dzikir pendek

Dzikir Pendek dan Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat

Diposting pada
Dzikir setelah sholat

Dzikir pendek tidak selamanya minim syafaat. Terkadang tuntutan aktivitas membuat kita harus membuat segalanya menjadi singkat. Termasuk di dalamnya adalah doa setelah sholat fardhu.

Beritaku.Id – Berita Islami. Dzikir adalah mengingat. Dzikir kepada Allah artinya adalah mengingat Allah. Barang siapa yang senantiasa mengingat Allah, maka in syaa Allah hidupnya akan tentram.

Oleh Tika (Penulis Berita Islami)

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Sesuai Sunnah

Sholat fardhu adalah sholat yang wajib dikerjakan oleh umat muslim setiap hari. Terdiri atas sholat Shubuh sebanyak 2 rakaat, sholat dzuhur dan ashar sebanyak empat rokaat, sholat maghrib tiga rakaat, dan sholat Isya sebanyak empat rakaat.

Setelah menjalankan sholat fardhu, kita sebaiknya berdoa memohon ampunan kepada Allah. Namun sebelum itu, alangkah baiknya untuk memuji Allah dengan melalui dzikir.

Sayangnya, di tengah kesibukan kita sebagai umat manusia, tidak sedikit dari kita yang tidak dapat beribadah dalam waktu yang lama.

Oleh sebab itu, muncullah dzikir singkat tanpa mengurangi esensi dan makna dari dzikir itu sendiri. Namun sebelum mengenal bacaan dzikir tersebut, ada baiknya kita mengetahui bacaan dzikir yang sesuai dengan sunnah.

a. Memohon ampun kepada Allah

Awali dzikir dengan memohon ampun kepada Allah atas dosa yang sengaja maupun tidak kita sengaja. Adapun bacaan singkatnya adalah:

Astaghfirullaahal’adziim. Alladzii laa ilaa ha illaa huwal hayyul qoyyuum wa a tuubu ilaiih.

Allaahumma antassalaam waminkassalaam wa’alaika ya’uudussalaam fahayyinaa robbahaa bissalaam. Waadkhilnal jannata daaroka daarossalaam. Tabaarokta robbanaa wa ta ‘aalaita yaa dzaljalaali wal ikroom.

Sebaiknya, kita membaca sebanyak tiga kali.

b. Memuji Allah dengan pujian Allah

Laa ilaa ha illallaah wahdahuu laa syariikalah. Lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai in qodiir.

Membacanya sebanyak tiga kali. Alasannya adalah karena sunnah untuk membaca dalam jumlah ganjil.

Lanjutkan dengan Subhaanallaah sebanyak 33x, alhamdulillaah sebanyak 33x, dan Allaahu Akbar sebanyak 33x.

c. Membaca surat pendek dan ayat kursi

Adapun bacaan surat pendek yang disarankan sesuai sunnah adalah Al Ikhlas, An Naas, dan Al Falaq. Kemudian lanjutkan dengan ayat kursi. Adapun bacaan ayat kursi adalah:

Allaahu laa ilaa ha illaa huwal hayyul qoyyuum. Laa ta’buduhuu sinatuwwalaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wal ard. Mandzalladzii yasfa’u ‘indahuu illaa biiznih. Ya’lamumaa baina aydiihim wamaa kholfahum.

Walaa yuhiituuna bisyaiin min ‘ilmihii illaa bi maasyaaak. Wa si’a kursiyyuhussamaawaati wal ard. Walaa ya uu dzuhuu hifzuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adziim.

Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah

Dzikir pagi dan petang

ada sedikit perbedaan antara dzikir pada pagi hari dan pada sore hari. Dalam sebuah tuntunan yang bernama Al ma’tsurat, secara rinci telah tercantum bacaan-bacaan dzikir.

Dalam surah Ar ruum ayat 17 tersebutkan bahwa manusia sebaiknya berdzikir kepada Allah di waktu pagi dan petang.

Mengapa harus di pagi hari dan petang? Apa sebenarnya keistimewaan dari pagi dan petang?

Sebuah hadist meriwayatkan mengenai keistimewaan dzikir di pagi dan petang. Sesungguhnya Rasulullah akan bersama kaum muslim yang mengingat Allah sejak setelah sholat shubuh hingga terbitnya matahari.

Kemudian Rasulullah juga akan bersama hamba-hamba Allah yang berdzikir sejak sholat Ashar hingga matahari terbenam. Kedua hal itu jauh lebih baik daripada memerdekakan empat orang budak.

Dzikir ternyata juga dapat mengangkat derajat manusia. Ia juga mampu memberikan ketenangan batin bagi yang membacanya.

Dalam sebuah hadist, rasulullah menjelaskan mengenai kelebihan dzikir di hadapan Allah yang Maha Tinggi. Dzikir memiliki faedah dan pahala yang lebih banyak dari infaq dan shodaqoh.

