Pidato perpisahan kepala sekolah

Pidato Perpisahan Kepala Sekolah, Hingga 7 Susunan Acara

Diposting pada

Pidato perpisahan kepala sekolah tidak harus selalu sentimentil. Sama halnya dengan pidato kepala puskesmas yang hendak pindah tugas. Perpisahan tidak harus menyakitkan, bukankah begitu?

Beritaku.Id – Organisasi dan Komunikasi – Pada dasarnya pidato adalah menyampaikan sesuatu di hadapan umum. Kata-kata dalam pidato dapat berupa kata formal dan informal tergantung ruang lingkupnya.

Oleh Tika (Penulis Organisasi dan Komunikasi)


Susunan Acara Perpisahan Kepala Sekolah

Perpisahan pasti akan terjadi seiring waktu. Kadang kita tidak menyadarinya, padahal ketika telah berpisah kita akan merindukan masa-masa bersama.

Bahkan di lingkungan sekolah pun, tidak hanya murid yang akan berpisah karena telah menyelesaikan pendidikan. Guru bahkan kepala sekolah pun dapat menjadi subjek perpisahan.

Ada dari mereka yang harus pensiun sehingga berhenti mengajar atau justru berpindah tugas ke sekolah yang lain. Semua masa-masa itu tidak luput dari perpisahan.

Tidak hanya perpisahan siswa yang sarat akan acara khusus, namun perpisahan guru dan Kepala Sekolah pun juga demikian.

Bedanya terletak pada susunan acara serta isi dari pidato perpisahan. Adapun susunan acara perpisahan kepala sekolah adalah sebagai berikut.

a. Pembukaan

b. Pembacaan ayat suci Al Qur’an

c. Sambutan wakil dewan guru dan karyawan, perwakilan siswa (termasuk pidato perpisahan kepala sekolah)

d. Paduan suara dengan lagu Hymne Guru

Baca juga beritaku: Bacaan Sholat NU dan Muhammadiyah: 2 Perbedaan

e. Pemberian kenang-kenangan

f. Acara lain-lain termasuk foto bersama dan bernyanyi

g. Doa dan penutup

Acara ini bersifat formal sehingga pembawa acara juga harus menyampaikan susunan acara secara formal. Pidato dari perwakilan murid pun demikian dan tidak menutup kemungkinan, kepala sekolah juga memberikan pidatonya.


Susunan Acara Perpisahan Kepala Puskesmas

Contoh perpisahan kepala puskemas (Puskesmas Bantul)

Kepala Puskesmas umumnya menjabat selama lima tahun hingga lebih. Selepas masa itu beliau akan menurunkan jabatannya kepada orang lain atau pensiun.

Untuk melepas kepergian beliau, ada baiknya membuat sebuah acara perpisahan. Namun tentu saja susunan acara tersebut akan berbeda dengan acara perpisahan lainnya.

Tidak hanya itu, bahkan isi pidato dari karyawan dan kepala puskesmas itu sendiri juga berbeda. Adapun susunan acara perpisahan kepala puskesmas adalah:

a. Pembukaan

b. Sambutan dari Kepala Puskesmas yang baru

c. Sambutan dari Kepala Puskesmas lama

d. Kesan dan pesan dari para karyawan puskesmas

e. Pembacaan puisi dan pemberian cinderamata

f. Foto bersama

g. Lain-lain dan penutup

Setiap tempat memiliki susunan acara masing-masing dan tidak terikat pada susunan yang seperti ini. Boleh juga menambahkan nyanyi bersama atau doa bersama.

Dengan harapan kepala puskesmas dapat menjalani kehidupan barunya dengan baik.

Pidato Perpisahan Kepala Sekolah Pindah Tugas

perpisahan kepala sekolah (Warta Reformasi)

Kepala Sekolah biasanya memberikan pidato yang berupa nasihat kepada murid-muridnya. Namun dalam sebuah acara perpisahan atas dirinya, ia mau tidak mau harus memberikan pidato mengenai kisah hidupnya.

Pidato ini bersifat memberikan informasi dan harapan kepada para murid. Alasan kepindahannya serta kesan dan pesannya terhadap sekolah lama menjadi inti pembahasan dalam pidato.

Adapun contoh pidatonya sebagai berikut:

Assalamu’alaikum warohmatulllah Wabarokatuh

Selamat pagi anak-anak dan rekan-rekan guru serta karyawan lainnya yang saya cintai dan banggakan.

