Anastasia Lupova Pemain Biliar Dunia
Anastasia Lupova - Atlet Biliar Tercantik Dunia

Olahraga Biliar: 8 Pemain Tercantik, Tata Cara, Induk Organisasi

Diposting pada

Olahraga biliar merupakan cabang yang cukup populer di dunia. Sudah banyak prestasi dari para pemain profesional, termasuk para wanita cantik yang handal dalam permainan ini. Artikel ini berisi tentang pemain wanita tercantik, tata cara, dan Induk Organisasi biliar.

Beritaku.id, Olahraga – Permainan Olahraga Biliar menjadi terkenal di dunia, karena merupakan permainan bagi semua orang, dari berbagai gender maupun status sosial. Selain itu biliar juga merupakan permainan yang santai, walaupun tetap membutuhkan konsentrasi.

Oleh: Novianti Lavlia (Penulis Olahraga)

Peralatan Olahraga Biliar
Peralatan Biliar

Peralatan Olahraga Biliar

Pada dasarnya, dalam memainkan Olahraga Biliar atau bola sodok, akan membutuhkan beberapa peralatan. Sama halnya dengan olahraga seperti golf, catur, renang, dan juga yang lainnya. Contoh dari beberapa peralatan yang harus tersedia adalah:

Cue Ball

Peralatan cue ball merupakan bola yang ada dalam permainan. Beratnya sangat beragam dan yang pasti, kondisinya harus selalu bersih dan mulus sebelum digunakan. Alasannya adalah, bola biliar ini tidak akan dapat menggelinding dengan mulus jika kondisinya tidak sempurna.

Meja Biliar

Bidang dari meja biliar berbentuk persegi panjang, yang luasnya berukuran 2,84 meter dan lebar 1,42 meter. Sedangkan tinggi dari meja tersebut adalah, 75 – 80 cm, dan juga memiliki 

6 buah lubang pada setiap sisinya. Meja biliar juga memiliki papan pemantul, yang posisinya terletak pada setiap sisi meja. Adapun fungsi utamanya adalah, sebagai penghantar bola.

Tongkat Biliar

Tongkat biliar lebih populer dengan sebutan stik biliar, yang fungsinya sebagai penyodok atau pendorong bola saat permainan. Bentuk dari tongkat ini berbentuk tegak lurus, dan juga ramping. Hanya saja, pada bagian ujung pegangan, berbentuk lebih besar daripada ujung lainnya. Selain itu, ciri lain dari tingkat ini adalah, terbuat dari kayu.

Kapur Stik

Chalk atau kapur stik merupakan peralatan penting dalam permainan biliar. Adapun fungsinya adalah, untuk membuat tip stik menjadi tidak licin saat digunakan. 

Rak Biliar

Rak pada meja biliar berbentuk seperti bingkai, dengan bentuk segitiga. Adapun fungsi utamanya adalah, sebagai  bingkai penyusun bola, agar tetap dalam posisi rapat dan teratur di atas meja.

Sarung Tangan

Peralatan sarung tangan bukanlah hanyalah sekedar peralatan tambahan. Namun walaupun begitu, banyak pemain profesional yang akan mengenakannya. Tujuan adalah, agar posisi pegangan tidak mudah berubah posisi.

Peraturan 9 – Ball Dalam Olahraga Biliar

  • Dalam peraturan permainan, bola biliar yang harus digunakan adalah memiliki nomor 1-9, selain itu, terdapat juga bola putih sebagai cue ball.
  • Penyusunan bola tersebut akan dibuat dalam bentuk wajik. Saat break, bola  nomor 1 harus berada pada posisi bagian atas wajik, dan bola nomor 9 akan berada pada posisi tengah. Sementara itu, bola lainnya akan berada pada posisi acak.
  • Para pemainnya harus memasukkan setiap bola dari nomor 1 hingga 9, secara berurutan, dan tidak boleh acak.
  • Proses memasukkan bola adalah, dengan cara mendorong bola dari nomor terkecil, atau mengkombinasikannya dengan bola lain. Yang harus dipastikan adalah, semua bola tersebut sudah berada posisi strategis, untuk dapat masuk pada kantung meja.

