Ciri Khas Atau Kemampuan Khusus Dari Para Nabi Dan Rasul Allah SWT
Dari Ekonom hingga Diplomat, Menjadi keahlian dan Ciri Khas atau Kemampuan Khusus Para Nabi Dan Rasul

Kemampuan Khusus Nabi Dan Rasul, Daud Hingga Yunus

Diposting pada

Nabi dan Rasul dari 25 Nabi Yang wajib dalam daftar Islam, diantara mereka memiliki kemampuan khusus. Mulai dari Nabi Daud AS hingga Nabi Yunus AS.

Beritaku.Id, Kisah Islami – Nabi memiliki kemampuan dan ciri khas masing-masing. Dan hal itu tergambar pada kisah-kisah sebelumnya:

  1. Spesialisasi Para Nabi Dan Rasul, Dan Periodisasi Penyempurnaan
  2. Keahlian Nabi Dan Rasul, Untuk Bani Israil Dan Tanah Arab
  3. Ciri Khas Nabi Dan Rasul, Dari Tertampan Hingga Diplomat

Artikel ini membahas nabi urut 16 – 20 dengan kemampuan khusu dari para Nabi dan Rasul. Dalam melakukan penegakan syiar Islam.

Daftar Kemampuan Dengan Ciri Khusus Para Nabi Dan Rasul

Disamping mukjizat, Nabi juga melakukan variasi dalam melakukan Syiar Agama seperti ketapel yang diciptakan oleh Nabi Daud AS. Memiliki keahlian dan ciri khusus dalam berjuang dijalan Allah SWT.

Nabi Daud AS, Pemilik Suara Emas

Nabi Daud A.S (Umur 100 tahun). Disamping dengan suara Emas, juga memiliki kemampuan untuk menaklukkan atau melunakkan Besi.

Surat Saba’ Ayat 10:

وَلَقَدْ آتَيْنَا دَاوُدَ مِنَّا فَضْلا يَا جِبَالُ أَوِّبِي مَعَهُ وَالطَّيْرَ وَأَلَنَّا لَهُ الْحَدِيدَ

Artinya:
Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud
karunia dari Kami. (Kami berfirman): “Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud”, dan Kami telah melunakkan besi untuknya.

Penemu baju perang besi, adalah Nabi Daud AS. hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT, Surat Al Anbiyaa’ Ayat 80:

“Dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu; Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah)”

Disamping sebagai penemu baju perang karena kemampuannya untuk melunakkan besi juga, nabi Daud AS memiliki suara yang sangat merdu. Sehingga ketika diberikan kepadanya Kitab Zabur dengan lantunan suara yang sangat menawan.

Nabi Daud AS taat dengan manajemen waktu, berupa:

  1. Kajian bersama umat
  2. Beribadah Kepada Allah SWT
  3. Hakim
  4. Bersama Keluarga

Ketapel pertama ditemukan oleh Nabi Daud AS, yang digunakan untuk mengalahkan Jalut. Seorang raja yang memiliki ukuran tubuh tinggi dan besar.

Namun dengan hentakan batu pada ketapel milik Nabi Daud AS.Mampu merobohkannya dan Jalut tersungkur ke tanah. Kemampuan yang khusus dimiliki sang rasul, yakni Nabi Sulaiman AS telah mengantarkannya menjadi raja.

Nabi Sulaiman AS, Penakluk Jin Dan Hewan

Selanjutnya Nabi dengan kemampuan khusus adalah Keturunan dai Nabi Daud AS. Setelah wafatnya Nabi Daud AS. Nabi Sulaiman A.S (Umur 66 tahun)

Menjadi Raja bagi Bani Israil saat usia masih remaja. Telah menjadikan Nabi Sualiman seorang raja dengan tahta dan harta yang sangat banyak.

Hingga kekayaan yang dimilikinya. Tidak tersaingi oleh seluruh orang kaya yang ada didunia.

Dalam Surat As Shaad ayat 35, Allah SWT berfirman:

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لا يَنْبَغِي لأحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ
Artinya:
Ia berkata: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi”

memiliki Kerajaan yang sangat megah, dan mengalahkan seluruh kerajaan yang pernah ada dimuka bumi.

Bahkan dalam beberapa catata sejarah, diklaim bahwa kerajaan Sulaiman sampai di Indonesia. Dan mencoba untuk melakukan pencocokan dengan nama Sleman Djogjakarta. Mengenai kebenarannya membutuhkan penelitian lanjutan.

Kehebatan lainnya yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Sulaiman AS adalah mampu menundukkan angin. Dan dia bisa mengarahkan hembusan dan tiupan angin kemana yang mereka kehendaki.

Pasukan dalam kerajaan yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman, disamping manusia. juga Jin dan Hewan. Sebab dia memiliki kemampuan yang diberikan Allah berupa kekhususan berbicara dan menundukkan Jin dan hewan-hewan.

Takluknya Ratu Bilqis

Menaklukkan Ratu Bilqis dari kerajaan Saba, hanya dengan Burung Hud-hud dan Jin.

