada yang terhormat bapak …………. kami mohon untuk menutup acara ini dengan pembacaan do’a, kepada beliau kami persilahkan.

Akhirnya, billahittaufik wal hidayah wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Susunan Acara Pengajian Akbar

Menjadi MC Islami
MC Pengajian Akbar, Sumber Gambar by Google

Menjadi MC islami pada acara pengajian akbat menjadi suatu hal yang menarik.

Konsep susunan acara dan teks dari susunan acara pengajian akbar tidak jauh berbeda dengan acara umum lainnya.

Konsep teks MC pada pengajian merupakan susunan dari isi acara pengajian.

Yang diawali kata sambutan dengan  bahasa Arab.

1. Pembukaan

Struktur teks MC di pengajian yang pertama adalah pembukaan atau mukadimah.

Pembukaan atau mukadimah di dalam pengajian akbar bertujuan untuk menyampaikan tema dalam ceramah.

2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran

Susunan teks MC pengajian akbar yang kedua yaitu pembacaan ayat suci al Quran. Tugas Anda di sini mempersilahkan seseorang yang akan maju sebagai pembaca Al-Qur’an.

3. Kata Sambutan

Sesi kata sambutan harus ada dalam susunan teks MC pengajian akbar.

Karena seluruh jajaran penyelenggara acara tamu-tamu penting lainnya juga harus disebutkan.

Seorang MC harus tau siapa saja yang akan dipersilahkan untuk naik ke atas panggung memberikan sambutannya.

4. Inti dari Acara Pengajian akbar

Ini adalah sesi penting yang paling ditunggu audiens, yaitu pada saat tokoh utama memberikan ceramahnya.

Sampaikan secara singkat dan juga dengan menyebutkan nama tokoh penceramah beserta panggilan populernya.

Sertakan juga sedikit kalimat candaan dengan para audiens saat suasana mulai tegang, tapi pastikan tetap kondusif.

5. Pengumuman Penting atau Sesi Tanya Jawab

Selanjutnya membacakan susunan sesi tanya jawab serta durasi waktu kepada si penanya dan juga penceramah untuk menjawab.

Jika tidak ada sesi tanya jawab, maka dapat diganti dengan penyampaian pengumuman kepada para audiens.

6. Penutup dan Doa

Sesi terakhir dari semua acara adalah penutup dan doa serta salam. Persilahkan seseorang yang akan membacakan doa untuk menaiki panggung.

Demikianlah beberapa paparan dan contoh tentang bagaimana menjadi MC islami yang bagus.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Salam sukses selalu buat kita semua.

Bagikan Ke
Gravatar Image
Merupakan Penulis Tetap Berpengalaman Dalam Berbagai Kategori