Mukjizat Nabi & Rasul
Karunia Nabi & Rasul

Kisah Mukjizat Dari 25 Nabi Dan Rasul Islam

Diposting pada

Mukjizat itu adalah benar adanya, karena merupakan karunia yang dimiliki oleh setiap Nabi dan Rasul. Dan keajaiban dari karunia tersebut, pada dasarnya adalah kekuasaan yang dapat terjadi atas kehendak Allah SWT.

Beritaku.id – Tuhan menciptakan mukjizat sebagai kejadian yang indah dan istimewa. Oleh sebab itu, maka hanya para Nabi dan Rasul yang dapat menerima anugerah tersebut. Jika Tuhan memberikannya kepada manusia, maka sesungguhnya hal tersebut adalah suatu karomah.

Oleh: Novianti Lavlia  (Penulis Kisah Nabi dan Rasul)

Pengertian Mukjizat

Pengertian kalimat ini  adalah “melemahkan atau mengalahkan”, dan juga dapat berarti sebagai “sesuatu yang luar biasa”.

Mukjizat sendiri adalah wajib hukumnya bagi umat Islam, karena  terdapat dalam diri setiap Nabi dan Rasul. Selain itu, keistimewaan tersebut juga merupakan  kekuasaan dari Allah SWT 

Nabi dan Rasul merupakan sosok tauladan bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Semua perilakunya pantas untuk menjadi contoh bagi kita semua, terutama dalam penerapannya pada kehidupan sehari-hari.

Adapun pengertian umum dari Nabi adalah, Hamba Allah SWT, yang terpilih untuk membawa  wahyu dari Allah SWT. Sedangkan jumlah  Nabi dan Rasul yang wajib kita imani sebagai penganut Islam adalah, sebanyak 25 orang.

Banyak sekali  pelajaran tidak ternilai dari suri keteladanan para Nabi dan Rasul, yang semuanya dapat kita renungkan dan ikuti. Apabila mencoba menjalaninya, maka kita pun dapat menjadi manusia yang lebih baik .

Berikut ini adalah rangkuman tentang kisah 25 nabi dan Rasul.

1. Nabi Adam

Nabi Adam adalah Nabi dan manusia pertama yang Allah ciptakan, dan tinggal di syurga dengan isterinya, Siti Hawa. Namun setelah terkena bujukan setan, keduanya memakan buah khuldi, yang memang terlarang oleh Allah SWT. 

Oleh karena itu, Allah menurunkan mereka untuk pindah ke Bumi, walaupun sudah bertobat. Namun walaupun begitu, Allah tetap memberikan mukjizat bagi Nabi Adam, seperti berikut ini.

  • Menjadikannya sebagai seorang khalifah pertama, yang ada di Bumi.
  • Allah SWT mengajarkannya berbagai hal, semua benda dan makhluk yang menempati Bumi.
  • Memberikannya umur yang panjang, dan dapat menganugerahkan sebanyak empat puluh tahun untuk Nabi Daud.
  • Mempunyai tinggi hingga 60 hasta.
  • Allah memberikannya keturunan kembar, secara berpasang-pasangan.

2. Nabi Idris

Nabi Idris merupakan keturunan keenam dari Nabi Adam, yang sangat terkenal karena kecerdasannya. Banyak kebaikan yang tersampaikan olehnya. Contohnya adalah petuah untuk memperlakukan salat jenazah sebagai  suatu penghormatan. 

Selain itu, ada pesan lainnya yang  mengajarkan untuk selalu bersyukur, menghindari rasa dengki serta tidak menumpuk harta yang sia-sia. Namun yang paling terpenting adalah, selalu mengikuti perintah Allah SWT dengan ikhlas, seperti salat, puasa, dan perintah lainnya.

Sebagai seorang Nabi, beliau pun memiliki mukjizat yang sangat luar biasa. Beberapa contohnya adalah, tertulis seperti pada ulasan berikut.

  • Memiliki kecerdasan dalam mengamati dan mengartikan fenomena alam serta wahyu dari Allah SWT.
  • Manusia pertama yang memiliki kemampuan dalam membaca dan menulis.
  • Manusia pertama yang memiliki keahlian dalam menjahit pakaian, sehingga dapat memakai pakaian yang indah saat itu. Sedangkan, manusia lainnya  masih memakai kulit binatang sebagai pakaiannya.
  • Seorang Nabi yang pernah berada pada sakaratul maut, namun kembali hidup, atas mukjizat  Allah SWT.
  • Pernah melihat keadaan surga dan neraka.

