‘Menujah’ Kontemporer Perpolitikan Pilkada Bulukumba 2020
‘Menujah’ Kontemporer Perpolitikan Pilkada Bulukumba 2020

Kontemporer Perpolitikan Pilkada Bulukumba 2020

Oleh : Supriadi, SH.


Makassar, 18 Juli 2019

Beritaku.Id, Makassar – Keunikan Bulukumba dalam konteks demokrasi, telah menjadi buah bibir dikalangan masyarakat. Kontemporer dan kontemplasi menjadi bahan kajiannya.

Bukan hanya masyarakat Bulukumba, yang secara aktif menyajikan analisis dan pandangan politik mengenai arah Bulukumba ke depan.

Namun, Bulukumba juga seringkali dibahas pada kalangan masyarakat yang berasal dari daerah lain.

Tentu dalam hal ini memunculkan persepsi baik positif maupun negatif, fenomena tersebut diakibatkan oleh tingginya tingkat partisipasi masyarakat Bulukumba.

Pada setiap momen demokrasi, mesin politik dan wacana politik terus panas tanpa jeda. Kontemporer apakah bisa dikatakan begitu?

Kontemporer
Ilustrasi : Kontemporer Politik dipengaruhi penyelenggara yang kredibel
(Sumber : Istimewa)

Politik Kontemporer

Tahun 2020 Bulukumba akan memilih pemimpin, namun animo masyarakat tidak pernah surut dalam setiap pembahasan politik. Kontemporer politik Bulukumba sangat unik.

Akhir-akhir ini pembahasan yang menarik adalah pernyataan mantan Bupati Bulukumba untuk ikut dalam konteks pilkada sebagai calon Wakil Bupati.

Capaian mantan Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan masih sangat terasa di masyarakat.

Jika fenomena membandingkan kepemimpinan dari periode ke periode tidak lepas dari perbincangan yang hangat di tengah masyarakat.

Hal tersebut bisa menjadi refrensi kuat masyarakat untuk mengarahkan pilihannya yang pada September 2020 akan datang.

Kehadiran mantan Bupati sangat memeriahkan konteks Pilkada Bulukumba 2020.

Terlepas apakah Zainuddin Hasan akan terhambat aturan soal pencalonan, tetapi kehadiranya menuai banyak komentar baik yang berbau tendensi akan kekurangan.

Di masa pemerintahannya ataupun capaian positif dalam masa pemerintahan yang pernah dipimpinnya.

Dalam konteks Pilkada ke depan salah satu kandidat calon Bupati Bulukumba H. Askar HL mendapatkan posisi tawar yang baik di masyarakat.

Jika ‘Trend’ kehadiran mantan Bupati terus meningkat dimasyarakat. Dengan menggunakan sudut pandang bahwa H. Askar HL sebagai sosok politisi dan pengusaha yang hampir memiliki kesamaan dengan mantan Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan.

Potensi H. Askar HL lebih besar saat ini. Usia yang masih sangat muda tentu Jika H. Askar HL dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin Bulukumba.

Pengalaman politik beliau yang mampu memenangkan, Partai yang dipimpinnya, yakni Partai PPP sebagai Partai pemenang di Pemiliu Legislatif lalu, merupakan capaian positif.

Sejarah baru dalam kepemimpinan Partai Berlambang Kabbah Tersebut.

Disisi lain, kelemahan managemen team dalam konteks pemilihan yang lalu, menjadi keharusan agar pembenahan untuk mencapai kemenangan pada pertarungan Pilkada Bulukumba 2020.

Team asesmen ‘Andalanta’ melakukan kerja-kerja yang berkaitan dengan ukuran masyarakat, terhadap siapa sosok pemimpin apa yang dibutubkan oleh masyarakat Bulukumba.

Penentuan calon Wakil Bupati, yang akan mendampingi akan mengacu hasil survei dari berbagai lembaga survey independen.

Tentu salah satu pertimbangan dengan melihat kekuatan elektoral dari calon Wakil Bupati. Menjawab kegalauan akan kontemporer perpolitikan Bulukumba.

Editor: Sy

Tinggalkan Balasan