Idola Bulu Tangkis
Sejarah dari bulutangkis (Foto: ipapa.co.id)

Idola Bulu Tangkis Terbaik, Sejarah, Kelas, 5 Daftar Idola

Diposting pada

Indonesia memiliki beberapa idola bulu tangkis tercantik dengan prestasi yang membanggakan. Sebagai pembuka, akan kita jelaskan bagaimana sejarah dan kelas pertandingan dalam bulu tangkis. Setidaknya ada 5 daftar idola pemain bintang tercantik yang saat ini kita miliki.

Beritaku.id, Olahraga – Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Prestasi dalam cabang olahraga ini tidak hanya berpihak pada atlet laki-laki saja, saat ini Indonesia telah memiliki beberapa pendekar bulu tangkis yang berparas cantik.

Oleh : Luluk Fadiyah (Penulis Olahraga)

Salah satu olahraga yang banyak peminatnya adalah bulu tangkis, olahraga ini dapat dilakukan mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Cara bermainnya secara praktek cukup sederhana.

Namun jika sudah menggunakan standarisasi, para pemain harus mengerti bagaimana agar dapat mencetak skor dalam sebuah permainan. Mengerti dan menguasai lapangan menjadi salah satu bekal dasar saat bermain.

Olahraga yang satu ini sebenarnya juga masih dapat kita lakukan dengan peralatan yang seadanya. Cukup dengan menyediakan raket, bola atau shuttlecock dan sepatu.

Namun jika anda ingin bermain bulu tagkis untuk tingkat yang lebih profesional, alat yang perlu anda asiapkan adalah lapangan (bisa menyewa atau menggunakan lapangan yang ada di kampung dengan yang sudah memenuhi standar), raket, bola atau shuttlecock, net, tiang net, papan skor dan sepatu.

Kepopuleran olahraga ini semakin hari semakin meningkat dengan semakin banyaknya atlet-atlet muda yang berprestasi. Berbagai pertandingan tingkat nasional dan internasional juga sering ditayangkan di stasiun televisi.

Masyarakat semakin antusian untuk mengenal olahraga inii, sebab selain cara bermainnya yang cukup mudah, untuk mendapatkan peralatannya kini juga mudah.

Anda dapat membelinya di toko-toko alat olahraga atau di marketplace-marketplace yang menyediakannya. Harganya juga bervariasi, dari yang murah hingga yang kualitas terbaik semuanya ada.

Bulu tangkis sendiri sebenarnya hampir mirip dengan olahraga tenis, tujuannya untuk memukul bola atau shuttlecock (menccetak goal) agar melewati jaring dan jatuh pada bidang permainan lawan.

Baca juga beritaku : Olahraga Basket, Sejarah, Cаbаng dаn Wadah Induk


Sejarah Dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

gambar contoh atlet bulu tangkis cantik

Bulu tangkis awal mula dapat dimainkan denga menggunakan raket dan bola (shuttlecock) saja, namun kemudian ada perkembangan di Mesir Kuno.

Pada tahun sekitar 2000-an, olahraga ini terus mengalami perkembangan tidak hanya di Mesir Kuno saja, namun juga pada negara India dan Republik Rakyar Tiongkok.

Saat itu di Tiongkok sendiri ada permainan dengan nama jianzi yang cara bermainnya hampir mirip dengan bulu tangkis, alat yang dibutuhkan adalah bola tanpa adanya raket.

Cara bermainnya yaitu menggunakan kaki, para pemain harus menjaga bola agar tidak menyentuh tanah. Jadi, pemain yang dapat mempertahankan bola lebih lama maka dia akan mendapat skor.

Di Inggris, juga mulai berkembang dengan nama battledore, saat itu adalah zaman pertenggahan adanya permainan anak-anak dan shuttlecock sangat populer.

Pada masa itu, anak-anak menggunakan tongkat untuk melindungi atau menjaga bola agar tetap berada di udara dan tidak jatuh. Permainan ini mendapat respon yang begitu bagus dari semua kalangan.

Bahkan pada tahun 1854 nuasa permainan anak-anak di Inggris tertangkap oleh majalah Punch. Permainan ini semakin berkembang setelah majalah tersebut mempublikasikan kartun yang menggambarkan suasana anak-anak yang sedang bermain battledore.

Akhirnya Inggris membawa permainan tersebut ke Jepang, Republik Rakyat Tiongkok dan Siam (saat ini berubah menjadi Thailand). Permainan tersebut langsung mendapat perhatian dari kalangan anak-anak dan semakin populer.

Untuk pertama kalinya, olahraga bulu tangkis dilakukan secara kompetitif pada abad ke-19. Penciptanya adalah seorang petugas Tentara Britania yang berada di Pune, India.

Saat itu bulu tangkis secara kompetitif telah menggunakan jaring sebagai pembatas bidang antar pemain. Sebelumnya, kota Pune lebih terkenal dengan nama Poona, sebab saat itu permainan ini terkenal dengan nama Poona.