Pelanggaran dan Hukuman Olahraga Biliar

  • Pelanggaran akan berlaku jika bola putih atau cue ball masuk ke dalam lubang.
  • Apabila bola putih yang  mengenai bola yang bukan nomor paling kecil, maka hal tersebut juga merupakan pelanggaran.
  • Cue ball yang tidak menyentuh bola sasaran saat didorong, maka hal tersebut adalah pelanggaran.
  • Pelanggaran juga akan terjadi, apabila pakaian atau salah bagian tubuh pemain, menyentuh bola yang terdapat di meja.
  • Dengan meninggalkan atau meletakan saja stik biliar di atas meja, artinya juga suatu pelanggaran.
  • Pelanggaran juga akan terjadi, jika bola sampai keluar dari bidang meja permainan.
  • Apabila sudah mendorong  bola sewaktu bola lainnya masih bergerak, hal tersebut merupakan pelanggaran keras.
  • Akan merupakan suatu pelanggaran, jika bola yang didorong untuk mengenai sasaran, tidak menyentuh ban.

Konsekuensi hukuman dari  semua pelanggaran tersebut adalah, pemain lawan akan memiliki kesempatan untuk freeball. Adapun artinya adalah, cue ball  dapat ditempatkan pada posisi manapun di meja permainan. 

Pemain akan menerima kekalahan, apabila melakukan pelanggaran hingga  tiga kali. Sementara itu, pemain akan menerima kemenangan, apabila berhasil memasukkan bola bernomor 9 yang sudah mendapat pengesahan dari wasit.

Peraturan Lainnya Dalam Biliar

  • Memberlakukan sistem break pada kedua pemain secara bergantian. Sedangkan untuk menentukan siapa yang akan mendapatkan break pertama, akan ditentukan melalui  pengundian.
  • Break akan mulai, jika salah satu pemain dapat menyentuh ban minimal 4 bola. Namun apabila bila kurang dari angka tersebut, maka merupakan foul.
  • Pemain yang belum mendapat giliran memukul, harus menunggu terlebih dahulu. Selain itu, tidak boleh mengganggu konsentrasi pemain lawan, yang tengah mendapat giliran mendorong bola.
  • Berbagai bentuk intimidasi dalam bentuk apapun untuk pihak lawan, merupakan larangan keras, selama permainan berlangsung.
  • Tidak boleh merokok selama permainan berjalan
  • Sistem best of three berlaku pada pertandingan sementara, sedangkan sistem best of five akan berlaku pada babak semifinal dan final.
  • Ketika akan mulai mendorong bola, salah satu kaki pemain harus tetap berada di tanah. Dan jika melanggar peraturan tersebut, maka akan terjadi foul.

Teknik Permainan Biliar

Olahraga biliar sepintas terlihat seperti permainan yang sulit. Namun sebenarnya selalu dapat dipelajari dengan mudah, selama mengikuti cara bermain yang baik dan benar. Adapun contoh dari beberapa tipsnya adalah:

Fokus. Biasakan untuk selalu berkonsentrasi dengan penuh, saat memulai mendorong bola, walaupun posisi bola terlihat berada pada posisi strategis.Tujuan untuk selalu fokus adalah, agar akurasi pukulan dapat selalu terjaga, sehingga tepat sasaran.

Santai. Walaupun dalam keadaan fokus, namun kondisi tubuh harus tetap rileks dan tidak tegang. Tetap berpikirlah positif agar bola keluar dari sasaran saat mendorong nya.

Posisi Tangan. Posisi tangan harus dalam posisi benar dan kuat selalu, agar tidak mudah berpindah tempat. Apabila hal tersebut terjadi, maka ada kemungkinan bola yang tergulir akan melenceng jauh dari sasaran.

