Kepala Negara Asal Bugis Makassar
Habibie dan JK, tercatat Sepanjang sejarah Sebagai Kepala Negara Asal Suku Bugis Makassar

Kepala Negara Asal Bugis Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan

Diposting pada

Kepala Negara Asal Sulawesi Dengan Suku Bugis Makassar, tercatat sepanjang sejarah. Dan namanya akan diabadikan dalam perjalanan Demokrasi bangsa Indonesia

Beritaku.Id, Nasional – Menjadi Kepala Negara, baik Presiden Maupun wakil Presiden merupakan warga negara pilihan terbaik yang ada di Indonesia. Sebab hanya ada 1 orang presiden dan 1 wakil presiden terpilih.

Bagian dari: 31 Tokoh Nasional Asal Bugis Makassar.

Kepala Negara Asal Bugis Makassar

Adapun Kepala Negara Dengan Asal Sulawesi Selatan, Suku Bugis Makassar. Yang memiliki nama harum secara nasional.

Sulawesi selatan tidak hanya menciptakan tokoh nasional di bidang Agama, Pendidikan. Aktifis dan Militer, tapi juga menghasilkan Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan Republik Indonesia.

Berikut 2 Tokoh Asal Bugis Makassar menjadi tokoh pemerintahan nasional.

1. B.J. Habibie

Lelaki ini, mencintai Ainu sampai akhir hayatnya. Dengan nama besar sebagai Mentri Riset Dan Teknologi.

Menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Mendampingi Soeharto.

Presiden RI ke III setelah menggantikan posisi Presiden RI ke 2 Soeharto yang lengser karena gerakan politik nasional, Asal Parepare.

Membawa cinta abadinya buat Ainun sampai akhir hayat

Tokoh Nasional dengna Asal Bugis Sulsel Makassar, BJ Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936

  • Menteri Negara Riset dan Teknologi Kabinet Pembangunan (1978–1998)
  • Ketua Tim Keputusan Presiden
  • Wakil Presiden RI (1998)
  • Presiden RI (1998–1999)

BJ Habibie ke Jerman, sementara Ainun kuliah kedokteran di Jakarta. 7 tahun kemudian Habibie pulang ke Indonesia.

Pada kesempatan itu, Habibie menemui Ainun dan keluarganya.

Kisah asmara keduanya berakhir dengan lamaran. Mereka menikah pada 12 Mei 1962 lalu berbulan madu ke Kaliurang Yogyakarta, Bali, dan Ujungpandang (Sekarang Makassar).

2. Jusuf Kalla

Wapres ke 10 dan 12, Menjadi Wakil Presiden di 2 Presiden yang berbeda, yakni SBY dan Jokowidodo. Menjadi tokoh Nasional asal Sulawesi Selatan dengan Suku Bugis Makassar yang tercatat dalam sejarah bangsa.

Wakil Presiden di 2 Presiden Berbeda

Jusuf Kalla, Lahir 15 Mei 1942 di Watampone, Bone, Anak ke 2 dari 12 Bersaudara. Menikah dengan Hj Mufida, memiliki 5 orang anak, 1 lelaki dan 4 perempuan.

Wakil Presiden ke 10 dan 12 Republik Indonesia, ketika Periode Pertama menjadi Wakil Presiden. Biasa disebut sebagai The Real President, karena beberapa hal yang diselesaikannya :

  1. Menyelesaikan kasus konflik Aceh
  2. Penyelesaian kasus konflik Palu dengan perjanjian Malino

Alumni Univeristas Hasanuddin, aktif di HMI semasa kuliah.

Anggota DPRD Sulsel dari Golkar (1965–1968), Anggota MPR Fraksi Golongan Karya (1982–1999). Menperindag (1999–2000), Menko Kesra (2001–2004), Ketua Umum Partai Golongan Karya (2004–2009)

“Di hari Minggu yang sama setengah abad yang lalu, kita duduk bersanding dengan penuh bahagia. Di aula hotel negara, Makassar yang pada waktu itu cukup terpandang. Sekarang sudah bubar itu hotel,” ucap JK disambut tawa tamu saat menghadiri pernikahan emas JK – Mufidah di kawasan Jakarta Selatan.

Sulawesi harus berbangga khusunya Sulsel, memiliki BJ Habibie, Jusuf Kalla, Panglima Yusuf. Idham Azis serta Abraham Samad, karena mereka menduduki posisi, menjadi yang terbaik pada jabatan yang hanya satu di Indonesia.

Tanpa bermaksud membandingkan dengan tokoh yang lain, namun harus diakui bahwa kelimanya menduduki jabatan yang bermuatan berat.

Baca juga: Kenali 5 Perempuan Hebat Bugis Dan Makassar

Bagikan Ke
  • 2
    Shares