Idul Adha 2019 Berikut Jadwal Puasa Tarwiyah dan Arafah
Idul Adha 2019 Berikut Jadwal Puasa Tarwiyah dan Arafah

BERITAKU.ID, NASIONAL –  Momen perayaan adalah momen yang dirayakan bersama keluarga, setelah sekian lama waktu menjalani rutinitas dan keseharian. Idul Adha adalah salah satu hari raya umat Islam yang banyak membuat rindu bagi setiap insan.

Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. Sebelum Hari Raya Idul Adha tiba, ada dua puasa sunah yang baik dijalankan untuk umat muslim, yaitu Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah.
Dua puasa tersebut sebaiknya dilakukan selama dua hari berturut-turut ada tanggal 8 Puasa Tarwiyah dan 9 Dzulhijjah menurut penanggalan masehi. Dan 10 Dzulhijjah merupakan puncak Hari Raya Idul Adha 2019 pada 11 Agustus 2019.

Puasa Tarwiyah

Pada tanggal 8 Dzulhijjah jemaah haji sedang melakukan persiapan menuju padang Arafah, umat muslim yang tidak berhaji disunahkan untuk menjalankan puasa Tarwiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah. Dan hukum puasa Tarwiyah adalah sunah muakad atau sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat muslimin.

Keistimewaan dari puasa ini yaitu dapat membersihkan dan menghapus dosa di tahun lau, serta mendapatkan keberkahan hidup yang berlipat ganda.

Puasa Arafah

Puasa Arafah dilaksanakan pada satu hari sebelum Hari Raya Idul Adha. Pada tanggal 9 Dzulhijjah, umat muslim tengah menunaikan ibadah haji dan melaksanakan wukuf di padang Arafah. Keistimewaan Puasa Arafah adalah dapat menghapuskan segala dosa yang dilakukan satu tahun lalu dan satu tahun yang akan datang.

Bagaimana Sikap PP MUhammadiyah?

PP Muhammadiyah, satu di antara organisasi islam terbesar di Indonesia sejak jauh-jauh hari telah mengumumkan kapan Idul Adha 2019.

Hal tersebut tertuang dalam maklumat PP Muhammadiyah nomor 01/MLM/I.0/E/2019 yang dikeluarkan pada 16 Maret 2019.

Menurut PP Muhammadiyah, Ijtimak jelang Zulhijah 1440 H terjadi pada hari Kamis, 1 Agustus 2019 pukul 10.14.35 WIB.

Tinggi Bulan pada saat terbenam Matahari di Yogyakarta ( f= -07°48¢ (LS) dan l= 110°21¢BT ) = +03°15¢41²(hilal sudah wujud).

Dengan demikian, menurut PP Muhammadiyah, 1 Zulhijah 1440 H jatuh pada Jumat, 2 Agustus 2019.

Source : https://www.tribunnews.com

Editor : Dhilah 

Tinggalkan Balasan