Cabang Olahaga Memanah
Olahraga Panahan

10 Atlet Tercantik Olahraga Panahan: Sejarah & Induk Organisasi

Diposting pada

Olahraga Panahan merupakan salah satu permainan yang paling tua di dunia. Perkembangannya di Indonesia juga cukup mendapat sambutan yang baik, terutama karena memiliki filosofi yang baik, berdasarkan Islam.

Beritaku.id, Olahraga – Ada suatu perkataan dari Umar bin Khaththab r.a, yang mengatakan, 

“Ajarkan anak-anakmu berenang, melepas busur dan berkuda .” Panahan memang olahraga yang menjadi anjuran Nabi, dan terbukti dengan banyaknya hadits yang mendukung pernyataannya.

Oleh: Novianti Lavlia (Penulis Olahraga)

Asal Mula Memanah Sebelum Menjadi Olahraga Panahan

Sejarah Olahraga Panahan
Asal Mula Panahan

Seni memanah sudah ada sejak ribuan tahun yang lampau. Karena sejak dulu, telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

Bagian dari suatu panah terdiri dari sebuah busur, dan beberapa anak panah yang runcing ujungnya. Pada pada masa lalu, busur masih terbuat dari kayu berbentuk melengkung, lengkap dengan talinya. 

Jika tali busur terbuat dari rambut, otot maupun usus hewan, maka anak panahnya terbuat dari  bahan seperti batu maupun kayu. Memanah di zaman purba, lebih berfungsi sebagai kegiatan berburu. 

Setelah waktu beralih ke zaman logam, ujung anak panah mengalami pergantian dari batu atau kayu, menjadi logam. Kualitasnya pasti lebih kuat, hingga dapat menembus target sasarannya dengan lebih akurat.

Dan pada zaman logam tersebut juga, panah bukan hanya menjadi sekedar alat berburu, namun juga berfungsi sebagai alat perang.

Perkembangan Memanah Menjadi Olahraga Panahan

Saat waktu beranjak ke zaman modern, alat perang pun mengalami modernisasi. Banyak peralatan perang yang lebih kuat daripada panah, dan terbukti lebih efektif dalam melancarkan serangan ke pihak musuh.

Sejak saat itu, panah bukan lagi merupakan atribut perang, dan beralih fungsi menjadi bagian dari suatu karya seni. Selain itu, juga masuk menjadi salah satu dari cabang olahraga bergengsi, dalam ajang pertandingan internasional.

Memanah juga dapat menjadi suatu aktivitas yang menyehatkan, dan dapat melatih konsentrasi, saat menempatkan anak panah ke sasaran.

Olahraga Memanah sudah populer di Inggris sejak tahun 1600-an. Kemudian pada tahun 1673, Inggris berhasil mengadakan turnamen panahan pertama, di sebuah wilayah bernama Yorkshire. Meskipun, Olahraga Panahan saat itu, belum memiliki induk organisasi.

Hingga akhirnya pada tahun 1760, negara tersebut berhasil membentuk organisasi olahraga tersebut. Dan turnamen panahan yang resmi, akhirnya juga dapat terselenggara setiap tahunnya.

Selang berpuluh tahun kemudian, suatu federasi panahan internasional terbentuk, tepatnya pada tahun 1931. Federasi tersebutlah yang bertanggung jawab terhadap perkembangan Olahraga Panahan di dunia.

Filosofi & Hadits Olahraga Panahan Dalam Islam

Memanah Dan Filosofi Islam
Filosofi Memanah Dalam Agama Islam

Salah satu aktivitas yang menjadi anjuran dari Rasulullah SAW, adalah memanah. Bukan hanya dapat menyehatkan jasmani, olahraga ini juga memiliki filosofi yang sangat bermakna dalam kehidupan Umat Islam.

