Dzikir Pagi

Keajaiban Dzikir Pagi Sore: Nama Surah, Tata Cara Dan Manfaat

Diposting pada

Pagi dan sore merupakan waktu mustajab untuk berdzikir, utamanya jika rutin, kita akan merasakan keajaiban melakukan dzikir. Apa saja nama surat yang di baca ketika dzikir? Mari kita bahas bersama-sama berikut tata caranya.

Beritaku.id, Berita Islami. – Keajaiban akan datang jika kita berdzikir menyebut namaNya di pagi dan sore hari. Hati akan merasa tenang dan tentram karena yakin Allah akan menjaga kita.

Oleh: Ulfiana (Penulis Berita Islami)

Suatu hari, seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah SAW.

“Wahai Rasulullah SAW, sungguh amalan sunnah itu sangat banyak yang bisa kami lakukan. Namun, amalan mana yang harus kami pegang setelah menunaikan amalan wajib?”

Rasulullah pun menjawab bahwa, hendaknya lisannya selalu basah dengan brdzikir pada Allah SWT. Jawaban Rasulullah tersebut mengisyaratkan salah satu amalan sunnah yang seharusnya kita jalankan adalah berdzikir kepada Allah SWT.

Berdzikir adalah sarana untuk mengingat Allah. Banyak keutamaan berdzikir yang bisa kita rasakan ketika rutin melaksanakannya. Hati akan merasa lebih tenang dalam menghadapi kehidupan.

Mengingat Allah atau dzikir merupakan amalan yang memiliki anjuran untuk di lakukan setiap saat. Namun, Allah menyebutkan secara jelas di Al-Quran tentang anjuran melakukan dzikir khusus untuk waktu pagi dan sore hari.

Anjuran itu ada dalam surah Al Ahzab ayat 41 -42.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا , وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Artinya:

wahai orang-orang yang beriman. Berdzikirlah (dengan menyebut asma) Allah. Dzikir yang sebanyak-banyaknya. Serta bertasbihlah kepada Allah pada waktu pagi dan petang”

Bentuk Bacaan Dzikir Pagi dan Sore Sesuai Sunnah

Ada banyak versi yang tersebar luas tentang bacaan dzikir pagi dan petang. Salah satunya adalah bacaan Al Matsurat Hassan Al Banna.

Bentuk bacaan dari dzikir pagi dan petang yang sesuai dengan sunnah tersebut, di ambil dari ayat-ayat yang ada di Al Quran. Bisa berupa pujian, istigfar, serta permohonan maupun doa.

Dalam dzikir pagi dan petang, adapula bentuk doa yang tidak ada di Al Quran namun bersumber dari doa yang Rasulullah ajarakan.

Berikut ini adalah sedikit rangkuman bacaan yang bisa kita baca ketika pagi dan sore hari. Diantaranya adalah:

  • Bacaan ayat kursi. Ayat Kursi terdapat dalam surah Al Baqarah ayat 255. Bacaannya:

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

  • Bacaan doa pagi dan petang:

أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى الْمُلْكُ للهِ، وَالْحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya:

“Kami telah masuk ke waktu petang dan sesungguhnya kerajaan hanya milik Allah. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan selain Allah, dan tidak ada sekutu untuk-Nya”

  • Bacaan Sayyidul Istigfar:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Bacaan sayyidul istigfar merupakan bacaan istigfar yang di sertai dengan kalimat syahadat. Dalam bacaan ini juga terkandung tahmid, tasbih serta doa yang bisa kita panjatkan kepada Allah SWT.

Bentuk Bacaan Dzikir Doa Memohon Perlindungan:

اَللَّهُمَّ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ، وَأَنْ أَقْتَرِفَ عَلَى نَفْسِيْ سُوْءًا أَوْ أَجُرَّهُ إِلَى مُسْلِمٍ

Doa ini merupakan doa untuk memohon perlindungan diri dari kejahatan makhlukNya. Baik dari itu diri sendiri, maupun dari godaan setan dan sekutunya.