Ketika burung Hud-hud suatu ketika tersesat dalam kerajan Ratu Bilqis. Melaporkan hasil temuannya kepada Nabi Sulaiman mengenai kerajaan besar tersebut.

Nabi Sulaiman AS mengundang Ratu Bilqis untuk mengunjungi istana yang milikinya. Dan sebelum ratu Bilqis sampai di kerajaan Sulaiman, lebih dahulu singgasana kerajaan Saba tersebut telah sampai.

Ratu Bilqis berpikir bahwa kerajaannya terbesar. Namun setelah sampai di kerajaan Sulaiman, dia kagum. Pada akhirnya Nabi Sulaiman menjadikan Ratu Bilqis sebagai istri.

Diketahui bahwa Nabi Sulaiman memiliki banyak istri, banyak yang menyebutkan istrinya ada 40 pada riwayat lain ratusan.

Dan hal ini menunjukkan bahwa Nabi Sulaiman AS, melakukan poligami.

Perdebatan antara Islam dan Yahudi. Terletak di Solomon Temple. Atau istana Raja Sulaiman AS.

Di Yakini oleh Israel Kuil tersebut berada di Palestina (Alquds), Yerussalem. Meski hal ini tidak bisa di buktikan secar ilmiah.

Nabi Ilyas AS, Makanan Tersaji Di Rumah Kosong

Nabi ilyas AS, yang diturunkan untuk Kaum Bani Israil. Dengan Raja Ahab yang menyembah berhala baal. Nabi Ilyas A.S (Umur 60 tahun)

Karenanya ia diberikan khusus kehebatan dan kemampuan sebagai spesialisasi dari para nabi dan Rasul.

Raja Ahab memiliki sebuah kerajaan dengan kemewahan dan tanaman serta tumbuhan yang subur. Tapi lupa bersyukur dari mana ia mendapatkan semua itu.

Bahkan Raja Ahab meyakini bahwa kesejahteraan dan kesuburan tanaman dan ternak akan kekal dan abadi. nabi Ilyas telah mengingatkannya namun Raja tidak menerima. Bahkan mengerahkan pasukannya untuk mencari dan memburu untuk membunuh Nabi Ilyas.

Kisah ini mirip dengan kisah Nabi Ibrahim AS sebelumnya.

Karenanya. Nabi Ilyas meninggalkan mereka, dan dalam pelarian tersebut memasuki datu rumah ke rumah kosong lainnya. Namun setiap rumah yang dimasuki. Telah disiapkan makanan untuknya.

Hal ini menjadi jejak bagi prajurit setelah sampai di rumah tersebut.

Nabi Ilyas terus melakukan pelarian. Hingga sampai pada sebuah rumah dengan seorang anak muda yang mengalami penderitaan sakit. Yakni Ilyasa. yang kelak akan menjadi sahabat dari Nabi Ilyas.

Setelah anak tersebut sembuh, maka Ilyasa selalu menemani Nabi Ilyas AS. Dan hal ini membuat Nabi Ilyasa banyak belajar kepadanya.

Nabi Ilyasa AS, Kekeringan Teratasi

Nabi Ilyasa A.S (Umur 90 tahun), merupakan penerus dari Nabi Ilyas AS.

Kekeringan yang terjadi bagi Kaum Bani Israil. Menyebabkan matinya tumbuhan dan ternak. Dan Kerajaan Ahab menjadi pusing dengan kejadian tersebut.

Sebab seluruh rakyat mengalami kelaparan dimana-mana. Air sungai berhenti mengalir. Hujan tidak turun. Yang tersisa adalah pecahan-pecahan tanah yang semakin melebar dimana-mana.

Atas kejadian tersebut. Nabi Ilyasa meminta kepada seluruh Bani Israil untuk bertaubat dan meninggalkan berhala Baal.

Akhirnya kekeringan tersebut teratasi. Kini tumbuhan kembali menghijau, ternak bertumbuh.

Nabi Yunus AS, 40 Hari Di Perut Ikan

Bertahan dalam perut ikan. Dengan kemampuan khusus bertahan dalam perut ikan oleh Nabi Yunus AS. Keahlian khas sebagai ciri yang hanya melekat kepada Nabi Yunus.

Nabi Yunus A.S (Umur 70 tahun). Menjadi Nabi sejak umur 30 tahun. Namun dalam waktu yang lama melakukan Syiar hanya memiliki 2 Pengikut.

Hal itu membuatnya berputus asa dan marah kepada kaumnya yang durhaka tersebut.

Ketika dia meninggalkan kaumnya dengan menumpang pada kapal perahu. Kejadian tak terduga terjadi kepadanya. Dia diceburkan kedalam samudera yang luas. Oleh penumpang kapal yang lainnya.

Berada ditengah lautan dan Samudera yang luas. Tanpa siapa-siapa yang menemani.

Atas kejadian tersebut, membuat Nabi Yunus tertelan oleh ikan di samudera. Dalam perut ikan yang besar. Dan hal tersebut bukanlah sebuah dongeng. Dan faktanya memang demikian.

Demikian Artikel Kemampuan khusus dari Nabi dan Rasul. Baca juga sumber lain, Keahlian Nabi dan Mukjizat.

Bagikan Ke