Seperti yang tertuang dalam sabda Rasulullah SAW:

“Segala hal yang terdapat di dalamnya, dan tidak mengandung dzikrullah, sesungguhnya adalah perbuatan sia-sia, seperti senda gurau, dan permainan. Terkecuali mengenai empat hal, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, berlatih memanah, memelihara kuda, dan mengajarkan renang.” (HR. An Nasa’i).

Salah dari sekian banyak filosofi dan manfaat dari memanah adalah, dapat membuat manusia selalu fokus, tangguh, dan tidak mudah menyerah.

Induk Organisasi Olahraga Panahan Indonesia

Persatuan Panahan Indonesia  atau Perpani, adalah Induk Organisasi Panahan di Indonesia, yang lahir pada 12 Juli 1953 di Yogyakarta. Saat itu pendiriannya mendapatkan dukungan dari

Sri Paku Alam VIII, sebagai ketua Perpani saat itu.

Setelah Perpani berjalan selama enam tahun, Indonesia menjadi bagian dari FITA pada 1959, di Oslo Norwegia, dalam suatu kongres. Dan di tahun yang sama, terselenggara juga Kejuaraan Nasional Panahan untuk pertama kalinya di Surabaya. 

Dan setelah kompetisi nasional tersebut selesai, Olahraga Panahan pun mulai berkembang ke seluruh penjuru tanah air.

Induk Organisasi Olahraga Panahan Dunia

Federasi Panahan Dunia atau “World Archery Federation” merupakan Induk Organisasi Internasional dari Olahraga Panahan. Wadah organisasi ini bersifat resmi, oleh Komite Olimpiade Internasional  atau IOC, dan bermarkas di Lausanne, Swiss.

Pada tahun 2015, organisasi ini telah memiliki 156 anggota dari seluruh dunia sejak berdiri  pada tahun 1931 di Low, Polandia. Beberapa Negara yang menjadi pendirinya adalah Cekoslowakia, Swedia, Perancis, Polandia, Amerika Serikat, Italia. Dan Hongaria.

Teknik Dasar Olahraga Panahan

Berikut ini adalah beberapa teknik dasar dalam Olahraga Panahan yang dapat dipelajari, jika ingin dapat bermain seperti atlet yang handal. 

1. Stance

Posisi Stance - Sejarah Olahraga Panahan
Posisi Berdiri “Stance”

Postur tubuh dan posisi kaki saat sedang berdiri, adalah nama lain dari “stance”. Sedangkan untuk mendapatkan kesimbangan pada tubuh, terdapat beberapa hal yang harus mendapat perhatian.

  • Jarak kedua kaki harus sejajar dengan bahu.
  • Kedua ujung kaki harus menyentuh garis khayal, yaitu berada pada titik tengah target. 
  • Lutut dalam kondisi tidak tegang

2. Nocking

Teknik Nocking Dalam Memanah - Sejarah Olahraga Panahan
Teknik Nocking

Memasukkan ujung panah ke tempatnya, pada tali busur. Selain itu, juga meletakkan shaft pada sandaran yang sudah tersedia

3. Hooking And Gripping The Bow

Teknik Hooping And Gripping The Bow - Sejarah Olahraga Panahan
Teknik Hooking And Gripping

Posisi memanah dengan mengaitkan jari di tali busur, ketika anak panah sudah terpasang dengan benar. Istilah lain dari penjelasan tersebut adalah “hooking and gripping the bow”.

4. Mindset

Teknik Mindset Dalam Memanah - Sejarah Olahraga Panahan
Teknik Mindset

Istilah “mindset”, sebenarnya sama dengan fokus atau konsentrasi. Aspek ini merupakan yang terpenting dari yang lainnya. 

5. Set-Up

Teknik Set Up dalam Memanah - Sejarah Olahraga Panahan
Teknik Set Up

Kata lain dari “set-up”, adalah gerakan tarikan saat mulai melepaskan anak panah.

6. Drawing

Teknik Drawing Dalam Memanah - Olahraga Panahan
Posisi Drawing

Teknik “drawing” merupakan gerakan menarik tali busur, hingga menyentuh bibir, dagu dan hidung. Kemudian, menempatkan tangan pada penarik tali di dagu.