3. Nabi Nuh

Mukjizat Nabi Nuh
Kisah Nabi Nuh

Nabi Nuh merupakan nabi yang masuk golongan Ulul Azmi. Ketika menjalankan dakwahnya, Nabi menerima banyak sekali menerima hujatan, termasuk dari anak dan istrinya. Saat para pengikutnya melakukan penzoliman, Allah SWT akhirnya mencabut nyawa mereka dalam tragedi banjir besar.

Saat itu Nabi Nuh juga langsung mendapatkan mukjizatnya, yakni kemampuan dalam membuat perahu dengan ukuran besar. Perahu berukuran panjang 300 hasta dan 50 hasta tersebut, menyelamatkan seluruh makhluk hidup yang ada di Bumi dari banjir tersebut.

4. Nabi Hud

Nabi Hud mendapatkan wahyu Allah untuk memberikan dakwahnya kepada Kaum ‘Ad, yang merupakan para jenius yang dapat membangun menara. Namun sayangnya, mereka senang bermaksiad dan menghamburkan kekayaan.

Karena terus mengingkari dakwahnya, Nabi Hud akhirnya memanjatkan doanya, yang akhirnya terdengar oleh  Allah SWT. Seluruh Kaum ‘Ad tersebut pun akhirnya binasa, karena terserang oleh badai dan petir, kiriman dari Allah SWT.

Adapun mukjizat yang sudah menjadi anugerah dari Nabi Hud antara lain,

  • Memiliki kemampuan untuk menurunkan hujan, dengan izin Allah SWT, ketika saat itu kala itu kaum ‘Ad sedang mengalami kelaparan karena kemarau. 
  • Mampu menyelamatkan diri dari bencana badai dan petir yang dahsyat.

5. Nabi Shaleh

Allah SWT pernah  mengutus Nabi Shaleh untuk berdakwah di hadapan Kaum Tsamud, yang masih memiliki garis keturunan dengan Kaum ‘Ad. Satu dari mukjizat  Nabi Shaleh adalah, menciptakan unta betina yang mengandung 10 bulan, dari sebuah batu besar.

Anugerah tersebut membuat sebagian Kaum Tsamud menjadi pengikutnya. Namun sayangnya, sebagian lagi masih tetap mengingkari, bahkan malah membunuh unta yang sudah menjadi pemberian tersebut. 

Oleh karena hal tersebut, Allah SWT pun mengirimkan azabnya untuk membinasakan mereka, dengan cara mengirimkan petir pada malam hari.

6. Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim merupakan Nabi yang kisahnya banyak terdapat dalam Al-Qur’an. Mulai dari cerita ketika dia menemukan Allah SWT, dan kisah pengalamannya  melawan kedzaliman Raja Namrud. Selain itu ada juga cerita keluarga, yaitu tentang Ismail dan Ishaq, kedua putranya.

Sedangkan mukjizat dari Nabi Ibrahim, contohnya adalah,

  • Dapat bertahan hidup meski terbakar oleh api.
  • Kemampuan melihat burung yang bangkit dari kematian.
  • Memiliki kemampuan dalam mengubah pasir menjadi makanan.
  • Mendapatkan anak ketika sudah berusia 99 tahun.

7. Nabi Luth

Nabi Luth adalah keponakan dari Nabi Ibrahim, yang mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk mendakwahi Kaum Sodom. Kaum tersebut merupakan kaum yang mendapatkan kutukan atas perilaku menyimpangnya, yang menyukai sesama jenis.

Dakwah Nabi Luth mendapatkan tentangan dari mereka, dan menghujatnya. Tidak lama setelah kejadian tersebut, Allah SWT segera mengirimkan gempa bumi dan angin kencang, yang akhirnya membinasakan mereka.

8. Nabi Ismail

Nabi Ismail adalah anak dari Nabi Ibrahim dan istrinya Hajar. Salah satu karunia  dari Nabi Ismail adalah air zamzam, yang masih ada hingga saat ini. Nabi Ismail juga pernah menerima perintah Allah SWT,  untuk rela disembelih oleh ayahnya sendiri. 

Namun, saat Nabi Ibrahim sudah mengeluarkan pisau untuk menyembelihnya, Allah menggantikan dirinya dengan seekor kambing. Peristiwa tersebut, akhirnya menjadi awal mula kurban, yang selalu kita rayakan pada setiap Idul Adha.

9. Nabi Ishaq

Nabi Ishak adalah keturunan dari Nabi Ibrahim dengan isterinya Sarah, yang lahir empat belas  tahun sesudah Nabi Ismail. Kepiawaiannya dalam berdakwah, merupakan bakat yang menurun dari ayahnya.