Posisi Kaki. Posisi kaki juga harus selalu dalam posisi seimbang, walau semua gerakan akan berpusat pada tangan. Pastikan untuk menempatkan kaki kiri pada bagian depan, jika tangan kanan yang akan bergerak memegang stik.

Menghaluskan Stik. Chalk berguna untuk membuat ujung stik  menjadi lebih halus. Selain itu, hal tersebut juga akan membuat eksekusi dorongannya menjadi lebih baik, serta dapat meminimalisir kesalahan.

Kekuatan Dorongan Bola Yang Wajar. Bersemangat saat memulai permainan sangatlah wajar, namun jangan berlebihan.

Alasannya adalah, hal tersebut justru dapat membuat gerakan dorongan pada bola malah menjadi terlalu keras. Namun sebaiknya, dorongan yang terlalu ringan juga harus dihindari.

Berlatih. Dalam melakukan olahraga apapun, melakukan latihan rutin adalah kunci dari suatu keberhasilan. Terutama, jika ingin menjadi seorang profesional. 

Induk Olahraga Biliar Nasional

Induk Olahraga Biliar Nasional
POBSI Organisasi Biliar Nasional

Olahraga Biliar di Indonesia, berada di bawah bimbingan Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia  atau POBSI. Organisasi ini bertugas sebagai wadah bagi klub dan atlet biliar yang ada di Indonesia.

POBSI sendiri berdiri pada tanggal 9 Oktober 1953, dan alamat resmi dari Induk Organisasi ini adalah:

Sekretariat POBSI

Pintu VII Stadion Utama, Gelora Bung Karno, Senayan, RT 8/RW 1, Pasar Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Induk Olahraga Biliar Internasional

Induk Organisasi Olahraga Biliar Internasional
WPA Organisasi Biliar Internasional

Induk Organisasi Olahraga Biliar dunia adalah, World Pool-Billiard Association atau WPA.

WPA sendiri berdiri di Jerman pada November tahun 1987, yang merupakan hasil dari kesepakatan forum federasi biliar Eropa. Setelah itu, Asian Pocket Billiard Union  atau APBU juga terbentuk. 

Walaupun  induk organisasi biliar dunia adalah WPA, namun Indonesia semua negara Asia lainnya tergabung dalam APBU. Setelah itu, Kazuo Fujima dari Jepang akhirnya membuka peluang atlet Asia, untuk dapat bertanding pada European Championships di Swedia.

Dan sejak peristiwa tersebut, turnamen biliar internasional pun akhirnya semakin terus berkembang, dan semakin populer. 

Saat ini, WPA memiliki berbagai kategori ajang turnamen. Beberapa diantaranya adalah, Turnamen 9-Ball untuk pria, wanita, dan junior. Selain itu, terdapat juga Turnamen 8-Ball untuk pria, dan Turnamen 10-Ball untuk pria maupun wanita.

Pengurus POBSI Masa Bakti 2019-2023 adalah:

Pelindung

Sebagai Pelindung dari olahraga biliar ini adalah Menteri Pemuda dan Olahraga, Ketua Umum KONI Pusat, dan juga Ketua Umum KOI.

Dewan Kehormatan

Adapun tim yang akan bertugas sebagai Dewan Kehormatan, terdiri dari tokoh organisasi terkenal di Indonesia. Mereka adalah, Andi Mallarangeng, Hinca Panjaitan, Wempi Wetipo,Irjen (Purn) Putera Astaman, Tutuk Kurniawan, dan juga Apik Chakib Rasjidi

Ketua Umum

Sebagai Ketua Umum adalah Hary Tanoesoedibjo, yang akan menjabat selama periode 2019 hingga 2023.

Sekretaris Jenderal

Robby Suarly sudah terpilih menjadi Sekretaris Jenderal, yang juga akan membentuk timnya sendiri, selama masa jabatannya.

Bendahara Umum

Sebagai Bendahara Umum adalah Henry Suparman, yang juga akan bertanggung jawab, dalam pendanaan, dan sisi finansial organisasi.