7. Anchoring

Teknik Anchoring Dalam Memanah - Olahraga Panahan
Teknik Anchoring

Gerakan dalam teknik “anchoring” adalah, menempatkan tangan penarik pada dagu atau rahang.

8. Aiming And Expansion

Tekni Aiming Dalam Memanah - Olahraga Memanah
Teknik Aiming

Suatu gerakan dengan mengarahkan pembidik atau “visir” pada titik sasaran, adalah istilah dari “aiming and expansion”.

9. Release

Teknik Release Dalam Memanah - Olahraga Memanah
Teknik Release

Istilah “release” merupakan gerakan menarik tali busur, agar dapat melesat dengan mulus. Salah satu kunci dari teknik ini terletak pada setiap jari yang menarik tali busur. Kondisinya harus selalu dalam keadaan rileks.

10. Relaksasi Dan Feedback

Teknik Relaksasi Dan Feedback - Olahraga Memanah
Teknik Relaksasi Dan Feedback

Posisi “relaksasi dan feedback” lebih bersifat melakukan  analisa dari hasil tembakan yang sudah dilakukan, dengan emosi yang tetap stabil.

Daftar Atlet Olahraga Panahan Tercantik

Zaman dulu, memanah memang olahraganya para pria. Permainan busur dan panah ini, berkaitan dengan legenda “Robin Hood” dari Inggris Raya. Namun siapa sangka, bahwa wanita cantik juga dapat menjadi atlet panah yang tangguh.

Ki Bo Bae

Ki Bo Bae Atlet Korea
Atlet Korea Ki Bo Bae

Selain memiliki paras yang ayu, Ki Bo Bae ternyata juga seorang pemanah yang handal dari Korea. Prestasinya cukup cemerlang, karena pernah meraih medali emas, pada Olimpiade 2012 di Guangzhou, dan 2016 di Rio de Janeiro.  

Debutnya dalam panahan, bermula saat dia masih berada di sekolah dasar. Hingga pada 2010, akhirnya masuk sebagai tim nasional Korea Selatan. Selain Olimpiade, Ki juga pernah meraih medali emas pada beberapa kejuaraan internasional lainnya.

Veronika  Marchenko

Veronica Marchenko Atlet Panah Ukraina
Atlet Ukraina Veronica Marchenko

Pemanah cantik ini lahir pada 3 April 1993, dan merupakan pemanah yang berasal dari Ukraina. Marchenko telah mengumpulkan total enam medali, yaitu 4 emas dan 2 perunggu, dalam karirnya sebagai atlet panahan kelas dunia.

Anastasia Pavlova 

Anastasia Pavlova Atlet Panah Ukraina
Atlet Ukraina Anastasia Pavlova

Tidak banyak yang mengetahui, bahwa gadis kelahiran 9 Februari 1995 adalah seorang pemanah handal dari Ukraina. Dibalik keanggunan wajahnya, ternyata banyak prestasi yang pernah dia raih.

Dari prestasinya tersebut, Anastasia Pavlova telah berhasil mendapatkan  sepuluh medali, yaitu empat emas, tiga perak, dan tiga perunggu. Semua medali tersebut berasal dari kemenangannya dalam beberapa kompetisi internasional.

Dellie Threesyadinda

Dellie Threesyadinda Atlet Panah Indonesia
Atlet Indonesia Dellie Threesyadinda

Srikandi nan jelita ini bernama Dellie Threesyadinda, yang juga merupakan atlet panah kebanggan Indonesia. Dinda yang kelahiran Surabaya 12 Mei 1990 ini, mulai tertarik dengan memanah, sejak berumur 7 tahun.

Bakatnya sebagai pemanah handal, menurun dari sang bunda tercinta Lilies Handayani, yang merupakan mantan pemanah legendaris. Salah satu prestasi tertinggi dari Bunda Lilies, adalah  peraih medali perak, pada Olimpiade 1988.