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ini kepada Abu Bakar. Beliau berkata agar Abu Bakar membacanya ketika pagi, petang serta saat akan beranjak tidur.

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Arti dari doa ini adalah memohon perlindungan kepada Allah dengan kalimatNya dari kejahatan makhluk-Nya.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Doa ini merupakan doa yang mengagungkan kekuasaan Allah. Dalam doa tersebut menunjukkan, bahwa Allah berkuasa atas langit dan bumi. Sehingga, tidak akan ada yang mampu membahayakannya kecuali atas izin Allah.

  • Doa Persaksian

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وَبِاْلإِسْلاَمِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا

Ini merupakan doa yang juga bersumber dari hadist. Isinya adalah tentang keridhoan memeluk islam sebagai agama. Serta, keridhoan menyembah Allah sebagi Rabb dan mengakui Muhammad sebagai utusan Allah.

  • Bacaan tasbih:

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ

Bacaan tasbih ini memilki arti “Maha suci Allah, aku memuji Nya.”.

Makna dari membaca ini adalah yakin akan keagungan Allah SWT.

Demikian sedikit dari bentuk bacaan dzikir pagi dan petang yang sesuai dengan sunnah.

Nama Surah dan Cara Mengamalkan Dzikir Pagi dan Sore

Selain bacaan doa yang di sebutkan di atas, adapula surat pendek yang masuk dalam daftar bacaan dzikir pagi serta sore.

Surat yang ada dalam dzikir pagi dan petang adalah, surat yang ada di juz 114 dalam Al Quran. Surah tersebut adalah surah Al Ikhlas, surah Al Falaq, dan surat An-Nas.

Berikut ini merupakan bacaan surah Al Ikhlas:

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ اللَّهُ الصَّمَدُ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Surah Al Falaq:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ  وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Bacaan surah An Nas:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ مَلِكِ النَّاسِ إِلَهِ النَّاسِ مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ

Surah tersebut dapat kita baca sebanyak 3 kali, baik dalam dzikir pagi maupun dalam dzikir sore. Mengutip dari sumber, bacaan surat ini jika kita baca ketika pagi dan sore, maka segala hal akan Allah cukupkan untuk kita.

Baca juga Bacaan Dzikir Pagi dan Sore Lengkap

Pengamalan Dzikir Pagi dan Sore

Sama seperti namanya, cara mengamalkan dzikir pagi dan sore adalah dengan membacanya setiap pagi dan sore.

Dzikir pagi adalah dzikir yang kita baca pada waktu pagi hari. Tepatnya adalah, mulai dari fajar terbit hingga matahari berada di atas kepala. Yaitu, sebelum subuh hingga selepas dhuhur.

Melakukan dzikir pagi bisa kita laksanakan mulai dari waktu subuh hingga terbitnya matahari.

Kemudian, dzikir petang adalah dzikir yang bisa kita baca ketika matahari mulai tenggelam hingga mendekati fajar. Yaitu, menjelang magrib hingga menjelang fajar.

Bisa pula, melaksanakannya waktu mulai ashar hingga terbenamnya matahari.

Terkait dengan jumlah bacaannya, hal itu menyesuaikan dengan sunnah yang di anjurkan. Ada bacaan yang hanya di baca 1 kali, ada yang 3 kali, ada pula yang hingga puluhan kali.

Sungguh, asalkan niat di hati ikhlas mengerjakannya, maka semoga saja Allah mudahkan memenuhinya.

Manfaat Dzikir Pagi dan Dzikir Petang

Dzikir pagi dan petang memiliki berbagai manfaat bagi yang rutin membacanya. Manfaat itu antara lain:

  • Allah akan melindungi

Ketika kita membaca bacaan dzikir di pagi hari, maka Allah akan melindungi kita dari berbagai godaan hingga petang hari.

Pun sebaliknya, jika kita membacanya ketika sore, maka Allah akan melindungi kita hingga pagi menjelang.