Al-Qur’an menyebutkan, Nabi Ishaq merupakan hamba Allah SWT, yang memiliki ilmu, serta akhlak yang baik. Dari keturunannya, Nabi Ishak juga telah memberikan beberapa nabi, yang berasal dari Kaum Bani Israil.

10. Nabi Yaqub

Nabi Ishaq juga memiliki anak bernama Nabi Yaqub, yang terkenal dengan karakter dan keimanannya yang kuat. Bahkan saat sedang terbaring sakit pada akhir hayatnya, ada pesan yang terucap kepada anaknya, untuk selalu menjalankan ibadah.

11. Nabi Yusuf

Nabi Yaqub pernah bermimpi, ketika seluruh semesta seperti matahari, bulan dan bintang bersujud di hadapannya. Setelah kejadian tersebut, dia memiliki firasat, bahwa anaknya yang bernama Nabi Yusuf, akan menjadi orang besar satu hari nanti.

Nabi, Yusuf juga memiliki mukjizat dalam dirinya, yang antara lain adalah seperti,

  • Parasnya yang terkenal sangat tampan, sehingga mampu membuat setiap wanita memotong jarinya sendiri, secara tidak sadar.
  • Kemampuannya menafsirkan mimpi.

12. Nabi Ayub

Nabi Ayub tidak hanya memiliki banyak harta dan keturunan, namun dia pun memiliki akhlak yang mulia. Walaupun begitu, dia tidak pernah takabur, dan selalu melakukan perbuatan yang baik. Saat Allah SWT memberikannya ujian yang berat, dia tetap ikhlas menerimanya.

Ujian terberat yang pernah melanda hidupnya, ketika dia harus menderita karena kusta dan kehilangan anak-anaknya sekaligus. Hal tersebut tidak membuat dia putus harapan, malah semakin membuatnya berserah diri, dan semakin mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Beberapa mukjizat  Nabi Ayub dari Allah SWT adalah,

  • Memiliki kesabaran yang tanpa batas
  • Kemampuannya dalam mengeluarkan air dari tanah, yang dapat menghilangkan penyakitnya.

13. Nabi Syuaib

Allah SWT mengutus Nabi Syuaib untuk memberikan dakwah kepada Kaum Madyan yang suka menipu dan memberontak. Oleh karena mereka menolak dakwah tersebut, Allah SWT pun murka, dan menurunkan badai panas, awan hitam, dan gempa bumi. Pada akhirnya, mereka pun binasa dalam keadaan berdosa.

14. Nabi Musa

Mukjizat Nabi Musa
Kisah Nabi Musa

Nabi Musa pernah memerangi Raja Firaun yang terkenal akan kesombongannya. Dia memimpin Kaum Bani Israil untuk menyembah Allah SWT, atas ijin NYA. Nabi Musa juga memiliki mukjizat, yang antaranya  adalah,

  • Dapat menghidupkan orang yang sudah meninggal.
  • Memiliki tongkat yang berubah menjadi seekor ular.
  • Dapat membelah laut Merah dengan tongkatnya.
  • Mendapatkan Kitab Taurat, yang berisi 10 Firman Tuhan, bagi Kaum Bani Israil.

15. Nabi Harun

Cerita tentang  Nabi Harun, memiliki hubungan dengan cerita Nabi Musa, ketika dia melakukan perjuangan untuk memusnahkan berhala Firaun.  Selain itu, Nabi Harun juga memiliki tutur bahasa yang sangat santun.

16. Nabi Dzulkifli

Nabi Dzulkifli bertempat tinggal di Irak, yang semasa hidupnya selalu mengajarkan manusia untuk menyembah Allah SWT. Walaupun harus membuat dirinya mendapat siksaan di penjara, namun tidak mengurangi keimanannya sedikitpun, dalam mempercayai Allah SWT.

17. Nabi Daud

Nabi Daud adalah keturunan Nabi Ibrahim yang ke-12, yang menjadi raja setelah terbunuhnya Raja Thalut. Mukjizat yang menjadi anugerah dari nabi Daud adalah,

  • Mendapatkan kepercayaan untuk memiliki Kitab Zabur.
  • Suaranya yang merdu, merupakan mukjizat tersendiri.
  • Ketika Nabi Daud membaca Kitab Zabur, suaranya dapat menyembuhkan orang sakit, serta membuat air dan angin menjadi tenang. Selain itu, seluruh perbukitan turut serta dalam menyembah Allah SWT.

18. Nabi Sulaiman

Karunia Nabi Sulaiman
Kisah Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman terkenal sebagai raja yang kaya raya, dan memiliki kekuasaan yang hampir tidak terbatas. Atas izin NYA, Nabi Sulaiman mendapatkan mukjizat berupa,

  • Menjadi Nabi yang kaya raya, hingga  memiliki istana yang luas bertabur batu mulia.
  • Mengerti akan bahasa binatang, dan dapat berkomunikasi dengan mereka.
  • Dapat menundukkan angin yang berhembus kencang.
  • Memiliki pasukan tentara dari berupa manusia, jin, dan hewan.
  • Mampu menggerakkan tembaga dari dalam perut bumi.

19. Nabi Ilyas

Nabi Ilyas pernah berhadapan dengan kaum penyembah berhala bernama Ba’al, yang  menolak dakwahnya. Karena hal itu, Allah pun menimpakan hukuman berupa kemarau yang panjang dan mematikan.

20. Nabi Ilyasa

Nabi Ilyas meneruskan tugas ayahnya Nabi Ilyasa, untuk menjadi pendakwah  bagi Kaum Bani Israil. Satu dari mukjizat Nabi Ilyasa adalah, dapat  menghidupkan orang yang sudah meninggal, atas izin Allah SWT.

21. Nabi Yunus

Nabi Yunus memiliki tugas penting untuk menyadarkan Kaum Assyira, yang selalu menyembah berhala di kota Niniwe. Saat menaiki kapal bersama umatnya, badai besar terjadi pun terjadi. Saat itu para penumpang mengorbankan Nabi Yunus, dan menenggelamkannya ke laut lepas.

Meskipun sudah tertelan oleh paus, Allah SWT menyelamatkanya. Keajaiban tersebutlah yang menjadi salah satu keajaiban dari Nabi Yunus.

22. Nabi Dzakaria

Nabi Dzakaria masih memiliki hubungan darah dengan Nabi Daud dan Nabi Sulaiman. Seorang Nabi Dzakaria juga memiliki sifat yang rendah hati, dan selalu mensyukuri kehidupannya di hadapan Allah SWT. 

Sama halnya dengan Nabi Ibrahim, Nabi Dzakaria juga mendapat keturunan saat usianya sudah senja.

23. Nabi Yahya

Nabi Yahya adalah anak dari Nabi Dzakaria, yang merupakan orang terhormat dan suci. Allah SWT memberikan mukjizat untuknya, berupa kemampuan dalam mengetahui syariat. Nabi Yahya terkenal sebagai pribadi yang sangat rajin, dan gemar membaca. 

Sejak masih anak-anak Nabi Yahya juga sudah mendapatkan karunia, dapat memutuskan dan mencari solusi untuk setiap persoalan.

24. Nabi Isa

Nabi Isa terlahir dari seorang wanita suci bernama Maryam, dan tidak memiliki sosok ayah dalam kehidupannya. Beberapa mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Isa antara lain adalah,

  • Sudah dapat berbicara sejak masih bayi.
  • Mampu menciptakan dan menghidupkan burung, yang terbuat dari tanah liat.
  • Menghidupkan kembali orang yang sudah meninggal.
  • Menyembuhkan orang buta dan orang sakit
  • Menurunkan makanan dari langit.
  • Mendapatkan kepercayaan untuk memegang Kitab Injil.

25. Nabi Muhammad

Karunia Nabi Muhamad
Kisah Nabi Muhamad

Nabi Muhammad adalah nabi terakhir, yang juga menjadi penutup. Saat kelahirannya, banyak sekali peristiwa besar yang terjadi di Bumi. Contohnya adalah, runtuhnya berhala yang berlokasi dekat Ka’bah, dan padamnya api berhala, yang menjadi Tuhan Kaum Majusi.

Allah SWT memberikan beberapa mukjizat terhadap Nabi Muhammad SAW, yang beberapa diantaranya adalah,

  • Turunnya Al-Qur’an sebagai kitab suci terbesar bagi Umat Islam.
  • Memiliki kekuatan untuk membelah bulan.
  • Dapat mengalirkan air melalui jari jemari tangannya.
  • Mampu menurunkan dan menghentikan hujan dalam seketika
  • Selalu ada awan yang menaungi dirinya.
  • Mampu melakukan perjalanan ke Sidratul Muntaha ketika Isra Miraj.

Penutup

Semua kisah yang terjadi pada setiap Nabi dan Rasul, dapat menjadi contoh yang baik, dan menjadi inspirasi bagi setiap manusia. Terutama dalam hal menjalankan perintah Allah SWT, dan juga untuk selalu mengamalkan kebaikan selama hidup di dunia.

Bagikan Ke