Pidato perpisahan dengan Teman Kampus
Teks singkat Pidato Perpisahan dengan Teman Kampus (Foto:Selasar)

4 Contoh Pidato Perpisahan Menarik Pada Beberapa Kegiatan

Diposting pada

Mengenal jenis pidato, dengan beberapa contoh perpisahan menarik dari proses membuah naskah teks saat tampil pada orang banyak membawakan tema khusus.

Beritaku.id, Organisasi dan Komunikasi – Siapa yang tidak dengan Presiden Indonesia Soekarno?

Beliau  adalah seorang komunikator handal, dan kata katanya pun bisa mengubah dunia.  Kata kata yang terkenal dari Presiden Soekarno adalah Jas Merah, yang berarti jangan pernah sekali kali melupakan sejarah.

Presiden Soekarno adalah seorang komunikator handal, sehingga beliau bisa melakukan pidato.  Ternyata tidak hanya Presiden saja yang bisa melakukan pidato, tapi  orang biasa juga bisa melakukan pidato. Pidato kita lakukan dalam acara tertentu, baik acara formal maupun nonformal.

Pidato Melepaskan Teman Kantor
Pidato Perpisaha Membutuhkan Naskah Khusus (Foto: Elevania)

Apa Itu Pidato?

Pidato adalah penyampaian pesan atau gagasan oleh seseorang. Biasanya seseorang akan menyampaikan pesan, di khalayak umum.  Agar pidato bisa berjalan dengan baik, tentu ada beberapa hal yang harus kita siapkan.

Hal yang harus kita siapkan untuk pidato adalah, mental kita dan tulisan untuk pidato.

Mental wajib kita siapkan, agar kita bisa berhadapan dengan khalayak umum. Selain mental, tulisan untuk pidato juga harus kita buat.

Tulisan untuk pidato harus kita buat, agar kita bisa menyampaikan gagasan kita bisa menyampaikan gagasan dengan baik. 

Orang lain akan akan terpaukau yang akan kita sampaikan, jika kita menulis tulisan untuk pidato.

Tujuan dari Pidato

Pidato tidak hanya sekedar menyampaikan gagasan , atau pesan saja. Pidato juga memiliki tujuan yang lainnya, yang tidak hanya sekedari untuk memberi pesan. Berikut ini adalah tujuan dari pidato:

1.Untuk Memberi Pemahaman Kepada Khalayak

Pdato digunakan, untuk memberi pemahan kepada khalayak. Contoh pidato yang memberi pemahaman adalah, seperti seseorang berpidato tentang bahayanya rokok dan narkoba.

Dengan memberi pemahaman kepada khalayak, maka khalayak tersebut akan merasa teredukasi.

2.Meyakinkan Khalayak Dengan Pidato Yang Argumentatif

Untuk membuat khalayak percaya dengan apa yang kita sampaikan, kita bisa membuat kalimat argumentatif saat melakukan pidato. 

Contoh kalimat argumentasi adalah seperti, kelebihan dan keunggulan negara Indonesia daripada negara lain.

3.Pidato Untuk Membahas Bahasan Yang Unik

Jika anda ingin melakukan pidato, mungkin anda bisa mencari tema atau bahasan yang unik.

Dengan mengangkat tema pidato yang unik, maka khalayak atau audience yang hadir akan suka dengan pidato yang anda sampaikan.

4.Pidato Untuk Mempengaruhi Orang Lain

Jika anda mendengar pidato dari Presiden Soekarno, pastinya anda merasa bahwa pidatonya sangat semangat dan berapi api.

Tujuan Presiden memberikan pidato dengan pembawaan yang berapi api adalah, agar para audience yang hadir bisa terpengaruh oleh pidato yang ia sampaikan.

Macam Macam Jenis Pidato

Jika anda tertarik dalam dunia publik speaking khususnya pidato, tentunya anda harus mengenal lebih jauh yang namanya pidato.  Macam macam jenis pidato ini, wajib untuk anda kuasai:

1.Pidato Impromtu

Pidato Impromtu merupakan pidato spontan, atau tiba tiba. Karena pidatonya secara spontan, maka pidato ini hanya berisi ungkapan perasaan dari pembicara. Contoh dari pidato impromtu adalah, saat memberi kata sambutan dalam sebuah hajatan atau reuni sekolah.

