Definisi Komunikasi Massa Menurut Para Ahli, Peran Media Pada Gerakan Politik
Salah satu bentuk komunikasi Massa, dengan menggunakan fasilitas media massa. (Foto: Komunikasipraktis.com)
Definisi Komunikasi Massa Menurut Para Ahli, Peran Media Pada Gerakan Politik

Kajian tentang arti dan Definisi Komunikasi dengan Massa Menurut Para Ahli. serta Peran Media Pada suatu Gerakan sosial Politik.

Beritaku.Id, Organisasi dan Komunikasi – Karakteristik komunikasi massa lama, memiliki beberapa perbedaaan dengan media massa baru. Dari segi tampilan dan waktu penerbitan.

Media online basis news, blog maupun entertaimen melakukan publikasi tidak kenal waktu. Membuatnya lebih maju dibandingkan media lama yang mengandalkan percetakan.

Hanya saja, media cetak atau media lama memiliki kredibiltas tinggi dibandingkan media online. Karena dengan cetakan tersebut trust pembaca menilai bahwa isi berita media cetak jauh lebih bertanggung jawab dalam hal hukum.

Meskipun keduanya bisa menjadi landasan literatur dalam sebuah keputusan dan kebijakan, atau bahkan di pengadilan.

Dengan media seseorang bisa membuka dan melihat dunia dengan jendela informasi yang dimiliki media massa. Dan itu menjadi komunikasi langsung ataupun tidak langsung secara massif.

Apa definisi Komunikasi Massa secara jelas, menurut para pakar?

Definisi Dari Komunikasi Massa Menurut Para Ahli

Sebelum membahas tentang arti komunikasi massa oleh para ilmuan, maka lebih awal dibahas tentang Media massa itu sendiri.

Arti Komunikasi Massa

Komunikasi massa adalah metode penyampaian pesan dari komunikator (pemilik pesan) kepada komunikator (penerima pesan) berupa orang banyak atau khalayak ramai (lebih dari 1 orang).

Komunikasi Massa didefinisikan oleh beberapa pakar, sebagai berikut:

O’Sullivan, Hartley, Saunders, & Fiske, 1983, Sebelum Ada Internet

Komunikasi massa adalah praktik dan produk penyediaan hiburan dan informasi. Kepada audiens yang dengan cara dibiayai perusahaan, diproduksi secara industri, diatur oleh negara, teknologi tinggi. Komoditas yang dikonsumsi secara pribadi di media cetak, layar, audio, dan media penyiaran modern. (O’Sullivan, Hartley, Saunders, & Fiske, 1983, hal. 131) (Definisi ini ditulis sebelum pengembangan Internet, telepon seluler, Palm Pilots, dan game CD-ROM tidak dalam pembahasan ini) Dari, Cjc-online.ca

Bittner

Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui “media massa” pada sejumlah pendengar yang besar.

Gebner

Menurut Teori yang disampaikan oleh Gerbner (1967) Komunikasi massa adalah produksi dan proses pendistribusian yang menggunakan teknologi lembaga. Dengan penyampaian pesan yang terus menerus secara menyeluruh kepada orang lain.

Meletzke

Dalam definisi Meletzke, Komunikasi massa menurutnya sebagai suatu bentuk komunikasi. Yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar.

Freidson

Komunikasi massa adalah proses penyampaian pesan kepada sejumlah populasi. Dari berbagai kelompok (bukan hanya satu atau beberapa individu atau sebagian khusus populasi).

Bagi Freidson, khalayak yang banyak dan tersebar tersebut dinyatakan menggunakan istilah sejumlah populasi. Dan populasi selanjutnya diberikan arti, merupakan representasi dari berbagai lapisan masyarakat. Freidson dapat menjelaskan ciri komunikasi massa yang lain yaitu dengan adanya unsur keserasian penerimaan pesan oleh komunikan. Pesan bisa mencapai pada waktu yang sama kepada semua orang.

Wright

“Bentuk baru ini dapat dibedakan dari teori yang lebih lama dengan karakteristik utama (komunikasi massa). Sebagai berikut: ia diarahkan ke audiensi yang relatif besar, heterogen, dan anonim; pesan dikirimkan secara publik, sering kali untuk menjangkau anggota audiens terbanyak secara bersamaan, dan ditransformasikan dalam karakter; komunikator cenderung menjadi, atau melakukan secara efisien, dalam satu organisasi yang kompleks yang mungkin membutuhkan biaya besar “

Apa yang dimaksud dengan media komunikasi?

Dari pembahasan beberapa pakar diatas, menyebutkan bahwa komunikasi massa adalah proses penyampaian pesan kepada orang banyak. Dengan menggunakan media komunikasi massa.

Adapun media komunikasi yang dimaksud adalah perantara dari sebuah pesan, seperti: Surat, TV. Radio, yang saat ini mulai tergeser dengan komunikasi daring: Email, facebook, media sosial lainnya.

Media komunikasi merupakan sebuah teknologi informasi baru yang berguna menyampaikan pesan, dengan perangkat teknologi. Dalam jaringan (internet) dan aplikasi media sosial.

Peran Media Massa Pada Gerakan Komunikasi Politik

Definisi komunikasi politik menurut Pakar

Michael Rush dan Phillip Althoff, (2008)

Komunikasi politik itu memainkan peranan yang penting sekali di dalam sistem politik. Komunikasi politik ini menentukan elemen dinamis, dan menjadi bagian menentukan dari sosialisasi politik, partisipasi politik, dan perekrutan politik.

Proses menyampaikan sebuah gagasan untuk mewujudkan sebuah visi dan misi dengan kampanye. Meningkatkan partisipasi publik untuk gerakan politik. Serta menciptakan relawan dan loyalis dalam gerakan politik kebijakan.

Dalam perkembangannya, komunikasi politik banyak menggunakan media untuk melakukan komunikasi massa. Sehingga melahirkan sebuah tatanan baru yang balance terhadap peran media massa dalam komunikasi politik

Gabriel Almond (1960)

Gabriel Almond menjelaskan tentang komunikasi dalam beberapa bagian:

  1. Komunikasi Massa
    Komunikasi ‘satu orang untuk orang banyak, komunikasi dengan melalui media massa.
  2. Komunikasi Tatap Muka
    Ada fasilitas sebagai perantara antara komunikator dan khalayak seperti TV, facebopk dan sebagainya.
  3. Komunikasi Interpersonal
    Komunikasi ‘satu orang kepada satu orang lainnya’. Door to door visit, pertemuan publik.
  4. Komunikasi Organisasi
    Gabungan komunikasi ‘interpersonal’ dan komunikasi massa: Komunikasi berbentuk Tatap Muka. Diskusi tatap muka dengan beberapa bawahan/staf. Penyebaran catata, proses persidangan, dan media lainnya.

Demikian definisi dari komunikasi terhadap massa oleh beberapa pakar, dalam sebuah gerakan politik, dengan menggunakan media massa.

Beritaku, Organisasi: Hubungan Komunikasi Antara Anggota Organisasi