Pemain Biliar Tercantik Nasional

Tim Putri Nasional
Atlet Biliar Tercantik Nasional

Yeris Agustina

Wanita asal Malang ini terjun di dunia biliar sejak duduk di bangku SMP. Bahkan sejak saat itu, gadis cantik ini sudah menjuarai beberapa kejuaraan biliar internasional. Contoh nya adalah, juara satu tingkat Provinsi, dan sebagai bagian dari tim atlet Pekan Olahraga Nasional (PON).

Angeline Magdalena Ticoalu

Angeline Magdalena Dari Indonesia
Keanggunan Angeline Magdalena Ticoalu

Angeline Magdalena adalah atlet biliar wanita berprestasi, yang pernah meraih emas pada SEA Games 2017 dan tiga medali emas pada PON 2012. Selain itu, Angel juga pernah mendapat predikat 16 besar All Japan Championships, di Amagasaki Jepang 2015.

Nony Krystianti

Nony Krystianti Tim Indonesia
Pemain Bola Sodok Yang Handal Nony Krystianti

Wanita rupawan ini memang sudah menggeluti olahraga biliar sejak kecil. Prestasi pertamanya sebagai atlet biliar adalah, ketika dia bergabung sebagai dalam PON XIX Jabar 2016. Saat itu dia mendapatkan dua medali, yaitu perak dan perunggu pada.

Ayu Bulan Ganesha

Ayu Bulan Ganesha Aggota Tim Nasional
Atlet Putri Ayu Bulan Ganesha

Wajah cantik Ayu sangat populer, terutama ketika dirinya mewakili tim Jawa Timur, dan pada PON Riau 2012, saat dia bergabung sebagai tim Kalimantan Selatan.

Pemain Biliar Tercantik Dunia

Deretan atlet biliar yang bisa bikin kita menikmati permainan bola sodok kelas dunia adalah:

Shanelle Loraine

Shanelle Loraine Atlet Dunia
Cantik & Taktis Shanelle Loraine

Pemain biliar profesional yang cantik ini, lahir di Jepang pada 25 Maret 1982. Shanelle memulai karirnya sejak tahun 2000, ketika bergabung dengan tim biliar University of Central Florida, selama 4 tahun lamanya.

Adapun prestasi  yang pernah diraih Shanelle adalah, 2009 Women’s World 10-ball Championship  di Manila, 2009 Queen of Carom  di Seoul, dan 2009 juga Empress Cup  di Seoul.

Anastasia Luppova

Anastasia Lupova Dari Rusia
Pemain Cantik Mirip Selebriti Anastasia Lupova

Anastasia Luppova lahir pada 26 Juni 1985 di Rusia. Prestasi gadis rupawan ini cukup banyak, contoh nya adalah, dua kali juara Eropa Russian Pyramid dan juara Moskow Dynamic Pyramid. 

Selain itu, Luppova juga menjadi juara pada kompetisi Miss Biliar tahun 2009. 

Yu Ram Cha

Yu Ram Cha Pemain Bola Sodok Yang Rupawan
Kecantikan Korea Yu Ram Cha

Wanita berparas ayu ini lahir di Hanja Korea Selatan, pada 23 Juli 1987. Kepiawaiannya bermain biliar sudah tak perlu diragukan. Gelar yang pernah diraih adalah, medali emas di Asian Indoor Games pada tahun 2009. Kala itu dia memainkan “nineball singles”.

Xiaofang Fu

Xiofang Fu Dari China
Mutiara Dari China Xiofang Fu

Xiaofang Fu adalah atlet cantik China kelahiran 1988, yang pada 2011 berhasil meraih juara 1 di China Open,. Saat itu, dia berhasil mengalahkan juara bertahan, Chen Siming. Karena prestasinya tersebut,  Xiaofang Fu mendapat gelar sebagai pemain biliar wanita terbaik China.

Penutup

Olahraga billiar memang cukup menarik, bagi masyarakat dunia. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak wanita cantik yang ingin mempelajarinya secara profesional. 


Bagikan Ke