2.Pidato Manuskrip

Pidato Manuskrip adalah pidato dengan menggunakan skrip, atau menggunakan naskah. Naskah pidato ini sudah disiapkan, dan pembicara tinggal membacakan pidato tersebut. Keuntungan dari pidato Manuskrip adalah, kita tidak akan salah ucapan saat melakukan pidato.

3.Pidato Memoriter

Jika anda mampu untuk mengingat kata demi kata,  melakukan pidato Memoriter adalah hal yang perlu anda untuk coba.  Tanpa menggunakan naskah dan mengandalkan ingatan, anda dapat menyampaikan pidato dengan baik di depan khalayak.

4. Pidato Ekstempore

Pidato ekstempore merupakan sebuah pidato, oleh pembicara handal. Pembicara pada pidato ekstempore harus mengetahui, garis besar apa yang ingin ia sampaikan. Keuntungan melakukan pidato ekstempore adalah, pembicara bisa berbicara secara langsung dengan para audience.

Persiapan Untuk Melakukan Pidato

Walaupun ada pidato yang dilakukan secara langsung, namun ada beberapa persiapan sebelum anda melakukan pidato.

Persiapan yang pertama adalah, mental diri anda sendiri. Anda wajib berani tampil depan audience, agar anda bisa melakukan pidato dengan baik.

Selain mengumpulkan keberanian , anda juga bisa melatih percakapan anda.

Anda bisa melatih percakapan dengan teman, atau dengan keluarga anda. Anda bisa melatih vocal anda, agar kata katanya bisa terdengar jelas oleh audience.

Sebelum anda melakukan pidato, anda juga bisa menulis notes apa saja yang ingin anda sampaikan.

Dengan menulis notes sebelum pidato, anda bisa melakukan pidato sesuai dengan tema yang anda dapatkan.

Notes untuk pidato bisa anda tulis tiga bagian yaitu Pembuka, Isi , dan juga Penutup.

Pembuka berisi kata sambutan dari pembicara, isian adalah maksud dari pidato, dan penutup berisi akhiran atau kata penutup dari pidato.

Baca juga beritaku:Konsep Pidato: Bentuk, Struktur Teks, 8 Jenis & Metode Penyusunan

Setelah anda menulis notes, baru anda bisa melakukan pidato. Saat anda berhadapan dengan audience, usahakan anda relax dan tenang. Dengan suasana yang tenang, maka anda bisa membawakan pidato dengan baik.

Pidato Terakhir Presiden Amerika Serikat
Pidato Donald Trump Saat Meninggalkan Gedung Putih (Foto: CNBC)

Pidato Untuk Perpisahan

Setiap ada pertemuan, pastinya ada yang namanya perpisahan. Perpisahan biasa dilakukan di sekolah, kampus, dan kantor. 

Bila anda ingin melakukan perpisahan, pastinya ada sebuah teks secara naratif. Pidato tersebut untuk memberi memberi kesan dan pesan.

Dengan cermat, kami akan mempersembahkan beberapa contoh pidato saat akan meninggalkan, yakni:

Perpisahan Dengan Teman Kantor

Perpisahan juga sering di selenggarakan, dalam sebuah perusahaan atau kantor.

Bentuk perpisahan dalam kantor sering terjadi, saat ada karyawan yang ingin pindah kantor. Bagi karyawan yang ingin pindah kantor, biasanya akan melakukan pidato di depan teman temannya.

Atau pergantian pimpinan kantor dalam lingkup kerja.

Pidato di depan teman kantor tidak formal seperti pidato di depan guru, dan bahasanya pun cukup santai.  Jika anda ingin melakukan pidato dengan teman kantor, berikut adalah contohnya:

Selamat siang teman teman dan rekan rekan sekalian…

Kali ini saya saya ingin menyampaikan satu patah, dan dua patah kata. Sebelumnya terima kasih atas kebersamaannya, selama kurang lebih dua tahun ini. 

Dinding kantor menjadi saksi bisa, dan meja kantor ikut menjadi pembagi waktu bersejarah yang kita lalui.

Pagi hingg sore, maupun sampai malam kita bekerja secara bersama, dengan format dan kinerja masing.