Yasemin Anagöz

Yasemin Anagoz Atlet Panah Turki
Atlet Turki Yasemin Anagoz

Gadis berdarah Tuki ini bernama lengkap Yasemin Ecem Anagöz. Lahir pada 14 Oktober 1998, yang juga seorang pemanah kebanggan negaranya.

Anagöz pernah mewakili negaranya di Olimpiade Eropa 2015 di Baku, Azerbaijan. Selain itu juga pernah berkompetisi, dalam Kejuaraan Panahan Dunia 2015 di Kopenhagen, Denmark. 

Sara López

Sara Lopez Atlet Panah Kolombia
Atlet Kolombia Sara Lopez

Atlet berwajah eksotis khas gadis Amerika latin ini bernama lengkap Sara José López Bueno, yang lahir pada 24 April 1995. López berasal dari Kolombia yang, pernah berkompetisi dalam kelas dunia. 

Prestasinya dalam panahan, tertoreh saat pertama kali, saat bergabung dengan tim Nasional Kolombia, pada acara Pra-Olimpiade 2011 di negaranya. Kemudian pada 2017 dan 2013, si cantik ini memenangkan beberapa medali, pada kejuaraan dunia lainnya.

López adalah pemegang rekor dunia saat ini, dan juga wanita pertama yang dapat membidik panah dengan sempurna. Predikat tersebut dia dapatkan, pada Piala Dunia di Medellin, Kolombia. Selain itu, López juga merupakan mahasiswa kedokteran yang berotak cemerlang.

Paige Pearce

Page Pearce Atlet Panah Amerika
Paige Pearce Atlet Amerika

Pemanah cantik asal Amerika ini, bernama Paige Pearce, yang lahir pada 21 Maret 1995, dan juga seorang pemanah berprestasi. Dia telah memenangkan dua medali perak pada Kejuaraan Panahan Dunia 2019 di Belanda

Pada tahun yang sama, Pearce juga telah meraih medali perunggu di ajang Pan American Games di Lima, Peru.

Yeşim Bostan

Yesim Boston Atlet Turki
Atlet Turki Yesim Boston

Atlet panah turki ini adalah Yeşim Bostan, yang  lahir  pada 24 Mei 1995. Awalnya, Bostan adalah seorang mahasiswa pendidikan jasmani di Universitas Sıtkı Koçman. 

Mewakili Turki, gadi rupawan ini memulai debutnya secara internasional pada tahun 2014, pada Kejuaraan Panahan Eropa 2014 di Armenia. Saat itu dia mendapatkan perunggu. 

Prestasi berikutnya adalah, pada Kejuaraan Panahan Dunia 2015 di Denmark, dan beberapa ajang bergengsi internasional lainnya.

Tatiana Andreoli

Tatiana Andreoli Atlet Panah Itali
Atlet Italia Tatiana Andreoli

Cewek cantik Italiano ini bernama Tatiana Andreoli, yang lahir pada 1 Januari 1999. Saat Olimpiade Eropa 2019 si Belarus, Andreaoli memenangkan medali emas, di cabang perorangan putri. 

Kemudian pada Kejuaraan Panahan Eropa 2018 di Polandia, sekali lagi dia menunjukkan giginya, dengan meraih medali perak.

Kang Chae Young

Kang Chae Yong Atlet Panah Korea
Atlet Korea Selatan Kang Chae Yong

Young lahir pada 8 Juni 1996, dan merupakan seorang pemanah Korea Selatan, yang telah memenangkan banyak medali. Terutama dalam kompetisi panahan internasional

Pada Summer Universiade 2017 yang diadakan di Taiwan, Young meraih medali emas. Dan  masih di tahun yang sama, dia kembali memenangkan medali emas, pada Kejuaraan Panahan Dunia 2017 di Meksiko.

Nah Sobat, demikian ulasan tentang Olahraga Panahan, lengkap dengan sejarah, filosofinya dalam Islam, Induk Organisasi serta atlet putrinya yang jelita. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat semua.

Bagikan Ke