Segala pujian hanya bagi Allah SWT dan tak lupa sholawat semoga selalu terlimpahkan kepada Nabi Muhamamad, keluarga dan sahabatnya.

Alhamdulillah kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan ceria di pagi hari ini sekalipun mungkin hari esok saya tidak dapat melihat keceriaan ini lagi di sini.

Alhamdulillah Allah memberikan saya kesempatan untuk mencari pengalaman di tempat baru, di sekolah baru yang tentu saja tidak akan pernah sama seperti di sini.

Baca juga beritaku: Sejarah Perkembangan TVRI Hingga 5 Penyiar Legendaris

Semua kenangan di sekolah ini telah melekat di hati saya. Terima kasih kepada guru-guru hebat yang menjadi rekan saya selama ini.

Hingga akhirnya kita dapat memajukan sekolah ini ke arah lebih baik dengan segudang prestasi. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada anak-anak.

Kalian telah bekerja keras mengharumkan nama sekolah ini dengan prestasi-prestasi kalian. Sungguh ini merupakan hadiah terindah bagi saya.

Semoga kita dapat bertemu kembali di lain kesempatan. Sukses selalu untuk sekolah ini dan tentu saja bagi para guru dan murid-muridnya.

Selamat datang kepala sekolah yang baru, semoga dapat semakin memajukan sekolah kami. Saya mohon maaf sebesar-besarnya jika selama menjabat begitu banyak kekurangan.

Semoga di tempat baru saya dapat lebih berkembang. Mohon doanya.

Sekian dari saya. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalaamu’alaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

Pembacaan pidato hendaknya professional dan tidak terlalu larut dalam emosi. Hal-hal yang demikian hanya akan mengurangi kefokusan terhadap isi pidato.


Pidato Pelepasan Kepala Puskesemas

Pidato perpisahan kepala sekolah
Contoh pidato perpisahan kepala puskemas (Scribd)

Untuk pelepasan kepala puskesmas, tentu saja yang membacakan pidato untuk melepasnya adalah karyawan dan staff puskesmas.

Adapun bahasa dan inti dari pidato tersebut adalah pengucapan terima kasih dan harapan terhadap yang bersangkutan. Contoh pidatonya adalah:

Selamat pagi bapak ibu yang saya hormati.

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas ijin Beliau kita bisa berkumpul bersama dengan keadaan baik.

Adapun tujuan kita berkumpul adalah untuk melepas kepergian Kepala Puskesmas kita yang hendak berpindah tugas ke daerah X.

Kami selaku karyawan dan staff puskesmas merasa sangat kehilangan sosok kepala puskesmas yang begitu mengayomi kami.

Namun tentu kami tidak dapat menghalangi beliau untuk terus belajar sekalipun tidak di sini. Semoga beliau dapat menjalani tugasnya di daerah lain dengan lebih baik.

Harapan kami, bapak/ibu tidak melupakan rekan-rekan di sini. Biar bagaimanapun telah banyak kenangan yang kita lalui bersama.

Semoga ke depannya puskesmas ini juga menjadi lebih baik.

Baiklah Bapak/Ibu selamat bertugas di tempat yang baru. Doa kami menyertai bapak/ibu.

Sekian dari saya, kurang dan lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Dalam penyampaiannya, tidak perlu dengan gestur berlebihan atau menangis dengan tersedu-sedu. Hendaknya tetap bersikap professional dalam hal ini.

Tidak lupa juga untuk menyiapkan cenderamata sebagai kenang-kenangan untuk kepala puskesmas yang lama.


Pidato Penyambutan Kepala Sekolah Yang baru

Pidato perpisahan kepala sekolah
Lepas sambut kepala sekolah (Scribd)

Pidato perpisahan kepala sekolah tentu sejalan dan seirama dengan pidato penyambutan kepala sekolah yang baru. Lalu bagaimana dengan isi dari pidato penyambutan tersebut?

Sama halnya dengan perpisahan, yang menyampaikan pidato penyambutan adalah guru yang berwenang. Isi dari pidato tersebut mencakup ucapan selamat datang guna menunjukkan keramahan dari tempat ia bertugas yang baru.

Susunan acaranya tentu mirip dengan pelepasan kepala sekolah, sebagai berikut:

1. Pembukaan

2. Sambutan guru atau karyawan sekolah

3. Sambutan kepala sekolah yang baru

4. Ramah tamah

5. Penutup dan doa

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh

Selamat pagi para guru dan anak-anakku sekalian.

Alhamdulillah kita bisa kembali bertatap muka pagi ini dalam keadaan sehat. Semoga sholawat dan salam juga selalu melimpahi junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat beliau.

Di kesempatan yang indah ini, ijinkan saya memperkenalkan kepala sekolah kita yang baru. Beliau baru saja tiba kemarin dan telah sedikit tidak berorientasi dengan lingkungan sekolah.

Ibu Yulia Fransiska, berikan tepuk tangan kepada beliau. Beliau akan menggantikan Pak Dika selaku kepala sekolah sebelumnya. Besar harapan kami ibu mampu mengayomi kami.

Kepada para guru dan anak-anak, kami harap kita semua dapat bekerja sama membantu tugas dari ibu kepala sekolah. Semoga beliau merasa nyaman dan betah di lingkungan beliau yang baru ini.

Sekali lagi kami ucapkan selamat datang kepada Ibu Yulia. Selamat mengemban tugas yang tidak mudah ini.

Sekian dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh.


Pidato Menyambut Kepala Puskesmas

Sama halnya dengan pidato perpisahan kepala sekolah, kepala puskemas yang berganti juga akan mendatangkan pengganti.

Tidak ada salahnya untuk memberikan sambutan terkait kedatangan kepala puskesmas yang baru dengan tujuan menunjukkan keramahtamahan.

Baca juga beritaku: Pengertian Mukadimah Pada 4 Contoh Kegiatan

Adapun susunan acara penyambutan kepala puskesmas yang baru adalah:

A. Pembukaan

B. Sambutan dari kepala staff

C. Sambutan dari kepala puskesmas yang baru

D. Doa dan penutup

Adapun pidato untuk menyambut kedatangan beliau adalah sebagai berikut:

Selamat pagi rekan-rekan semua.

Kepada yang terhormat ibu kepala puskesmas yang baru, ibu dokter Susmita Salahudin, Sp PD dan rekan-rekan sejawat serta staff dan karyawan Puskesmas Mulia.

Pertama mari kita mengucapkan syukur atas kesempatan pagi ini karena kita masih dapat kembali bersama dalam keadaan yang sangat baik.

Semoga seterusnya kita mendapatkan kesehatan dan kesempatan seperti ini. Aamiin.

Adapun tujuan dari perkumpulan kita hari ini adalah untuk menyambut kedatangan Ibu dr. Susmita Salahudin, SP PD yang mana beliau akan menjabat sebagai kepala puskesmas Mulia yang baru dari periode 2021 hingga 2026 mendatang.

Untuk itu kepada rekan-rekan semua mohon bantuannya kepada beliau dan mari bersama-sama bergotong royong demi kemajuan Puskesmas Mulia.

Sekali lagi selamat datang di Puskesmas Mulia bu dr. Susmita. Semoga kita dapat bekerja sama dengan baik untuk seterusnya.

Sekian pidato dari saya. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya.

Selamat pagi dan salam sehat selalu.

Penutup

Pidato perpisahan kepala sekolah maupun kepala puskesmas hanyalah beberapa contoh pidato dengan tema perpisahan. Adapun tujuan pidato adalah bermacam-macam.

Mulai dari untuk mempengaruhi orang lain hingga untuk memberikan informasi. Apapun itu sebaiknya pembacaannya menggunakan intonasi yang lugas dan dengan gestur yang meyakinkan.

harapannya tidak akan membuat pendengarnya merasa bosan. Inti dari pidato perpisahan adalah pengucapan terima kasih atas jasa-jasa selama ini.

Terima kasih atas segala kenangan indah dan harapan yang terbaik bagi yang bersangkutan. Hal ini terlalu umum memang.

Akan tetapi itulah yang terjadi. Bahkan saat ingin menyambut kedatangan kepala sekolah maupun kepala puskesmas yang baru juga hendaknya penuh dengan harapan.

Cara penyampaian yang tegas dan ceria tanpa berlebihan akan mampu menghidupkan suasana di sekitar pidato. Termasuk para pendengar yang tentu saja akan menangkap pesan tersebut dengan baik.

Jangan sampai ada kesalahpahaman dalam memaknai isi pidato. Siapkan juga cinderamata atau orang-orang yang kompeten dalam menyampaikan pidato.

Dengan demikian tidak akan timbul kesempatan sia-sia dalam menyambut maupun melepaskan kepergian orang tertentu yang begitu berjasa pada instansi.

Demikian artikel mengenai pidato perpisahan. Semoga dapat memberikan manfaat.

Bagikan Ke