Setelah populer di India, para tentara kembali ke Inggris dengan membawa permainan tersebut sekitar tahun 1850-an. Pada tahun 1860 permainan ini berganti nama menjadi Badminton.


Kelas Pertandingan Bulu Tangkis

Dalam permainan bulu tangkis, ada beberapa kelas untuk setiap pertandingannya. Pembagian kelas-kelas pertandingan tersebut adalah sebagai berikut :

Tunggal Putra

Kelas tunggal putra adalah salah satu kelas dalam sebuah pertandingan bulu tangkis. Dalam kelas ini pertandingan terdiri dari satu pemain putra yang akan melawan satu pemain putra secara langsung.

Dalam kelas tunggal putra ini masing-masing pemain memiliki sistem pertahanan yang lebih sedikit dari pada sistem pertahaman yang ada di kelas ganda.

Baca juga beritaku : Olahraga Renang: Keindahan Hingga Berat Badan Ideal

Tunggal Putri

Untuk kelas tunggal putri sama dengan kelas pertandingan tunggal putra, hanya saja masing-masing pemainnya terdiri dari pemain putri. Jadi, satu pemain putri akan melawan satu pemain putri.

Untuk aturan-aturan yang berlaku dalam kelas pertandingan tunggal putri juga msih sama dengan kelas tunggal putra. Sistem pertahanan juga lebih sedikit dari pada sistem pertahanan dalam kelas pertandingan ganda.

Ganda Putra

Sesuai dengan namanya, pada kelas pertandingan ini masing-masing regu terdiri dari 2 pemain putra. Berbeda dari kelas tunggal sebelumnya, dalam kelas pertandingan ini sistem pertahanan jauh lebih besar.

Hal tersebut karena masing-masing regu terdiri dari 2 pemain, sehingga untuk melindungi wilayah permainannya akan lebih maksimal. Gerakan yang pemain lakukan juga lebih luas, sehingga dapat membantu dalam memperoleh skor lebih banyak.

Dalam menggunakan lapangan, kelas ganda mempunyai sedikit perbedaan dengan kelas tunggal. Untuk pertandingan kelas ganda, masing-masing regu harus berbagi ruang dengan rekannya.

Dengan demikian, masing-masing pemain membutuhkan kekompakan untuk mengambil peran dalam menangkap bola dari lawan atau mengoper bola ke lawan.

Ganda Putri

atlet bulu tangkis ganda putri

Hampir sama dengan kelas pertandingan ganda putra, hanya saja dalam pertandingan ganda putri ini masing-masing regu juga terdiri dari 2 pemain yang berjenis kelamin sama (putri).

Aturan dan lapangan yang mereka gunakan dalam pertandingan juga sama dengan aturan dan lapangan pada kelas pertandingan ganda putra. Masing-masing regu akan berbagi wilayah (lapangan) dengan rekan bermainnya.

Untuk mencetak skor, pemain harus membuat goal di area lapangan lawan. Masing-masing skor yang akan mereka dapatkan sesuai dengan goal yang mereka hasilkan.

Dalam pertandingan ganda putri juga membutuhkan kekompakan antar anggota tim untuk dapat mempertahankan bola agar tidak masuk ke area lapangan. Begitu pula untuk mencetak skor, mereka harus bekerjasama memasukkan bola ke area lawan.

Ganda Campuran

Pada kelas pertandingan ganda campuran ini berbeda dengan kelas ganda sebelumnya. Dalam kelas ini masing-masing regu terdiri dari 2 pemain campuran (berbeda jenis kelamin). Untuk regu lawannya pun juga demikian, terdiri dari 2 pemain campuran yaitu putra dan putri.

Peraturan yang berlaku juga masih sama dengan peraturan yang berlaku pada kelas pertandingan ganda putra dan ganda putri. Masing-masing pemain harus mencetak goal pada area lapangan lawan untuk mencetak skor.

Pembagian lapangan juga sama dengan pembagian lapangan dalam kelas pertandingan ganda putra dan ganda putri, masing-masing regu harus berbagi lapangan dengan rekannya.

Kekompakan juga masih menjadi kunci keberhasilan masing-masing regu, untuk mempertahankan bola agar tidak jatuh di area lapangan menjadi tugas bersama masing-masing pemain.

Baca juga beritaku : Senam Olahraga Jodoh: Pengertian, 3 Prinsip & Induk


5 Daftar Idola Pemain Bulu Tangkis Dunia

Setiap olahraga pasti memiliki daftar pemain idoa, begitu juga dengan bulu tangkis. Dalam olahraga bulu tangkis, ada beberapa pemain idola yang sudah sekelas dunia.

Pemain-pemain tersebut sudah berulang kali mengikuti kejuaraan bulu tangkis di tingkat nasional maupun internasional. Kemunculannya di depan layar televisi juga sudah berulang kali.