Tidak lupa pula kami mengucapkan terima kasih kepada teman yang usil namung ngangenin, heheh. Si Arnol yang selalu membawa canda dan tawa. Maupun Si Mia, yang selalu membawa senyum indah, tanpa amarah.

Ini hanya tinggal kenangan, semuanya akan berlalu. Meski begitu, saya tidak akan melupakan seluruh kebaikan teman-teman, sahabat-sahabat kantor kepadaku. Selama menjalankan tugas di kantor ini.

Kita di kantor ini selalu bersama sama, dan tibalah hari ini. Hari ini adalah hari perpisahan saya, dengan teman teman sekalian.  Kesedihan tan dapat kita hindari, namun aku harus tunduk pada aturan kantor, untuk menjalankan tugas pada tempat kerja baru.

Mulai besok saya akan berada di kantor yang lain, dan tentu saya punya banyak kenangan di tempat ini.

Mudah mudahan kita semua bisa saling silahturahmi, dan saya berharap kita semua bisa sukses. Itu saja mungkin yang bisa saya sampaikan kepada teman teman, terima kasih dan selamat siang.

Pidato Perpisahan Dengan Teman Kampus

Seorang mahasiswa yang sudah berada di tingkat akhir, tentu akan menghadapi yang namanya skripsi. 

Setelah skripsi dan sidang skripsi, ada namanya perpisahan dengan teman kampus.  Perpisahan dengan teman kampus memiliki tujuan, agar para mahasiswa memiliki kenangan ketika di kampus.

Tidak ketinggalan pidato, saat acara perpisahan dengan teman kampus.  Kata kata yang kita gunakan untuk perpisahan dengan teman kampus, bisa menggunakan kata formal maupun kata non formal.

Sahabat Kampus
Sarjana Dan Pidato Meninggalkan Teman Kampus (Foto: Naoncing)

Perpisahan teman kampus adalah memberi kenangan, sebab masa ini adalah masa dewasa yang memberikan banyak input berpikir kedewasaan dan rasional. Termasuk kisah cinta yang melunak didalamnya.

Berikut ini adalah pidato yang digunakan saat perpisahan dengna teman kampus.

Selamat siang teman teman semua… apa kabar teman teman semua?

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita semua bisa berkumpul di tempat ini. 

Teman teman semua, sekarang kita sudah menyelesaikan perkuliahan selama 4 tahun.  Tentunya suka duka selama kuliah, sudah kita lewati bersama sama.

Dengan waktu, kita telah berpacu, berburu. Demi ilmu dan gelar sarjana, semua demi pengabdian kepada bangsa dan negara kedepan.

Dalam proses ini, kita telah membangun sinergi dan kerjasama yang menarik. Tentu ada senyum dan ada kesedihan, tidak ketinggalan pula emosi kadang merasuk.

Semua kini akan kita tanggalkan menjadi sebuah kenangan yang akan pamit dari kebersamaan kita ini.

Teman teman semua, kini kita sudah tiba dengan namanya perpisahan. Perpisahan bukan berarti kita akan berpisah selamanya, tapi kini kita berpisah untuk menjalani kehidupan kita berikutnya.

Mungkin di antara teman teman nantinya akan bekerja, atau mungkin ada yang langsung menikah. Namun yang belum ada lamaran, harap jaga ibadahnya, termasuk tahajjud dan dhuha. Sebab jodoh bukan di tangan KUA, tapi atas kehendak Allah SWT, cie ciee.

Cukup sekian pengantar dari saya, semoga teman teman semua sukses.
Terima kasih, selamat siang semuanya.

Perpisahan Dengan Teman SMA

Menurut orang orang, masa SMA adalah masa yang paling indah.  Karena masa SMA adalah yang paling indah, tentu kita ingin kembali ke masa masa saat SMA.

Moment yang paling mengesankan saat SMA adalah saat perpisahan, karena saat perpisahan kita akan terpisah dengan sahabat kita.

Seperti biasa pada saat perpisahan, tentu kita akan memberikan ceramah atau teks. Kita memberikan pidato saat hendak meninggalkan, dan memberikan kesan dan pesan saat masih sekolah.  

Inilah contoh untuk melakukan pidato, saat berpisah dengan teman sekolah SMA.