Pada pagi hari di waktu Shubuh, Allah menurunkan malaikat-malaikat. Mereka akan membantu mengamini doa dari hamba-hamba Allah pada saat itu.

Urutan Dzikir

Adapun urutan dzikir seperti yang tercantum dalam Alma’tsurat adalah:

  1. Membaca Al Fatihah
  2. Surah Al Baqoroh ayat 1-5
  3. Al Baqoroh 255-257
  4. Membaca Surah Al Ikhlas 3x
  5. surah Al Falaq 3x
  6. Melanjutkannya dengan Membaca Surah An Nas 3x
  7. asbahna (subuh) wa asbahalmulku lillaahi walhamdulillaahi laa syariikalah. Laa ilaaha illaa huwa wailaihinnusyuur. 3x
    Ketika sore mengganti asbahnaa menjadi amsainaa.
  8. Kemudian membaca Asbahnaa ‘alaa fitrotil islaami Wa kalimatilikhlaasi wa’alaa Diini nabiyyinaa muhammadin shollallaahu ‘alaihi wasallama wa’alaa millati abiinaa ibroohiima haniifaan musliman wamaa kaana minal musyrikiin. 3x
    Ketika sore membaca amsainaa.
  9. Allaahmumma innii (asbahtu) minka fii ni’matin wa’aa fiyatin wasitrin, fa a timma ‘alayya ni’mataka wa’aa fiyataka wasitroka fiddunyaa wal aakhiroh. 3x
    Sore: Amsainaa
  10. Dan tidak lupa melanjutkannya dengan Allaahmumma maa (asbaha)/ (amsa) bii minni’matin au bi ahadin min kholqika faminka wahdaka laa syariikalaka falakalhamdu walaka ssyukru.
  11. Yaa robbi lakalhamdu kamaa yanbagii lijalaali wajhika wa’adziimi sultoonik 3x.
  12. Sebaiknya juga membaca Rodiitubillaahi robbaa wabil islaami diinaa wabimuhammadinnabiyyaa warosuulaa. 3x
  13. Subhaanallaah wabihamdihii ‘adada kholqihii waridhoo nafsihii wazinata ‘arsyihii wa midaadakalimaatih. 3x
  14. Bismillaahilladzii Laa yadurru ma’asmihii syaiun fil ardi wa laa fissamaaa i wahuwassamii’un ‘aliim. 3x
  15. Allaahumma innaa na’uudzu bika min annusyrika bika syaian na’lamuhu wa nastaghfiruka limaa laa na’lamuh. 3x
  16. Kemudian membaca A’uudzubikalimaatillaahittaammaati min syarri maa kholaq. 3x
  17. Sholawat Ibrahimiyah

Macam-Macam Doa Sesudah Shalat

dzikir pendek

Zikir setelah Sholat boleh secara singkat maupun panjang. Secara singkat cukup membaca subhanallaah 33x, alhamdulillaah 33x, dan allaahu akbar 33x.

Lanjut membaca do’a kepada orang tua dan doa selamat dunia akhirat.

Boleh juga membaca:

Allaahumma anta robbii laa ilaa ha illaa anta kholaqtanii wa anaa ‘alaa ‘abduka wawa’dika mastato’tu. A’uudzubika min syarri maa sona’tu abuu u laka bini’matika ‘alayya. Wa abuu u bizambii faghfirlii fa innahuu laa yaghfiruzzunuuba illaa anta.

Sebelum satu dan lain hal, sangat baik untuk memuja Allah, memohon ampun, baru melanjutkan pada doa. Menyambungkannya dengan surah-surah dalam Al Qur’an pun sangat baik.

Contohnya setelah sholat shubuh dan maghrib membaca Al Waqiah untuk melancarkan rezeki.

Adapun do’a yang sangat umum dibaca setelah sholat wajib adalah:

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillaahirobbil’aalamiin. Hamdan Yuwaafii ni’amahu wayuwaafii maziidah. Yaa robii lakal hamdu kamaa yambagii lijalaali wajhika wa’adziimi sultoonik.

Namun Jangan lupa untuk membaca sholawat atas Nabi Muhammad SAW. Termasuk sholawat Ibrahimiyah maupun sholawat Nariyah. Di dalamnya sebenarnya telah tercantum doa.