  • Mendapat kasih sayang dari Allah

Ketika seseorang berdzikir, ia bagaikan seseorang yang begitu mencintai Allah. Hal ini karena, ia selalu mengikut-sertakan Allah dalam hidupnya.

Seseorang tersebut menyebut nama Allah setiap saat. Tentu, Allah akan menyayangi seseorang tersebut.

  • Allah mengampuni dosanya

Dalam dzikir terdapat bacaan istigfar yang berarti memohon ampunan kepada Allah. Jika bacaan ini kita baca ketika pagi dan sore setiap hari, maka Allah akan menghapuskan dosa-dosa kita.

  • Kebutuhannya Allah cukupi

Salah satu manfaat dzikir pagi dan sore adalah, Allah mencukupi segala kebutuhannya. Sesungguhnya dzikir merupakan salah satu jalan untuk membuka pintu rezeki.

Jika Allah cukupkan rezeki seorang hamba, maka ia akan merasa bahwa segala urusan dunia dan akhiratnya terpenuhi. Berdzikir juga akan menambah syukur kita kepada apa yang Allah beri.

  • Merasa tenang dalam hati

Manfaat dzikir yang lain adalah mendapat ketentraman dalam hati. Hati akan merasa tenang dan damai.

Hal ini sesuai dengan kandungan dalam surat Ar-Rad ayat 28 yang intinya adalah hanya dengan mengingat Allah, hati akan merasa tenang.

Kisah Keajaiban Dzikir Pagi dan Sore

Melantunkan dzikir pagi dan sore ternyata juga memiliki keajaibannya sendiri. Terdapat sebuah kisah yang mungkin pernah kita dengar dari salah tokoh yang ada di indonesia.

Kisah itu bermula dari seorang bapak yang mengalami radang tenggorokan. Radang di tenggorokannya itu membuatnya kadang merasa kesakitan yang teramat luar biasa. Ia kemudian memeriksakannya pada seorang dokter di pondok indah.

Dokter itu mendiagnosis, itu adalah sebuah tumor kecil.

Ia yang tak puas dengan jawaban itu memeriksakan diri ke Singapura. Namun, jawabannya tetap sama. Masih belum puas lagi, ia periksakan dirinya ke Boston.

Doktor yang ia temui disana justru mengatakan agar ia melakukan puasa bicara selama setahun. Padahal ketika itu, ia memiliki amanah untuk bertemu dengan orang banyak dan berbicara pada mereka.

Tentu hal ini membuatnya kebingungan dan merasa begitu terpukul.

Kemudian, istrinya datang kepadanya sambil menyodorkan buku kecil. Buku itu adalah buku bacaan dzikir pagi dan petang. Bersama istrinya, ia melafazkan bacaan dzikir itu setiap hari.

Mereka melakukannya dengan sabar dan hati yang ikhlas.

Selama setahun menjalankan rutinitas itu dan sebelum akhirnya amanah itu butuh di laksanakan, radang tersebut sembuh. Penyakit itu hilang tak berbekas.

Dokter yang menanganinya juga sempat terheran-heran apakah ia mengonsumsi obat herbal atau semacamnya.

Sungguh, itu adalah keajaiaban yang Allah berikan kepadanya. Karena, ia ikhlas menjalankan itu semua dan meniatkannya untuk Allah.

Kisah itu adalah kisah dari salah satu tokoh di Indonesia bernama Sandiaga Uno. Ia telah merasakan sendiri, keajaiban datang kepadanya karena melaksanakan dzikir pagi dan sore.

Akhirnya

Demikianlah sedikit ulasan tentang keajaiban dzikir pada waktu pagi serta sore hari. Semoga sebagai umat muslim yang taat, kita bisa menjalankan sunnah ini. Allah mampukan lisan kita untuk selalu menyebut nama-Nya.

Serta, Allah gerakkahn hati kita untuk ikhlas mendawamkannya atau merutinkannya setiap hari.

Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Baca Juga Dzikir setelah dhuha

Sumber: rumaysho, republika, liputan6, dalamislam, wahdahjakarta

Bagikan Ke