Selamat siang teman teman semua.. Assalamualaikum wr wb..

Walaupun kita berbeda jurusan , tapi saya merasakan kekeluargaan di sekolah ini. Meski kita tidak sekelas, namun kita akan saling mengenal wajah sebagai sesama alumni.

Lapangan sekolah menjadi saksi, kebersamaan dan yang paling terasa adalah lapangan upacara.

Tidak ketinggalan tembok sekolah yang menjadi sasaran kita, untuk mencoba kabur sebagai tanda ketakutan kepada guru. Namun semua tidak akan lolos karena keesokan hari surat panggilan masuk keruang kesiswaan. Inilah tanggung jawab.

Teman SMA
Pidato Perpisahan Teman SMA (Foto: Daftarpustaka)

Dan masih banyak hal yang kita lakukan pada sekolah ini pertanda kita akan menjadi generasi terdidik masa datang.

Kita mungkin akan berpisah dari sekolah ini , tapi disini saya yakin, kalau kita tetap akan tetap bisa bersilahturahmi nantinya. 

Perpisahan bukanlah akhir dari segalanya, tapi perpisahan adalah gerbang dari kesuksesan kita semua.  Sekian pidato dari saya, dan sukses untuk teman teman semua. Terima kasih.

Baca juga beritaku: Panitia Perpisahan Sekolah Dan Contoh Susunan Pidato

Pidato Perpisahan Dengan Guru

Perpisahan sekolah biasa di lakukan, saat siswa sudah menginjak jenjang akhir.  Pihak sekolah biasa menyelenggarakan perpisahan di sekolah, maupun di tempat lainnya.

Dengan menyelenggarakan perpisahan, tentu para murid akan mendapat kesan yang mendalam.

Pada saat perpisahan, biasanya murid akan memberi memberikan sambutan atau ungkapan meninggalkan kepada para guru. Murid atau siswa memberi pidato kepada guru, sebagai rasa terima kasih mereka.

Kegiatan SMP
Perpisahan Dalam Sekolah SMP (Foto: Sikurkun)

Bebebrapa hal harus menjadi perhatian, saat melakukan pidato di depan para guru.  Bahasa harus formal, dan kita harus tetap menghormati mereka.

Baca juga beritaku:Pidato Tentang Pendidikan Untuk Siswa SMA, Definisi, Ciri Dan 3 Contoh

Contoh Pidato saat akan berpisah dengan Guru adalah sebagai berikut:

Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi bapak ibu guru dan hadirin sekalian, saya mewakili teman teman. Ingin menyampaikan kata perpisahan mewakili teman teman yang ada disini. 

Bapak Ibu Guru, terima kasih atas kesempatan selama tiga tahun ini. Terima kasih telah mengajarkan kami selama di sekolah.

Kini tuntas sudah kami belajar di jenjang SMP, dan kini kami ingin melanjutkan pendidikan kami di jenjang yang lebih tinggi.  

Jelas saja, dalam jiwa dan semngat kami telah mendapatkan injeksi ilmu dari bapak dan ibu. Yang memposisikan kami sebagai anak, bukan hanya sebagai anak peserta didik, namun kami mendapatkan perlakuan seperti anak kandung.

Ada banyak tanaman ilmu yang telah bapak ibu persembahkan dalam otak kami. Dan semoga itu tumbuh menjadi pohon yang kuat dengan karakter kuat dan keras menghadapi badai dan persaingan.

Terima kasih seluruh persembahan yang ada, Kami mohon maaf jika ada kesalahan selama di sekolah, dan doakan kami semoga kami bisa sukses pada jenjang berikutnya. 

Terima kasih atas perhatiannya, dan sukses untuk semuanya.

Assalamualaikum wr wb.  

Baca juga beritaku: Perpisahan SMA, Puisi, Kata-kata Puitis, Contoh Pidato

Kesimpulan

Demikianlah informasi mengenai pidato, dan juga cara melakukan pidato depan audience.  Untuk anda yang suka dengan komunikasi, anda bisa mempelajari teknik pidato. Anda bisa memberi pengetahuan kepada audience, lewat pidato yang anda buat.

Refrensi:  ruangguru.com, Sahabatnesia.com, Dosenpendidikan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *