Kisah Nabi Isa Secara Singkat, Dalam Al Quran
Kisah Nabi Isa Secara Singkat, Di dalam Al Quran

Kisah Nabi Isa Secara Singkat, Dalam Al Quran, Lahir Hingga Di Angkat Kelangit

Posted on

Kisah Nabi Isa AS Merupakan Nabi Dan Rasul ke 24 dari 25 Daftar nama secara berurutan Utusan Allah SWT. Untuk meluruskan aqidah umat.

Beritaku.Id, Kisah Para Nabi dan Rasul – Nama Isa Al Masih Putra Maryam, tertulis rapi dalam Kitab Allah SWT, Al Quran.

Nabi Isa Dalam Al-Quran disebut Allah beberapa kali dengan nama, Isa Al Masih dan Putra Maryam tersebut.

Kepadanya diberikan banyak mukjizat, dan sampai hari ini belum wafat, melainkan diangakt oleh Allah SWT kelangit, dan akan datang di hari akhir. Menjelang kiamat.

Prahara rencana pembunuhan oleh kaum kafir, namun Al-Qur’an secara jelas menerangkan tentang Nabi Isa AS.

Tidak terbunuh maupun tidak tersalib. Yang disalib itu adalah Yudas Iskariot.

Beritaku: Spesialisasi Para Nabi Dan Rasul, Dan Periodisasi Penyempurnaan

Kisah Lahirnya Nabi Isa AS

Semua tertulis dalam Kitab Suci Al Quran, Adalah Bethlehem yang menjadi saksi kelahirannya, di Palestina. Di bawah pohon kurma. Kisah Nabi Isa AS terjadi disini.

Area yang saat ini menjadi ambisi Israel menguasainya.

Kisah pertemuan St Maryam dan Malaikat Jibril, yang menyampaikan kepada wanita suci tersebut ketika berdoa kepada Allah SWT.

Bahwa akan mengandung dan melahirkan seorang lelaki (putra), yang kelak menjadi seorang rasul.

Namun maryam melakukan interupsi, bagaiman bisa ia melahirkan, sementara dirinya suci dan tidak tersentuh oleh seorang lelaki.

Sebagaimana dalam Al Quran, Allah SWT berfirman:

“Jibril berkata: “Demikianlah”. Tuhanmu berfirman: “Hal itu adalah mudah bagiKu; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan”. (Surah Maryam ayat 21)

Ayat Lain Yang Menjelaskan tentang Nabi Isa AS.

Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia. (Surah Ali Imran: 59)

Sebagai berita kepada seluruh manusia bahwa di kekuasaan Allah SWT menciptakan segala sesuatu. Kisah Isa AS Sama dengan kisah penciptaan Nabi Adam AS.

Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya roh dari Kami dan Kami jadikan dia dan anaknya tanda (kekuasaan Allah) yang besar bagi semesta alam. (Surah Al Anbiyaa’: 21).

Rasionalisasi kedokteran menjawab bahwa seorang wanita yang tidak bercampur dengan lelaki. Tidak akan mungkin memiliki keturunan. Namun tidak untuk penciptaan Nabi Isa AS. Dari St Maryam.

Kisah Maryam Ibu Dari Nabi Isa AS “Diadili”

“Wahai St Maryam, dirimu telah membawa sesuatu yang sangat keji dan mungkar. Wahai engkau saudara perempuan dari Harun, ayahmu bukanlah seseorang yang memiliki sifat buruk perangai. Juga ibumu bukan seorang perempuan yang pezina.” Para tetangga mulai menghakimi Maryam.

Namun Maryam tidak menjawab apa-apa, melainkan menunjuk kepada anaknya, memberikan isyarat. Tanya saja secara langsung pada anak ini.

Mereka berkata, Bagaimana kami bisa bertanya kepada bayi yang masih memerah?

Namun tiba-tiba, bayi tersebut berbicara “Sesungguhnya aku adalah hamba Allah. Dia memberiku Kitab suci (Injil) dan Dia menjadikan aku sebagai seorang Nabi, dan Dia menjadikan aku sebagai seorang yang diberkahi dimana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (melaksanakan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku masih hidup, dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka (dunia dan akhirat). Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari kelahiranku, pada hari wafatku, dan pada hari aku (akan) dibangkitkan kembali.” QS. Maryam: 23-33.

Wibawa Nabi Isa

Pemuda yang berpenampilan lembut dan berwibawa. Disayangi namun disegani. Dihormari oleh pemuda-pemuda yang ada disekitarnya.

Untuk berdakwah, maka ia kerap berpindah-pindah tempat dari satu tempat ketempat lainnya.

Mukjizat Nabi Isa As
Yahudi, Bani Israil adalah kaum yang paling cerdas, dan kaum yang kritis, serta keluar dari ajaran Agama. Seperti Daftar Lengkap 25 Daftar Mukjizat Nabi dan Rasul

Bagi kita, mereka aneh, namun skenario tentang Yahudi dan Bani Israil adalah urusan Allah SWT.

Yahudi tidak menerima Nabi Isa AS. sama seperti nabi-nabi sebelumnya. Semua diberikan syarat.

“Perlihatkan padaku, apa bukji kehebatanmu dan mana mukjizatmu?”

Termasuk Nabi Isa AS. Maka diberikan ia mukjizat bisa menghidupkan burung dari tanah. Menyembuhkan penyakit kusta dan orang buta. Serta menghidupkan orang mati. Semua karena Allah SWT.

Umat Islam meyakini, La’ dan lebih lengkap Lailaha’illallah. Tiada Tuhan Selain Allah (yang dapat disembah).

Nabi Isa Diangkat ke Langit oleh Allah

Berhadapan dengan Bai Israil Yahudi yang memburu harta, mengabaikan penyembahan kepada yang memberikan materi.

Isa adalah tantangan berat bagi mereka. Maka mereka membuat sebuah skenario. Menghasul agar Isa tersebut dibunuh.

Bersama 12 Hawariyyin seperti disebutkan dalam Al-Quran, Nabi Isa As meghindari kejaran mereka.

Rupanya dari 12 pengikut itu ada satu penghianat yang bernama Yudas atau Yudas Iskariot. Justru melaporkan kepada Raja yang mengejarnya tentang tempat persembunyian Nabi Isa AS.

Berikut Mukjizat Nabi Isa:

  1. Berkomunikasi dengan janin.
  2. Membentuk burung dari tanah dan menghidupkannya.
  3. Menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu.
  4. Menyembuhkan penyakit sopak (kulit).
  5. Mengeluarkan orang mati dari kubur menjadi hidup.
  6. Menghilang dari kejaran Bani Israil ketika hendak dibunuh.

Nabi Isa AS adalah anak dari seorang wanita suci St Maryam, yang tidak memliki ayah. Jika dengan kelahirannya tanpa ayah dianggap sesuatu yang luar biasa. Maka kelahiran Nabi Adam AS tanpa ayah dan ibu sepatutnya lebih luar biasa.

Atau kelahiran St Hawa dari tulang rusuk Nabi Adam.

Bagikan Ke