Doa-doa lain setelah sholat

  1. Allaahumma robbanaa taqobbal minnaa washiyaamanaa wa rukuu’anaa wasujuudanaa waqu’uudanaa watadhorru’anaa watakhossyu’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiironaa Yaa robbal ‘aalamiin.
    doa tersebut untuk memohon kesediaan Allah menerima segala jenis ibadah kita, baik itu sholat, puasa, dan segala yang berniat ibadah.
  2. Robbanaa dzolamnaa anfusanaa wa illam taghfirlanaa watarhamnaa lanakuunanna minal khoosiriin.
    Memulai awal doa dengan memohon ampunan Allah kemudian melanjutkannya dengan doa dan hajat.
  3. Mengutip bacaan dari surah Al baqoroh
    Robbanaa laa tu aa khizna in nasiina au a’to’naa. Robaanaa walaa tahmil ‘alainaa ishron kamaa hamaltahuu ‘alaallaziina min qoblinaa. Robbanaa walaa tuhammil naa maa laa thoo qota lanaa biih. wa’fu ‘annaa. waghfirlanaa. warhamnaa. anta maulaanaa fansurnaa ‘alal qoumil haakimiin.
    Inti dari do’a ini adalah memohon ampunan kepada Allah dan harapan agar Allah tidak menghukum hambaNya yang lalai sebagaimana manusia-manusia terdahulu.
    Sesungguhnya Allah lah satu-satunya yang patut disembah dan melindungi kita dari menjadi kafir.
  4. Robbanaa laa tuzigh quluu banaa ba’da izhadaitaanaa wahablanaa milladunka rohmah innaka antal wahhaab.
    Ya Allah janganlahEngkau sesatkan hati kami setelah Engkau memberi kami petunjuk.
    Robbanaa aatinaa milladunka rohmah wahayyik lanaa min amrinaa rosyadaa
    ya Allah permudahkanlah segala urusan kami.
    Tidak sedikit juga yang membaca surah al insyirah untuk mengharapkan kemudahan dari Allah atas segala hal yang akan dilakukan.
    Tidak lupa untuk mengakhiri doa dengan membaca :
    Subhaanaka robbil ‘izzati ‘ammaa yusifuun. wasalaamun ‘alal mursaliin. walhamdulillahirobbil’aalamiin.
    Dan Lanjutkan dengan sholawat nabi seperti Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammad. Wa ‘alaa aali sayyidinaa Muhamamad.
  5. Terakhir, tutup dengan Al Fatihah.

Sebab-sebab susah dikabulkannya doa.

Sebagai umat muslim terkadang kita seringkali mengeluh perihal doa yang tidak segera terkabul. Pada hakikatnya, manusia memang makhluk yang mudah berputus asa tanpa memaknai maksud Allah dibalik itu semua.

Allah tidak mengabulkan doa seseorang bisa jadi karena Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik atau justru menundanya.

Namuun tentu saja ada hal-hal yang mengahambat doa untuk sampai ke langit. Sebagai manusia kita hanya perlu berikhtiar.

Sebab-sebab doa belum terkabul adalah:

– Adanya dosa dan sesuatu yang haram dalam diri

Dosa baik kecil maupun besar ternyata dapat menghambat terkabulnya do’a. Oleh sebab itu setiap awal kali berdoa, kita sebaiknya memohon ampun terlebih dahulu kepada Allah atas dosa-dosa yang kita lakukan.

– Berdoa untuk sesuatu yang tidak baik

Ada kalanya kita sedang kesal dengan seseorang dan mendoakan sesuatu yang tidak baik terjadi padanya. Oleh sebab itu, Hal ini secara mutlak tidak akan terkabul. pada hakikatnya, doa merupakan sesuatu yang baik dan terpuji.

Allah pun Maha Terpuji sehingga tidak mungkin ia akan mengabulkan permintaan hambaNya yang buruk dan tidak terpuji.

– Berdoa dengan tidak serius dan hati kosong

usahakan setiap berdoa kita memohon dengan serius. Karena adanya keyakinan yang kuat dalam diri akan membantu kita untuk fokus dengan doa.

Ingatlah jika sinergi antara pikiran positif, hati, dan apa yang terucap merupakan sebuah energi besar yang mendorong untuk tercapainya sesuatu.

– meninggalkan amar ma’ruf nahi munkar

jangan sampai kita berada pada level ini. Yaitu dengan tidak mengindahkan kebaikan atau justru melakukan kebathilan. Tentu saja dengan begitu maka hidup kita penuh dengan dosa. na’udzubillahi mindaaliik.

– Allah akan mengganti dengan sesuatu yang lebih baik

Memang sebaiknya kita berbaik sangka kepada apapun keputusan Allah. Jika Allah tidak juga mengabulkan doa kita, maka kemungkinan Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik.

Ingatlah jika Allah adalah sebaik-baiknya dan sebijaksana-bijaksananya sesuatu. Keputusan Allah adalah yang terbaik. Sebaiknya manusia tidak memaksakan kehendaknya pada Allah.

– Allah menunda apa yang kita kehendaki

Adanya doa dalam diri tentu memiliki sesuatu yang sarat akan makna. Ketika menginginkan sesuatu, manusia cenderung memaksa dan ingin dalam tempo secepatnya.

Padahal bagi Allah bisa saja ketika kita mendapatkan apa yang diinginkan saat ini maka tidak akan memberi faedah. Seperti itulah manusia. Mereka hanya akan tergesa-gesa dalam menginginkan sesuatu.

Wallahu ‘alam bisshawaab.

Bagikan Ke