Berbagai media yang memberitakan kemenangannya juga sudah sangat banyak, bahkan kehidupan pribadi mereka pun menjadi perhatian publik. Banyak masyarakat yang mengidolakan mereka, kepopuleran mereka terus meningkat dengan prestasi-prestasi yang mereka peroleh.

Meskipun mereka telah menjadi idola masyarakat, tampaknya mereka juga mempunyai idola tersendiri pada sesama pebulu tangkis. Wah, cukup menarik juga ya? seorang idola bulu tangkis juga masih mengidolakan pebulu tangkis lainnya.

Nah, jadi siapa saja yang masuk dalam daftar idola pemain bulu tangkis dunia nih? yuk dari pada semakin penasaran, mending langsung kita bahas satu persatu daftar nama-nama yang menjadi idola pebulu tangkis kelas dunia.

Taufik Hidayat, namanya sukses enjadi pembicaraan dunia berkat prestasinya dalam bidang olahraga bulu tangkis. Setiap pertandingan yang ia mainkan akan selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat dunia.

Kento Momota, pemain bulu tangkis yang berasal dari negri sakura ini juga berhasil menjadi idola bagi para pebulu tangkis lainnya dan masyarakat. Berkat permainannya yang bagus, dirinya telah berhasil menaklukan lawannya di beberapa pertandingan dunia.

Liliyana Natsir, seorang pemain bulu tangkis ganda putri sekaligus pemain bulu tangkis ganda campuran asal Indonesia ini juga menjadi idola bagi pemain-pemain bulu tangkis kelas dunia lainnya.

Viktor Axelsen, pemain bulu tangkis adal Denmark yang telah memulai karirnya dalam olahraga bulu tangkis sejak usia 8 tahun ini rupanya juga sukses menjadi idola bagi masyarakat berkat berbagai prestasi yang telah ia dapatkan di berbagai perlombaan bergengsi kelas dunia.

Aya Ohori, salah satu pemain bulu tangkis yang banyak kaum adam idolakan. Selain memiliki postur tubuh yang ideal dan wajah yang menawan, segudang prestasi menjadikan dirinya banyak diidolakan.

5 Bintang Bulu Tangkis Nasional

Selain pemain bulu tangkis top asal negara lain, Indonesia juga memiliki segudang pemain bulu tangkis yang tidak dapat diragukan lagi. Mereka telah berulang kali menyabet medali emas dengan smash-smash mematikannya.

Pertandingan yang mereka mainkan akan selalu menjadi perbincangan seluruh masyarakat. Indonesia patut bangga memiliki atlet-atlet berbakat tersebut, bahkan berkat atlet-atlet tersebut Indonesia semakin menjadi perhatian di mata negara lain.

Tidak jarang para pemain bulu tangkis kelas dunia lainnya mengidolakan para pemain bulu tangkis asal Indonesia. Mereka menjadikan para atlet bulu tangkis Indonesia sebagai role model mereka dalam bermain bulu tangkis.

Hal tersebut tentunya sudah bukan rahasia lagi, berbagai sumber juga telah menyatakan bahwa para pemain bul tangkis dunia tersebut secara terang-terangan telah mengidolakan atlet-atlet bulu tangkis kebanggaan negara kita. Kita tentunya harus puas dan bangga dengan prestasi-prestasi yang berhasil mereka torehkan.

Siapa saja mereka? Mari simak beberapa nama atlet kebanggaan Indonesia yang sukses mengharumkan nama Indonesia di berbagai kejuaraan bergengsi dunia.

  1. Rudy Hartanto
  2. Susy Susanti
  3. Kevin Sanjaya Sukamuljo
  4. Liliyana Natsir
  5. Taufik Hidayat

Baca juga beritaku : HUT RI ke-74, Karang Taruna Desa Borongtala Gelar Lomba Hiburan dan Olahraga


Daftar Pemain Bulutangkis Terbaik Nasional Sepanjang Masa

Indonesia memiliki atlet-atlet bulu tangkis berbakat yang kiprahnya dalam dunia olahraga bulu tangkis tidak main-main. Mereka berhasil membuktikan kehebatan bermain mereka dengan menjuarai berbagai perlombaan sekelas dunia.

Kemampuannya telah mendapat pengakuan dari berbagai lawannya yang berasal dari berbagai negara. Inilah nama-nama pemain bulu tangkis yang telah mengharumkan nama Indonesia yang perlu kalian ketahui.

  1. Taufik Hidayat
  2. Rudy Hartono
  3. Maria Kristin
  4. Alan Budikusuma
  5. Liem Swie King
  6. Susy Susanti
  7. Liliyana Natsir
  8. Vita Marissa
  9. Hendra Setiawan
  10. Mia Audina
  11. Kevin Sanjaya Sukamuljo

Baca juga beritaku : Danny Buka Pekan Olahraga Kota Makassar ke-VII

Bagikan Ke